11 Cara Mencegah Osteoarthritis Secara Alami Paling Ampuh

Cara mencegah osteoarthritis merupakan langkah termudah untuk meghindari nyeri pada sendi akibat peradangan dan pembengkakan.  Osteothritis merupakan gangguan sendi yang bersifat degeneratif yaitu kondisi dimana persendian terserang rasa linu dan sakit akibat adanya peradangan dan infeksi yang muncul akibat gesekan ujung ujung tulang rawan dengan ujung tulang rawan persendian lain secara terus menerus.

Gesekan antara ujung tulang rawan dengan tulang lainya terjadi ketika sendi sendi kehilangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang. Pada saat kekurangan cairan tersebut maka lapisan sendi akan terkikis semakin menipis yang menyebabkan perdangan yang memicu rasa nyeri yang luarbiasa.

Faktor resiko
Ada 6 faktor yang menyebabkan munculnya Osteoarthritis

  1. Wanita yang telah berusia diatas 4o tahun atau yang telah mengalami Menopause
  2. Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Bekerja terlalu berat dan tidak di imbangi dengan tidur yang cukup
  4. Gangguan Otot paha
  5. Faktor keturunan atau genetik
  6. Pernah menderitagangguan tulang berupa tulag retak atau patah tulang atau pengapuran sendi

Gejala awal

Penyakit nyeri sendi relatif dapat disembuhkan dengan cepat namun jika segera mengobatinya ketika terjadi gejala awal.

  1. Sendi nyeri dan linu ketika digerakan
  2. Ada pembengkakan sekitar sendi yang nyeri
  3. Lokasi sendi nyeri berwarna merah dan kecokelatan
  4. Tubuh mudah merasa lelah
  5. Tidak bisa berjalan normal
  6. Sendi berbunyi ketika digerakan
  7. Nafsu makan berkurang
  8. Kesulitan tidur
  9. Sendi terasa kaku
  10. Lokasi pembengkakan terasa hangat

Pencegahan

Ada 11 cara mencegah osteoarthritis

1.Pola makan

Merubah pola makan kearah yang lebih sehat merupakan cara mencegah osteothritis yang paling mudah, Misalnya mengkonsumsi makanan yang berstandar empat sehat lima sempurna. Tetapi kurangi makanan yang terlalu banyak mengandung zat purin contohnya daun kangkung, Bayam, Jenis makanan seafood dan lain lain
Baca juga : daftar contoh menu makanan sehat sehari hari

2.Diet sehat

Agar cairan sinovial dalam kondisi stabil maka tubuh harus memiliki berat badan yang ideal atau tidak terlalu gemuk. Diet seimbang adalah cara mencegah osteothritis paling ampuh bagi wanita yang lanjut usia, Namun diet yang dilakukan cenderung mengurangi makanan yang mengandung zat purin dan mercuri.


Baca juga : tips diet sehat dan cepat langsing

3. Olahraga ringan

Bagi orang yang berusia diatas 40 tahun sebaiknya tertap melakukan olahraga namun yang ringan ringan saja agar sendi tidak mengalami cedera. Misalnya lari santai, Jalan santai atau senam yang diiringi musik.

4.Mengkonsumsi suplemen

Untuk mencegah kambuhnya nyeri sendi pada penderita sendi sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang direkomendasikan dokter terkait. Suplemen biasanya mengadung nutrisi dan zat tertentu yang dapat mencegah sendi kekurangan cairan sinovial dan mempertahankan kepadartan dan kekuatan tulang serta meredakan nyeri .

5. Mengkonsumsi susu sapi

Untuk pencegahan penyakit osteotritis sebaiknya mengkonsumsi susu tinggi kalsium, Tinggi protein dan mengandung vitamin D. Susu tersebut dapat dibeli pada toko obat atau apotik atas rekomendasi dokter yang terkait.
Baca juga :khasiat susu sapi murni bagi kesehatan

6. Tidak mandi malam

Membiasakan untuk mandi tidak lebih dari pukul 6 sore, Karena air telah mengandung karbon dioksida dan oksigen pada udara mulai berkurang. Sendi nyeri cenderung diakibatakan mandi terlalu malam dengan kondisi air yang tidak lagi sehat karena telah mengandung radikal bebas berupa karbon dioksida hasil akumulasi udara selama 24 jam.

7.Tidak duduk dibawah pohon malam hari

Tidak membiasakan diri untuk duduk atau tidur dibawah pohon pada malam hari. Suhu dan kelembaban dimalam hari sangat mempengaruhi kesehatan tulang apalagi pada usia yang telah diatas 40 tahun. Padaa malam hari oksigen diudara mulai berkurang dan diambil alih oleh karbon dioksida yang disebarkan oleh pepohonan. Jika zat tersebut terhirup manusia terus menerus maka akan mengganggu kualitas kesehatan tulang dan persendian.
Baca juga : bahaya duduk dibawah pohon malam hari

8.Hindari aktifitas berbahaya

Sedapat mungkin hindari segala aktifitas yang memungkinkan sendi terserang cedera misalnya aktifitas panjat tebing, Olahraga yang membutuhkan kekuatan kaki misalnya sepak bola dan lain lain. Tubuh terlalu lelah dan aktifitas yang mengandung bahaya cedera sendi berpotensi mengganggu kesehatan tulang dan persendian. Menghindari aktifitas berbahaya bagi tulang adalah cara mencegah osteoarthritis paling efektif.

9. Pemijatan yang benar

Agar kondisi sendi tetap sehat dan terhindar dari rasa nyeri dapat dilakukan pemijatan tradisional yang hanya diperuntukan kesehatan tulang dan sendi. Ada biaknya untuk mencari tenaga terapis yang telah berpengalaman dibidangnya .

10.Minuman tradisional khusus untuk kesehatan sendi

Untuk mencegah nyeri sendi disarankan untuk membuat ramuan sendiri yang memiliki kandungan zat anti inflamasi dan mampu menyehatkan persendian misalnya yang dibuat dari bahn dasar kunyit, Jahe dan minuman dari seduhan Teh hijau. Ketiga minuman tersebut mampu menyembuhkan nyeri sendi dan meningkatkan kesehatan persendian. Minuman sehat tersebut dapat dikonsumsi setiap hari oleh anak anak, orang dewasa atau orang yang telah berusia diatas 40 tahun.

11. Bawang putih

Membiasakan diri untuk mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah serangan nyeri sendi. Zat anti inflamasinya yang kuat mampu melumasi persendian dari gesekan tulang rawan dengan ujung tulang lainya sehingga sendi terlindungi dari rasa nyeri ketika berjalan. Cara mencegah osteoarthritis dapat gunakan bawang putih pada setiap menu masakan harian.
Baca juga : bahaya bawang putih mentah

Mengompres cara mencegah osteoarthritis agar cepat sembuh

Bagi orang orang yang telah terlanjur mengalami nyeri sendi akibat olahraga yang berlebihan atau disebabkan karena terjatuh dan terbentur benda keras maka yang harus dilakukan adalah ambilah es batu yang dibungkus dengan saputangan atau bahan lain yang tidak terlalu tebal kemudian Letakan pada lokasi sendi yang terasa linu dan nyeri . Kompreslah berulangkali sampai rasa nyeri berkurang. Mengompres dengan menggunakan air hangat juga diperbolehkan, Karena memiliki manfaat yang sama baiknya untuk mempercepat hilangnya rasa nyeri pada sendi.

Menghindari duduk bersila terlalu lama adalah cara mencegah osteoarthritis

Duduk bersila adalah posisi yang banyak digunakan masyarakat indonesia dalam berbagai kegiatan sosial. Duduk bersila dianggap sebagi posisi duduk yang paling sopan, Paling santai dan nyaman untuk diterapkan pada kegiatan apa saja. Namun jika duduk bersila terlalu lama selain menghambat aliran darah diperedaran darah seputar kaki, Dapat pula menyebabkan persendian menjadi terganggu yaitu timbulnya rasa nyeri. Ubahlah posisi duduk beberapa kali dengan gaya yang berbeda agat terhindar dari nyeri sendi.
Baca juga : bahaya duduk bersila

Obat Osteoarthritis

Obat terbaik rekomendasi dari dokter bagi penderia Osteoarthritis


1.Jenis Asetaminofen

Asetaminofen dapat meredakan rasa nyeri pada sendi , Mengurangi pembengkakan dan relatif aman bagi organ pencernaan. Tetapi obat jenis uni berbahaya bagi penderita nyeriu sendi yang masih mengkonsumsi minuman beralkohol dan memiliki gangguan livernya. Sebaiknya lkonsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat pereda nyeri sendi jenis Asetaminofen.

2. Anti inflamasi Nestoroid

Anti inflamsi nestoroid dapat meredakan rasa nyeri pada persendian, Menyembuhkan pembengkakan dan mengatasi demam tinggi dengan cepat. Obat jenis ini sering digunakan untuk menghilangkan nyeri sendi pada orang dewasa dan manula.

3. Suntikan Steroid

Suntikan steroid diberikan pada persendian yang mengalami peradangan agar pembengkakan dapat disembuhkan. Suntikan steroid dapat diberikan pada seorang pasien yang merasakan ada bunyi pada persendian ketika bergerak dan sudah merasakan kesulitan untuk menggerakan kakinya ketika berjalan.

4.Suntikan Hyaluronat

Suntikan Hyaluronat diberiakan pada persendian yang mengalaami pembengkakan dan rasa nyeri luar biasa ketika tersentuh oleh jari tangan . Suntikan jenis hyaluronat hampir sama manfaatnya dengaan suntikan steroid, Hnayaa saja perbedaanya suntikan hayluronat ditujukan khusus untuk meredakan nyeri yang hebat akibat tulang rawan sendi kekurangan cairan sinovial.

5. Anti Deporesan dan Opiod

Obat jenis Deporesan dan Opioid dapaat diberikan pada pasien nyeri sendi yang sudah parah yaitu penderita benar benar tidak mampu lagi untuk menggerakan kakinya karena rasa nyerinya sampai menyebabkan tubuh terserang kelelahan dan stres. Pemakaian antideporeson dan opioid merupakan cara mencegah osteoarthritis yang dinyatakan dokter sebagai nyeri sendi yang harus dirawat dengan penanganan intensif.

, , , ,
Post Date: Saturday 02nd, July 2016 / 01:46 Oleh :
Kategori : Osteoarthritis