32 Makanan yang Baik Untuk Mata Minus Paling Sehat

Mata minus atau disebut sebagai myopia adalah salah satu jenis penyakit mata akibat menurunnya fungsi mata dalam melihat jarak jauh. Oleh karena itu, gangguan kesehatan mata ini sering juga disebut sebagai rabun jauh. Mata minus dapat terjadi karena faktor keturunan, namun dapat juga karena kebiasaan sehari-hari seperti sering membaca dengan tidak memperhatikan pencahayaan dan jarak antara mata dengan bacaan, bekerja di depan komputer tanpa istirahat, atau melihat dengan jarak dekat pada waktu yang lama. Hal terjadi ini karena daya akomodasi mata menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik. Rabun jauh atau mata minus dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cekung untuk menghindari bahaya mata minus tanpa kacamata.

baca juga: cara mengurangi minus matacara mengobati mata minuscara menjaga mata agar tidak minus

Penyebab Mata Minus

Beriku ini merupakan penyebab mata minus, antara lain:

  • Stres mata. Tidak hanya pikiran, ternyata mata juga dapat mengalami stres. Stres mata ini dapat ditimbulkan karena aktivitas yang terlalu banyak menggunakan penglihatan pada jarak dekat. Membaca dan menggunakan komputer adalah salah satunya atau yang lebih sederhananya lagi, pada era digital ini, penggunaan gadget yang berlebihan. Hal ini yang perlu diwaspadai.
  • Keturunan. Telah disinggung sebelumnya jika faktor keturunan dapat menjadi penyebab seseorang mengalami mata minus. Seseorang yang memiliki orang tua dengan mata minus, akan berisiko lebih tinggi mengalami mata minus. Biasanya mata minus diperoleh melalui keturunan akan mulai dirasakan sejak masa pertumbuhan dan dapat bertambah parah hingga usia dewasa. [baca juga: kelainan genetika]
  • Kebiasaan buruk. Mungkin hal yang satu ini sering kurang disadari. Sering melakukan kebiasaan yang dapat mengakibatkan mata lelah seperti membaca sambil tiduran atau menonton televisi dalam jarak yang terlalu dekat. Jika ingin mata tetap sehat, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut.
  • Pola makan yang buruk. Memiliki tingkat kesibukan yang tinggi karena pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, hal ini dapat menyebabkan seseorang kurang memperhatikan atau menjaga konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal zat gizi yang terdapat pada makanan adalah salah satu penentu tubuh untuk mendapatkan asupan yang dibutuhkan untuk selalu dalam kondisi sehat.

Gejala Mata Minus

Beberapa gejala mata minus yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut:

  • Penglihatan kabur ketika melihat jarak jauh. Penglihatan menjadi tidak jelas saat melihat benda dengan jarak jauh atau sulit untuk mengenali wajah orang yang menyapa dari jarak jauh Jika itu terjadi, sebagian orang pasti bereaksi dengan menyipitkan mata agar dapat melihat dengan lebih jelas. Jika hal ini sering dialami, kemungkinan mengalami rabun jauh atau mata minus.
  • Daya penglihatan memburuk terutama ketika malam hari. Jika merasakan adanya perbedaan daya penglihatan atau penurunan kemampuan mata di malam hari, lebih baik segera periksa ke dokter karena kemungkinan hal tersebut adalah sebagai tanda mata minus. Memburuknya daya penglihatan di malam hari ini, biasanya menjadi sangat jelas dirasakan ketika berada di ruang terbuka dengan cahaya yang tidak terlalu terang. Contohnya ketika sedang berada di jalan dan melihat papan iklan namun tidak bisa membaca tulisannya dengan jelas.
  • Pusing dan sakit kepala. Gejala kepala sering pusing dan sakit kepala dapat disebabkan salah satunya oleh mata lelah. Jika hal tersebut sering terjadi, ada kemungkinan terkena rabun jauh karena mata lelah merupakan salah satu pemicu gangguan penglihatan.

Identifikasi Mata Minus

Cara yang paling tepat untuk mengetahui seberapa parah mata minus adalah dengan melakukan pemeriksaan di optik. Pemeriksaan ini biasanya disediakan secara gratis. Ada dua cara pemeriksaan, cara konvensional dan cara modern. Cara pertama adalah dengan menggunakan susunan huruf dalam ukuran berbeda yang ditempelkan di dinding. Jika ada huruf yang tidak dapat dibaca, orang yang diperiksa diminta untuk memakai lensa cekung yang memiliki ukuran minus bervariasi untuk mencari lensa yang sesuai. Cara kedua adalah dengan menggunakan komputer. Hal ini lebih praktis karena hanya tinggal melihat ke dalam alat yang terhubung dengan komputer untuk mengetahui ukuran mata minus.


