Sponsors Link

33 Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami Paling Ampuh

ads

Masuk angin merupakan sebuah kondisi kesehatan yang paling umum dan gampang menyerang seseorang dengan tingkat daya tahan tubuh rendah. Saat seseorang sedang terlalu capek, pada banyak kasus tubuh akan sulit untuk membasmi infeksi yang berasal dari bakteri dan virus. Masuk angin kerap berujung pada flu dan batuk ditambah juga dengan sakit kepala, lalu adakah cara mengatasi masuk angin secara alami?

(Baca juga: cara mencegah masuk angin dan perut kembung)

1. Mengonsumsi Salmon

Ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3 tak hanya bagus untuk kesehatan otak saja, asam lemak tersebut akan menolong tubuh yang sedang lemah. Tubuh yang cepat sakit dan lelah bisa diatasi dengan mengonsumsi ikan jenis ini. Mengonsumsinya sesering mungkin juga dapat mencegah peradangan tubuh.

Ini karena ikan salmon sangat berguna untuk dijadikan sebagai pencegah kelelahan dan penyakit flu. Daripada ikan salmon yang diternakkan, cobalah untuk mengonsumsi ikan salmon liar karena ternyata keduanya bisa memberikan efek dan manfaat yang berbeda. Ikan salmon liar malah terbilang lebih sehat dan lebih baik.

2. Mengonsumsi Jus Stroberi

Buah stroberi mengandung vitamin C tinggi di mana memang salah satu khasiatnya adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh yang rendah. Oleh karena itu, minuman ini bermanfaat untuk mengatasi masalah masuk angin. Kandungan seng dan mineral magnesiumnya pun sangat tinggi sehingga dipercaya bisa meningkatkan tenaga pada tubuh.

Kalaupun ingin mengonsumsinya, konsumsilah buahnya secara langsung atau silakan membuat minuman jus. Hanya saja, lebih disarankan untuk tidak menambahkan gula maupun air. Ambil beberapa buah stroberi segar yang bisa dijadikan jus hingga 1 gelas penuh. Anda bisa mengonsumsinya serutin mungkin demi menyembuhkan masuk angin secara efektif.

(Baca juga: ciri-ciri masuk angin)

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Agar masuk angin cepat sembuh, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih yang akan memberikan Anda kehangatan. Menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskannya pada sekitar area bawah hidung dan juga area pelipis akan membuat tubuh menjadi jauh lebih enak dan nyaman.

Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih ini ke seluruh bagian tubuh Anda, termasuk juga leher, dada, perut dan punggung. Dengan cara ini, Anda akan merasakan bahwa tubuh lebih hangat di mana ini juga menjadi cara untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Lakukanlah berulang kali; ketika rasa panasnya sudah hilang, oleskan lagi minyak kayu putih ke area tubuh yang diinginkan.

4. Mengonsumsi Sup Ayam

Saat masuk angin, tubuh Anda memerlukan makanan maupun minuman yang hangat supaya tubuh juga menjadi ikut hangat. Maka, sup ayam hangat bisa menjadi menu yang tepat karena santapan ini bakal menolong Anda untuk mengurangi infeksi serta menaikkan sistem daya tahan tubuh.

Jenis ayam yang Anda gunakan pun sebaiknya yang berjenis ayam kampung agar kaldu tulang bisa dihasilkan. Justru yang paling efektif dalam mengatasi peradangan di dalam tubuh adalah sup yang terbuat dari kaldu tulang. Bahkan sup ayam jugalah yang juga akan membantu Anda mengembalikan selera makan yang sempat hilang karena saking tak enak badan.

5. Mengonsumsi Makanan Pedas

Konsumsilah makanan pedas selama Anda masuk angin, terutama Anda yang memang mencintai makanan-makanan pedas. Jenis makanan yang rasanya pedas bakal secara efektif juga meningkatkan kesehatan tubuh. Cabai dan lada adalah yang terbaik dan bisa ditambahkan langsung ke masakan apapun yang hendak Anda santap. Kedua bahan ini jugalah yang bisa menambah selera makan sekaligus menjadikan tubuh lebih kuat bertenaga.

(Baca juga: cara mengatasi perut kembung)

6. Mengonsumsi Pisang

Dalam mengobati masuk angin, makanlah buah pisang yang juga berkadar vitamin C tinggi. Karena vitamin C-nya tinggi, buah berwarna kuning ini bakal mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kesehatan. Pisang jugalah yang merupakan buah pelawan infeksi dan peradangan, bahkan manfaatnya juga bisa menambah selera makan dan mengurangi rasa lapar sehingga perut pun akan terasa nyaman.

7. Makan Tiram

Konsumsilah tiram apabila Anda tidak mempunyai masalah alergi makanan laut. Ada kandungan mineral tinggi di dalam tiram, yakni magnesium serta seng yang akan mendukung kesehatan tubuh Anda. Dari kedua jenis mineral itu jugalah Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta energi.

Jika ingin lebih maksimal lagi dalam mengobati masuk angin Anda, makanlah masakan tiram yang memiliki rasa pedas. Bila memasak sendiri, tambahkan garam, lada, serta bawang putih di mana bahan-bahan ini mampu membuat selera makan bertambah sehingga tenaga yang sempat hilang pun bisa kembali lagi.

8. Mengonsumsi Sup Wortel dan Lobak

Untuk menyembuhkan masuk angin, selain dari sup ayam hangat, sup wortel dan lobak adalah yang terbaik juga. Pilihlah lobak putih karena aroma dan rasanya jauh lebih segar. Demi meningkatkan daya tahan tubuh, wortel juga akan turut memberikan manfaat besar bagi tubuh.

Ini berkat adanya kandungan beta-karoten di dalam sayur wortel sehingga mampu membasmi dan mencegah infeksi. Ingat bahwa penderita masuk angin jangan diremehkan karena sangat rentan terhadap infeksi di mana sistem imunitas tubuh yang lemah. Cobalah untuk makan sup ini dengan menambahkan lada dan bawang putih.

(Baca juga: perut terasa penuh)

9. Mengonsumsi Susu Jahe

Konsumsilah minuman susu jahe yang sangat berguna dalam membantu tubuh lebih hangat dan segar. Meski ada efek samping jahe, jahe merupakan sebuah jenis rempah yang kaya akan antioksidan, seperti kaemferol. Bahan tersebutlah yang berfungsi sebagai pelawan infeksi pada tubuh serta efek jahat radikal bebas. Campurkan jahe dan susu dan minumlah rutin sampai badan terasa lebih baik.

10. Berjemur Setiap Pagi

Saat Anda masuk angin, berjemur setiap pagi akan memberikan tubuh Anda asupan vitamin D. Sinar matahari siang boleh dijauhi karena berbahaya bagi kulit, tapi sinar matahari pagi sangat menyehatkan dan mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Bahkan diketahui pula dengan berjemur setiap pagi peredaran darah akan menjadi jauh lebih lancar. Saat seluruh organ tubuh memperoleh suplai darah serta oksigen dengan kadar yang cukup, tubuh pun akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih. Saat imunitas tubuh tinggi, otomatis masuk angin pun akan cepat sembuh dan mencegah tubuh terkena penyakit.

11. Berkumur Memakai Air Hangat

Ketidaknyamanan di bagian tenggorokan dan hidung mungkin dialami dan dirasakan oleh beberapa penderita masuk angin, jadi silakan Anda ambil air hangat. Berkumurlah menggunakan air hangat sering-sering untuk mencegah perkembangan virus maupun bakteri pada tenggorokan dan rongga mulut.

sponsored links

Basmilah virus atau bakteri dengan cara sederhana ini dan dengan demikian, masuk angin akan otoamtis tercegah untuk berkembang menjadi radang tenggorokan dan flu. Sediakan air hangat yang kemudian ditambahkan dengan garam serta madu secukupnya di mana bahan-bahan ini akan mampu membuat seluruh bagian mulut jauh lebih bersih juga.

(Baca juga: bahaya mandi air hangat)

12. Mengenakan Pakaian Hangat

Saat tengah masuk angin, Anda bisa merasakan kedinginan dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh adanya peningkatan suhu yang memicu tidak enak badan serta demam. Supaya hal ini dapat diminimalisir, Anda bisa senantiasa mengenakan pakaian hangat untuk mencegah kedua kondisi tersebut. Dengan pakaian hangat, suhu tubuh juga akan terjaga tetap stabil dan kekebalan tubuh juga ikut dapat dipertahankan.

13. Mandi/Berendam Air Hangat

Saat tubuh masuk angin, otomatis tubuh akan terasa kurang nyaman dan cepat lelah. Bahkan seluruh bagian sendi akan menjadi tak nyaman sehingga Anda butuh mandi air hangat untuk mengatasinya. Isilah bak mandi Anda dengan air panas di mana Anda bisa menggunakan airnya untuk mandi setelah lebih hangat.

Jika Anda memiliki bathtub, maka berendam di air hangat selama kurang lebih 15 menit akan membantu menjadikan tubuh jauh lebih baik. Jangan berendam lebih dari waktu yang dianjurkan karena terlalu lama justru malah membahayakan tubuh. Air hangat dan uapnyalah yang nantinya mendukung supaya keringat keluar dari tubuh.

14. Hindari Berkendara

Dalam mengatasi masuk angin, silakan ambil waktu untuk istirahat di rumah dan sementara waktu hindari dulu berkendara, baik itu dengan sepeda motor, kereta api, mobil, atau pesawat. Saat sedang masuk angin, Anda memerlukan pernapasan yang lebih baik dan berkendara hanyalah akan membuat tubuh jauh lebih lelah. Bahkan bila dipaksakan berkendara mampu berpotensi menyebabkan serangan jantung.

15. Kompres Hangat atau Dingin

Saat masuk angin, mengompres menggunakan air hangat atau air dingin akan sangat membantu dalam membuat gejala masuk angin lebih ringan. Cukup sediakan handuk tipis bersih yang kemudian Anda rendam di dalam air dingin atau air panas, lalu peras dan pakailah sebagai kompres. Kompreskan ke bagian ketiak atau kening dan maksimal waktu sekali pengompresan adalah 2 menit saja. Melakukan cara ini secara berulang kali dalam sehari akan memberikan efek yang maksimal bagi tubuh untuk cepat pulih. Masuk angin pun bisa teratasi dengan cukup cepat tanpa efek samping.

(Baca juga: bahaya mandi saat kurang tidur)

16. Minum Air Hangat

Bagi yang sedang masuk angin, mengonsumsi air hangat akan sangat menolong karena memang khasiat minum air hangat sendiri sangat banyak untuk tubuh dan kesehatan. Air putih hangat diyakini selalu bisa mengatasi keadaan tubuh yang tidak begitu nyaman. Air hangat juga diketahui dapat menolong sistem imun tubuh untuk membasmi infeksi.

Bahkan air putih yang hangat jugalah yang mampu mencegah datangnya penyakit lain ke dalam tubuh. Konsumsilah selama badan terasa tak enak disebabkan oleh masuk angin. Ketika tenggorokan pun sedang dalam kondisi yang buruk, minum air putih hangat akan membuatnya lebih nyaman. Sering-seringlah mengonsumsinya selama sakit agar lebih cepat pulih.

17. Hindari Keluar Malam

Bila ingin menyembuhkan kondisi masuk angin Anda, selain menghindari berkendara sementara waktu, jangan juga keluar saat malam hari. Angin malam adalah yang paling jahat dan mampu menyebabkan masuk angin dan bisa memperparah kondisi masuk angin Anda. Jika tidaklah sangat penting, pakai waktu untuk istirahat di dalam rumah saja.

18. Tidur dengan Tidak Memakai Bantal

Masuk angin juga mampu memicu kondisi sakit kepala pada penderitanya di mana ini pun ada kaitannya juga dengan tubuh yang lelah. Masuk angin bisa menyebabkan gejala flu juga. Jadi, cobalah untuk tidur dengan tidak usah menggunakan bantal sama sekali.

Ketika Anda tidur tanpa memakai bantal, bagian leher akan menjadi lebih nyaman dan cara ini justru membantu memperlancar peredaran darah. Namun lakukanlah sebaliknya apabila terserang masuk angin sekaligus flu yang menyumbat bagian hidung. Bantal yang digunakan ketika hidung tersumbat justru perlu yang lebih tinggi supaya bisa membuatnya lebih lega.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentah)

19. Mengonsumsi Sup Bawang Putih

Meski efek samping bawang putih cukup mengkhawatirkan, Anda tak perlu khawatir bila mengonsumsinya secara tidak berlebihan. Buatlah sup bawang putih yang mampu menyembuhkan kondisi masuk angin Anda. Tambahkan juga dengan sayur-sayuran supaya hasilnya lebih bernutrisi, lebih sehat dan lebih baik dalam mengatasi masuk angin.

Ada senyawa glukosinates di dalam bawang putih yang memang sangat berguna untuk melawan infeksi serta menambah kekebalan tubuh. Itulah mengapa orang-orang zaman dulu banyak yang langsung mengonsumsi bawang putih mentah sebagai obat masuk angin. Demi memperoleh energi yang dibutuhkan tubuh, bawang putih pun bisa dimanfaatkan untuk itu sehingga Anda bisa mengonsumsinya rutin.

20. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang bisa mengatasi masuk angin secara alami juga. Kandungan antioksidannya sangat tinggi sehingga bagus dan efektif untuk melawan radikal bebas. Supaya tekanan darah lebih stabil, pernapasan lebih lancar, dan tubuh yang lebih baik, gunakan minyak zaitun yang dicampur ke dalam air hangat dan gunakan untuk steam atau hirup uapnya.

21. Mengonsumsi Yogurt

Olahan susu satu ini juga merupakan salah satu bahan makanan terbaik dalam mengatasi masuk angin. Termasuk di dalam makanan berprobiotik tinggi, yogurt menyediakan bakteri-bakteri baik untuk tubuh sehingga bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu, tubuh akan jauh lebih cepat kuat dan bugar.

Yogurt juga berguna dalam melawan segala penyakit lainnya yang dapat dengan mudah menyerang saat masuk angin. Bahan makanan ini bakal menjadikan tubuh jauh lebih sehat, asalkan Anda mengonsumsi yang tanpa pengawet atau pemanis. Yogurt tawar atau plain yogurt jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

22. Mengonsumsi Teh Hijau

Saat sedang masuk angin, mengonsumsi teh hijau adalah salah satu cara yang membantu untuk mengatasinya. Dengan sifat antioksidan tinggi yang dibawa oleh teh hijau, penderita masuk angin akan merasa jauh lebih baik karena antioksidannya bisa membasmi radikal bebas. Tak hanya itu, teh hijau jugalah yang menawarkan efek relaksasi bagi tubuh.

Konsumsilah teh hijau secara rutin selama badan terasa tak enak, dan lebih disarankan agar Anda mengonsumsi teh hijau dengan kandungan kafein sedikit serta polifenol. Seain mampu meningkatkan stimulasi suhu tubuh, sistem pencernaan Anda juga akan dilancarkan. Dengan demikian, masuk angin cepat sembuh dan tubuh lebih nyaman.

23. Mengonsumsi Air Lemon dan Madu

Jeruk lemon adalah buah yang mengandung vitamin C super tinggi, jadi tak salah lagi bahwa air lemon akan mampu membantu proses kesembuhan masuk angin Anda. Madu pun mengandung kalsium, zinc, magnesium serta kalium yang bisa menambah kekuatan tubuh. Jadi, campurkan keduanya untuk bisa membuat Anda lebih mudah beristirahat sehingga lebih cepat membaik.

24. Meditasi

Bermeditasi bukan hanya bermanfaat sebagai penenang pikiran yang menjauhkan Anda dari stres. Meditasi untuk kesehatan tubuh juga sangat tinggi, termasuk menambah sistem imunitas tubuh. Setiap kali Anda berpikir tenang dan positif, tubuh akan menjadi jauh lebih rileks dan bisa menjaga kesehatan tubuh di mana otomatis masuk angin juga bisa cepat sembuh.

Sponsors Link

25. Minum Teh Kamomil

Karena terbukti ampuh menjadi salah satu cara menghilangkan angin dalam perut, maka untuk kondisi masuk angin jelas juga efektif. Tak ada salahnya meminum teh kamomil 2-3 kali sehari karena ini pun merupakan cara untuk meringankan sakit perut serta membantu kelancaran pencernaan Anda.

(Baca juga: makanan yang mengandung omega-3 tinggi)

26. Mengonsumsi Biji Rami

Pernah mendengar tentang flaxseed atau biji rami? Jenis biji ini sangat banyak dan sering dimanfaatkan untuk kesehatan, termasuk juga menyembuhkan masuk angin. Khusus bagi anda yang mengalami masuk angin ditambah juga dengan batuk-batuk, bahan alami ini boleh menjadi obatnya.

Cara meramu atau menggunakannya pun termasuk mudah, yakni dengan merebusnya lebih dulu sampai menebal. Setelah direbus beberapa saat, Anda bisa angkat lalu lanjutkan dengan menyaringnya. Tambahkan pula sedikit madu dan air jus lemon. Konsumsilah ramuan ini agar badan cepat membaik dan pastikan meminumnya rutin paling tidak 2-3 kali dalam sehari hingga tubuh tak lagi masuk angin.

27. Mengonsumsi Jahe dan Garam

Untuk mengatasi masuk angin, jahe dan garam adalah 2 bahan yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan masuk angin. Kalau sebelumnya sudah direkomendasikan susu jahe, kali ini Anda bisa menggunakan rempah ini dengan campuran yang berbeda. Namun, kali ini jahe tidaklah digunakan dengan cara merebusnya.

Setelah dikupas, cucilah dan potong-potonglah jahe menjadi irisan kecil-kecil yang kemudian bisa Anda tambah serta campur dengan garam. Tidak usah menambahkan apa-apa lagi, Anda bisa langsung mengunyahnya untuk mengatasi masalah masuk angin. Bila Anda juga mengalami pilek dan batuk, maka obat ini sangat bisa diandalkan.

28. Minum Jus Wortel

Mungkin Anda mengira bahwa jus wortel hanya untuk yang mengalami masalah kesehatan pada mata. Jika sebelumnya wortel bisa dijadikan sup bersama dengan lobak, kali ini Anda bisa mencoba membuat jus wortel yang baik untuk mencegah radang tenggorokan dan batuk. Minuman ini pun akan membantu membuat tubuh menjadi lebih baik.

29. Menggunakan Air Rebusan Daun Pepaya

Sebagai obat masuk angin alami, daun pepaya bisa Anda manfaatkan meski rasanya memang terlalu pahit. Kalaupun misalnya Anda tak suka dengan rasa pahitnya, Anda bisa menumisnya lebih dulu supaya daun pepaya bisa dikonsumsi dengan rasa yang lebih enak. Namun, jika Anda berani mengonsumsi air rebusannya juga tak masalah.

Ambil saja daun pepaya 4-5 lembar berikut seliter air, rebuslah bersama dengan seliter air sampai akhirnya air berkurang sampai separuhnya. Ambil air rebusannya saja dengan cara menyaringnya lebih dulu sebelum diminum. Setelah disaring, konsumsilah ketika suhunya masih hangat dan kandungan antibiotik sekaligus antioksidannya akan meningkatkan imunitas tubuh Anda.

(Baca juga: makanan yang mengandung kalium tinggi)

30. Mengonsumsi Ubi Merah

Sediakan 1 buah ubi merah yang bisa Anda kupas dan cuci lebih dulu. Siapkan pula bahan-bahan lain, seperti 4 butir cengkih, bubuk kayu manis secukupnya, gula merah, 8 butir merica, 8 butir kapulaga, serta jahe merah. Rebuslah seluruh bahan bersama-sama, dan angkat bila mendidih, saring, minumlah air rebusannya.

31. Kerokan

Cara tradisional dalam mengatasi masuk angin ini jangan sampai terlupakan. Walaupun tradisional, keampuhannya dalam menyembuhkan masuk angin sangat besar. Tinggal oleskan saja minyak kayu putih atau balsem lebih dulu ke kulit yang hendak dikerok, lalu gunakan koin untuk mengerok sampai permukaan kulit berubah merah.

32. Menghindari Makanan dan Minuman Dingin

Jika ingin masuk angin cepat sembuh, pastikan bahwa Anda selama tidak enak badan tidak mengonsumsi makanan maupun minuman dingin. Minuman jus untuk obat pun sebaiknya tidak diberi es batu dan jauhi pula es krim sementara waktu. Perbanyak minum yang hangat-hangat, seperti air putih hangat yang sudah disebutkan sebelumnya.

33. Menghindari Nikotin, Kafein dan Alkohol

Dalam mengatasi masuk angin, jangan lupa juga untuk tidak mengonsumsi alkohol serta kafein maupun merokok. Ingat bahwa nikotin dan kafein adalah 2 senyawa yang bisa memengaruhi pembuluh darah mengalami penyempitan. Alkohol pun diketahui dapat menjadikan tubuh kesulitan dalam mengatur suhu sehingga panas akah hilang lebih cepat.

(Baca juga: ciri-ciri flu)

Itulah sejumlah cara mengatasi masuk angin secara alami paling ampuh yang boleh langsung Anda coba. Namun saat masuk angin tak sembuh juga setelah 3 hari dengan cara-cara tersebut, langsung periksakan diri ke dokter.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 17th, November 2016 / 05:50 Oleh :
Kategori : Masuk Angin