Sponsors Link

31 Makanan Untuk Penderita Muntaber Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Muntaber atau biasa di kenal dengan nama penyakit muntah berak merupakan salah satu penyakit radang pada usus. Biasanya di sebabkan oleh bakteri, parasit, virus, jamur, cacing atau protozoa. Muntaber juga bisa merupakan wujud dari indikasi keracunan makanan dan minuman, baik yang di sebabkan oleh bahan kimia ataupun karena bakteri. Penyakit ini merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang kekurangan gizi, seperti kekurangan protein dan sering kelaparan. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling sering di jumpai oleh berbagai masyarakat Indonesia. Sebab salah satu penyebab utamanya adalah faktor makanan yang biasa di konsumsi.

ads

Selain itu, pengaruh lingkungan juga mendukung resiko terkena penyakit ini. Baru kemudian diperkuat dengan kebersihan diri, badan, makanan, dan rumah tempat tinggal. Kondisi cuaca yang tidak stabil, seperti hujan terus-menerus juga bisa menyebabkan seseorang terkena muntaber. Sebab keberadaan sistem sanitasi yang tidak terjaga baik, akan membantu kuman untuk berkembang biak di sana. Sehingga lingkungan menjadi kotor, dan wabah muntaber semakin  tinggi.

Muntaber Penyakit yang Mudah Menular

Menurut pengalaman, muntaber menjadi salah satu penyakit yang cukup mudah menular. Biasanya sangat rentan jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Misalnya adik anda sedang terkena muntaber. Kemudian, anda di suruh untuk merawat dan menjaganya. Namun karena anda lupa waktu, maka banyak waktu anda habiskan untuk menjaga si adik. Di tambah lagi anda kurang tidur, karena terjaga sepanjang malam. Serta jarang makan makanan yang bergizi. Akibatnya kekebalan tubuh anda mulai melemah. Nah, saat itulah virus muntaber masuk ke dalam tubuh anda sehingga membuat diri anda sakit.

Setelah sakit, penderita muntaber satu dengan yang lainnya tidak boleh di sandingkan. Mereka harus berada di ruang berbeda. Sebab indikasi penyakit ini berbeda beda. Ada yang suhu tubuhnya cukup tinggi, namun kualitas diarenya tidak cukup mengganggu. Namun ada pula yang panas tubuhnya tidak sepanas penderita pertama. Namun diare yang di deritanya sangat mengganggu. Maka baik antara penderita satu dengan yang lain tidak boleh di sandingkan.

Mengapa ?

Sebab di khawatirkan bisa menular yng lainnya. Jadi misalkan penderita A sakit muntaber dengan indikasi panas tinggi, namun jarang diare. Sedangkan penderita B panas tidak terlalu tinggi, namun gejala diare selalu muncul. Jika kamar antara penderita A dan B terpisah, akan membantu mempercepat kesembuhan ke dua pasien. Hal ini di dukung karena resistensi dan kekebalan tubuh masing masing orang berbeda.

Meskipun bukan tergolong salah satu penyakit yang cukup parah, namun kehadiran penyakit ini sangat mengganggu. Kepala pening, perut sakit, bahkan kalau berak keluarnya hanya diare. Paling enak memang tidur, namun baru sebentar bangun lagi karena perut sudah mulai mulas. Pasien juga akan mengalami mual yang sangat mengganggu nafsu makannya, sehingga membuat tubuhnya sampai dehidrasi. Itulah mengapa mereka sangat berhati hati dengan makanan yang mereka makan. Tidak bisa sembarangan. Maka berhentilah bermimpi untuk di manjakan makan makanan cepat saji atau instan.

Maka, inilah beberapa list makanan yang masih boleh di konsumsi oleh penderita muntaber atau di kenal dengan muntah dan berak. Simak ulasannya :

  1. Buah pisang

Memang saat terjadi pada musim peralihan, banyak sekali bakteri dan virus tersebar ke mana-mana. Tidak terkecuali adalah muntaber. Maka anda tidak bisa seenaknya makan makanan yang sembarangan. Salah satu makanan yang boleh anda makan saat terkena penyakit ini adalah buah pisang. Kandungan makanan kaya serat ini, mudah untuk di cerna dan mudah keluar pula. Apalagi pisang memberikan manfaat vitamin yang cukup banyak. Bisa membantu mengembalikan energi tubuhmu yang hilang.

  1. Nasi

Tenang saja meskipun anda terkena penyakit muntaber, masih boleh dan dianjurkan untuk makan nasi. Makanan ini tergolong salah satu makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga membuat lambung dan usus anda mudah di serap. Apalagi nasi menjadi salah satu makanan yang tidak menyebabkan iritasi pada tubuh.

  1. Roti panggang

Jangan khawatir untuk anda yang menyukai roti panggang. Sebab makanan ini tetap boleh anda konsumsi meskipun dalam keadaan sakit muntaber. Seperti nasi dan khasiat buah pisang, roti panggang menjadi makanan yang ringan untuk di konsumsi. Bahkan tidak menimbulkan iritasi pada perut. Selain itu, makanan ini juga termasuk salah satu makanan yang mudah di cerna oleh tubuh.

  1. Saus apel (apple sauce)

Meskipun anda mungkin asing dengan makanan ini, tapi bagi pecinta buah tidak. Mereka yang menyukai apel dan sausnya tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipi kelezatan makanan ini. Sebab penderita muntaber diperbolehkan untuk tetap mengkonsumsinya. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Bahkan saus apel merupakan makanan yang tidak menyebabkan iritasi untuk perut. Jadi tidak perlu khawatir untuk memakannya, tapi jangan lupa untuk konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

  1. Yoghurt

Makanan ini menjadi salah satu makanan yang juga diperbolehkan untuk di makan. Yoghurt memiliki rasa asam, sebab pengolahanya berasal dari fermentasi susu. Sakit diare bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan ini. Sebab dalam yoghurt terdapat bakteri bakteri baik yang bisa membantu untuk mengusir bakteri jahat yang menjadi penyebab diare. Kandungan yang ada di dalam yoghurt juga mudah di cerna, sehingga aman untuk tetap di konsumsi.

  1. Minuman yang mengandung elektrolit

Beberapa minuman yang mengandung elektrolit juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebab minuman tersebut mengandung ion-ion positif yang membantu menjaga tubuh anda. Apalagi saat diare anda cenderung mudah untuk dehidrasi. Demi mengganti kehilangan cukup air yang ada di dalam tubuh, tidak ada salahnya anda mencoba minuman berelektrolit.

  1. Makanan yang gurih

Anda tetap bisa memakan makanan yang gurih seperti udang, ikan asin dan lain sebagainya. Memang makanan ini terkenal amis, jadi beberapa orang malah cenderung untuk menghindarinya. Tapi siapa sangka kalau makanan ini justru aman untuk dikonsumsi? Makanan gurih ternyata mengandung cukup banyak natrium. Bagi tubuh, zat ini bisa di pakai untuk menahan keluarnya terlalu banyak cairan tubuh. (baca juga : bahaya makanan laut)

  1. Jelly

Selain itu masih aad beberapa minuman dan makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi, salah satunya adalah jelly. Selain mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, jeli juga baik dalam memberikan kebutuhan nutrisi manusia yaitu vitamin dan mineral yang di perlukan untuk perkembangan dan kesehatannya

  1. Buah Apel

Sama seperti pisang tadi, apel juga merupakan salah satu makanan yang mudah untuk di cerna oleh tubuh. Apalagi khasiatnya seperti vitamin C, A, dan D yang baik untuk kesehatan kulit dan mata. Kandungan dari buah yang mengandung vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penderita muntaber. Sehingga berguna untuk melawan penyakit. Apel juga merupakan makanan yang cukup serat, maka memakan buah ini tidak mengakibatkan perut anda teriritasi.

  1. Teripang laut

Selain itu, ada beberapa hewan hewan laut yang bisa membantu untuk proses penyembuhan dari penyakit muntaber. Salah satunya adalah teripang laut. Hewan ini memiliki banyak kandungan gizi, misalnya seperti protein, mineral, omega 3 dan lain sebagainya. Bahan ini juga aktiv di gunakan sebagai obat untuk meredakan sakit nyeri dan peradangan. Sebab sifat dari teripang sendiri adalah anti bakterial, anti toxic, serta anti mikroba.

Gizi seperti makanan yang mengandung protein, kolagen, mineral, muko polisakarida, glukosamine, saponin, dan lain sebagainya adalah beberapa gizi dari teripang ini. aka tidak salah beberapa produk kesehatan menawarkan pil teripang untuk membantu kesembuhannya.

  1. Teh pahit

Kemudian masih ada beberapa minuman yang harus anda coba kala berada dalam kondisi sakit muntaber. Minuman tersebut adalah teh, tapi bukan sembarang teh yang anda minum, haruslah teh hangat dengan gula sedikit saja. Ini bisa membantu diare menjadi sedikit mengeras. Kandungan dalam teh yang memiliki kadar pahit tinggi atau kental bisa di percaya mengatasi masalah diare atau mencret pada tubuh anda. (baca juga : bahaya minum teh bagi kesehatan)

  1. Sereal

Seperti makanan yang lainnya, sereal juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh tubuh saat anda terkena muntaber. Biasanya penderita akan malas makan makanan yang berat. Meski sereal nampak ringan, namun kandungan yang ada di dalamnya cukup untuk memenuhi gizi yang dibutuhkan. Sereal juga merupakan makanan yang mudah di cerna oleh tubuh. Bahkan merupakan salah satu makanan yang tidak menimbulkan iritasi pada perut anda.

Sponsors Link

  1. Kentang rebus

Makanan ini juga masuk ke dalam salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi. Meskipun anda terkena muntaber, yang mana membuat tubuh lemas dan tak berdaya, agaknya kentang bisa membantu untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Kentang rebus ini memang tidak nampak enak, Namun jika anda memaksakannya untuk makan, maka tidak apa pula digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Kentang juga merupakan salah satu penghasil karbohidrat yang tinggi, bukan?

  1. Banyak minum air putih

Jangan salah meskipun hanya berbentuk air bening saja, tanpa rasa, tanpa bau, air putih merupakan salah satu jenis minuman yang paling baik dikonsumsi. Manfaatnya antara lain untuk membantu mengurangi dehidrasi tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, sama sekali tidak memberikan efek samping yang negatif pada tubuh. bahkan malah sekalian meMbersihkan ginjal dalam tubuh. (baca juga : bahaya akibat terlalu banyak minum air putih)

  1. Makanan berkuah kaldu

Selain itu, penderita muntaber juga dianjurkan untuk makan makanan yang berkaldu. Misalnya dengan sayur sop ayam kuah kaldu, baik kaldu ayam maupun sapi. Mengapa? Ternyata kaldu ini mengandung cukup banyak elektrolit. Bahan ini tentu saja membantu untuk mengatasi dehidrasi pada penderita. Sebenarnya penyakit ini tidak terlalu berbahaya. Hanya saja, yang menyebabkan sebagian besar anak kecil meninggal adalah kasus dehidrasi pada tubuhnya tidak segera ditangani.

  1. Larutan gula dan garam

Larutan yang mengandung gula dan garam juga bisa membantu untuk segera menyebuhkan penyakit muntaber. Mengapa? Larutan ini memiliki kandungan elektrolit yang tinggi.  sehingga membantu untuk mengatasi masalah dehidrasi tubuh anda. bagaimana cara menemukan larutan gula dan garam? Mudah sekali. Coba lihat dapur anda, apakah ibu tersayang sedang memasakkan sayur sop, atau sayur bayam untuk anda? bukankah sayur dengan kuah bening memerlukan gula dan garam untuk membuat rasanya semakin nikmat? (baca juga : tentang oralit)

  1. Daging ayam tanpa kulit dan lemak

Bukankah penderita muntaber sangat di jaga jarak dengan makanan yang berbau daging? Karena berlemak? Boleh, asalkan yang di berikan adalah daging tanpa kulit serta bagian yang berlemak seperti gajih. Jika hanya daging putihan saja tidak masalah. Makanan ini termasuk dalam makanan yang lunak, sehingga mudah di cerna oleh tubuh. Kandungan daging juga kaya akan protein yang membantu untuk memulihkan tubuh anda dengan segera.

  1. Minuman suplemen olahraga

Penderita muntaber masih boleh untuk mengkonsumsi suplemen olahraga. Meskipun dalam keadaan sakit, namun hal ini malah menjadi salah satu anjuran. Sebab suplemen olahraga merupakan jenis minuman yang banyak mengandung elektrolit. Tentu saja zat ini penting dan berguna untuk tubuh. Bahkan ketika muntah, elektrolit tubuh anda banyak yang hilang semua. Keberadaan cairan elektrolit ini bisa berguna untuk menggantikan vitamin yang ada di dalam tubuh anda.

  1. Minum jahe

Anda merasa mual? muntah? Minumlah jahe untuk meredakannya. Bahkan dalam suatu penelitian menyebutkan kala jahe di minum di dalam tubuh, lebih efektif untuk meredakan rasa mual, dibandingkan anda mengkonsumsi drammamin. Perut yang mual ini disebabkan karena penyebab asam lambung naik yang di dalam perut, hingga hasrat mual dan ingin muntah semakin tinggi. Jika anda memperturutkan hawa nafsu untuk memuntahkannya, tubuh akan kehilangan banyak elektrolit tubuh. Hal paling manjur adalah menghentikan rasa ingin muntah ini. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jahe.

  1. Creacker

Makanan ini memang terkenal dengan rasanya yang hambar. Tapi ketahuilah bahwa dengan memakan ini mampu menekan rasa mual dalam perut. Mengapa? dalam creacker banyak mengandung zat pati yang tinggi. Bahan makanan pati ini bisa berguna untuk membantu menyerap asam lambung yang sedang tinggi dalam perut. Malah selain menekan rasa mual, juga memberikan efek kenyang dalam tubuh.

  1. Permen mint

Siapa bilang sakit muntah dan berak dilarang untuk memakan permen? Justru permen dengan rasa mint bisa membantu untuk mengatasi rasa mual perut anda. Menurut salah satu sumber memberikan pernyataan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu untuk menormalkan kerja perut. bahkan permen rasa mint ini bisa membantu untuk membersihkan lidah anda.

ads
  1. Minum oralit

Untuk anda yang tetap merasa mual dan ingin muntah, mengatasi dengan mengkonsumsi oralit merupakan salah satu solusi yang tepat. Larutan oralit merupakan larutan yang terbuat dari campuran antara gula dan garam. Hasilnya berupa larutan yang kaya akan elektrolit. Tentu saja kandungan elektrolit ini penting untuk tubuh. Bahkan bisa digunakan sebagai makanan pengganti vitamin.

  1. Keju

Meskipun tidak diperkenankan untuk makan makanan yang instan, namun penderita muntaber masih di perkenankan untuk mengkonsumsi keju. Di dalam keju terdapat kandungan yang kaya akan protein. Ternyata aktif untuk membantu meredakan mual dan rasa ingin muntah.

  1. Telur rebus

Jangan salah, telur juga bisa di gunakan untuk membantu meredakan rasa mual dan muntah. Penderita muntaber memang sangat mudah mengeluarkan makanan yang ada di dalam tubuhnya. Sebab makanan bisa keluar melalui mulut dan anusnya. Dalam telur terdapat banyak nutrisi dan gizi protein yang cukup tinggi. sehingga ketika pasien muntaber muntah dan berak, nutrisi di dalam tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, telur juga merupakan makanan yang mudah di cerna oleh tubuh.

  1. Bubur

Makan bubur juga masih bisa di tolerir oleh penderita muntaber. Pasalnya bubur ini merupakan salah satu makanan yang mudah di cerna oleh tubuh. Apalagi kandungan makanan yang mengandung karbohidrat yang di miliki oleh bubur mampu berguna sebagai pengganti energi tubuh yang hilang saat sakit. Perut juga tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencerna, sebab makanan ini tergolong tidak terlalu mudah di serap juga tidak susah. Sehingga tidak menyebabkan iritasi pada perut.

  1. Biskuit

Selain itu biskuit juga masih bisa untuk dikonsumsi oleh penderita muntaber. Biskuit menjadi salah satu makanan yang mengandung banyak asupan karbohidrat. Sama seperti bubur, kandungan ini bisa membantu mengatasi kekurangan karbohidrat selama sakit. Apalagi biskuit menjadi salah satu makanan yang mudah untuk dicerna, sehingga usus dan lambung tidak perlu bekerja ekstra. Biskuit juga menjadi makanan yang tidak menyebabkan iritasi untuk perut. Sehingga aman untuk di makan.

  1. Ikan

Bagi anda yang menyukai makanan jenis ikan-ikanan, tidak perlu khawatir karena tidak bisa memakannya kala sakit. Sebab ikan menjadi salah satu makanan yang rendah serat, atau dengan kata lain kandungan serat dari ikan sedikit. Oleh sebab itu, perut dan tubuh mudah untuk mencernanya. Apalagi kandungan yang ada di dalam ikan cukup baik untuk tubuh, yakni kaya akan protein, omega 3 dan natrium sehingga baik untuk tubuh anda yang sedang sakit. (baca juga : bahaya ikan lele bagi kesehatan)

  1. Tahu

Selain itu, masih ada sebangsa kedelai, tahu, menjadi salah satu makanan yang masih tetap boleh untuk dikonsumsi. Kandungan protein yang tinggi ini bisa membantu untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan lemah akibat sakit. Tahu juga menjadi salah satu makanan yang mudah untuk di cerna. Itulah mengapa makanan ini tetap boleh untuk dikonsumsi, karena tidak menyebabkan perut di iritasi.

  1. Bayam

Anda menyukai bayam? Tentu sayur dengan bahan dasar daun bayam ini sedap dan lezat sekali. Untung saja makanan ini masih tetap boleh di produksi saat sakit muntaber. Bayam termasuk salah satu sayuran yang tergolong rendah serat, sehingga di perbolehkan untuk tetap di konsumsi meskipun perut anda sedang gangguan diare yang tak kunjung sembuh. (baca juga : bahaya sayur bayam yang dihangatkan)

  1. Wortel

Wortel juga menjadi makanan yang tetap boleh untuk dikonsumsi selama anda sakit muntah berat. Makanan yang mengandung vitamin A ini juga masuk dalam golongan sayur rendah serat. Sehingga tubuh anda tidak terlalu mudah untuk di cerna yang menyebabkan semakin mules.

  1. Tomat

Buah atau sayur tomat yang benar? Ya apapun itu, tomat menjadi salah satu makanan yang tetap boleh di konsumsi selama anda sakit muntah berak atau muntaber. Tomat merupakan makanan yang mengandung vitamin C dan A, berguna untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh di kala sakit. Selain itu tomat juga termasuk makanan yang rendah serat. Sehingga perut anda tidak akan mengalami iritasi.

  1. Semangka

Buah semangka menjadi salah satu makanan yang tetap boleh anda konsumsi. Buah ini memiliki kandungan yang rendah serat, sehingga usus anda tidak akan bekerja terlalu keras untuk mencernanya. Kandungan vitaminnya juga cukup banyak. Apalagi buah semangka termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Sangat cocok untuk membantu tubuh anda yang kekurangan cairan, sebab penyakit muntaber memang lebih sering membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Namun perlu di perhatikan, memakan banyak buah semangka juga tidak baik. Perut anda bisa panas, tenggorokan juga panas. Untuk itu anda tetap boleh mengkonsumsi, namun dengan catatan hanya sedikit saja.

Inilah beberapa makanan yang tetap boleh di konsumsi selama anda sakit muntaber. Semoga bisa kembali sembuh dan sehat seperti semula.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 30th, December 2015 / 04:07 Oleh :
Kategori : Muntaber