Pencegahan Mata Minus

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah mata minus, antara lain:

  • Atur jarak baca. Jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Jarak baca ideal untuk mata adalah sekira 30 cm.
  • Penerangan cukup. Lakukan kegiatan membaca di tempat yang memiliki penerangan atau cahaya yang cukup. Hal ini disebabkan jika tempat atau ruangan dengan cahaya yang minim dapat membuat mata mudah lelah.
  • Atur posisi membaca. Biasakan untuk membaca dalam posisi duduk, hindari membaca sambil tiduran.
  • Jangan melihat objek terlalu dekat. Sebaiknya jangan menatap layar televisi dan layar komputer terlalu dekat dan lakukan istirahat atau berikan jeda sehingga mata dapat melihat ke jarak lain yang berbeda.
  • Pastikan istirahat yang cukup. Jangan terlalu banyak begadang dan batasi berapa lama waktu menonton televisi.

Pengobatan Mata Minus

Mata minus dapat diatasi dengan operasi untuk mengembalikan fungsi kerja mata agar kembali normal seperti semula. Namun ada beberapa orang yang juga mempercayai bahwa mata minus dapat disembuhkan melalui pengobatan alternatif. Jika tidak berniat untuk menempuh kedua cara tersebut, ada cara menjaga kesehatan mata terbaik untuk mencegah mata minus menjadi lebih parah, yaitu dengan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk dan juga mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik untuk mata.

Makanan yang Baik Untuk Mata Minus

Berikut adalah daftar makanan yang memiliki nutrisi untuk memperbaiki kesehatan mata:

1. Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan betakaroten sebagai salah satu jenis vitamin A yang membantu fungsi kerja retina dan bagian-bagian lain dari mata. Vitamin A ini yang memberikan warna jingga pada wortel. Wortel dapat dikonsumsi sebagai campuran dalam beberapa jenis hidangan seperti sup atau tumis. Selain itu, wortel juga umum dikonsumsi sebagai minuman dalam bentuk jus.

baca juga: makanan yang mengandung vitamin A super tinggiakibat kekurangan vitamin A

2. Daun selada

Selada adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan. Menurut penelitian, kedua senyawa ini dapat membantu dengan cara mencegah katarak atau gangguan mata lainnya.

3. Telur

Telur terutama pada bagian kuningnya merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kelebihannya, telur juga memiliki kandungan zinc atau seng yang akan membantu dalam mencegah penurunan daya penglihatan mata.


”artikel

4. Aneka jenis beri

Berbagai jenis beri seperti stroberi, cranberry, raspberry, dan blueberry adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata. Buah-buahan yang umumnya berasa asam ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

baca juga: penyakit akibat kekurangan vitamin Cmakanan yang mengandung vitamin C paling tinggiakibat kekurangan dan kelebihan vitamin C

5. Almond

Almond termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Almond mengandung banyak vitamin E yang juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi almond akan membantu memenuhi sebagian kebutuhan tubuh akan vitamin E.

baca juga: makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya

6. Ikan laut

Jenis ikan laut seperti salmon, makarel, tuna, dan ikan teri kaya akan kandungan DHA. DHA merupakan asam lemak yang banyak ditemukan pada retina. Kekurangan DHA dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau terganggunya kesehatan mata.

baca juga: bahaya makanan laut

7. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, bayam juga diperkaya dengan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan membantu terhindar dari penyakit glaukoma.

baca juga: bayam bagi penderita asam uratbahaya sayur bayam yang dihangatkan

8. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki kandungan lutein tertinggi di antara buah-buahan lainnya. Selain itu, alpukat juga dapat membantu penyerapan nutrisi seperti alpha karoten dan beta karoten. Nutrisi ini memiliki fungsi penting sebagai bahan pembentuk vitamin A.

baca juga: khasiat biji alpukat

9. Bawang putih

Hampir setiap masakan Indonesia pasti menggunakan umbi bawang ini. Bawang putih memiliki kandungan glutathione, vitamin B1, vitamin C, selenium, dan quercetin yang dapat membantu melindungi mata dari efek buruk sinar UV. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkuat sel-sel optik yang akan membuat mata tetap dalam kondisi yang sehat.

baca juga: bahaya bawang putih mentahefek samping bawang putih

10. Tomat

Selain dapat dipakai untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata tomat juga dapat membantu kesehatan mata. Kandungan gizi tomat antara lain vitamin C, vitamin A, dan likopen yang merupakan nutrisi untuk membantu mempertahankan kesehatan mata.

