Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Bahaya Jeruk Nipis Bagi Penderita Maag dan Kesehatan

ads

Bahaya jeruk nipis bagi penderita maag tentu sudah diketahui oleh semua orang, hal itu dikarenakan sudah banyak penderita maag mencoba mengkonsumsi jeruk nipis kemudian dia merasakan tidak nyaman di dalam perutnya. Oleh sebab itulah pengkonsumsian jeruk nipis bagi penderita maag harus diawasi. Jika tidak, penderita maag akan tersiksa dengan efek dari jeruk nipis itu. Jeruk nipis, kopi, makanan bersantan, makanan pedas menjadi makanan yang menjadi pantangan asam lambung. Cara mencegah asam lambung  tinggi adalah dengan menghindari beberapa makanan dan minuman tersebut. Selain membatasi pengkonsumsian jeruk nipis untuk penderita maag, penderita maag juga tidak boleh mengkonsumsi berlebihan berbagai macam produk minuman dengan bahan dasar jeruk nipis.

Berikut ini adalah bahaya jeruk nipis yang harus diketahui oleh penderita maag :

  1. Memicu Asam Lambung Tinggi

Salah satu bahaya mengkonsumsi jeruk nipis bagi penderita maag adalah jeruk nipis itu akan memicu asam lambung menjadi tinggi. Alasannya adalah jeruk nipis tersebut memiliki rasa asam dikarenakan zat asam yang dimilikinya. Zat asam itulah yang akan menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. Ketika asam lambung tinggi maag yang dimiliki akan kambuh.

Gejala asam lambung yang tinggi harus anda ketahui agar anda tahu cara mengobati asam lambung naik.

  1. Perut Terasa Begah

Perut akan terasa begah atau penuh ketika seseorang yang memiliki penyakit maag mengkonsumsi jeruk nipis dan produk olahan jeruk nipis terlalu berlebihan. Perut begah itu diakibatkan oleh asam lambung yang tinggi setelah mengkonsumsi jeruk nipis. Asam lambung yang tinggi membuat perut terasa penuh dengan cairan dan begah. Begah disebabkan oleh zat asam pada jeruk nipis membuat lambung memproduksi gas berlebihan sehingga perut akan terasa penuh dan begah. Bahaya asam lambung naik  tidak boleh disepelekan sebab akan membahayakan bagi lambung dan juga kesehatan.

  1. Perut Terasa Perih dan Teremas-remas

Efek dari mengkonsumsi jeruk nipis bagi penderita maag yang harus diwaspadai adalah akan membuat perut terasa perih dan teremas-remas. Hal ini bisa terjadi pada penderita maag sedang dan juga maag kronis. Maag ringan biasanya tidak akan mendapatkan efek apa-apa jika mengkonsumsi jeruk nipis dan olahannya. Penyebabnya maag sedang dan juga maag kronis sudah memiliki tukak lambung atau luka lambung sehingga jika tukak lambung bersentuhan dengan zat asam perut penderita maag akan terasa perih dan terasa teremas-remas. Hal itu akan sangat menyakitkan bagi penderita lambung, Oleh sebab itu sebisa mungkin hindarilah makanan penyebab asam lambung salah satunya adalah jeruk nipis.

sponsored links
  1. Memicu Muntah

Bahaya mengkonsumsi jeruk nipis bagi penderita maag adalah memicu muntah. Hal itu dikarenakan zat asam pada jeruk nipis bisa memicu reflux lambung atau memicu asam lambung naik ke kerongkongan manusia. Hal tersebut menjadi pemicu mual dan muntah pada penderita maag yang asam lambungnya meninggi atau naik.

  1. Memicu Sendawa

Salah satu bahaya jeruk nipis bagi penderita maag adalah memicu pendeirta maag untuk selaly bersendawa. Sendawa adalah efek lanjutan dari reflux asam yang naik ke kerongkongan manusia. Reflux asam yang sampai ke kerongkongan akan memicu seseorang menjadi sering bersendawa.

  1. Membuat Air Liur Berlebihan

Orang yang mengalami maag dan mengkonsumsi jeruk nipis dia akan memiliki air liur yang berlebihan sebab zat asam yang dimiliki oleh jeruk nipis merangsang produksi air liur secara berlebihan.

  1. Mulut Menjadi Pahit

Kandungan acid reflux yang bisa menyebabkan mulut menjadi pahit.  Zat asam pada jeruk nipis itu akan membuat selaput lidah menjadi pahit. Mulut yang pahit merupakan efek lanjutan dari produksi air liur yang berlebihan di dalam mulut.

  1. Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah naiknya asam lambung menuju ke kerongkongan manusia. Hal ini sering terjadi pada orang yang menderita maag. Cara efektif pencegahan bau mulut  untuk penderita maag adalah dengan mencegah naiknya asam lambung di dalam lambung dan mencegah asam lambung itu naik ke kerongkongan. Jika anda sudah memiliki bau mulut, anda sebaiknya mengetahui cara menghilangkan bau mulut  sambil terus mencoba menormalkan asam lambung yang ada di dalam lambung anda. Hal tersebut menjadi efek atau bahaya dari asam lambung naik dikarenakan mengkonsumsi jeruk nipis bagi penderita maag.

  1. Kesulitan Menelan

Ketika anda kesulitan menelan sehabis mengkonsumsi jeruk nipis anda bisa mencoba memakan makanan untuk penderita asam lambung. Kesulitan menelan akan terjadi dikarenakan jeruk nipis membuat asam lambung menjadi naik ke kerongkongan, kerongkongan akan tersumbat dengan zat asam tersebut sehingga makanan yang ingin masuk ke dalam kerongkongan terhalangi.

Bahaya Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk nipis selama ini memang dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk diet, untuk kesehatan da juga kecantikan. Selain bisa digunakan untuk cara mengecilkan perut buncit dengan bahan tradisional, bisa digunakan sebagai masker jeruk nipis yang bisa digunakan sebagai tips awet muda. Meski begitu, dibalik kesempurnaannya jeruk nipis memiliki beberapa dampak yang buruk untuk kesehatan. Berikut ini adalah bahaya jeruk nipis bagi kesehatan yang harus anda ketahui :

  1. Gigi Ngilu

Mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan bisa menyebabakan gigi ngilu. Hal itu bisa disebabkan zat asam pada jeruk nipis memicu otot di gigi untuk bereaksi. Salah satu reaksi yang akan diberikan oleh gigi adalah gigi akan terasa ngilu.

  1. Mulas

Bahaya mengkonsumsi jeruk nipis bagi kesehatan adalah bisa menyebabkan perut mulas. Mulas ini tidak hanya disebabkan oleh jeruk nipis saja namun disebabkan oleh semua makanan yang berasa asam.

Sponsors Link

Mulas bisa terjadi ketika orang yang mengkonsumsi makanan mengandung zat asam tidak mengkonsumsi makanan berat sebelumnya sehingga zat asam yang ada pada jeruk nipis akan bersentuhan dengan dinding lambung dan menyebabkan rasa mulas.

  1. Diare 

Mengkonsumsi jeruk nipis berlebihan akan memicu diare. Zat asam pada jeruk nipis akan membuat saluran pencernaan menjadi terganggu sehingga perut akan terkena diare. Zat asam akan mempercepat laju pergerakan makanan di usus besar sehingga cairan pada makanan tersebut tidak terserap sempurna. Hal itulah yang menjadi penyebab diare.

  1. Mengikis Email Gigi

Bahaya jeruk nipis bagi kesehatan gigi adalah bisa mengikis lapisan gigi atau email gigi. Tentu hal ini sangat berbahaya sekali sebab email tidak bisa terganti. Jika gigi tidak dilapisi email, gigi itu akan mudah terkena kuman dan bakteri penyebab kerusakan gigi. Yang bisa mengikis email gigi itu adalah zat asam pada jeruk nipis tersebut. Ngilu pada gigi juga menjadi tanda bahwa email gigi sedang bertabrakan dengan zat asam di jeruk nipis dan bisa menjadi tanda pengikisan email gigi.

Baca juga : Penyebab karang gigi

Itulah bahaya jeruk nipis bagi penderita maag dan juga bagi kesehatan. Mengkonsumsi jeruk nipis bagi orang yang belum menderita maag syah-syah saja asalkan mengetahui cara tepat pengkonsumsiannya. Bagi orang yang menderita maag sebaiknya membatasi pengkonsumsian jeruk nipis setiap harinya agar dia terhindar dari efek samping jeruk nipis bagi penderita maag.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 14th, February 2016 / 14:25 Oleh :
Kategori : Maag