Sponsors Link
     Sponsors Link

26 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami Tanpa Obat

ads

Istilah masuk angin menjadi penyakit yang paling umum dan biasanya menyerang ketika tubuh merasa kelelahan. Kondisi seperti ini banyak terjadi ketika tubuh tidak cukup kuat untuk melawan infeksi dari virus atau bakteri. Bahkan masuk angin juga sering menjadi pertanda ketika serangan flu dimulai. Beberapa gejala yang bisa diperhatikan seperti sakit kepala, kepala sering terasa berat, hidung tersumbat, rasa sakit pada tenggorokan dan tubuh yang terasa sangat lelah. Jika kondisi seperti ini tidak diperhatikan maka masuk angin bisa berkembang menjadi flu dan yang paling parah serangan angin duduk (istilah yang berhubungan dengan serangan jantung).

Masuk angin sebenarnya hanya membutuhkan perawatan yang ringan, kecuali jika sudah menjadi penyakit yang lebih berat. Kondisi seperti masuk angina berhubungan dengan kondisi tubuh ketika terkena penyakit. Berikut ini adalah beberapa perawatan sebagai cara mengobati masuk angin.

  1. Sering Berkumur dengan Air Hangat

Ketika Anda merasa tidak nyaman pada bagian hidung dan tenggorokan, maka Anda bisa mencoba untuk berkumur dengan air hangat. Berkumur dengan air hangat akan membantu membuat bakteri atau virus yang berkembang di rongga mulut dan tenggorokan bisa terbunuh. Hal ini juga bisa mencegah masuk angin berkembang menjadi flu atau radang tenggorokan. Anda bisa mencampur air hangat dengan madu atau garam. Bahan-bahan ini juga bisa membantu membersihkan semua bagian mulut.

Baca juga : Bahaya mandi air hangat – bahaya minum air hangat

  1. Mandi Uap dengan Air Hangat

Ketika tubuh Anda masuk angin, maka akan terasa sangat lelah dan tidak nyaman.  Bahkan semua bagian sendi bisa terasa tidak nyaman dan sangat mudah lelah. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk mandi uap dengan air hangat. Tempatkan air panas di bak mandi, dan Anda cukup berada di sekitarnya. Lakukan terapi ini selama sekitar 15 menit saja, sebab jika terlalu lama bisa berbahaya. Uap akan membantu keringat bisa keluar dari tubuh. Keringat Anda mungkin juga akan mengeluarkan racun atau penyebab masuk angin lain.

  1. Gunakan Pakaian Hangat

Ketika Anda merasa masuk angin, mungkin akan terasa tidak nyaman dan sangat dingin. Hal ini menunjukkan tubuh Anda mengalami kenaikan suhu yang menyebabkan demam dan tidak enak badan. Untuk mengatasi hal ini maka gunakan pakaian yang hangat. Lebih baik Anda juga tidak perlu keluar rumah, kecuali jika sangat terpaksa. Pakaian yang hangat akan membantu tubuh untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Pakaian yang hangat juga bisa membantu tubuh untuk mendapatkan energi yang lebih besar, sehingga bisa melawan penyakit.

  1. Minum Air Hangat

Khasiat minum air hangat memang cukup banyak bagi kesehatan. Air yang hangat akan sangat bermanfaat saat masuk angin. Air hangat akan membantu mengatasi kondisi tubuh yang kurang nyaman. Bahkan air hangat bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan sumber penyakit lain. Air hangat juga sangat baik dikonsumsi ketika tubuh masuk angin dan disertai dengan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Anda bisa mencoba untuk minum air putih hangat lebih sering, seperti ketika Anda minum air dingin.

Baca juga : Bahaya minum air es setelah makan

  1. Kompres dengan Air Hangat atau Dingin

Mengompres dengan air hangat atau air dingin juga bisa membantu meringankan gejala masuk angin. Hal ini bisa dilakukan untuk anak kecil, orang dewasa maupun orang tua. Anda bisa mencoba untuk merendam handuk lembut dalam air panas atau air dingin. Kemudian gunakan kompres untuk bagian dahi atau ketiak. Sekali mengompres sebaiknya hanya dilakukan sekitar dua menit saja. Lakukan langkah ini secara berulang dan masuk angin bisa diatasi dengan cepat.

  1. Gunakan Minyak Kayu Putih

Anda juga bisa membantu mengobati masuk angin dengan menggunakan minyak kayu putih. Gunakan minyak kayu putih untuk bagian bawah hidung dan sekitar pelipis. Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih ke semua bagian tubuh. Setelah itu gunakan pakaian hangat dan tidur. Jika perlu Anda juga bisa melakukan pijatan ringan untuk membantu tubuh mengatasi rasa lelah dan tidak nyaman. Jika Anda juga terserang flu, maka bisa menggunakan uap minyak kayu putih untuk mengatasi hidung tersumbat.

  1. Jangan Berkendara
Sponsors Link

Ada banyak cara untuk mengobati masuk angin, termasuk untuk tidak berkendara baik dengan sepeda motor, mobil, kereta api maupun pesawat. Ketika tubuh Anda masuk angin maka membutuhkan pernafasan yang baik dan istirahat yang cukup. Mengendarai kendaraan hanya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih lelah. Bahkan bisa memicu komplikasi seperti serangan jantung. Hal ini terjadi karena tubuh merasa kelalahan yang bisa menyebabkan aliran darah dari jantung ke semua bagian tubuh tidak berjalan dengan baik.

  1. Tidur Tanpa Bantal

Banyak orang yang merasa sakit kepala atau pusing yang sangat berat ketika masuk angin. Hal ini berhubungan dengan tubuh yang sangat lelah dan gejala flu. Untuk mengatasi sakit kepala maka lebih baik Anda mencoba untuk tidur tanpa bantal. Tidur tanpa bantal akan membantu bagian leher menjadi lebih nyaman dan aliran darah menjadi lebih lancar. Tapi jika Anda terkena masuk angin yang disertai dengan flu dan hidung tersumbat, maka lebih baik menggunakan bantal yang lebih tinggi. Hal ini bisa membuat aliran nafas menjadi lebih baik.

Baca : Bahaya meletakkan hp di bawah bantal – Penyebab batuk kering dan berdahak – Cara mengatasi susah tidur

  1. Makan Sup Ayam

Ketika tubuh Anda masuk angin, maka membutuhkan makanan penghangat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Salah satunya adalah makan sup ayam yang bisa membantu mengurangi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jenis ayam yang digunakan sebaiknya ayam kampung yang bisa menghasilkan kaldu tulang. Sup yang dihasilkan dari kaldu tulang akan membantu mengatasi peradangan. Sup ayam juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga tubuh mendapatkan sumber energi untuk tetap sehat.

  1. Minum The Echinacea

Teh Echinacea sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu minuman penghangat untuk mengatasi masuk angin. Bahan teh ini bisa membantu tubuh melawan reaksi terhadap peradangan dan sumber infeksi seperti flu. Teh ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem kerja sekresi tubuh. Ketika Anda minum teh dengan bahan Echinacea maka bisa membantu mengeluarkan keringat yang mengandung racun. Jadi tubuh Anda menjadi lebih ringan dan mengatasi gejala flu pada tahap awal.

  1. Minum Ramuan Gingseng

Anda juga bisa membantu mengobati masuk angin dengan minum ramuan yang mengandung bahan ginseng. Anda bisa mencoba untuk minum teh atau susu yang mengandung ginseng. Ginseng adalah salah satu ramuan asli China yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan ginseng juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan tingkat energi tubuh. Semua jenis minuman yang mengandung ginseng akan membantu tubuh agar menjadi cepat pulih dan bisa mengatasi kelelahan.

  1. Sup Bawang Putih

Makan sup yang mengandung bawang putih juga bisa membantu mengatasi masuk angin. Anda bisa mencoba untuk makan beberapa jenis sayuran seperti wortel atau lobak yang dicampur dengan banyak bawang putih. Bahkan pada jaman dahulu banyak orang makan bawang putih secara langsung untuk mengatasi masuk angin. Bawang putih mengandung senyawa seperti glukosinates yang bisa melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih juga mendorong agar tubuh mendapatkan sumber energi yang sesuai kebutuhan.

  1. Minum Air Lemon dan Madu

Air lemon dan madu juga bisa menjadi obat masuk angin yang sangat ampuh. Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan bisa melawan radikal bebas dalam tubuh. Bahkan kandungan vitamin C dalam lemon juga bisa melawan infeksi dan penyakit akibat imun tubuh yang sedang lemah. Sementara madu mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium, magnesium, kalsium dan seng yang bisa meningkatkan kekuatan tubuh. Minum air lemon dan madu juga bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak sehingga tubuh menjadi lebih nyaman. Madu juga bisa membantu melawan bakteri. Anda cukup mencampurkan satu atau dua sendok makan madu ke dalam satu gelas air perasan jeruk lemon.

  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang disarankan untuk diminum ketika sedang masuk angin. Teh hijau bisa membantu meningkatkan efek relaksasi tubuh sehingga bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Bahkan teh hijau juga mengandung beberapa bahan antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas. Anda bisa minum teh hijau yang mengandung polifenol dan sedikit kafein. Bahan-bahan ini bisa meningkatkan stimulasi suhu dan memperbaiki pencernaan. Jadi satu gelas teh hijau akan membuat masuk angina berangsur-angsur membaik.

  1. Cobalah untuk Meditasi (baca : Meditasi untuk kesehatan)

Meditasi akan membantu masuk angin dengan mengelola tekanan, pikiran dan suhu tubuh. Dengan melakukan meditasi maka tubuh mendapatkan sistem yang sangat santai. Ketenangan pikiran juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda perlu tetap berpikir positif untuk mengatasi rasa cemas dan sedih ketika masuk angin. Namun meditasi sering menyebabkan tubuh menjadi lebih lelah, karena itu sebaiknya Anda mencoba untuk melakukan meditasi dengan lebih santai. (Baca : Cara melakukan meditasi)

  1. Makan Yogurt

Yogurt merupakan salah satu olahan susu yang mengandung bahan probiotik. Bahan probiotik yang didapatkan dari bakteri baik akan membantu tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Yogurt juga akan membantu melawan bakteri dan sumber penyakit yang banyak masuk ke tubuh ketika masuk angin. Cara ini akan mendorong agar tubuh menjadi lebih sehat. Pastikan Anda mengkonsumsi yogurt yang tidak mengandung bahan pengawet maupun bahan pemanis. Pengawet dan bahan pemanis bisa membuat tubuh menjadi lebih lemah.

  1. Berjemur di Pagi Hari

Ketika masuk angin, Anda juga bisa berjemur dibawah sinar matahari pada pagi hari.  Hal ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Vitamin D akan membantu tubuh untuk membuat jantung dan peredarah darah bekerja dengan baik. Ketika semua organ tubuh mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup, maka tubuh juga memiliki sistem kekebalan tubuh. Tubuh Anda juga memerlukan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan sistem kesehatan yang baik.

  1. Minum Susu Jahe

Minuman susu jahe juga sangat baik jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Susu jahe akan membantu tubuh menjadi lebih hangat dan bugar. Jahe mengandung beberapa bahan antioksidan yang sangat tinggi seperti kaemferol. Bahan ini bisa melawan sumber infeksi tubuh dan mengatasi radikal bebas yang mudah menyerang ketika kekebalan tubuh sedang lemah. Anda bisa memasukkan satu ruas jahe ke dalam segelas susu segar. Bahan jahe dan susu juga bisa membantu tubuh melawan efek dari peradangan.

  1. Gunakan Minyak Ekstrak Daun Zaitun

Pohon zaitun memang sudah lama digunakan untuk mengatasi  berbagai jenis penyakit termasuk untuk masuk angina. Minyak yang dihasilkan dari esktrak daun zaitun mengandung bahan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Bahkan senyawa dalam minyak ini juga bisa meningkatkan sirkulasi pernafasan yang baik dan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Minyak yang dihasilkan dari daun zaitun ini bisa digunakan untuk campuran uap ketika hidung tersumbat atau pernafasan yang bermasalah.

  1. Mengkonsumsi Tiram

Jika Anda tidak memiliki alergi makanan laut maka juga bisa mengkonsumsi tiram. Tiram mengandung mineral seperti magnesium dan seng yang sangat tinggi. Seng dibutuhkan oleh tubuh ketika masuk angin untuk mendapatkan sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Masakan tiram yang memiliki rasa pedas dan harum sangat disarankan. Anda bisa menambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih, garam, dan lada. Bahan-bahan ini juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga tubuh Anda mendapatkan cukup energi.

  1. Makan Pisang

Salah satu cara untuk mengobati masuk angin adalah dengan makan pisang. Anda bisa makan satu atau dua pisang untuk mendukung kesehatan tubuh. Pisang mengandung kalium yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga peredarah darah bisa bekerja dengan baik. Selain itu pisang juga akan membantu pencernaan bekerja lebih baik. Kandungan vitamin C dalam buah pisang juga bisa melawan infeksi dan menjaga kebutuhan energi tubuh. Jika nafsu makan menurun maka pisang bisa membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut nyaman.

  1. Makan Sup Wortel dan Lobak

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik ketika masuk angin adalah seperti lobak dan wortel. Anda bisa menggunakan jenis lobak putih yang memiliki rasa dan aroma yang lebih segar. Sementara sayuran seperti wortel mengandung beta karoten yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Orang yang masuk angina sangat rentan dengan infeksi karena sistem imun yang sedang turun. Jadi Anda bisa mencoba untuk makan sup wortel dan lobak. Tambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih dan lada.

  1. Minum Jus Stroberi

Jus stroberi juga bisa menjadi minuman yang sangat berkhasiat ketika masuk angin. Stroberi mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan stroberi juga mengandung mineral seperti magnesium dan seng yang bisa membantu meningkatkan energi tubuh. Sebaiknya Anda membuat jus stroberi tanpa campuran air dan gula. Buah segelas jus stroberi yang benar-benar terbuat dari stroberi yang masih segar.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pedas
sponsored links

Beberapa jenis makanan yang pedas juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa bahan yang bisa membuat masakan menjadi lebih pedas seperti lada dan cabai bisa ditambahkan untuk sup atau jenis masakan yang lain. Makanan pedas biasanya akan meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh mendapatkan energi yang cukup. Tapi jika masuk angin disertai dengan diare maka perhatikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas. (Baca : Bahaya makanan pedas)

  1. Makan Ikan Salmon

Anda juga bisa mengobati masuk angin dengan makan ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 akan membantu tubuh agar tidak mudah sakit dan mencegah semua peradangan dalam tubuh. Bahkan mengkonsumsi ikan salmon sangat baik untuk mencegah flu dan kelelahan. Pastikan Anda makan ikan salmon liar yang lebih sehat dibandingkan dengan jenis ikan salmon yang diternakkan.

  1. Minum Obat dari Dokter

Ketika Anda sudah mencoba untuk melakukan berbagai cara alami untuk mencegah masuk angin dan tidak membaik, maka Anda bisa  berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis obat seperti antibiotik, obat penurun panas seperti parasetamol, dan suplemen atau vitamin.

Tips Mencegah Masuk Angin

  1. Mencuci tangan lebih sering. Mencuci tangan lebih sering bisa membantu tubuh agar tidak mudah terkena akibat penyakit infeksi. Anda mungkin bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan tangan dan menggunakan air biasa. Anda harus mencuci tangan setelah berjabat tangan dengan orang lain atau memegang berbagai jenis fasilitas umum.
  2. Jangan biasakan memegang hidung dan mata. Beberapa jenis penyakit sangat mudah menular hanya dengan memegang hidung dan mata. Bahkan ketika Anda sering memegang hidung maka penyakit seperti flu dan masuk angin lebih cepat terjadi.
  3. Istirahat cukup dengan tidur. Jumlah tidur yang cukup juga akan membantu tubuh agar tidak mudah terkena masuk angin. Ketika tubuh Anda tidur cukup maka sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat dan perlawanan terhadap penyakit akan berjalan dengan baik. Jadi perhatikan untuk tidur selama delapan jam setiap hari, terutama tidur malam.
  4. Biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Berbagai jenis makanan yang sehat dan bersih sangat disarankan untuk mendukung sistem kesehatan tubuh yang baik. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti stroberi, pisang, jeruk dan jenis buah lain. Sayuran hijau juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti kale dan bayam.
  5. Biasakan untuk olahraga secara teratur. Olahraga akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Ketika tubuh Anda bergerak banyak dan terbiasa berlatih maka sistem kekebalan tubuh akan terpelihara. Tubuh Anda tidak mudah terkena penyakit seperti masuk angin.
  6. Gunakan masker penutup hidung. Jika Anda berjalan atau masuk ke tempat yang umum maka sebaiknya gunakan masker penutup hidung. Masker penutup hidung akan membantu agar bakteri dan virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh.
  7. Biasakan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Kebersihan tubuh dan lingkungan sangat penting untuk mencegah masuk angin. Anda bisa mencoba untuk mandi dua kali sehari dan membersihkan semua lingkungan tempat tinggal terutama tempat tidur. Perhatikan kapan harus mengganti seprai.
  8. Jangan merokok. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka perhatikan untuk tidak merokok mulai sekarang. Merokok akan membuat tubuh lebih mudah terkena infeksi dan penyakit menular lain. Rokok yang mengandung nikotin bisa masuk ke dalam tubuh dan membuat tubuh tidak menjadi terlalu sehat.
  9. Potong kuku Anda. Kebiasaan memotong kuku dengan baik akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Kuku menjadi salah satu cara cacing dan sumber infeksi lain bisa masuk ke dalam tubuh. Ketika kita makan atau tidak sengaja mengusap hidung atau mata dengan tangan, maka bakteri dan virus dari kuku bisa masuk ke dalam tubuh. Jadi lebih baik untuk memotong kuku dengan teratur.
  10. Lakukan relaksasi. Jika Anda memiliki pekerjaan yang sangat sibuk, maka cobalah untuk melakukan cuti atau memanfaatkan waktu istirahat untuk relaksasi. Tubuh Anda tidak bisa bekerja secara terus menerus karena akan terasa sangat lelah. Anda bisa mencoba untuk bersantai tanpa harus melakukan pekerjaan apapun. Cara ini bisa membuat tubuh mendapatkan sumber energi yang lebih baik lagi.
  11. Banyak minum air putih. Mengkonsumsi banyak air putih juga sangat baik untuk mencegah tubuh agar tidak mudah terkena masuk angin. Air diperlukan oleh tubuh untuk menjaga sirkulasi cairan dalam tubuh. Tubuh yang memiliki sirkulasi cairan yang baik bisa membuat jantung dan sel-sel tubuh juga bekerja dengan baik.

Masuk angin memang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Banyak anak-anak dan semua orang lanjut usia yang merasa sangat buruk ketika masuk angina. Bahkan hanya untuk melakukan pekerjaan atau aktifitas. Karena itu ketika Anda merasakan gejala maka sebaiknya segera mengobati masuk angin dengan cara alami.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, December 2015 / 13:00 Oleh :
Kategori : Masuk Angin