11. Dark Chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid. Salah satu fungsi zat flavonoid adalah untuk melindungi pembuluh darah yang terdapat pada mata. Hal ini akan membantu memperkuat bagian-bagian mata seperti kornea dan retina untuk menjaga kesehatan penglihatan. Selain lezat dan dapat memperbaiki mood, ternyata cokelat sangat baik untuk mata.

baca juga: bahaya cokelat bagi kesehatan

12. Brokoli

Kandungan nutrisi pada brokoli adalah lutein dan zeaxanthin untuk melindungi mata dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas. Brokoli dapat diolah menjadi sup atau tumisan. Jika merasa jenuh dengan menu tersebut, sayuran ini juga dapat digoreng dengan tepung seperti ketika membuat ayam krispi.

baca juga: brokoli untuk penderita asam urat

13. Kol

Sama halnya dengan brokoli, kol juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Ditambah lagi, kol juga dapat membantu mencegah katarak pada mata. Kol dapat diolah dalam menu sup dan tumisan yang lezat. Selain itu, kol juga dapat menjadi lalapan.

14. Jagung

Jagung adalah salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk mata. Kandungan gizi jagung meliputi vitamin A yang cukup tinggi. Aneka jenis olahan dapat dihasilkan dari bahan makanan satu ini. Jagung dapat direbus dan dimakan langsung, dijadikan sayur asem, dimakan sebagai camilan berupa popcorn, atau biji jagung dapat juga diolah menjadi tepung jagung untuk membuat aneka kue.

15. Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan karotenoid dan lutein yang tinggi. Kandungan ini membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan pada mata. Rasa asam pada kiwi mungkin membuat tidak terlalu disukai. Namun, jika buah kiwi diolah menjadi minuman berupa jus, rasanya akan sangat menyegarkan.

16. Jambu biji

Jambu biji baik yang daging buahnya putih maupun yang berdaging merah memiliki kandungan betakaroten dan vitamin yang cukup tinggi. Jambu biji dapat dimakan langsung atau dijadikan jus. Minuman kemasan yang berbahan jambu biji juga telah banyak tersedia di supermarket.

17. Anggur

Buah anggur memiliki beberapa jenis, yaitu anggur merah, hijau, dan hitam. Mengonsumsi anggur akan membantu melindungi retina dan merawat kesehatan mata dengan baik. Kandungan dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penyakit makula, salah satu jenis penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

18. Jeruk lemon dan jeruk nipis

Jeruk lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C. Jenis buah ini akan membantu menjaga kesehatan mata dengan mencegah terjadinya makula, rabun, serta retinopati diabetik. Karena rasanya yang asam, sebaiknya lemon dan jeruk nipis dicampurkan ke dalam minuman lain sehingga memberikan rasa yang menyegarkan.

baca juga: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag

19. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada ubi jalar dengan umbi daging berwarna putih, kuning, jingga, merah, atau ungu. Setiap ubi jalar mengandung vitamin A dan betakaroten yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Ubi jalar ungu mengandung vitamin A tertinggi. Saat ini makanan berbahan dasar ubi jalar sudah begitu beragam. Ubi jalar dapat diolah menjadi kue, keripik, bahkan es krim.

20. Biji bunga matahari

Ternyata biji bunga matahari memberikan manfaat untuk kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin E dan zinc. Jika tidak menyukai kuaci, kini juga tersedia minyak dari biji bunga matahari yang dapat dikonsumsi sebagai suplemen.

baca juga: fungsi vitamin Ekhasiat vitamin E

21. Daging merah

Daging merah khususnya daging sapi tanpa lemak mengandung zinc yang membantu tubuh kita untuk menyerap vitamin A sehingga kesehatan mata lebih terjaga. Bagi seseorang yang tidak termasuk vegetarian, konsumsi daging merah dalam jumlah yang cukup akan membantu untuk mendapatkan penglihatan yang sehat.

baca juga: bahaya daging merahbahaya daging sapidaging berbahaya

22. Susu dan produk susu

Belum banyak yang tahu bahwa susu memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Susu mengandung vitamin A dan riboflavin (vitamin B2) yang dapat mencegah terjadinya iritasi atau mata merah dan meningkatkan ketajaman indera penglihatan.

baca juga: khasiat susu sapi murnicara menghilangkan mata merah

23. Blewah

Buah dengan rasa segar ini sering digunakan dalam campuran beberapa jenis minuman seperti es buah dan es campur. Perpaduan blewah yang segar dengan rasa manis dari sirup menjadi begitu nikmat di tenggorokan. Ternyata blewah juga mengandung vitamin A dan betakaroten untuk membantu menjaga kesehatan mata.

24. Belimbing

Ada dua jenis belimbing, yaitu belimbing wuluh dan belimbing buah. Belimbing wuluh biasanya dipakai sebagai bahan tambahan untuk menghasilkan rasa asam yang segar pada beberapa jenis masakan seperti sayur dan garang asem. Selain itu, belimbing wuluh ternyata dapat digunakan sebagai bahan manisan. Sedangkan belimbing buah dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman berupa jus yang menyegarkan. Buah belimbing mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi retinol dan vitamin A.

25. Melon

Melon dikenal sebagai buah yang dapat mencegah kanker dan serangan jantung. Selain itu, ternyata buah melon juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Melon mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi vitamin A. Satu buah melon dikatakan mampu mencukupi kebutuhan akan vitamin A harian sebesar 25 persen.

26. Semangka

Buah semangka mengandung banyak nutrisi vitamin A, vitamin C, lutein, zeaxanthin, dan betakaroten. Konsumsi semangka akan membantu mencegah mata terkena gangguan rabun. Semangka juga akan mencegah pengeringan air mata, silinder, dan glaukoma.

27. Pisang

Pisang merupakan buah yang dapat ditemui kapan saja, tidak mengenal musim dan mudah didapatkan. Harga pisang juga tidak terlalu mahal sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Khasiat buah pisang untuk kesehatan banyak sekali bagi tubuh. Kandungan gizi pisang meliputi vitamin A yang dapat larut dalam lemak untuk membantu menjaga kesehatan retina dan terhindar dari kebutaan.

baca juga: efek terlalu banyak makan buah pisangbahaya pisang karbit

28. Kacang polong

Kacang polong sering diolah menjadi masakan atau camilan yang gurih. Jenis kacang-kacangan ini mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Nutrisi tersebut di antaranya vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, protein, seng, karoten, dan folat. Kandungan karotenoid pada kacang polong dapat membantu melindungi mata.

29. Paprika

Paprika memang tidak terlalu umum dipakai dalam masakan Indonesia. Namun jenis sayuran ini sering kita temui di supermarket. Paprika ada yang berwarna kuning, hijau, dan merah. Sayuran ini mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, betakaroten, karbohidrat, fosfor, asam folat, dan kalsium. Dengan kandungan tersebut paprika membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya katarak.

30. Kemangi

Selain dipakai sebagai lalapan, daun kemangi juga sering dipakai sebagai campuran sayur oleh beberapa jenis masakan khas daerah tertentu. Biji dari kemangi ini sering dijadikan sebagai tambahan pada berbagai jenis minuman, berupa biji selasih. Ternyata, daun kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

baca juga: efek samping daun kemangi bagi wanita dan kesehatan

31. Kangkung

Banyak orang sering meremehkan kangkung. Kangkung memang memiliki harga yang murah. Namun jika telah menjadi masakan yang diolah dengan bumbu-bumbu yang tepat, kangkung dapat menjadi menu masakan yang menggugah selera. Bahkan kangkung dapat menjadi menu masakan berharga tinggi ketika telah dihidangkan di restoran-restoran berbintang. Ternyata, khasiat dan kandungan kangkung kaya akan vitamin A yang membantu mendapatkan mata yang sehat. Dengan konsumsi kangkung, dapat menangkal radikal bebas yang menyerang kornea mata. Kangkung juga mampu mencegah terjadinya katarak.

baca juga: sayur kangkung bagi penderita asam urat

32. Bit merah

Mirip seperti wortel, bit merah kaya akan antioksidan dan zat besi yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Banyak olahan yang dapat diciptakan dari bahan buah bit, antara lain jus, bubur, kue donat, kolak, sayur, dan puding.

Demikian jenis bahan makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata serta sangat baik untuk mata minus. Baik dari segi mencegah maupun membantu memulihkan kesehatan mata minus dan gangguan mata lainnya. Ternyata jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata kebanyakan berasal dari buah-buahan dan sayur yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

, , , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 07:20 Oleh :
Kategori : Mata Minus