Sponsors Link

Anus Gatal – Penyebab, Gejala, Diagnosa, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Anus yang terasa gatal adalah terjadinya sensasi panas dan gatal di sekitar area anus serta kulit yang juga dikenal dengan nama medis pruritus ani. Sensasi gatal ini bisa terjadi di bagian dalam atau di sekitar anus bagian luar. Anus gatal ini memang sangat jarang memberikan dampak yang serius meskipun membuat penderitanya merasa malu dan tidak terlalu susah untuk menjalankannya. Penyakit anus gatal ini biasanya terjadi pada kaum pria namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada wanita.

ads

Penyebab Anus Gatal

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya rasa gatal di area anus yang bisa terjadi di semua usia, namun untuk penderita diabetes lebih rentan terhadap masalah kesehatan ini.

  1. Iritasi Kulit

Kondisi anus yang lembab dan terjadi banyak gesekan, maka akan mengakibatkan kulit sensitif yang ada di sekitar anus menjadi iritasi. Iritasi tersebut akan menimbulkan rasa gatal di area dubur. Selain itu, pemakaian minyak wangi, pewarna dan juga zat pelunak yang terdapat dalam produk sabun serta kertas toilet juga menjadi pemicu terjadinya iritasi sekaligus gatal pada area anus.

  1. Terjadi Masalah Pada Pencernaan

Apabila anda sering mengalami diare, maka ini juga akan menyebabkan iritasi pada kulit dan juga timbul rasa gatal di sekitar anus. BAB yang tidak bisa dikendalikan tersebut membuat tinja terlalu lama bersentuhan dengan anus dan terlalu lama dibersihkan, sehingga anus gatal ini bisa terjadi.

  1. Wasir

Wasir atau lebih dikenal dengan ambeien juga menjadi penyebab terjadinya anus gatal. Ini bisa terjadi karena seringnya mengejan saat sedang buang air besar dan juga terjadi gesekkan karena anus yang membengkak.

  1. Terjadi Infeksi

Infeksi menular seksual seperti contohnya keputihan yang dialami wanita juga menjadi penyebab anus gatal. Sementara untuk anak-anak, parasit seperti cacing kremi menjadi faktor penyebab terjadinya gatal anus yang persisten. Selain itu, orang dewasa yang tinggal dalam satu atap juga bisa terinfeksi dan infeksi jamur inilah yang menjadi penyebab gatal anus.

  1. Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit seperti psoriasis atau dermatitis kontak juga akan menimbulkan sensai gatal di sekitar anus.

  1. Jamur

Salah satu penyebab umum dari anus gatal adalah karena jamur atau kandida yang akan membuat kulit menjadi kemerahan dan bersisik mernurut seorang ahli parenting yang berasal dari Inggris.

Artikel terkait:

Gejala dan Diagnosa Anus Gatal

Saat anus gatal terjadi, maka gejala yang ditimbulkan akan sangat mudah dikenali sebab bisa terlihat oleh mata dan dirasakan penderita gatal anus tersebut. Beberapa gejala yang sering terjadi diantaranya adalah:

  • Kulit menjadi lecet karena terlalu sering digaruk.
  • Kulit di sekitar anus berubah warna menjadi kemerahan.
  • Terjadi sensasi gatal yang tak tertahankan.
  • Kulit semakin tebal dan juga bisa menimbulkan radang kronis seperti bengkak dan kemerahan.
  • Pendarahan di sekitar anus.
  • Penderita mengalami demam tinggi.
  • Anus terasa gatal dan tidak hilang sampai 2 bulan lebih.

Untuk mendiagnosa anus gatal, dokter biasanya akan melakukan beberapa tes serta pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis tersebut dan beberapa tes tersebut meliputi memeriksa anus dan juga kulit sekitar penderita. Selain itu, terkadang studi laboratorium juga dibutuhkan untuk mengidentifikasi jamur. Sementara pemeriksaan dengan mikroskopi juga bisa dilakukan untuk memeriksa telur cacing dan juga tungau yang ada di kulit sekitar anus.

Artikel terkait:

Pengobatan Anus Gatal

Kunci terpenting untuk mengobati anus gatal adalah selalu menjaga kebersihan area sekitar anus sehingga bisa tetap sejuk dan juga kering. Selain itu, jika anda sudah terkena masalah anus gatal ini, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati gangguan kulit ini.

Sponsors Link

  1. Bawang Putih

Bawang putih bisa anda gunakan untuk menyembuhkan anus gatal secara alami dan juga efektif. Bawang putih juga sangat ampuh untuk menghilangkan cacing yang juga menjadi penyebab dari gatal anus karena memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan juga anti septik sehingga bisa mengobati berbagai macam infeksi termasuk gatal anus. Anda bisa mengkonsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih mentah saat perut masih kosong setiap hari dan dilakukan selama seminggu. Cara lainnya adalah dengan merebus bawang putih lalu dihancurkan serta dicampur dengan 1/2 cangkir susu kemudian di minum saat perut masih kosong selama 1 minggu.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi solusi alami untuk mengatasi anus gatal karena memiliki sifat yang menenangkan, anti bakteri, anti mikroba dan juga anti jamur sehingga bisa dipakai untuk mengobati gatal pada anus. Caranya adalah dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari atau juga bisa menggosok minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke anus untuk mengurangi rasa gatal dan sensasi terbakar pada area anus anda.

