Sponsors Link

27 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Kolesterol sebenarnya adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia dan bukannya sebuah senyawa yang dihindari. Namun, kolesterol itu sendiri dibagi menjadi 2, yakni HDL dan LDL di mana HDL merupakan kolesterol baik yang mencegah pengendapan kolesterol jahat, sementara LDL adalah kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko beragam penyakit kronis nantinya.

ads

HDL rendah adalah suatu hal yang justru mengancam karena itu tandanya LDL-lah yang lebih tinggi dan inilah yang seharusnya menjadi momok. Aterosklerosis adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh kolesterol jahat dan ini adalah sebuah keadaan di mana dinding pembuluh darah mengalami pengerasan. Risiko penyakit jantung koroner pun meningkat karena aliran darah yang tak berjalan lancar.

Untuk kadar HDL di dalam tubuh yang dianggap baik adalah > 50 mg/dL dan dengan asupan yang tercukupi maka akan membantu membuat lemak dari darah lebih bersih. Sementara itu, untuk LDL dengan kadar yang dianggap normal adalah dan tak menyumbat arteri adalah < 100 mg/dL di mana dengan kolesterol normal berkadar < 200 mg/dL.

Ketika kolesterol tinggi Anda alami, maka otomatis gaya hidup pun perlu diubah menjadi lebih sehat dan seimbang. Sayuran dan buah menjadi makanan utama yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi. Lalu, kira-kira buah dan sayuran penurun kolesterol apa saja yang bisa Anda konsumsi setiap hari?

(Baca juga: penyebab kolesterol tinggi)

1. Apel

Buah apel merupakan jenis buah yang sangat kaya akan zat antioksidan di mana juga merupakan makanan yang mengandung serat tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain antioksidan dan serat, buah apel pun diketahui mengandung vitamin C juga sehingga sangat direkomendasikan bagi yang telah mengalami gejala kolesterol tinggi.

Untuk menurunkan kolesterol, Anda bisa memakan apel 1-2 buah dalam sehari secara rutin dan jangan kupas kulitnya. Alangkah baiknya kalau kulitnya ikut dikonsumsi karena pada kulit apel-lah ada kandungan pektin atau serat larut yang bisa menjadi penurun kolesterol tinggi. Antioksidan paling banyak juga ada di dalam kulit apel.

2. Anggur

Selain apel, buah anggur adalah jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi selama kadar LDL tinggi. Ketika kolesterol jahat menguasai tubuh Anda, maka sebaiknya Anda memakan buah anggur, baik secara langsung atau bisa juga dibuat minuman jus. Di dalam buah ini ada berbagai macam zat baik yang bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan Anda.

Sama dengan apel, anggur walaupun lebih kecil bentuk dan ukurannya, di dalamnya terkandung serat yang tinggi bersama dengan zat katekin. Dua zat tersebutlah yang sangat baik untuk membuat kadar kolesterol yang naik nantinya kembali normal. Jadi, konsumsilah rutin supaya Anda bisa merasakan sendiri efek baik yang ditawarkan buah ini.

(Baca juga: makanan yang mengandung kolesterol tinggi)

3. Belimbing Manis

Buah lainnya yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan mampu mencegah berbagai penyakit kronis akibat penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah adalah belimbing manis. Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa buah belimbing itu memiliki rasa asam, tapi untuk dikonsumsi sebagai penurun kolesterol maka silakan gunakan yang manis.

Untuk menggunakan buah belimbing sebagai penurun kolesterol, Anda cukup menyediakan belimbing manis besar 2 buah. Anda bisa mengonsumsi rutin buah satu ini setiap setelah sarapan dan makan malam di mana setiap makan tersebut masing-masing 1 buah. Lakukan rutin supaya efeknya dapat dirasakan secara maksimal dan kolesterol yang tinggi bisa cepat turun.

4. Alpukat

Selain kandungan vitamin E yang tinggi dan baik untuk kesehatan kulit, ada pula lemak tak jenuh tunggal yang merupakan jenis lemak peningkat HDL. Ketika Anda berhasil meningkatkan kadar HDL, otomatis kadar LDL pun menjadi turun. Konsumsilah tanpa ditambah susu atau coklat seperti biasanya Anda minum jus alpukat.

Konsumsilah daging buahnya langsung atau dijus tapi tanpa ditambah pemanis yang berlemak jenuh. Terdapat juga kandungan beta-sitosterol yang juga masih masuk dalam jenis lemak nabati yang mampu membuat kadar kolesterol yang jahat bisa menurun cukup banyak. Asam oleat di dalamnya pun akan membuat kolesterol baik meningkat cukup cepat.

(Baca juga: ciri-ciri kolesterol tinggi)

5. Stroberi

Satu lagi buah yang juga berantioksidan tinggi dan mampu membuat LDL menurun dengan sempurna, yaitu buah stroberi. Buah kecil berwarna merah yang segar dan digemari banyak anak-anak ini memang sangat bisa membantu dalam hal penurunan LDL. Bahkan berkat konsumsi stroberi, banyak orang mampu merasakan bahwa oksidasi yang merupakan kerugian bagi tubuh dapat dicegah.

6. Jeruk Nipis

Tak hanya ampuh sebagai obat batuk, jeruk nipis dengan kandungan zat flavonoid yang tinggi juga siap membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang mengancam kesehatan Anda. Senyawa tersebut sangat penting bagi tubuh Anda karena mampu menjadi penghambat produksi LDL. Konsumsilah serutin mungkin, terutama bila Anda tak memiliki penyakit lambung.

7. Lemon

Tak diragukan lagi, buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam darah. Apabila Anda menyukai buah lemon, maka ini adalah keuntungan bagi Anda karena lemon pun mempunyai zat penurun produksi apo-B atau sejenis zat yang menambah LDL dalam darah. Antioksidannya juga tinggi di dalam lemon sehingga akan meningkatkan HDL.

(Baca juga: tanda kolesterol tinggi)

8. Buah Zaitun

Ada banyak buah yang diketahui mempunyai kandungan antioksidan dan salah satunya adalah buah zaitun ini. Karena buah ini berantioksidan tinggi, maka Anda bisa memercayainya sebagai buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Bahkan tak perlu khawatir karena tingkat HDL tak akan menjadi berkurang.

Efek positif ditawarkan oleh buah ini, terutama pada sistem kardiovaskular atau jantung semam vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya juga tinggi. Kedua nutrisi itulah yang bakal meningkatkan HDL yang berkadar rendah. Campurkan saja buah zaitun dikonsumsi bersama salad plus minyak zaitun 2 sendok.

9. Blueberry

Selain stroberi, Anda juga bisa memasukkan buah blueberry ke dalam menu harian selama diet untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini semua berkat adanya kandungan pterostilbene dengan fungsi antioksidan yang bakal melindungi tubuh dari segala jenis penyakit serius. Anda bisa mengonsumsinya langsung setiap hari atau dibuat jus.

10. Jambu Merah/Biji

Buah jambu biji tak hanya mampu menjadi pendukung pemulihan pasien demam berdarah saja. Anda juga bisa mengonsumsi jambu biji atau jambu merah sebagai penurun kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. Kaya akan likopen, jambu biji merupakan jenis buah yang siap menghambat produksi kolesterol jahat.

(Baca juga: akibat kekurangan hdl)

ads

11. Mangga

Buah ini memang termasuk buah musiman, tapi sekalinya sedang musim buah mangga, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya bila memiliki kolesterol tinggi. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi siap menghambat atau mencegah proses oksidasi yang menjadi penyebab penumpukan plak di dalam darah. Supaya plak tak menumpuk dan menghambat aliran darah, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau dijus.

12. Delima

Mungkin banyak dari kita yang belum terlalu tahu bahwa buah delima adalah jenis buah yang bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Konsumsilah buah delima baik secara langsung atau dijus karena zat baik di dalamnya mampu menghilangkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Ini karena produksi oksida nitrat sebagai pengurang plak otomatis akan meningkat.

13. Buah Murbei

Satu lagi buah yang sangat terekomendasi bagi yang mengalami kolesterol tinggi, yakni buah murbei yang mudah diolah sebelum dikonsumsi. Buah murbei ini bisa Anda konsumsi secara langsung atau juga dijus, tapi cukup nikmat juga sebagai campuran oatmeal atau smoothies lainnya. Bahkan daunnya juga bermanfaat bagi penderita kolesterol.

(Baca juga: kolesterol ldl dan hdl)

14. Tomat

Jenis sayur dan buah ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat karena diketahui bahwa kandungan likopen di dalamnya sangat tinggi. Likopen inilah yang dipercaya mampu membuat kadar LDL berkurang secara alami. Anda bisa mengonsumsi tomat setiap hari apabila tidak memiliki penyakit lambung.

Cukup langsung memakan tomat segar atau membuatnya sebagai minuman jus dengan cara diblender. Atau jika bosan memakan langsung serta minum jusnya, Anda bisa membuat sup tomat yang memberikan efektivitas sama. Meski memang merupakan makanan untuk penderita maag, tak semua orang bisa cocok memakai tomat ini sebagai obat maag, jadi hentikan konsumsi bila memengaruhi kesehatan lambung.

15. Buncis

Bila bicara tentang sayuran penurun kolesterol, maka buncis adalah salah satu jenis sayur yang Anda perlu konsumsi rutin. Jenis sayur ini mengandung lemak yang rendah dan diketahui memiliki lemak tak jenuh ganda. Buncis bisa Anda jus juga di mana ini baik dalam menormalkan kadar gula darah.

Sayur ini pun merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga sangat dianjurkan juga bagi penderita diabetes atau yang mengalami resistensi insulin. Cobalah menurunkan kolesterol jahat plus gula darah tinggi dengan meminum jus buncis setiap hari 1 gelas. Namun bagi penderita asam urat, buncis merupakan salah satu pantangannya.

(Baca juga: HDL tinggi)

16. Bayam

Bagi kesehatan mata, bayam merupakan jenis sayur yang bagus karena kandungan luteinnya yang tinggi. Bayam juga merupakan sebuah jenis sayur yang mampu melindungi kesehatan jantung sehingga otomatis bisa juga diandalkan sebagai sayur penurun kadar kolesterol jahat yang tinggi. Jantung akan dilindungi dari penumpukan lemak yang mampu menghambat peredaran darah.

Bayam ini dapat Anda jadikan jus atau memasaknya sebagai sup tergantung dari selera saja. Namun lebih dianjurkan lagi kalau Anda bisa mengonsumsi 1 mangkuk sup bayam setiap harinya atau 1 gelas jus bayam per hari. Bila Anda juga punya tekanan darah tinggi, cobalah konsumsi bayam ini karena bayam merupakan makanan penurun darah tinggi efektif.

17. Seledri

Banyak orang tak begitu suka dengan seledri, namun jenis sayur yang biasa menjadi taburan pada soto maupun bakso ini justru sangat berguna bagi kesehatan. Menjadi salah satu obat hipertensi alami, Anda tak hanya dapat menormalkan kadar tekanan darah tapi juga menormalkan kembali kadar kolesterol.

Untuk memakainya, Anda cukup menyediakan akar seledri yang masih dalam kondisi segar sebanyak 30 gram. Sebelum diolah Anda bisa mencucinya lebih dulu hingga bersih, baru kemudian Anda rebus bersama air bersih sebanyak 2 gelas sampai sisanya 1 gelas. Sesudah dingin, air bisa Anda saring lebih dulu dan kemudian barulah diminum.

(Baca juga: perbedaan kolesterol dan trigliserida)

18. Wortel

Tentu saja wortel adalah jenis sayur yang akan muncul di benak Anda ketika bicara tentang meningkatkan kesehatan mata. Namun manfaat wortel tak hanya sebagai pelindung kesehatan mata, tapi juga sebagai penurun kolesterol tinggi dalam darah. Makanan yang mengandung vitamin A tinggi ini bisa Anda konsumsi setiap hari, baik dimasak atau dijus.

Siapkan saja wortel sekitar 5 buah yang ukurannya sedang dan kemudian Anda cuci bersih lebih dulu. Barulah kemudian lanjut dengan memarut atau memblendernya, baru kemudian diperas atau disaring. Airnyalah yang perlu Anda konsumsi setiap hari, tapi juga Anda pun boleh memasaknya dan menjadikannya sup untuk dikonsumsi per hari.

19. Rumput Laut

Bila Anda ingin menurunkan kolesterol jahat yang tinggi di dalam darah, kiranya Anda pun mempertimbangkan rumput laut sebagai jenis sayur yang bisa dikonsumsi setiap hari. Anda bisa menggunakan rumput laut kering untuk konsumsi harian dan bila dilakukan rutin, Anda akan melihat sendiri hasil efektifnya.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menyediakan rumput laut kering sebanyak 30 gram di mana setelah itu dapat Anda giling hingga bentuknya menjadi bubuk. Setelah itu barulah Anda masukkan ke secangkir air mendidih untuk diseduh. Air seduhan rumput laut ini memang jarang terdengar, namun Anda dijamin tak akan menyesal karena efeknya yang tergolong ampuh menurunkan kolesterol tinggi.

20. Daun Sirih

Daun sirih biasanya sangat efektif dalam mengobati kondisi batuk yang lama tak sembuh-sembuh, tapi sebenarnya daun sirih juga bisa menurunkan kolesterol. Kolesterol jahat bisa menjadi ancaman karena mengakibatkan seseorang mengalami jenis-jenis penyakit jantung hingga stroke. Anda hanya perlu daun sirih segar untuk dikonsumsi agar kadar kolesterol cepat normal.

Siapkan saja sekitar 15 lembar daun yang masih segar lalu Anda cuci bersih dan lanjutkan dengan merebusnya bersama air 3 gelas. Didihkan dan pastikan bahwa air tersisa hingga 1 gelas. Sesudah suhunya turun atau lebih dingin, Anda bisa menyaringnya dulu sebelum meminumnya. Konsumsi setiap hari akan sangat membantu turunnya kolesterol lebih cepat.

(Baca juga: akibat kekurangan kolesterol)

21. Daun Asam

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang daun asam atau mungkin malah sudah pernah mengonsumsinya? Rupanya untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam darah, Anda bisa mencoba meramu daun asam segar ini. Mengonsumsi daun asam segar sangat aman dan alami dalam membuat kadar kolesterol jahat berkurang sehingga potensi tersumbatnya pembuluh darah arteri pun juga turun.

Dalam mengonsumsinya, Anda bisa menggunakan daun asam segar sebanyak 12 gram di mana perlu dicuci dulu sampai bersih. Lanjutkan dengan merebusnya di dalam segelas air kurang lebih 15 menit. Setelah itu angkatlah dan dinginkan, baru ketika sudah dingin Anda bisa menyaringnya lalu meminumnya. Sehari 2 kali Anda bisa konsumsi air daun asam segar setiap hari.

Sponsors Link

22. Bawang Putih

Bawang putih bukan sekadar bumbu dapur penyedap masakan saja, tapi sejak zaman dulu, yakni pada zaman Mesir kuno, masyarakat di sana sudah cukup sering mengonsumsi bawang putih sebagai penambah stamina. Tekanan darah tinggi pun dapat diturunkan dengan mengonsumsi bawang putih ini secara rutin.

Manfaatnya tak sampai di situ saja walau juga ada efek samping bawang putih. Gunanya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pun ampuh. Secara alami, bawang putih akan menormalkan tekanan darah dan kadar kolesterol sehingga menurunkan juga risiko penyumbatan pembuluh darah. Bumbu dapur ini mampu mencegah partikel kolesterol atau plak untuk menempel di dinding arteri saat masuk ke dalam tubuh.

(Baca juga: makanan penyebab ldl tinggi)

23. Kacang Kedelai

Anda bisa mencoba mengonsumsi kacang kedelai untuk menurunkan tekanan darah sekaligus kadar kolesterol yang naik. Segala produk olahannya seperti susu kedelai, tahu dan tempe sangat disarankan untuk yang mengalami kolesterol tinggi. Kedelai pun bisa digunakan sebagai pengganti keju maupun daging.

Setiap hari, Anda memerlukan asupan 25 gram protein kedelai sehingga efektif dalam membuat kadar LDL turun secara alami. Penurunan kadar LDL bisa sampai 6 persen ketika Anda secara teratur tidak pernah melewatkan konsumsi kedelai ini. Namun bagi yang juga menderita asam urat, kacang kedelai tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

24. Okra

Pernah mendengar sayur yang bernama okra? Okra ini merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dengan mineral dan vitamin penting di dalamnya. Bahkan antioksidan di dalamnya pun juga termasuk berkadar tinggi sehingga sering dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah serta risiko kanker.

Okra ini dikenal sebagai sejenis tanaman kapas dan durian di mana tak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes atau kanker. Okra pun merupakan jenisst sayur yang bisa Anda konsumsi demi menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jika Anda punya gangguan pencernaan seperti misalnya konstipasi, jangan ragu untuk menggunakan sayur ini juga.

(Baca juga: cara mencegah darah tinggi)

25. Terung

Terung atau yang juga akrab disebut terong ini merupakan jenis sayur yang diketahui berasal dari Sri Lanka dan India. Terung yang masih satu keluarga dengan leunca dan kentang ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Jenis sayur ini bisa Anda tanam sendiri juga di rumah agar tak perlu bingung mendapatkannya.

Kandungan kalori di dalam sayur ini termasuk rendah tapi tinggi akan serat yang larut di dalam tubuh. Karena itulah, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi sayur ini bersama dengan okra tadi. Kolesterol tinggi dijamin cepat turun apabila Anda memilih jenis sayur yang tepat bagi kondisi tubuh Anda.

26. Biji Rami

Biji rami bisa juga Anda andalkan di kala kadar kolesterol naik cukup tinggi karena biji rami ini dengan kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya mampu membantu mengurangi kolesterol. Tak hanya itu, terdapat juga kandungan serat tinggi yang larut dan tidak larut sehingga sangat baik dalam membuat kadar kolesterol tinggi lebih mudah turun dan menjadi stabil kembali. Ingat bahwa mengonsumsi biji rami mampu membuat kolesterol dan lemak jahat terikat di mana tubuh kemudian dapat dicegah untuk menyerapnya.

27. Chia

Biji-bijian kecil ini sebenarnya lebih banyak dan umum ditemukan di Amerika Selatan dan Meksiko, tapi di Indonesia pun seharusnya sudah ada. Chia seed hampir sama seperti biji rami karena di dalamnya kaya akan omega-3 sehingga kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi bisa cepat turun dan normal lagi.

Muatan serat di dalam chia seed juga sangat tinggi, baik yang larut atau yang tidak larut dan kedua jenis serat inilah yang berfungsi sebagai pengikat kolesterol dan lemak. Dengan demikian, tubuh tak akan mudah menyerap kolesterol dan lemak sehingga otomatis plak dan penumpukan di pembuluh darah pun bisa dicegah.

(Baca juga: makanan penurun kolesterol tinggi super cepat)

Demikianlah daftar sayuran penurun kolesterol paling ampuh yang bisa menjadi menu diet Anda sehari-hari. Pada dasarnya, hampir seluruh jenis sayur bisa Anda gunakan untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Tapi, perhatikan juga apakah Anda memiliki kondisi kesehatan lain, seperti misalnya asam urat karena ada beberapa jenis sayuran yang perlu dipantang oleh penderita asam urat. Konsultasikan dengan dokter bila memang kondisi kesehatan Anda sedang komplikasi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 12th, April 2017 / 09:12 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi