Sponsors Link

48 Obat Kolesterol Medis dan Alami Termujarab

ads

Bagi yang senang mencoba makanan ini dan itu dan berwisata kuliner, maka hati-hati karena hobi makan dapat menjadi pemicu penyakit kronis seperti kolesterol tinggi. Makin banyak saja makanan-makanan super enak yang sebetulnya mengandung kolesterol cukup besar. Pada akhirnya, orang-orang yang suka makan sembarangan tanpa menjaga pola dietnya bakal mengalami penyakit kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi di dalam darah bukan hal sepele karena berawal dari kadar kolesterol yang tinggi, maka penyakit-penyakit lain seperti jenis-jenis penyakit jantung dan stroke mampu mengancam hidup kita. Sebelum menyesal, maka Anda perlu melakukan tips diet sehat agar dapat menghindari kolesterol tinggi. Namun bila kiranya sudah telanjur, simak daftar obat kolesterol medis dan alami di bawah ini sebagai solusi.

(Baca juga: penyebab kolesterol tinggi)

1. Obat Asam Fibrat Generik

Dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah, obat golongan asam fibrat bisa menjadi pilihan. Obat ini memberikan efek untuk membuat aktivitas lipoprotein lipase meningkat. Tujuan dan cara kerja dari obat ini adalah untuk membuat produksi VLDL menjadi terhambat di hati dan kemudian membuat aktivitas reseptor LDL meningkat. Jika Anda ingin tahu obat apa yang termasuk golongan asam fibrat dan berapa kadar dosis yang diperlukan, 2 macam obat berikut adalah yang Anda cari:

  • Fenofibrat dengan dosis 160 mg.
  • Gemfibrozil dengan dosis sebanyak 300 mg.

2. Obat Penghambat Absorpsi Kolesterol

Tujuan dari obat ini adalah untuk membuat penyerapan kolesterol dari usus terhambat. Sayangnya, obat ini sama sekali tidaklah memberikan pengaruh terhadap penyerapan asam lemak, trigliserida, vitamin larut lemak dan asam empedu. Jika Anda mencari obat kolesterol semacam ini, maka contohnya adalah Ezetimibe dengan dosis 10 mg.

3. Obat Resin Pengikat Asam Empedu

Obat kolesterol tinggi lainnya yang bisa dipakai adalah obat golongan satu ini di mana tujuan utamanya adalah untuk mengikat asam empedu yang ada pada usus. Dengan obat ini jugalah diketahui bahwa pengubahan kolesterol di organ hati menjadi asam empedu dapat meningkat sehingga menurunlah kandungan kolesterol hati.

Tak hanya itu, HDL akan berkadar tetap dan bahkan ada potensi untuk meningkat sedangkan LDL atau kolesterol jahat bisa diturunkan. Anda kemungkinan sangatlah memerlukan obat golongan ini dan berikut adalah contohnya:

  • Colesevelam dengan dosis sebanyak 6,5 gram.
  • Colestipol dengan dosis sebanyak 10-20 gram.
  • Kolestiramin dengan dosis sebanyak 8-16 gram.

(Baca juga: ciri-ciri kolesterol tinggi)

4. Obat Asam Nikotinat

Cara kerja dan tujuan dari obat ini adalah sebagai penurun produksi produksi VLDL pada organ hati. Ketika produksi VLDL di dalam hati dapat berkurang, otomatis ini akan membuat LDL menurun sekaligus juga trigliserida. Ketika trigliserida turun, ada kemungkinan HDL tetap stabil atau justru meningkat kadarnya.

5. Obat Statin Generik

Obat satu ini dikenal ampuh dalam menghambat enzim HMG CoA reductase. Cara kerja dari obat ini bertujuan untuk membuat sintesis kolesterol di hati menjadi terhambat dan obat ini juga diketahui sangatlah efektif untuk membuat kadar LDL alias kolesterol jahat berkurang. Jadi bila Anda mencari obat kolesterol medis yang tepat, salah satunya adalah obat golongan statin seperti di bawah ini:

  • Atorvastatin dengan dosis sebanyak 10-80 mg.
  • Fluvastatin dengan dosis sebanyak 20-80 mg.
  • Pravastatin dengan dosis sebanyak 10-40 mg.
  • Lovastatin dengan dosis sebanyak 10-80 mg.
  • Simvastatin dengan dosis sebanyak 5-40 mg.

6. Obat Asam Fibrat Paten

Untuk golongan asam fibrat yang paten, maka ada beberapa obat kolesterol ampuh yang bisa Anda pertimbangkan dan sekaligus langsung coba, yakni diantaranya adalah:

  • EVOTHYL (fenofibrat) dengan dosis sebanyak 300 mg.
  • LIFIBRON (gemfibrozil) dengan dosis sebanyak 300 mg.
  • ZUMAFIB (fenofibrat) dengan dosis sebanyak 300 mg.
  • YOSENOB (fenofibrat) dengan dosis sebanyak 300 mg.
  • FIBRAMED (fenofibrat) dengan dosis sebanyak 300 mg.

(Baca juga: makanan yang mengandung kolesterol tinggi)

7. Obat Statin Paten

Selain dari obat kolesterol paten pada golongan asam fibrat, ada pula obat statin yang termasuk paten dan di bawah ini merupakan daftar obat yang bisa Anda dapatkan:

  • STATOR (atorvastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg, 20 mg.
  • LOTYN (lovastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg.
  • LIPINORM (simvastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg.
  • COLESTAT (simvastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg.
  • LITORCOM (atorvastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg, 20 mg.
  • LIPITOR (atorvastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg, 20 mg, 40 mg.
  • KOLESKOL (pravastatin) dengan dosis sebanyak 10 mg.

8. Daun Salam dan Mengkudu

Setelah mengetahui apa saja obat kolesterol medis yang kiranya dapat Anda andalkan, tak ada salahnya untuk mengintip rekomendasi obat alami untuk kolesterol tinggi. Untuk membuat ramuan dari daun salam dan mengkudu, cukup siapkan saja daun salam sebanyak 15 lembar sekaligus mengkudu sebanyak 2 buah.

Buah mengkudu ada baiknya untuk Anda potong-potong lebih dulu dan cuci hingga benar-benar bersih. Sesudah dicuci bersih, Anda bisa merebus seluruh bahan yang sudah disiapkan bersama air sebanyak 600 ml. Didihkan dan pastikan Anda angkat sesudah airnya tersisa 200 ml. Jangan lupa untuk menyaringnya lebih dulu sebelum kemudian Anda minum ramuan obat ini secara rutin dalam kondisi hangat.

9. Daun Jambu Biji dan Ceremai

Untuk menurunkan kadar kolesterol dan menyembuhkan penyakit ini, pastikan Anda mencoba daun ceremai dan daun jambu biji. Sediakanlah daun jambu biji sebanyak 10 lembar dan daun ceremai sebanyak 300 gram. Sebelum mengolahnya, Anda tentu harus mencuci daun-daun tersebut lebih dulu.

Sesudah proses pencucian, Anda bisa merebusnya ke dalam air sebanyak 600 ml dan didihkan sampai airnya hanya tinggal separuhnya, yakni 300 ml. Konsumsilah ramuan ini sehari 2 kali dengan takaran 150 ml sekali minum. Lakukan secara teratur supaya kolesterol tinggi Anda bisa cepat turun dan normal kembali.

(Baca juga: gejala kolesterol)

10. Bawang Putih

Tak perlu diragukan lagi, bawang putih memang adalah obat alami yang sangat manjur untuk darah tinggi maupun kolesterol tinggi. Terlepas dari bahaya bawang putih mentah maupun efek samping bawang putih yang kiranya mengkhawatirkan, khasiatnya tetaplah besar dan bisa diperoleh asalkan tidak berlebihan dalam mengonsumsi.

Untuk menggunakannya, silakan Anda siapkan bawang putih sebanyak 2-3 siung dan bawang putih ini bisa Anda kupas dan cuci lebih dulu sampai dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk menghaluskannya lebih dulu sebelum akhirnya memakai air panas sebanyak 150 ml untuk menyeduhnya. Ramuan ini bisa dikonsumsi setiap hari sampai kadar kolesterol stabil dan normal kembali.

sponsored links

11. Buah Alpukat

Mungkin sebagian dari kita tak mengira bahwa alpukat adalah buah yang bisa dijadikan obat yang padahal terkenal akan kandungan lemak tinggi. Buah ini memang mengandung lemak, namun lemak yang ada di dalamnya merupakan lemak baik sehingga bisa Anda konsumsi (tanpa campuran gula atau susu dan bahan lainnya) secara aman. Lakukan rutin apabila memungkinkan supaya terlihat efektivitasnya.

12. Bawang Merah

Obat alami lainnya yang jelas bisa Anda coba adalah bawang merah. Tak perlu khawatir tentang efek samping bawang merah selama penggunaannya tepat dan tak berlebihan. Ambil saja sari atau jus bawang merah sebanyak 1 sendok teh untuk dicampurkan dengan madu murni dengan takaran yang sama.

Hasil campuran tersebut merupakan larutan obat yang bisa Anda konsumsi setiap harinya sekali saja per hari. Atau, Anda bisa saja menambahkan bawang merah ke dalam makanan yang Anda santap setiap hari. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin agar kadar kolesterol pun cepat menurun.

(Baca juga: penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi)

13. Biji Ketumbar

Untuk yang khawatir dan takut terhadap kolesterol jahat, biji ketumbar bisa menjadi obat alami efektif. Pakai saja bubuk biji ketumbar sebanyak 2 sendok teh dan kemudian dimasukkan ke dalam secangkir air. Rebuslah sampai akhirnya mendidih dan bisa Anda saring sebelum meminumnya. Konsumsi rutin sehari 1-2 kali sangatlah dianjurkan.

14. Minyak Kelapa

Untuk meningkatkan HDL rendah dan menurunkan kadar LDL yang tinggi, minyak kelapa organik adalah obat yang bisa diandalkan. Cukup mengonsumsi secara rutin 2 sendok makan minyak kelapa setiap hari, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol. Hanya saja, yang tidak disarankan di sini adalah penggunaan minyak kelapa olahan sebab khasiatnya tak sebesar yang organik.

15. Cuka Sari Apel

Dalam mengobati kolesterol tinggi, Anda bisa mencoba menggunakan cuka sari apel. Tak hanya kolesterol tinggi, tapi asam urat dan tekanan darah tinggi juga bisa diatasi dengan meminum obat ini. Campurkan saja sesendok teh cuka sari apel organik ke dalam segelas air putih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa meminum cuka sari apel ini sehari 2-3 kali dan paling tidak wajib berlanjut sekitar sebulan penuh. Secara bertahap, Anda bisa meningkatkan kadar cuka sari apel menjadi 2 sendok makan untuk per gelas. Bila tak suka cuka sari apel saja, boleh juga dicampur jus anggur, jus apel maupun jus jeruk.

(Baca juga: tanda kolesterol tinggi)

16. Minyak Ikan

Ketika Anda mengalami kolesterol tinggi, minyak ikan dapat dijadikan obat yang efektif. Mengandung omega-3 tinggi, trigliserida yang tinggi pun mampu diturunkan secara aman dan alami. Bahkan penyakit jantung koroner serta serangan jantung yang merupakan risiko dari kolesterol tinggi pun juga dapat dicegah.

Setiap harinya, Anda cukup perlu mengonsumsi 1-4 gram minyak ikan di mana jika dikonsumsi rutin maka akan memberikan hasil yang luar biasa. Jika Anda adalah seorang vegetarian atau melakukan diet ala vegetarian, Anda bisa menggunakan biji rami saja sebagai alternatif karena di dalamnya pun kaya akan asam lemak omega-3.

17. Oatmeal

Kolesterol tinggi tak perlu bingung karena mengonsumsi semangkuk oatmeal setiap hari akan mengurangi potensi kolesterol tinggi. Kandungan serat yang tinggi di dalam oatmeal akan membantu mengurangi kolesterol jahat di dalam darah. Bahkan oatmeal jugalah yang bakal mengurangi penyerapan kolesterol secara efektif. Dalam konsumsinya, Anda bisa menambahkan kacang kenari, stroberi, pisang maupun apel.

18. Kedelai

Kaya akan vitamin B kompleks, lalu juga kalsium, protein, fosfor, zat besi dan magnesium, kacang kedelai adalah cara alami dalam mengobati kolesterol tinggi yang jahat. Baik itu tempe, tahu atau susu kedelai, makanan-makanan inilah yang akan membantu Anda menyembuhkan kolesterol tinggi. Faktanya, mengonsumsi protein nabati sebanyak 25 gram sehari akan bisa menurunkan kolesterol sebanyak 5 sampai 6 persen.

(Baca juga: makanan penyebab ldl tinggi)

19. Nasi Merah

Selain dari oatmela, nasi merah adalah obat alami yang menjamin diet Anda selalu sehat dan seimbang. Kaya akan vitamin, serta dan mineral, ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk memakainya untuk menurunkan kolesterol tinggi. Gantilah nasi putih dengan nasi merah karena secangkir beras merah mengandung serat sebanyak 11 persen.

20. Minyak Zaitun

Selain dari minyak kelapa, ada pula minyak zaitun yang sangat baik untuk dijadikan obat kolesterol karena berlemak tak jenuh. Karena lemak baiknya itulah, kolesterol jahat mampu diturunkan tanpa memengaruhi kadar HDL sama sekali. Konsumsilah sehari 2 sendok makan minyak zaitun dan pakailah minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa untuk memasak.

21. Seledri

Sayuran ini memang tak banyak yang menggemari, namun dengan kandungan antioksidan tinggi, seledri menjadi salah satu bahan penurun potensi penyakit jantung. Bahkan seledri jugalah yang mampu mencegah proses kolesterol jahat beroksidasi.

Anda bisa membuat jus seledri untuk diminum setiap hari sampai kadar kolesterol kembali stabil. Bahkan seledri ini bisa coba Anda tambahkan pada menu makanan Anda, seperti pada sup, jus sayuran maupun salad. Alternatifnya, kunyahlah 2 batang seledri setiap hari untuk membuat kadar LDL turun dengan baik dan cepat.

(Baca juga: akibat kekurangan ldl)

22. Apel

Tak perlu ditanya lagi mengapa apel dapat menjadi obat kolesterol alami. Apel sendiri dikenal sebagai buah yang baik karena kandungan antioksidan alami dan pektinnya. Di dalam apel ada kandungan flavonoid yang memang sangat efektif dalam membantu menurunkan kadar kolesterol serta menjaga kesehatan paru-paru.

Penting untuk diketahui bahwa 1 buah apel berukuran medium mengandung vitamin C dan vitamin A yang termasuk tinggi. Di dalam apel jugalah dijumpai kandungan serat sebanyak 4 gram berikut tidak lebih dari 100 kalori. Konsumsilah secara langsung per harinya atau buatlah minuman jus apel untuk menikmati manfaatnya.

23. Brokoli

Jenis sayur lainnya selain seledri yang juga bisa dikonsumsi sebagai obat kolesterol adalah brokoli. Tak hanya mengandung vitamin C dan antioksidan, di dalam brokoli pun terdapat kandungan magnesium, serat, kalium dan kalsium tinggi. Mengonsumsi sayuran ini secara rutin akan membantu penurunan kadar kolesterol secara efektif tanpa efek samping berbahaya.

Masukkan ke dalam menu diet Anda setiap hari, namun pastikan untuk tidak memasaknya terlalu matang atau sebaliknya karena nutrisinya harus tetap dijaga utuh. Bila ingin memperoleh khasiat maksimal, Anda bisa mencoba untuk mengukusnya. Daripada memakannya mentah-mentah yang kurang berkhasiat, maka kukuslah dan konsumsilah brokoli kukus ini secara rutin demi memperoleh hasil maksimal.

Sponsors Link

24. Kunyit

Rempah satu ini adalah jenis rempah yang sangat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Di dalam kunyit ada sifat anti-inflamasi juga sehingga memang bagus untuk menyembuhkan luka maupun iritasi. Ketika seseorang mengalami kolesterol tinggi, otomatis pada dinding pembuluh arteri penuh dengan plak lemak.

Kunyit merupakan rempah yang bisa membersihkan plak-plak tersebut dan menurunkan kadar kolesterol darah yang terlalu tinggi. Tambahkan bubuk kunyit secukupnya pada masakan Anda, atau rebuslah 1 ½ sendok makan air yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan terong masak dan bubuk kunyit ¾ sendok teh. Cara manapun yang Anda ingin coba, pastikan Anda melakukannya secara rutin agar kolesterol bisa cepat sembuh.

(Baca juga: akibat kekurangan kolesterol)

25. Tomat

Kaya akan kandungan antioksidan dan likopen, tomat rupanya adalah penyelamat bagi penderita kolesterol tinggi. Tak perlu sulit-sulit, Anda bisa memilih untuk memakannya langsung atau membuat jus tomat. Atau bila perlu, Anda bisa memasak tomat dengan tambahan minyak yang bisa mendukung agar tubuh mampu menyerap likopen secara lebih banyak.

26. Yogurt

Yogurt yang dimaksud di sini tentu saja bukan yogurt yang sudah diolah dengan rasa macam-macam, melainkan plain yogurt atau yogurt tawar. Mengonsumsi yogurt jenis ini secara teratur mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi sebanyak 4 persen. Bahkan Anda juga bisa mengurangi juga risiko penyakit jantung sebesar 10 persen.

27. Jahe

Rempah lainnya yang jangan sampai terlewatkan untuk mengatasi kolesterol adalah jahe. Asalkan pemakaiannya pada kadar yang benar, maka tak perlu khawatir tentang efek samping jahe. Untuk pemakaiannya, Anda bisa secara sederhana menambahkannya ke makanan setiap kali makan. Cara ini cukup ampuh karena mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara lebih cepat.

Bila tidak ingin mencampurkannya ke makanan karena merasa kurang cocok, buat saja teh jahe yang sudah jelas bisa menghangatkan tubuh sekaligus menurunkan level kolesterol Anda. Minumlah teh jahe sehari sekali setiap hari dan pastikan pengobatan alami ini dilakukan teratur untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

(Baca juga: kolesterol ldl dan hdl)

28. Teh Hijau

Adanya sifat antioksidan yang penuh di dalam teh hijau, menjadikan bahan alami ini semakin ampuh saja melindungi tubuh dari segala penyakit yang berbahaya. Teh hijau adalah obat yang tepat bila Anda hendak mencoba mencegah oksidasi kolesterol jahat. Bahkan teh hijau jugalah yang berfungsi untuk menjadikan pembuluh darah lebih rileks.

Percaya atau tidak, kandungan antioksidan di dalam secangkir teh hijau jauh lebih tinggi ketimbang buah atau sayur. Supaya mampu menurunkan kadar kolesterol secara maksimal, cobalah untuk menikmati 2-3 cangkir teh hijau setiap harinya. Hanya saja, terkadang teh hijau pada beberapa kasus bisa memicu konstipasi, jadi waspadai efek samping satu ini.

29. Bayam

Pada bayam, terdapat kandungan lutein yang termasuk tinggi dan kandungan inilah yang dipercaya efektif dalam mengatasi sekaligus mencegah kolesterol tinggi. Berawal dari kolesterol tinggi, ini menandakan bahwa pembuluh darah dapat berpotensi menyempit atau tersumbat karena plak-plak lemak. Jadi, makanlah bayam secara teratur untuk bisa melindungi dinding pembuluh darah dari penyumbatan.

Bayam juga merupakan makanan yang mengandung vitamin E tinggi di mana nutrisi ini penting tak hanya bagi kulit agar awet muda saja. Vitamin E di sini bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko stroke jantung. Jadikan bayam sebagai menu utama atau hanya cemilan sehari-hari. Gantilah cemilan yang tadinya tak sehat dengan bayam supaya kadar kolesterol kembali normal.

(Baca juga: perbedaan kolesterol dan trigliserida)

30. Temulawak

Kalau Anda berpikir bahwa temulawak hanya untuk mengobati asam lambung, maka jelas hal ini adalah salah. Obat tradisional kolesterol yang bisa Anda coba pakai salah satunya adalah temulawak hanya dengan membersihkannya, memotong-motongnya, lalu merebusnya secukupnya. Air rebusan temulawaklah yang bisa membawa kadar kolesterol tinggi menjadi turun apabila dikonsumsi rutin.

31. Belimbing Manis

Untuk pencegahan terjadinya penyerapan lemak dan demi membuat kadar kolesterol cepat menurun, Anda bisa mencoba memakai belimbing manis sebagai obatnya. Ambil saja belimbing manis 2 buah dan konsumsilah sehari 2 kali (pagi dan malam) masing-masing 1 buah. Cobalah mengonsumsinya dan Anda akan merasakan manfaatnya.

32. Daun Sirih

Air rebusan daun sirih mungkin biasanya dikenal sebagai obat batuk ampuh atau sebagai solusi alami bagi yang mengalami anyang-anyangan. Namun, daun sirih rupanya juga bekerja dengan sangat luar biasa dalam membuat kadar kolesterol menurun dengan cepat dan aman. Supaya kadarnya normal kembali, jangan ragu untuk memakai obat satu ini.

(Baca juga: hdl tinggi)

Dalam mengatasi atau mengobati kadar kolesterol tinggi dalam darah, selalu ada pilihan obat kolesterol medis dan alami yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu saja serangkaian obat medis bisa diandalkan, namun efek sampingnya jauh lebih besar potensinya ketimbang obat-obat sederhana dan alami. Sesudah beberapa waktu menggunakan salah satu obat di atas, cek kadar kolesterol Anda kembali untuk melihat hasilnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, February 2017 / 17:46 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi