Sponsors Link

23 Obat Herbal Untuk Kolesterol Tinggi

ads

Siapa yang tidak kenal dengan kolesterol?, penyakit yang satu ini sering dialami oleh masyarakat luas baik wanita maupun pria. Sayangnya penyakit ini sering dianggap remeh oleh sebagian orang, padahal penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi. Penyakit kolesterol ditandai dengan kadar kolesterol jahat yang jauh diambang batas normal. Kolesterol dibagi menjadi dua macam yaitu kolesterol jahat dan juga kolesterol baik. Kolesterol baik dibutuhkan oleh tubuh namun kolesterol jahat yang berlebihan justru akan membahayakan bagi kesehatan manusia. Selama ini saat seseorang terkena kolesterol, mereka akan mengkonsumsi obat kimia. Padahal jika obat kimia dikonsumsi terus menerus bukan tidak mungkin kandungan kimia yang ada dalam obat kimia itu mengendap di organ lain. Sifat penyakit kolesterol yang kambuhan akan membahayakan kesehatan penderitanya jika terus diobati dengan obat kimia. Berikut ini adalah obat herbal kolesterol yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meringankan gejala kolesterol :

  1. Alpukat

Alpukat banyak dikenal oleh masyarakat. Buah yang satu ini sudah terkenal bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan bisa digunakan untuk kecantikan. Alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh sehingga tidak bisa membuat gemuk berbeda dengan lemak jenuh yang bisa membuat tubuh seseorang menjadi gemuk. Tidak hanya itu saja, alpukat yang memiliki berbagai macam vitamin dan mineral ini dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan kandungan kolesterol jahat yang tinggi. Kandungan di dalam alpukat yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah asam pantonenat, asam folat, asam lemak, magnesium, serat dan berbagai macam kandungan lainnya. Untuk bisa menormalkan kadar kolesterol jahat yang tinggi, penderita kolesterol bisa mengkonsumsi buah alpukat sebanyak 100 gram setiap harinya.

Baca : Khasiat biji alpukat

  1. Belimbing

Buah yang sehat dan bisa digunakan sebagai penurun kadar kolesterol yang tinggi adalah belimbing yang manis. Belimbing jika dipotong bentuknya mirip dengan bintang. Oleh sebab itu banyak yang menyebut buah belimbing sebagai buah bintang. Buah belimbing bisa digunakan sebagai penurun kolesterol yang tinggi dikarenakan di dalam buah ini kaya akan serat. Serat yang ada di dalam buah belimbing bisa digunakan sebagai peluntur kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kadar kolesterol di dalam darah itu akan dikeluarkan bersamaan dengan urin atau air kencing. Kandungan lainnya yang bisa digunakan sebagai penurun kadar kolesterol jahat adalah kandungan vitamin C nya yang tinggi. Selain bisa sebagai penguat sistem imun, kandungan vitamin C yang ada belimbing bisa membuat kadar kolesterol jahat yang berlebihan luruh bersamaan air seni manusia.

Baca: Akibat kelebihan vitamin CAkibat kekurangan dan kelebihan vitamin C

  1. Kubis atau Kol

Memakan makanan sehat bagi orang yang menderita kolesterol tinggi adalah hal yang wajib. Salah satunya adalah memakan tanaman kubis atau kol. Selama ini kubis atau kol banyak digunakan untuk berbagai jenis olahan makanan misalnya saja adalah lotek, gado gado dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan yang ada di dalam kubis seperti protein, air, serat, lemak dan berbagai macam kandungan lain dipercaya bisa digunakan sebagai peluruh kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah manusia. Cara menurunan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut ini :

  • Cuci bersihlah sayuran kubis yang telah disiapkan.
  • Sehabis dicuci bersih potong potonglah kubis tersebut menjadi beberapa bagian.
  • Blenderlah kubis tersebut menggunakan sedikit air.
  • Saring agar ampas kubis tidak ikut tercampur bersamaan dengan sari kubis.
  • Setelah itu minum sari kubis atau kol sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Akar Manis

Obat herbal untuk kolesterol yang bisa dicoba lainnya adalah akar manis. Selama ini tumbuhan akar manis memang sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan akar manis seperti triterpenoid, biotin, asam sinapic dan juga beta sitoterol dipercaya mampu menormalkan kadar kolesterol jahat berlebihan yang ada di dalam tubuh manusia. Cara menormalkan kadar kolesterol menggunakan akar kayu manis ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak 100 gram akar kayu manis yang telah kering.
  • Mencuci bersih akar kayu manis kering tersebut.
  • Rebus menggunakan empat gelas air.
  • Tunggu sampai air rebusannya mendidih.
  • Saat mendidih, tunggu sampai air rebusannya menyusut satu gelas.
  • Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari agar kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh segera menurun.
  1. Delima

Salah satu buah yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk kolesterol adalah buah delima. Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini, karena berguna untuk kesehatan banyak sekali minuman yang menggunakan sari dari buah delima ini. Salah satu manfaat dari buah delima adalah bisa digunakan sebagai penurun kolesterol yang jahat. Sama halnya dengan alpukat, kandungan dalam buah delima sangat bagus sebagai penurun kolesterol yang jahat. Delima juga dipercaya bisa meindugi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan bagi kesehatan manusia salah satunya adalah menyebabkan kanker.

Baca : Buah penurun panas demamBuah yang berbahaya untuk diet

sponsored links
  1. Serat Tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk kolesterol tinggi. Orang yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya membatasi asupan daging sebab kebanyakan daging mengandung kolesterol yang tinggi, sebaliknya adalah orang yang mengalami kolesterol tinggi sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran dan juga buah buahan. Sayuran yang berwarna hijau dan juga berwarna oranye merupakan sayuran yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Di dalam sayuran tersebut terdapat antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan betakaroten yang berguna untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah radikal bebas. Radikal bebas itulah yang nantinya bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca : Akibat kurang seratMakanan kaya serat alami

  1. Jeruk

Untuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh penderita kolesterol bisa mengkonsumsi jeruk. Tentu saja mengkonsumsi jeruk merupakan cara mudah dan enak untuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi buah jeruk secara cukup dipercaya kadar koletserol jahat di dala darah akan luruh bersamaan dengan air seni atau keringat. Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi, vitamin C itulah yang nantinya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia. Vitamin C tersbeut juga dipercaya bisa digunakan untuk menyembuhkan luka sariawan dan juga bibir pecah pecah.

Baca : Obat herbal penyembuhan saariawanMakanan penyebab sariawan

  1. Apel

Orang yang mengalami koesterol tinggi tidak perlu panik sebab ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterolnya dengan cara yang enak dan mudah. Jangan langsung buru buru mengambil obat kimia sebab kandungan obat kimia membahayakan bagi kesehatan tubuh terutama untuk ginjal. Meskipun tidak secepat dengan obat kimia namun mengobati kolesterol menggunakan buah dan makanan sehat justru lebih bermanfaat dibandingkan dengan obat kimia. Saah satu buah yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk kolesterol adalah apel. Selama ini apel terkenal sebagai buah yang menyehatkan sebab kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada apel itulah yang dipercaya bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi pada manusia bisa menurun. Konsumsilah buah ini secara teratur minimal dua kali dalam sehari, kandungan antioksidannya yang tinggi bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjadikannya lebih stabil.

  1. Cuka Apel

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, cuka apel juga bisa digunakan sebagai peluruh kolesterol jahat di dalam tubuh manusia. Yang harus diingat disini adalah cuka apellah yang bisa digunakan sebagai peluruh kolesterol jahat, bukan cuka makan yang berwarna putih. Cara kerja cuka apel untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah dengan meluruhkan kolesterol jahat yang menempel di pembuluh darah manusia dan ada di dalam darah manusia. Kolesterol tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan urin, feses maupun dengan keringat.

Manfaat cuka apel ini begitu banyak, selain bisa menghilangkan ketombe cuka apel ini juga bisa digunakan untuk meringankan gejala diabetes yang dialami oleh penderita diabetes tipe 2. Cara kerja dari cuka apel ini adalah dengan meningkatkan kesensitivan insulin yang diproduksi oleh pankreas sehingga insulin menjadi lebih berkualitas. Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi menggunakan cuka apel ini sangat mudah sekali yaitu penderita kolesterol cukup mengkonsumsi cuka apel sebanyak 2 sendok makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Sehingga dalam sehari, penderita kolesterol harus mengkonsumsi cuka apel sebanyak 6 sendok makan. Namun bagi yang menderita asam lambung maupun maag dilarang untuk mengkonsumsi cuka apel sebab rasanya yang asam akan membuat asam lambung menjadi naik.

Baca : Cara mencegah penyakit kencing manisLuka diabetes

  1. Gandum

Kebanyakan obat herbal penyakit kolesterol tinggi adalah berasal dari makanan. Hal itu dikarenakan penyait kolesterol tinggi lebih banyak disebabkan oleh pola makan yang buruk dan memakan makanan yang buruk pula. Makanan sehat yang bisa digunakan sebagai penurun kolesterol jahat adalah gandum. Gandum merupakan makanan sehat yang terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh manusia terutama menjaga kesehatan jantung. Orang yang ruitn mengkonsumsi gandum dipercaya akan terhindar dari penyakit jantung dan juga stroke. Kandungan beta glucan pada gandum dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah manusia sebnyak 4 persen sampai dengan 10 persen.

Baca : Perbedaan sakit jantung dan gerdObat herbal jantung koroner

  1. Buncis

Sayuran sehat untuk penyakit kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi di rumah adalah buncis. Buncis merupakan jenis kacang kacangan yang menagndung serat yang tinggi. Buncis dipercaya memiliki kemampuan baik dalam mengurangi gejala kolesterol dan menjaga kenaikan gula darah di dalam tubuh manusia. Sehingga penderita kolesterol yang mengkonsumsi buncis kadar gula darahnya juga menjadi stabil. Berikut ini adalah cara mengkonsumsi buncis yang benar agar kadar kolesterol cepat menurun :

  • Merebus buncis menjadi setengah matang sebanyak 100 gram. Merebusnya cukup 2 sampai 3 menit saja.
  • Jika tidak dengan cara direbus, penderia kolesterol tinggi bisa membuat jus buncis. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sebanyak ¾ cangkir jus buncis setiap hari.
  1. Beras Merah

Makanan sehat lainnya untuk penderita kolesterol tinggi adalah dengan mengkonsumsi beras merah. Seperti yang sudah banyak dibahas sebelumya, beras merah ini lebih baik dibandingkan dengan beras putih. Hal itu dikarenakan beras merah kaya akan serat dan rendh gula. Sehingga orang yang mengalami kolesterol tinggi dan diabetes mengganti nasi ptih menjadi nasi merah. Kandungan serat ada beras merah inilah yang dipercaya bisa membuat kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia menjadi menurun. Serat dalam beras merah ini pulalah yang bisa menyebabkan berat badan menjadi menurun.

  1. Daun Seledri

Seledri merupakan sayur pelengkap masakan yang sering dicampurkan dalam soup. Daun ini selalu dipercaya bisa digunakan untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kebanyakan daun seledri dicampurkan dalam sayur soup itu bisa digunakan sebagai pencuci ginjal dan penyubur serta penghitam rambut. Kini seledri itu juga bisa digunakan sebagai penurun kadar kolesterol yang tinggi. Cara menurunkan kadar kolesterol jahat menggunakan seledri adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Penderita kolesterol bisa mengkonsumsi jus seledri sebanyak tiga gelas dalam sehari agar kadar kolesterol jahatnya menjadi semakin menurun.

  1. Kacang Tanah

Bagi yang tidak memilii riwayat alergi dengan kacang tanah bisa menjadikan kacang tanah sebagai obat herbal penurun kolesterol. Meskipun yang digunakan sebagai obat adalah daunnya, besar kemungkinan orang yang alergi terhadap kacang tanah juga memiliki alergi terhadap daunnya juga. Berikut ini adalah cara mengobati kolesterol tinggi menggunakan daun kacang tanah yang bisa dilakukan di rumah :

  • Siapkan 1 genggam daun kacang tanah yang masih muda.
  • Cuci bersih daun kacang tanah itu.
  • Iris tipis tipis.
  • Masukkan dau kacang anah yang sudah diiris tipis tipiis itu ke dalam gelas.
  • Seduhlah daun tersebut menggunakan air panas.
  • Diamkan selama 40 menit.
  • Saring kemudian minum air seduhannya sebanyak tiga kali dalam sehari. ( Baca : Cara penanganan alergi obatCara mengobati alergi udang )
  1. Olahan Kedelai

Ramuan herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi adalah berbagai jenis olahan kedelai. Baik tempe maupun tahu memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Cara menurunkan kolesterol tinggi menggunakan olahan kedelai adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak 100 gram olahan kedelai ( bisa tempe maupun tahu )
  • Rebus atau kukus olahan kedelai itu selama 15 menit.
  • Konsumsilah olahan kedelai itu setiap hari.
  • Yang harus diperhatikan disini adalah teknik pengolahannya. Jangan sampai olahan kedelai tersebut diolah menggunakan minyak sebab minyak tersebut akan menyebabkan kolesterol menjadi semakin tinggi.
  1. Angkak

Contoh obat herbal lainnya untuk kolesterol tinggi adalah angkak. Mungkin masyarakat tidak familiar dengan angkak, namun masyrakat yang keturunan cina pasti tahu apa itu angkak. Angkak biasa digunakan untuk pembuatan arak merah, digunakan sebagai pengawet dan bisa juga digunakan sebagai obat. Cara membuat ramuan penurun koleserol menggunakan angkaka dalah berikut ini:

  • Bahan yang disiapkan adalah 1 sendok teh angkak Cina.
  • Tumbuk angkak tersbeut, kemudian diseduh menggunakan air panas.
  • Minum air seduhannya dalam kondisi hangat kuku.
  • Minum secara teratur dua kali dalam sehari.
  1. Labu Siam

Salah satu obat kolesterol adalah labu siam. Labu siam tidak hanya berfungsi sebagai bahan sayur mayur saja, namun labu siam juga banyak digunakan sebagai obat. Sayuran Labu siam sering disebut sebagai sayur jipang oleh masyarakat jawa. Berikut ini adalah cara membuat obat herbal penurun kolesterol menggunakan labu siam :

  • Bahannya adalah siapkan 1 buah labu siam dengan ukuran sedang.
  • Kupas kulit labu siam tersebut.
  • Sehabis dikupas usahakan getah yang ada di pangkal labu siam dihilangkan.
  • Setelah itu cuci bersih. Usahakan bagian pangkal labu siam tidak licin, kalau licin itu tandanya getah pada labu siam itu masih ada.
  • Jus buah labu siam itu menggunakan sedikit air.
  • Bagi yang tidak memiliki blender bisa memarut labu siam tersebut.
  • Saring atau peras airnya.
  • Minum sari labu siam tersebut setiap hari sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Sambiloto

Selama ini tanaman sambiloto memang sering digunakan sbagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Senyawa yang ada di dalam daun sambiloto dipercaya bisa meluruhkan akdar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah cara menormalkan kadar kolesterol jahat menggunakan daun sambiloto :

  • Siapkan sebanyak 20 gram daun sambiloto yang telah dikeringkan.
  • Cara pembuatannya adalah dengan mencuci daun sambiloto yang kering tersebut.
  • Setelah itu rebuslah daun sambiloto mnggunakan 3 gelas air matang.
  • Tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih, sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja.
  • Saring, kemudian minum air rebusan itu sekaligus satu kali dalam sehari.
Sponsors Link

  1. Jamur Kuping

Salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi adalah jamur kuping. Selama ini jamur banyak digunakan sebagai sayur, rasanya yang lezat menjadikan jamur dibudidayakan dan diperjual belikan. Berikut ini adalah cara mengobati kolesterol menggunakan jamur kuping:

  • Jamur yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah jamur kuping yang berwarna putih dan sudah dikeringkan. Jamur yang diperlukan sebanyak 20 gram jamur kuping putih yang sudah dikeringkan.
  • Cara pembuatannya adalah dengan mencuci bersih jamur kuping tersebut. Setelah itu rebuslah jamur kuping putih menggunakan 3 gelas air.
  • Biarkan sampai mendidih, saat mendidih sisakan air rebusannya menjadi 1 gelas.
  • Saat meminumnya anda bisa menambahkan sedikit madu.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Bawang Merah

Bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah bawang merah. Kandugan senyawa bawang merah seperti flavonoid berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia. Cara mengobati kadar kolesterol yang tinggi dan juga trigiserida tinggi menggunakan bawang merah adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak 20 gram bawang merah yang kondisinya masih bagus.
  • Iris tipis tipis bawang merah tersebut, kemudian jadikanlah bawang merah itu sebagai lalapan. Bisa dimakan bersamaan dengan nasi atau makanan lainnnya.
  • Bawang merah yang dikonsumsi ini masih dalam kondisi segar bukan digoreng atau dimasak dengan teknik lainnya.
  • Jadikanlah bawang merah sebagai lalapan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  1. Bawang Putih

Cara mengobati kolesterol secara alami bisa dengan menggunakan bawang putih. Selama ini bawang putih dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya saja sebagai obat sakit gigi dan obatt infeksi lainnya. Hal itu dikarenakan bawang putih bersifat antiseptik. Cara mengobati kolesterol menggunakan bawang ptutih adalah dengan mengirisnya tipis tipis kemudian ditelan. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Temulawak

Temulawak merupakan bahan herbal yang sering digunakan sebagai cara menambah nafsu makan. Di dalam temulawak terdapat kolagoga yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang ada di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah cara menurunkan kadar kolesterol menggunakan temulawak:

  • Bahan yang harus disiapkan adala 3 rimpang temulawak yang masih segar.
  • Caranya adalah dengan mengupas kulit temulawak, kemudian temulawak diparut.
  • Masukkan parutan temulawak di dalam gelas, seduh menggunakan air panas. Diamkanlah agar muncul endapan di bawah gelas.
  • Setelah itu saring dan endapannya dibuang.
  • Minum sebanyak tiga kali dalam sehari, lakukanlah setiap hari.
  • Efek samping dari obat herbal ini adalah nafsu makan yang meningkat sehingga penderita kolesterol yang menurunkan kadar kolesterol menggunakan cara ini akan bertambah berat badannya. ( Baca : Cara mengurangi nafsu makan )
  1. Kunyit

Kunyit disebut juga sebagai kunir sebab warnanya yang kuning. Selama ini kunir atau kunyit sering digunakan untuk mengatasi gangguan menstruasi wanita dan melancarkan sirkulasi darah manusia. Berikut ini adalah cara menurunkan kadar kolesterol menggunakan kunyit yang bisa dilakukan di rumah :

  • Bahannya 10 gram rimpang kunyit yang masih dalam kodisi segar.
  • Kupas dan cuci bersih rimpang kunyit tersebut.
  • Iris atau bisa juga ditumbuk.
  • Direbus menggunakan dua gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih, saat mendidih sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja.
  • Saat sudah dingin minum air rebusan tersebut. Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari. ( Baca : Bahaya berenang saat haidCara menghilangkan nyeri saat haid )

Aktivitas Penurun Kolesterol

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menghindari makanan pantangan untuk kolesterol, membuat ramuan yang telah disebutkan diatas secara rutin dan teratur, serta yang terakhir adalah melakukan aktivitas yang bisa mempercepat penurunan kolesterol. Berikut ini adalah aktivitas yang bisa membantu menurunkan kolesterol dengan cepat :

  • Olahraga senam. Senam lantai dan beberapa jenis senam lainnya bisa menurunkan kolesterol dengan cepat.
  • Aerobik. Aerobik membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga kalori terbakar dengan cepat. Kalori yang terbakar akan menurunkan kadar lemak tubuh yang di dalamnya terdapat kolesterol.
  • Yoga. Selain bisa meredakan stres, yoga dipercaya bisa menormalkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. ( Baca : Penyebab stres berkepanjanganCara mengatasi stres )

Itulah berbagai macam obat herbal untuk kolesterol yang bisa dibuat dirumah. Rutinlah mengonsumsi obat herbal tersebut agar kolesterol jahat dan trigliserida semakin menurun dan menjadi normal kembali.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 01st, September 2016 / 16:24 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi