17 Obat Maag Kronis Tradisional Paling Ampuh

Penyakit maag apabila sudah pada tahap kronis sebetulnya adalah kondisi lanjutan dari penyakit maag yang sebelumnya sudah terjadi namun tidak memperoleh penanganan yang benar. Anda perlu memeriksa kembali apakah gaya hidup tidak sehat adalah yang selama ini Anda jalani karena maag kronis dapat dipicu oleh hal tersebut.

Anda juga perlu tahu bahwa mengonsumsi obat-obatan tertentu, khususnya bila terus-terusan mampu membuat seseorang yang tadinya tak punya sakit maag mengalami sakit maag kronis. Mengonsumsi alkohol juga harus dihindari, apalagi kalau biasanya dilakukan secara berlebihan. Bila ciri-ciri maag kronis sudah mulai timbul dan mengganggu, segera cari obat maag kronis alami terbaik untuk dicoba.

(Baca juga: gaya hidup sehat untuk awet muda bebas dari penyakit)

1. Lidah Buaya

Untuk mengobati maag kronis Anda, lidah buaya bisa menjadi pilihan tepat. Meski khasiat lidah buaya untuk kulit adalah yang paling populer, bukan berarti lidah buaya tak bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan bagian dalam tubuh. Meski daging dan lendirnya pahit, Anda tetap bisa menyiasatinya.

  • Caranya: Sediakan daun lidah buaya secukupnya yang bisa Anda kupas lebih dulu kulitnya demi mendapatkan bagian dagingnya. Lendirnya harus dibersihkan lebih dulu sebelum kemudian dapat Anda rebus hingga mendidih. Pastikan daging lidah buaya matang sebelum diangkat dan ditambah dengan madu. Jus lidah buaya juga oke di mana Anda bisa mengonsumsinya sehari sekali secara teratur.

2. Daun Keji Beling

Untuk obat maag yang sudah kronis, cobalah untuk menggunakan daun keji beling yang memang belum cukup familiar tapi sangat berguna. Cobalah untuk mencoba obat herbal satu ini karena memang daun keji beling sudah tak perlu dipungkiri lagi manfaatnya untuk mengobati masalah maag dan asam lambung.

  • Caranya: Bagi Anda yang sudah tahu tentang daun ini dan mudah menjumpainya, ambil daun keji beling ini 3 lembar saja dan pastikan masih segar. Anda perlu mencucinya lebih dulu hingga bersih sebelum akhirnya bisa Anda makan. Konsumsi saja dengan menjadikannya lalapan atau nikmati bersama nasi secara rutin agar penyakit maag cepat membaik.

(Baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

3. Daun Salam

Sebagai solusi dan penyembuh ampuh maag kronis tanpa efek samping, daun salam yang biasanya Anda pakai untuk memasak juga sangat berkhasiat tinggi. Tak sulit untuk menggunakan dan meramunya, dan asalkan mengonsumsi secara rutin pasti akan memberikan hasil efektif.

  • Caranya: Ambil daun salam kira-kira 20 lembar yang bisa Anda rebus bersama air sebanyak 3 gelas. Daun salam sebelumnya hendaknya dibersihkan dulu dengan mencucinya. Ketika direbus, Anda perlu menambahkan gula batu seperlunya saja, dan tunggu mendidih hingga berkurang menjadi 1 gelas. Setiap hari, minumlah 1 gelas air rebusan daun salam hingga maag kronis Anda terasa lebih baik dan hilang.

4. Stroberi

Buah yang penuh dengan nutrisi dan kandungan air ini akan membantu Anda mengurangi gejala maag kronis. Dikarenakan adanya kandungan antioksidan tinggi serta fenoliknya, dinding lambung akan diberikan perlindungan maksimal dari peradangan yang lebih buruk. Bahkan stroberi juga telah terbukti mampu mengurangi bahaya alkohol terhadap membran mukus pada perut.

  • Caranya: Jika tak ingin repot, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah stroberi secara langsung setiap harinya, baik untuk mengobati atau mencegah. Alternatifnya, Anda bisa memasukkan sesendok makan daun stroberi kering ke secangkir air mendidih. Seduhlah kira-kira 5 menit yang kemudian bisa Anda saring. Minumlah setiap harinya 2 atau 3 kali sampai maag Anda jauh lebih baik.

(Baca juga: cara sehat terhindar dari penyakit)

5. Kamomil

Ketika gejala penyakit maag sudah tampak dan dialami, memang sebaiknya Anda cepat-cepat mengatasinya sebelum menjadi kronis. Untuk mencegah sekaligus mengobati jika Anda sudah telanjur mengalami maag kronis, teh kamomil merupakan obat alami ampuh. Meski teh tak baik bagi penderita sakit lambung, yang ini berbeda karena mengandung minyak esensial yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

  • Caranya: Sediakan bunga kamomil kering sebanyak 1 atau 2 sendok teh yang bisa dimasukkan ke secangkir air panas. Tutuplah untuk membiarkannya terseduh secara sempurna selama kurang lebih 5-10 menit. Saringlah sebelum Anda menambahkan madu secukupnya dan minum beberapa kali sehari sampai kondisi maag benar-benar pulih.

6. Biji Pala

Tak banyak yang tahu bahwa biji pala pun bagus dalam mengobati masalah maag kronis. Bila Anda biasanya menjadikannya sebagai bumbu masak, kali ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat herbal bagi penyakit maag tahap kronis.

  • Caranya: Anda bisa menyediakan serbuk biji pala yang diambil untuk ramuan obat sebanyak 1 gram. Tak ketinggalan Anda juga memerlukan serbuk pisang bantu sebanyak 6 gram yang bisa dicampurkan serbuk biji pala tadi untuk diseduh bersama-sama bersama air putih matang ½ gelas saja. Ramuan yang sudah jadi bisa langsung diminum; konsumsilah selama 1 bulan secara teratur untuk hasil maksimal.

(Baca juga: gaya hidup sehat usia 40 tahun)

7. Temulawak

Bahan satu ini juga sudah terdengar di mana-mana akan manfaatnya yang besar sebagai obat maag. Untuk yang sudah di tahap kronis pun bisa disembuhkan dengan obat herbal ini asalkan mengonsumsi ramuannya secara rajin. Bahaya maag kronis akan dapat berkurang risikonya dengan bantuan temulawak dan zat-zat baik di dalamnya.

  • Caranya: Sediakan temulawak secukupnya, dan irislah secara tipis-tipis yang kemudian bisa Anda angin-anginkan lebih dulu. Setelahnya, Anda bisa merebus bersama dengan air putih sebanyak 8 gelas. Didihkan hingga airnya berkurang mencapai sekitar 3 gelas, barulah Anda angkat dan diamkan sampai dingin. Mengonsumsinya sehari 1 kali 1 gelas sudah cukup asalkan rutin sampai sembuh.

8. Daun Jambu Biji

Untuk mengobati maag secara alami dengan ampuh, daun jambu biji juga sangat bisa diandalkan selain dapat menjadi obat diare. Karena mudah didapat, Anda bisa menggunakan daun jambu biji jauh lebih praktis.

  • Caranya: Anda bisa mengatasi maag kronis dengan menyediakan daun jambu biji beberapa lembar secukupnya untuk Anda bersihkan lebih dulu. Setelah itu Anda rebus yang kemudian air rebusan itu bisa diminum sehari 3 kali secara rutin. Mengonsumsinya serutin mungkin akan membantu Anda dalam menyembuhkan maag kronis sekalipun.

(Baca juga: perbedaan sakit maag dan batu empedu)

9. Kunyit

Kunyit merupakan bahan atau rempah lainnya yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal untuk dijadikan obat maag di level kronis. Untuk sakit perut, kunyit memang sudah terkenal dari dulu keampuhannya yang ternyata juga bisa dibuktikan pula dalam mengatasi sakit maag. Dalam penggunaannya, kunyit tak sulit untuk diramu sebagai solusi alami maag kronis Anda.

  • Caranya: Kunyit yang sudah Anda siapkan bisa Anda kupas dan bersihkan lebih dulu sebelum Anda parut. Setelah memarutnya, Anda dapat memerasnya sampai airnya keluar. Air perasan dari kunyit yang sudah diparut itulah yang baik untuk Anda pakai untuk mengobati maag. Campur air perasan tersebut ke air hangat dan tambahkan juga sedikit madu sebagai perasanya; minumlah rutin hingga maag kronis membaik.

10. Jahe

Meski dikatakan ada efek samping jahe yang mungkin tak baik untuk tubuh, selama pemakaiannya tepat dan pada kadar yang benar, jahe tak akan semembahayakan itu. Jahe akan mengatasi masalah maag kronis dengan kandungan antibakteri dan anti inflamasinya. Bagi yang di lambungnya terkena infeksi, inflamasi dapat dikurangi dengan jahe.

  • Caranya: Jahe yang sudah diiris-iris bisa Anda masukkan ke secangkir air panas, yaitu sebanyak 1 sendok teh. Tutuplah untuk menyeduhnya selama 10 menit sebelum akhirnya Anda menyaringnya dan menambahkan madu secukupnya. Minumlah sehari 2-3 kali sampai maag Anda berkondisi lebih baik. Atau, Anda bisa mencoba mengombinasikan ½ sendok makan jus jahe dan madu yang bisa diminum langsung tepat sebelum makan 2 kali secara rutin setiap harinya.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan sakit maag)

11. Daun Kemangi

Daun yang biasanya orang akan nikmati sebagai lalapan ini memang sangat menyehatkan bagi tubuh, terutama lambung yang terkena sakit maag kronis. Kandungan antibakteri dan anti inflamasinyalah yang begitu tinggi sehingga bakal menurunkan risiko infeksi dan peradangan yang dipicu oleh bakteri H. Pylori. Mual, muntah, dan gangguan pencernaan serta sakit perut bisa teratasi dengan baik oleh daun ajaib ini.

  • Caranya: Sediakan 4-5 lembar daun kemangi yang bisa Anda cuci lebih dulu dengan air matang. Anda kemudian bisa mengunyahnya perlahan untuk mengatasi luka di dalam perut Anda. Melakukan metode pengobatan ini setiap hari secara rutin pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan bagi kesembuhan maag kronis Anda. Jika membutuhkan alternatif, silakan campurkan jus daun kemangi beserta jus jahe sebanyak sesendok teh masing-masing, lalu minumlah sehari 2-3 kali.

12. Kentang

Ramuan obat alami lainnya yang pantas Anda pertimbangkan dan coba untuk buat di rumah adalah berbahan utama kentang. Jus kentang mentah adalah salah satu yang terbaik karena mengandung antasid dan sifat penyembuh alami. Gas berlebih di dalam perut, rasa kram, serta pembengkakan pada perut adalah gejala-gejala maag yang bisa terkurangi berkat adanya sifat alkaline yang dibawa oleh kentang.

  • Caranya: Sediakan kentang mentah sebanyak 1-2 buah saja, kupas dan cucilah sampai bersih. Lalu lanjutkan dengan memarutnya. Parutan kentang dapat Anda taruh seluruhnya pada sebuah alat penyaring untuk ditekan menggunakan sendok untuk mendapatkan ekstrak jusnya. Campurkanlah ½ gelas ekstrak jus kentang yang sudah berhasil Anda dapatkan tersebut ke dalam sedikit air hangat. Meminumnya sehari 3 kali setiap setengah jam sebelum makan akan memberikan hasil memuaskan, terutama jika secara rutin melakukan metode pengobatan ini.

(Baca juga: bahaya santan bagi penderita maag)

13. Biji Pepaya

Kalau biasanya mungkin Anda menyiapkan hidangan buah pepaya untuk keluarga biji pepaya akan dibuang, kali ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat maag kronis. Jangan dibuang dulu biji pepaya berwarna hitam dan banyak itu karena membuat ramuan obat tradisional sendiri dari bahan tersebut akan meringankan rasa sakit maag kronis.

  • Caranya: Sediakan biji pepaya yang sudah Anda sisihkan sewaktu mengupas dan mengiris buahnya, lalu jemurlah lebih dulu sampai mengering, baru Anda tumbuk hingga biji tersebut halus teksturnya. Bila sudah menjadi bubuk, Anda dapat menyeduhnya dengan air panas. Ramuan yang sudah jadi bisa Anda minum hangat-hangat setiap hari hingga maag kronis berkurang dan sembuh secara berangsur.

14. Kedelai

Satu lagi obat maag yang sudah kronis, yaitu kedelai. Sama alaminya dengan bahan yang lain, keampuhannya dalam mengobati maag juga dapat Anda buktikan sendiri di rumah. Tanpa mengonsumsi obat-obatan kimia, asalkan rutin menggunakan ramuan dari kedelai ini maag kronis Anda bakal dapat mengobati maag kronis secara maksimal.

  • Caranya: Biji kedelai yang sudah Anda siapkan dapat Anda sangrai lebih dulu. Anda dapat menggiling atau menumbuknya demi mendapatkan tekstur halus. Seduhlah menggunakan air panas setelah Anda melembutkannya. Air seduhan dari kedelai inilah yang butuh Anda minum setiap hari supaya maag kronis Anda cepat pulih dan sembuh total.

(Baca juga: gangguan pencernaan pada lambung)

15. Kecambah

Kalau pada umumnya kecambah dimasak dan menjadi salah satu bahan menu soto, kecambah di sini bisa Anda andalkan sebagai obat maag, terutama yang sudah kronis.

  • Caranya: Sediakan tauge atau kecambah secukupnya untuk Anda buat jus lalu dicampur dengan madu secukupnya. Ramuan ini adalah ramuan alami sederhana yang pasti Anda akan menyukainya. Meminumnya secara teratur akan memberikan hasil efektif yang luar biasa dan tentunya tanpa takut akan ada efek samping berbahaya.

16. Alpukat

Buah yang biasa dijadikan minuman jus dan ditambah dengan susu coklat manis ini ternyata bisa menyembuhkan penyakit maag. Asalkan tidak dikonsumsi bersama bahan-bahan pemanis lainnya, termasuk coklat, Anda bakal merasakan khasiat ajaibnya.

  • Caranya: Sederhana sekali, belilah alpukat lalu kupas dan makan dagingnya secara langsung. Jika ingin lebih ada variasi, buatlah jus tapi tanpa ditambah coklat. Mengonsumsi atau meminumnya secara rutin akan menyembuhkan maag kronis Anda tanpa Anda harus khawatir soal efek sampingnya.

17. Labu Kuning

Bahan tradisional lain yang dapat Anda jadikan obat mujarab bagi kondisi lambung Anda adalah labu kuning. Anda boleh mencoba juga bahan ini apabila memang Anda dapat dengan mudah memperolehnya.

  • Caranya: Sediakan labu kuning secukupnya, bersihkan lebih dulu sebelum diolah dan diramu menjadi obat. Lalu, setelah bersih labu kuning siap Anda rebus lebih dulu sampai benar-benar matang. Potong-potonglah setelahnya dan makanlah serutin mungkin hingga Anda tak lagi merasa kesakitan akibat maag kronis yang menyiksa.

(Baca juga: ciri-ciri infeksi lambung)

Itulah obat maag kronis tradisional yang setiap Anda dapat coba ramu di rumah. Kiranya setiap rekomendasi obat tersebut dapat bekerja dengan baik dalam menyembuhkan maag kronis Anda sehingga tak perlu mengonsumsi obat kimia.

, , , ,
Post Date: Monday 26th, September 2016 / 16:19 Oleh :
Kategori : Maag