Sponsors Link
     Sponsors Link

17 Obat Sakit Lutut Alami Termujarab

ads

Sakit pada lutut bisa juga disebabkan oleh kondisi osteoarthritis di mana sendi pada bagian lutut menjadi sulit dan kaku ketika digerakkan. Masalah kesehatan ini tak hanya sampai di situ, tapi juga dapat menjadi pemicu rasa nyeri di area lutut. Selain kaku serta nyeri, Anda juga akan mengalami pembengkakan di area tersebut.

Orang yang sudah menginjak usia sekitar 50 tahunan akan lebih rentan terkena sakit lutut. Jika sudah kerusakan sendi sudah begitu serius, maka rasa sakitnya akan lebih menjadi-jadi. Lalu, apakah kira-kira obat sakit lutut paling ampuh untuk bisa Anda andalkan? Di bawah ini merupakan beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk lutut yang sakit.

(Baca juga: obat keseleo lutut)

1. Kayu Manis

Kenalilah apa saja yang bisa menjadi faktor penyebab lutut sakit dan barulah Anda bisa menangani dan menyembuhkannya. Untuk lutut yang sakit, kayu manis dengan kandungan tinggi anti-inflamasi dan antioksidannya akan dapat membantu meringankan pembengkakan dan nyeri pada sendi.

  • Caranya: Ambil bubuk kayu manis sebanyak sesendok teh berikut juga madu murni sebanyak sesendok makan. Anda bisa mencampurkannya ke dalam segelas air hangat. Setelah diaduk rata, Anda bisa meminumnya setiap pagi tepat sebelum sarapan, atau saat perut masih dalam keadaan kosong.
  • Alternatif: Ada juga cara lain untuk menikmati obat alami ini, yaitu dengan membuat bubuk kayu manis menjadi adonan pasta. Campurkan saja sesendok teh atau sesendok makan bubuk kayu manis dengan sedikit air biasa. Boleh juga dicampur dengan madu murni agar hasilnya lebih kental. Pakailah untuk dioles dan dipijatkan ke area yang terkena rasa nyeri selama beberapa menit 2-3 kali sehari untuk hasil kesembuhan maksimal.

2. Teh Hijau

Obat lainnya untuk nyeri sendi lutut adalah teh hijau di mana bahan satu ini sudah sangat terkenal akan manfaat baiknya. Teh hijau bakal membantu pula untuk mencegah serta mengendalikan gejala dari osteoarthritis yang menyerang lutut. Antioksidan dan anti-inflamasi di dalam teh hijau siap mengurangi pembengkakan dan rasa nyerinya.

  • Caranya: Sediakan daun teh hijau sebanyak 1 sendok teh yang bisa Anda masukkan ke secangkir air panas. Tutuplah cangkir tersebut dan seduh selama beberapa menit. Sesudah lebih hangat atau dingin, Anda bisa menyaringnya lebih dulu dan menambahkan madu murni secukupnya. Minumlah setiap hari 2-3 cangkir untuk mengoptimalkan efek kesembuhannya.

(Baca juga: penyebab dengkul kopong)

3. Kunyit

Seperti yang kita tahu, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang tinggi di mana juga mengandung sifat anti-inflamasi berikut antioksidan. Untuk osteoarthritis, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obatnya karena memang begitu baik dan aman.

  • Caranya: Anda cukup menyediakan segelas susu, kemudian tambahkan sesendok teh bubuk kunyit ke dalamnya, dan rebuslah. Tambahkan sedikit madu murni dan aduk-aduk hingga rata. Minumlah sehari 2 kali selama beberapa hari sampai lutut tidak sakit dan bengkak lagi.
  • Alternatif: Ada juga cara lain yang boleh dicoba, yaitu dengan secara sederhana menambahkan bubuk kunyit ke setiap masakan yang Anda buat. Mengonsumsi makanan dengan tambahan bahan ini akan membantu penyembuhan lutut lebih cepat.

4. Jahe

Rempah lainnya yang sangat berguna dalam menyembuhkan sakit lutut adalah jahe. Meski memang benar adanya bahwa efek samping jahe bisa berbahaya bagi kesehatan, pemakaian yang benar tak akan menjadi masalah. Ekstrak jahe mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu megurangi rasa nyeri di bagian lutut.

  • Caranya: Anda bisa meminum teh jahe setiap hari 2-3 cangkir secara rutin. Untuk membuatnya, Anda bisa memarut sepotong jahe berukuran kecil yang kemudian bisa Anda rebus bersama secangkir air selama 10 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan menyaringnya sebelum menambahkan madu, lalu diminum.
  • Alternatif: Cara ampuh lainnya dengan memakai jahe adalah mengunyah-ngunyah jahe yang masih segar secara teratur, yaitu setiap hari. Atau, bisa juga Anda memasukkan jahe segar yang dalam kondisi kering ke dalam setiap masakan Anda. Minyak jahe juga boleh dimanfaatkan untuk dioles ke area lutut yang sakit, lalu beri pijatan setiap harinya beberapa kali.

(Baca juga: penyebab kaki ngilu)

5. Garam Epsom

Tak salah bila Anda hendak menggunakan garam Epsom sebagai obat sakit lutut karena garam ini terbilang ampuh. Untuk menghilangkan rasa nyeri, inflamasi dan juga pembengkakan, garam Epsom merupakan salah satu pilihan tepat. Kaya akan kandungan magnesium, garam ini sangat aman dijadikan obat sakit osteoarthritis lutut sehingga Anda bisa mencobanya.

sponsored links
  • Caranya: Anda bisa menyediakan garam Epsom sekitar 2 cangkir saja yang bisa ditambahkan sekaligus dicampurkan ke air mandi hangat. Berendamlah di sana sekitar 20-30 menit, lalu Anda bisa mengulanginya 2 atau 3 kali dalam 1 minggu selama beberapa minggu. Setelah beberapa lama, Anda akan merasakan peradangan dan nyeri cukup berkurang.

6. Kompres Panas dan Dingin

Untuk meredakan rasa sakit sekaligus bengkak yang terjadi di bagian lutut, Anda bisa mencoba menggunakan kompres panas dan dingin. Dalam mengatasi pembengkakan, kompres adalah obat terbaik, tak terkecuali bengkak dikarenakan osteoarthritis lutut. Ketegangan yang ada pada lutut pun akan berkurang dan jauh lebih baik nantinya.

  • Caranya: Siapkan kompres panas dengan cara mengisi sebuah botol dengan air panas, lalu gunakan handuk tipis untuk membungkusnya. Setelah itu, lanjutkan dengan mengompres dingin; bungkuslah sejumlah balok es kecil-kecil dengan handuk tipis juga. Kompres panas dulu sekitar 2-3 menit pada bagian lutut, kemudian ganti dengan kompres dingin selama 1 menit. Proses ini bisa diulang selama 15-20 menit dengan berganti-ganti antara kompres panas dan dingin beberapa kali setiap hari.

(Baca juga: gejala asam urat tinggi)

7. Cuka Sari Apel

Bahan alami selanjutnya yang sudah biasa dipakai banyak orang untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa diandalkan untuk sakit lutut. Cuka sari apel merupakan bahan dengan kandungan alkaline serta anti-inflamasi tinggi sehingga sendi yang kiranya kaku, tegang dan sakit bisa tertolong.

  • Caranya: Ambil cuka sari apel yang masih mentah alias organik sebanyak 1 sendok teh bersama dengan madu dengan takaran yang sama. Masukkan keduanya ke dalam segelas air hangat lalu aduk rata. Minumlah setiap hari 2 kali dan pastikan konsumsi adalah sebelum makan.

8. Madu

Obat aman selanjutnya adalah madu murni di mana madu ini memiliki kandungan-kandungan menyehatkan bagi tubuh. Untuk mengobati osteoarthritis lutut, Anda bisa menggunakan madu ini demi mengurangi rasa sakit di bagian sendi. Carilah cara membedakan madu asli dan palsu karena yang paling Anda butuhkan adalah yang murni dan asli.

Madu murni akan jauh lebih bermanfaat dan sangat menolong kondisi kesehatan Anda. Anda bisa dengan mudah meminumnya setiap hari, entah secara langsung sebanyak 3 sendok makan setiap hari atau mencampurkannya dengan air putih. Madu juga bisa dikonsumsi bersama roti sehingga Anda bisa memperoleh banyak cara untuk menikmatinya.

(Baca juga: bahaya berdiri terlalu lama)

9. Temulawak

Untuk osteoarthritis pada lutut, Anda bisa mencoba menggunakan temulawak yang sudah sangat populer dikenal sebagai obat untuk asam lambung. Berbagai jenis penyakit dapat diatasi dengan temulawak ini dan salah satu kondisi yang bisa disembuhkan adalah nyeri pada lutut. Rasa nyeri yang menyerang sendi lutut Anda akan dapat mereda dengan baik.

Untuk menggunakannya, air rebusan temulawak seperti ketika Anda mengobati asam lambung dapat dikonsumsi. Supaya lebih mudah dalam pembuatannya, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan temulawak kering dan ambil beberapa keping untuk direbus. Air rebusan temulawak bisa diminum rutin setiap hari 1-2 kali untuk kesembuhan lutut lebih maksimal.

10. Daun Dewa

Penyakit seperti osteoarthritis bisa Anda coba sembuhkan dengan menggunakan daun dewa. Tanaman dengan tinggi 30-40 cm ini merupakan tanaman yang benar-benar ampuh dalam menyembuhkan sakit lutut. Seperti halnya temulawak, daun dewa bisa Anda rebus dan air rebusannyalah yang Anda konsumsi setiap hari supaya nyeri dan bengkak pada lutut cepat hilang.

11. Sambiloto

Satu lagi jenis daun yang bisa diandalkan dan dimanfaatkan untuk mengobati sakit lutut, yakni sambiloto. Air rebusan sambiloto adalah obat yang cukup ampuh dan bisa Anda konsumsi setiap hari secara teratur. Hasilnya, rasa nyeri akan berkurang secara efektif. Selalu cuci dulu daun sambiloto yang hendak Anda rebus sebelum merebus dan air rebusan dikonsumsi.

(Baca juga: penyebab encok)

12. Daun Landep

Daun landep adalah jenis tanaman yang juga baik untuk menyembuhkan sakit pada lutut. Rasa nyeri dijamin bisa hilang secara efektif asalkan Anda merebus daunnya dan meminum air rebusannya secara rutin. Jagalah kesehatan dengan menggunakan daun ini dengan meminum setiap hari paling tidak 1 kali atau 2 kali.

Sponsors Link

13. Lidah Buaya

Anda pasti sudah tahu betul akan khasiat lidah buaya untuk kulit, namun kali ini Anda bisa memanfaatkan lendir tanaman ini sebagai obat sakit lutut. Lendir ini bisa dioles secara rutin ke area lutut yang membengkak dan nyeri beberapa kali dalam sehari. Hanya dalam beberapa hari, lihat perkembangannya dan Anda pun menjadi lebih baik.

14. Pake Ekor Kuda

Osteoarthritis lutut juga bisa diatasi dengan pake ekor kuda. Tanaman hias ini rupanya tak hanya bisa menghiasi halaman rumah Anda, tapi juga berguna untuk menyembuhkan lutut sakit. Cukup dengan membuat minuman jus pake ekor kuda, Anda bisa meminumnya setiap hari sampai rasa nyeri hilang dan sembuh.

(Baca juga: gejala asam urat pada kaki)

15. Daun Asam Jawa

Jika butuh alternatif lain, daun asam jawa adalah salah satu yang bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa nyeri. Beberapa lembar daun asam bisa Anda pakai dengan cara mengompreskannya ke bagian lutut yang nyeri dan bengkak. Gunakan kain katun bersih untuk diletakkan pada bagian atas menumpuk daun asam yang sudah tertempel. Pakai perban untuk mengikatnya dan biarkan sepanjang malam; esok paginya bisa Anda lepas dan sakit lutut akan terasa berkurang.

16. Minyak Zaitun

Ada banyak manfaat dari minyak zaitun yang bisa Anda peroleh, salah satunya adalah untuk mengobati bagian lutut yang sakit. Hanya saja, Anda perlu menuangkannya lebih dulu ke sebuah wadah, lalu sesaat bisa Anda hangatkan lebih dulu sebelum dioles ke lutut yang nyeri. Campurkan bubuk oregano bila ada ke dalam larutan minyak zaitun sebelum dipakai.

17. Lengkuas

Lengkuas sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi, jadi Anda bisa menjadikannya obat bagi lutut yang sakit. Konsumsilah setiap hari air rebusan lengkuas secara rutin supaya nyeri sendi pada lutut bisa sehat kembali dengan lebih cepat. Anda bisa mencobanya karena lengkuas termasuk bahan yang alami dan aman tanpa perlu khawatir akan adanya efek samping berbahaya.

(Baca juga: bahaya duduk bersila)

Itulah obat sakit lutut alami yang bisa Anda pakai dan coba di rumah ketika sakit lutut begitu mengganggu. Peradangan dan pembengkakan juga pasti akan mereda dengan bahan-bahan tersebut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 22nd, December 2016 / 03:39 Oleh :
Kategori : Osteoarthritis