  1. Lidah Buaya

Dalam lidah buaya akan memberikan efek yang menenangkan sehingga akan mengurangi gatal, radang dan juga rasa nyeri yang timbul di area anus. Selain itu, khasiat lidah buaya untuk kulit juga bisa membantu mengurangi iritasi wasir yang juga menjadi penyebab terjadinya rasa gatal pada anus.

Silahkan anda kupas lidah buaya yang masih segar kemudian ambil gel atau lendirnya dan oles pada anus kemudian diamkan selama 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak beberapa jam sekali supaya rasa gatal bisa disingkirkan dengan cepat.

  1. Oatmeal

Untuk mengobati anus gatal selanjutnya bisa memakai oatmeal. Dalam oatmeal mengandung anti inflamasi, anti iritasi dan juga memberikan efek yang menenangkan sekaligus membantu penyembuhan anus gatal yang meradang. Campurkan 1 sampai 2 cangkir oatmeal dengan air hangat dan gunakan air tersebut untuk berendam selama 15 sampai 20 menit.

Cara lainnya adalah dengan merendam anus pada sebuah ember yang sudah diisi air hangat dan oatmeal selama beberapa menit. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, lakukan cara ini secara rutin sebanyak 1 sampai 2 kali sehari sampai anus gatal bisa disembuhkan.

ads
  1. Yogurt

Yogurt tidak hanya menjadi makanan baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, namun yogurt juga bisa dipakai untuk mengatasi anus yang gatal. Tidak semua jenis yogurt bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kulit ini, gunakan yogurt probiotik yang masih memiliki bakteri baik hidup di dalamnya. Bakteria baik yang masih hidup ini akan bekerja untuk mengontrol pertumbuhan dari infeksi dan akan lebih baik jika anda memakai yogurt probiotik tawar untuk pengobatan ini.

Oleskan yogurt secara langsung pada dubur yang gatal dan diamkan selama 20 menit atau lebih bagus jika dibiarkan selama semalam dan baru dibilas dengan air hangat dan keringkan memakai handuk secara menyeluruh. Selain itu, konsumsi juga yogurt sebanyak 2 sampai 3 cangkir setiap hari supaya gatal anus bisa lebih cepat disembuhkan.

Artikel terkait:

  1. Garam Epsom

Anda juga bisa mandi atau berendam dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam epsom untuk mengatasi berbagai gangguan kulit seperti eksim, psoriasis dan juga anus gatal. Garam epsom ini tidak hanya mengurangi rasa gatal namun juga meredakan sensasi seperti terbakar yang disebabkan karena iritasi dari gatal anus.

Campur 1 sampai 2 cangkir garam epsom dengan bak air yang sudah diisi dengan air hangat lalu gunakan untuk berendam selama 15 sampai 20 menit dan keringkan tubuh khususnya anus sampai kering benar dan lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali hingga gangguan ini bisa disembuhkan.

  1. Kayu Manis

Kayu manis juga sangat baik dalam menghilangkan rasa gatal, mengurangi iritasi dan kemerahan pada anus sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati anus gatal. Panggang kayu manis dan juga kapulaga lalu haluskan dan campur menjadi satu sampai menjadi bubuk yang sangat halus. Campur 1/4 sendok teh bubuk rempah dengan 1 sendok teh madu serta 1 gelas air. Minum ramuan ini setiap hari sampai anus gatal bisa sembuh menyeluruh.

  1. Cuka Apel

Anus gatal bisa disebabkan karena infeksi dan juga jamur, untuk mengatasinya secara alami, anda bisa menggunakan cuka sari apel untuk mengendalikan infeksi tersebut karena dalam cuka apel akan membantu tubuh agar bisa bersifat alkali. Campur 2 sendok makan cuka apel murni ke dalam 1 gelas air lalu minum sebanyak 2 kali sehari sampai anus gatal bisa disembuhkan. Cara lainnya adalah dengan menambahkan 1 cangkir cuka apel kedalam air bak mandi lalu gunakan untuk berendam selama 15 sampai 20 menit sebanyak 1 kali dalam sehari.

  1. Petroleum Jelly

Memakai petroleum jelly juga menjadi salah satu cara prkatis dan ampuh untuk menghilangkan anus gatal. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan langsung petroleum jelly pada area anus yang gatal dan sesudah 10 menit maka gatal dan juga sensasi panas akan langsung berkurang. Namun perlu diingat jika dalam petroleum jelly juga mengandung bahan kimia sehingga pengobatan ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Serai

Dalam serai mengandung antioksidan yang cukup tinggi serta alergen yang akan sangat membantu untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti anus gatal ini. Kandungan fosfor, kalsium dan mangan ini tidak hanya mengobati anus yang gatal namun juga membuat kulit anda lebih halus. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan menambahkan serai ke dalam air mandi anda dan gunakan setiap hari.

  1. Perbanyak Asupan Serat

Salah satu penyebab anus gatal lainnya adalah karena sembelit, sehingga jika sembelit bisa disembuhkan maka secara otomatis anus gatal juga bisa disembuhkan. Untuk mengatasi sembelit, maka pilihan terbaiknya adalah dengan memperbanyak asupan makanan yang tinggi akan serat. Serat ini akan meningkatkan proses pencernaan semakin sehat sekaligus melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan. Beberapa makanan yang tinggi serat diantaranya adalah kentang, wortel, kacang, beras merah, quinoa, gandum, plum, aneka buah segar, sayuran berwarna hijau, aneka jenis kacang, biji labu, biji bunga matahari, kacang polong dan brokoli.

  1. Gunakan Witch Hazel

Anda juga bisa menghilangkan gatal dengan memakai tisu basa bayi yang mengandung witch hazel atau membeli witch hazel dan mengoleskannya langsung pada anus dengan memakai kapas. Witch hazel ini bisa mengurangi gatal anus dengan cukup efektif, selain itu witch hazel juga mengandung antioksidan serta astringen yang akan mengurangi infeksi dan mengatasi rasa nyeri pada anus gatal.

  1. Kantong Teh Celup

Cara menghilangkan anus gatal selanjutnya adalah dengan memakai kantong teh celup. Tempelkan kantong teh celup yang sudah agak dingin pada anus dan biarkan beberapa saat. Dalam teh mengandung astringen yang akan mengurangi rasa gatal dan nyeri secara alami dan juga aman.

Sponsors Link

  1. Bit dan Wortel

Anda juga bisa membuat jus dari wortel dan bit kemudian rendam kapas dalam jus tersebut dan tempelkan pada area anu yang gatal sehingga bisa mengurangi infeksi pada anus sekaligus menghilangkan rasa gatal dan panas di area anus anda.

  1. Jahe dan Madu

Campurkan jahe dan madu kemudian buat ramuan dengan cara di rebus dan tambahkan dengan sedikit daun mint serta jus jeruk manis. Minum ramuan nikmat ini setiap hari untuk membantu proses detoksifikasi sekaligus membunuh berbagai bakteri penyebab anus gatal.

  1. Licorice

Licorice juga menjadi salah satu cara alami untuk mengobati anus gatal. Licorice juga sangat baik digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim, mengatasi anus yang kemerahan, iritasi dan juga gatal. Panggang sedikit licorice dan kapulaga lalu haluskan menjadi bubuk kemudian campur dengan madu dan minum sebanyak 1 kali dalam sehari sampai anus gatal isa disembuhkan. Anda juga bisa mengolaskan krim licorice pada area anus sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Artikel terkait:

Pencegahan Anus Gatal

Untuk mencegah anus gatal, ada beberapa dan tips yang harus anda lakukan dan juga harus dihindari supaya tidak memperparah kondisi anus gatal yang sedang anda alami.

  • Hindari menggaruk di area anus yang gatal, sebab akan memperburuk kondisinya.
  • Pakai sarung tangan katun saat akan tidur di malam hari supaya terhindar dari goresan dan menggaruk yang tidak disengaja.
  • Bersihkan area anus dengan tisu basah lalu gunakan tisu kering untuk membersihkan area anus setiap kali buang air besar dan menghilangkan kelembapan di area anus.
  • Jangan gunakan tisu yang berwarna atau beraroma karena juga akan memperburuk kondisi anus gatal, gunakan tisu yang polos dan tidak beraroma.
  • Jangan lupa untuk selalu mengeringkan area anus dan gunakan bedak agar kelembapan di area anus bisa terserap dengan baik sekaligus mencegah keringat yang juga dapat membuat anus menjadi gatal.
  • Ubah posisi duduk secara teratur dan jangan gunakan posisi duduk sama dalam waktu yang lama karena dapat meningkatkan kelembaban di sekitar anus.
  • Hindari sabun beraroma karena akan menimbulkan iritasi di anus.
  • Hindari pakaian yang terlalu ketat dan pilih celana dalam yang terbuat dari katun.
  • Jangan gunakan tepung maizena pada area anus yang gatal arena hanya akan memperburuk kondisinya.
  • Atasi stress anda dengan baik sebab stress juga menjadi salah satu penyebab anus menjadi gatal.
  • Cobalah mencari tahu makanan atau minuman yang membuat anda menjadi alergi dan menyebabkan gatal seperti contohnya makanan asam, bir, makanan pedas dan sebagainya lalu hentikan atau hindari mengkonsumsi makanan tersebut.

Artikel terkait:

Anus gatal memang bukanlah menjadi salah satu penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian. Akan tetapi gangguan kulit ini tetap harus ditangani secepatnya agar tidak bertambah parah dan juga menghindari rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 12th, August 2017 / 02:36 Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin