Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Penyebab Obesitas pada Anak dan Balita

ads

Memiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan impian bagi semua ibu dan orangtua, namun apa jadinya jika si anak tidak sesuai dengan yang diharapkan. Salah satunya adalah si anak mengalami obesitas. Memang saat masih berusia batita atau bawah tiga tahun orangtua suka melihat anak yang gemuk, hal itu dikarenakan anak yang gemuk lebih lucu dan menyenangkan untuk dilihat. Namun saat berusia diatas tiga tahun, banyak orangtua yang berfikir bahwa bobot anaknya berada jauh diatas dari bobot normal. Saat itulah orangtua mulai panik dan khawatir kalau anaknya terkena obesitas. Asumsi orangtua tentang anak dengan badan gemuk dan lucu harus diubah. Anak dengan badan kurus ( tidak dibawah berat badan normal ) namun aktif dan gesit lebih sehat dibandingkan dengan bayi atau anak dengan obesitas. Agar tidak terkena obesitas, orangtua harus tahu apa saja yang menjadi penyebab obesitas pada anak :

  1. Makanan dan Minuman Instan

Penyebab obesitas pada anak yang pertama adalah anak suka sekali mengkonsumsi makanan dan minuman yang instan. Memang dijaman yang serba modern seperti sekarang ini banyak sekali makanan dan minuman yang serba instan. Misalnya saja adalah mie instan, makanan kalengan, minuman kaleng dan juga minuman dalam botol. Cobalah kita tengok kasus dari Arya Permana anak yang mengalami obesitas dikarenakan suka mengkonsumsi makanan dan minuman yang serba instan. Oleh sebab itu orangtua sebaiknya berhati hati dalam memberikan makanan dan minuman yang serba instan kepada anak anak. Makanan dan minuman yang instan bisa menyebabkan obesitas sebab kandungan lemak, minyak dan glukosa yang ada di dalamnya.

Baca : Bahaya oatmeal instanBahaya makan mie instan mentahBahaya makan nasi dengan mie instan

  1. Pola Makan yang Buruk

Penyebab obesitas pada anak yang harus diwaspadai selanjutnya adalah pola makan yang buruk. Pola makan yang buruk tersebut misalnya saja makan tidak teratur dan tidak membiasakan diri dengan sarapan. Orang yang diet dengan menghindari sarapan adalah salah. Hal itu dikarenakan orang akan makan apa saja untuk menghilangkan rasa laparnya. Oleh sebab itulah membiasakan diri memiliki pola makan yang baik dan teratur merupakan pencegahan obesitas yang efektif.

  1. Suka Ngemil

Penyebab obesitas pada anak selanjutnya adalah anak suka ngemil, terutama mengemil makanan yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat seperti kentang goreng, keripik kentang dan lain sebagainya merupakan makanan yang harus dihindarkan dari anak-anak. Selain mengandung banyak MSG dan pengawet, camilan tersebut justru membuat nafsu makan anak menurun. Saat nafsu anak meurun, anak hanya ingin mengemil makanan dengan citarasa yang gurih seperti yang telah disebutkan tadi. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus akibatnya adalah anak bisa terkena obesitas.

Baca : Gejala ObesitasBahaya obesitas

  1. Kurang Olahraga
Sponsors Link

Penyebab obesitas yang paling sering mendominasi bagi anak dan juga orang dewasa lainnya karena mereka kurang olahraga. Olahraga merupakan cara hidup sehat yang harus dilakukan oleh banyak orang. Dengan olahraga timbunan lemak yang ada di dalam tubuh bisa dihilangkan. Lemak aan dikeluarkan melalui urin dan juga melalui keringat. Timbunan lemak yang ada di dalam tubuh itulah yang membuat seseorng terlihat gemuk. Timbunan lemak yang ada di dalam tubu sangat berbahaya bagi kesehatan pembuluh darah dan organ lainnya.

Baca : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak pernah berolahraga

  1. Genetik

Penyebab obesitas pada anak yang satu ini juga cenderung dominan. Jika ayah atau ibu si anak mengalami obesitas atau berbadan gemuk maka anak mengalami obesitas dan kegemukan cenderung besar. Oleh sebab itu bagi ibu yang mengalami obesitas harus berhati hati sejak janin mulai ada di dalam kandungan. Hal itu dikarenakan ibu yang mengidap obesitas dan ibu yang mengalami penyakit diabetes beresiko melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari ukuran normal.

Baca : Luka diabetesDiabetes tipe 2

  1. Penyakit

Penyebab anak mengalami obesitas yang lainnya adalah dikarenakan penyakit. Beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan anak terken obesitas adalah penyakit yang berhubungan dengan syaraf atau neurologis dan juga endokrin. Jika anak sudah mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari ditambah dengan pola hidup yang sehat namun si anak masih gemuk, orangtua bisa konsultasi ke dokter. Bisa jadi anak gemuk bukan karena pola makan dan pola hidupnya yang tidak sehat, melainkan dikarenakan oleh penyakit.

  1. Obat

Anak yang mengalami gangguan psikologi biasanya memiliki badan yang gemuk atau obesitas. Alasannya adalah anak yang menderita gangguan psikologi akan mengkonsumsi obat utuk mengatasi gangguan psikologinya. Tidak hanya itu saja, obat untuk mengatasi steroid pun bisa menyebabkan gemuk dan juga obesitas. Alasan obat-obat tersebut bisa menyebabkan obesitas dikarenakan salah satu efek sampingnya berupa nafsu makan yang meningkat.

  1. Stres
Sponsors Link

Anak yang stress juga bisa mengalami obesitas. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab stres pada anak, salah satunya adalah tekanan dari orang orang yang ada di sekitarnya. Anak yang stres sangat berbahaya, selain bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat obesitas, anak yang stres akan memiliki perubahan perilaku.

Baca : Cara mengatasi stres

  1. Depresi

Saat stres pada anak tidak diatasi dengan baik, anak anak bisa menjadi depresi. Depresi merupakan penyebab anak mengalami obesitas sehingga orangtua harus tahu ciri ciri depresi pada anak. Jika depresi tidak segera diatasi, hal itu akan sangat berbahaya sekali sebab anak bisa mengalami masaah dengan kejiwaan mereka.

Baca : Cara mengatasi depresi pada anak

Cara Mengatasi Obesitas pada Anak

Mengatasi obesitas pada anak tidak seperti mengatasi masalah obesitas pada orang dewasa. Hal itu dikarenakan cara pada oranag dewasa beum tentu cocok untuk anak-anak, sebab jika tidak mengetahui cara yang benar anak justru bisa mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit tifus dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara tepat mengatasi obesitas pada anak :

  • Mengubah kebiasaan makan anak.
  • Orangtua membuat program yang bisa digunakan untuk mengendalikan berat badan anak.
  • Pola makan yang sehat dan hindari makanan instan maupun junk food.
  • Melakukan aktivitas fisik yang cukup.
  • Mengemil sehat.
  • Hindari makan di depan televisi atau di depan komputer.

Itulah berbagai macam penyebab obesitas pada anak dan cara mengatasinya. Orangtua yang memiliki anak sebaiknya menghindari penyebab obesitas tersebut dan menerapkan pola hidup yang sehat pada anak-anaknya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 18th, August 2016 / 13:19 Oleh :
Kategori : Obesitas