Sponsors Link

14 Obat Perut Kembung pada Anak Paling Alami

Sponsors Link

Apakah anak Anda suka rewel karena sebab yang kurang jelas? Pada bayi dan balita, mereka akan cenderung rewel dan menangis tak henti-hentinya ketika perutnya terasa kembung. Khusus untuk bayi yang usianya baru mencapai 3-4 bulan, hal yang normal dan dianggap wajar kalau mereka mengalami kembung di perut.

ads

Kembung terjadi biasanya karena saluran pencernaan bayi fungsinya belum terlalu sempurna, jadi jangan panik dan tak perlu khawatir berlebihan. Ketika perut bayi dan balita di dalamnya terdapat udara atau gas, maka memang akan sulit untuk keluar, berbeda dari anak yang sudah lebih besar. Namun untuk Anda para orang tua yang kurang tahu apa yang seharusnya dilakukan, obat perut kembung pada anak berikut kiranya bisa menjadi referensi.

(Baca juga: masuk angin)

1. Yogurt

Karena merupakan makanan yang mengandung tinggi probiotik, produk olahan susu ini tak hanya mengandung kalsium tinggi, tapi juga bakteri baik. Anak perlu diberikan yogurt ketika perut kembung tak kunjung sembuh karena pencernaan bakal teroptimalkan dengan yogurt ini. Perkembangan dari bakteri jahat pun bakal dihambat dengan baik oleh yogurt.

Penyebab perut kembung terus-menerus pada anak dapat beragam dan memberikan yogurt sama dengan membantu supaya gangguan pencernaan lebih ringan dan kembali lancar. Supaya anak tak rewel, cobalah yogurt Anda campur dengan buah-buahan segar seperti layaknya smoothie. Mereka pasti akan lebih menggemarinya dengan ide seperti ini.

(Baca juga: cara mencegah masuk angin dan perut kembung)

2. Serat

Si kecil bisa saja terserang perut kembung karena kurang mengonsumsi serat. Untuk perut dan pencernaan sehat, Anda perlu menambah asupan serat pada anak kesayangan Anda. Asalkan tidak berlebihan pada takarannya, maka anak akan terjauh dari masalah perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Supaya perut kembung dapat terobati dengan baik, Anda bisa coba memberikan 14 gram serat pada anak yang sudah berusia 1-3 tahun setiap harinya. Serat dengan takaran tersebut bisa Anda coba berikan lewat 1 buah pisang yang ukurannya sedang, roti gandum sepotong dan kacang-kacangan sebanyak setengah gelas. Namun perhatikan juga adanya akibat kelebihan serat bagi tubuh si kecil.

3. Labu

Memberikan labu kepada anak kesayangan Anda yang mengalami perut kembung bukanlah masalah. Mengonsumsi labu sangat baik untuk kesehatan pencernaan, apalagi dalam mengatasi dan mencegah perut kembung. Karena kandungan vitamin A, serat serta kaliumnya tinggi, pencernaan si kecil pun akan tertolong untuk menjadi lebih baik.

Sponsors Link

Cukup hanya edengan menambahkan secangkir labu ke dalam makanan anak Anda, saluran pencernaan akan kembali lancar. Gas atau udara yang membuat perut kembung pun bakal dapat berkurang secara alami. Mengukus atau memanggangnya juga boleh untuk mengatasi perut kembung bagi anak yang sudah agak lebih besar.

(Baca juga: sering kentut)

4. Pijat

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak secara alami adalah dengan memberikan pijatan dan latihan pada kakinya. Khusus untuk anak bayi, Anda bisa menekuk kakinya secara bergantian agar gas di dalam perutnya dapat keluar. Pastikan Anda memijat si kecil lewat 1 jam setelah ia makan dengan gerakan yang lembut dan pelan.

Tak hanya bagian kaki, bagian perutnya pun perlu untuk Anda pijat dengan menekan-nekannya ringan. Gas dan udara di dalam perutnya akan keluar dan si kecil pun akan merasa nyaman kembali. Tengkurapkan bayi yang kemudian Anda bisa lanjutkan dengan memijat bagian punggung secara perlahan, dengan begitu perut kembung hilang dan anak pun bisa tidur dengan nyenyak.

5. Kompresan Air Hangat

Kompres hangat adalah obat yang efektif dan aman untuk anak dengan kulit yang juga masih tergolong sensitif. Pada balita, Anda bisa menggunakan cara ini di mana suhu hangat dari kompresan dapat secara mujarab mengusir gas. Si kecil pun akan merasa nyaman serta rileks karena udara dalam perut dapat dikeluarkan.

Handuk lembut yang sudah Anda rendam dalam air panas bisa Anda peras dan letakkan di perut si kecil yang terserang perut kembung. Saat handuk sudah dingin, gantilah dengan yang baru dan masih hangat, persis seperti mengompres ketika demam hanya bedanya ini memakai air hangat.

Untuk hasil yang memuaskan dan supaya anak cepat sembuh, proses pengobatan alami ini dapat Anda ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Namun satu hal yang perlu diperhatikan dan dihindari adalah penggunaan bantal berisi air panas maupun botol air panas karena berbahaya efeknya bagi anak kecil.

(Baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)

6. Air Putih

Sederhana sekali untuk mengobati perut kembung pada anak, yaitu dengan memberikan air putih. Asupan cairan pada tubuh si kecil perlu dipenuhi dengan sempurna karena ada bahaya akibat kurang minum air putih yang perlu Anda cegah. Ketika jumlah cairan yang ada dalam tubuh dirasa cukup, maka pencernaan pun akhirnya bisa bekerja secara lebih lancar.

Tak hanya gas yang bakal mampu diusir, dengan air putih, sembelit pun dapat dicegah. Sepanjang hari, pastikan anak Anda minum banyak air putih untuk kebutuhan cairan tubuhnya. Namun jangan coba-coba memberikan cairan dalam bentuk lainnya, seperti halnya minuman bersoda karena ini akan memperparah kondisi perut anak.

ads

7. Jus Buah

Obat perut kembung paling nikmat dan pastinya disukai anak adalah jus buah. Karena rasa manis dan segarnya, anak pasti tak akan rewel ketika Anda memberikannya obat alami ini. Jus buah segar bisa Anda berikan sebagai alternatif dari air putih, sebab jus buah pun mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

(Baca juga: ciri-ciri masuk angin)

8. Susu Dingin

Dalam menyembuhkan perut kembung pada si kecil, susu pun boleh Anda coba karena manfaatnya sama seperti air putih. Penambah cairan ini memang merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi. Jadi ada nutrisi juga yang Anda berikan bagi anak kesayangan Anda.

Hanya saja, pastikan bahwa susu yang diberikan adalah dalam keadaan dingin. Susu yang dalam suhu dingin justru dianggap lebih baik ketimbang susu hangat dalam mengobati perut yang kembung. Ini akan membantu melancarkan pencernaan anak yang sedang terganggu dan sekaligus mengatasi sembelit bila si kecil pun mengalami masalah tersebut.

9. Sup Bening

Apabila anak Anda sudah bisa makan sup, boleh juga Anda berikan sup bening di mana fungsinya masih sama seperti air putih, susu dingin serta jus buah tadi. Tujuan pemberian obat ini adalah untuk meningkatkan asupan cairan dalam tubuh si anak. Pencernaan dijamin bakal lebih lancar dengan bantuan sup bening buatan Anda bagi si kecil.

(Baca juga: makanan untuk anak diare dan muntah)

10. Kamomil

Kamomil sudah cukup sering digunakan sebagai obat bagi gangguan kesehatan yang cukup beragam dan telah terbukti pula keampuhannya. Untuk perut kembung yang dialami anak-anak, kamomil pun berperan besar dalam menyembuhkan karena bisa mengurangi gas. Kesehatan pencernaan dapat ditingkatkan, sementara pembentukan gas di perut juga dapat dicegah oleh bahan alami ini.

Asal Anda sudah punya bunga kamomil, ambil saja ½ sendok teh, terutama yang kering dan seduh dalam secangkir air panas selama kurang lebih 10 menit. Saring lebih dulu dan tambahkan madu murni secukupnya. Tunggu sampai dingin dan minumkan ke anak Anda sekitar 1-2 sendok teh sehari beberapa kali agar hasilnya cepat terasa.

11. ASI

Tak salah lagi, untuk anak bayi yang mengidap perut kembung, ibu perlu memberinya ASI. Justru pemberian ASI ini harus tetap dilakukan secara intensif karena ASI adalah makanan paling bergizi bagi bayi. Ingat juga bahwa bayi yang terutama usianya masih 1 bulan kerentanannya cukup tinggi terhadap makanan dan minuman lainnya. Bahkan bayi juga lebih gampang dalam mengeluarkan reaksi alergi.

(Baca juga: cara meningkatkan antibodi anak)

12. Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Kedua bahan atau obat ini begitu manjur dalam banyak kasus anak dengan perut kembungnya. Para orang tua pun pasti sudah terlampau sering menggunakan salah satu atau kedua jenis minyak tersebut untuk menghangatkan tubuh sang buah hati. Untuk menyembuhkan perut kembung, silakan oleskan salah satu minyak tersebut ke bagian perut, punggung dan dada supaya angin di dalamnya lebih gampang keluar.

13. Berinteraksi

Obat satu ini adalah yang terbilang paling efektif tanpa Anda harus sibuk membuat ramuan ini dan itu. Mengajak si kecil berinteraksi melalui bermain bersama, bercerita dengannya, atau melakukan aktivitas anak yang menyenangkan akan membuatnya lebih aktif. Dari tubuh si kecil yang aktif, biasanya ia akan mudah untuk tertawa dan akhirnya bisa bersendawa. Dari sendawa itulah gas yang menumpuk di dalam perut dapat dikeluarkan.

(Baca juga: sering bersendawa)

14. Minyak Mustard

Satu lagi jenis minyak yang jangan sampai terlupakan untuk dijadikan alternatif dari obat-obat lainnya. Minyak ini bisa dioleskan ke perut si kecil agar otot perutnya bisa terlumasi dengan baik. Sistem pencernaan dijamin menjadi lebih sehat dengan rangsangan dari minyak ini karena efek hangatnya. Oles di area pusar si kecil untuk hasil yang cepat dan efektif.

(Baca juga: penyebab perut melilit dan mencret)

Itulah serangkaian obat perut kembung pada anak yang dapat Anda coba di rumah saat anak mulai rewel dan diduga mengalami kembung. Jika dengan bahan-bahan alami tersebut dirasa kurang efektif dan masih kembung juga, jangan tunda untuk langsung membawanya ke dokter.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 11th, August 2016 / 16:44 Oleh :