Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi Wajib Dipatuhi          

ads

Kolesterol tinggi bisa menjadi gangguan yang paling menakutkan untuk semua orang. Kolesterol tinggi berarti menempatkan jantung memiliki resiko serangan jantung dan penyakit jantung lain yang sangat berbahaya. Kolesterol ditemukan dalam darah sehingga  beredar bersama darah di pembuluh darah. Proses oksidasi bisa menyebabkan penumpukan kolesterol yang mengeras dan menjadi plak di pembuluh darah. Akibatnya maka tekanan darah bisa menjadi tinggi karena tidak ada cukup ruang untuk memancarkan darah dari jantung ke semua bagian tubuh. Kolesterol tinggi sering menjadi penyakit komplikasi seperti penyakit jantung , stroke, obesitas, dan  tekanan darah tinggi.

Baca: kolesterol LDL dan HDL – penyebab kolesterol tinggi – ciri-ciri kolesterol tinggi

Mengendalikan makanan menjadi langkah yang penting untuk mengelola tingkat kolesterol. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang dilarang untuk kolesterol tinggi.

  1. Kuning telur (1085 mg/100 gram)

Sarapan dengan telur dadar mungkin menjadi kesukaan Anda. Tapi jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi maka sebaiknya kuning telur memang tidak dikonsumsi setiap hari. Makan sebanyak empat butir telur dalam satu minggu bisa menyebabkan kenaikan resiko penyakit jantung untuk orang dengan kolesterol tinggi. Namun tentu Anda tidak bisa menghilangkan telur sepenuhnya dari menu makanan Anda. Kunci agar bisa makan telur namun sehat adalah berusaha untuk membatasi telur dan mengkonsumsi telur  bersama dengan sayuran hijau.

Bahaya telur:

  1. Hati ayam (564 mg/100 gram)

Hati ayam sangat buruk untuk orang yang menderita kolesterol tinggi. Hati ayam juga mengandung purin yang tinggi sehingga bisa meningkatkan asam urat. Sementara asam urat dan kolesterol tinggi sering menjadi komplikasi yang muncul. Hati ayam mengandung lemak yang sangat tinggi meskipun juga mengandung protein. Terlebih jika hati ayam dimasak bersama dengan santan atau dengan cara digoreng. Tidak ada solusi untuk tetap mengkonsumsi hati ayam saat kolesterol tinggi, sehingga hati ayam benar-benar harus dihindari.

Baca:  bahaya konsumsi jeroan bagi kesehatan –  bahaya makan ati ampela – makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabel

  1. Makanan cepat saji (235 mg/100 gram)

Semua jenis makanan cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi ketika kolesterol sedang tinggi. Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak yang sangat tinggi dan juga garam. Selain lemak yang didapatkan dari makanan saat masih mentah, maka proses memasak makanan cepat saji juga bisa menambah lemak. Misalnya makanan yang digoreng dengan minyak sawit sehingga lemak bertambah lebih banyak. Makanan cepat saji juga bisa menyebabkan dampak yang sangat serius untuk kesehatan seperti lemak perut, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan obesitas. Bahkan beberapa jenis kanker juga bisa terjadi akibat pengaruh kolesterol dari makanan cepat saji.

Baca: dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan – bahaya junk food bagi kesehatan – Bahaya mengkonsumsi gorengan – bahaya makanan yang digoreng 

sponsored links

  1. Butter (215 mg/100 gram)

Butter atau margarin sering digunakan untuk menjadi bahan olesan roti atau bahan untuk membuat kue. Margarin sebaiknya memang sangat dihindari oleh orang yang menderita kolesterol tinggi. Karena proses dan bahan untuk membuat margarin sudah mengandung lemak jenuh yang sangat berbahaya untuk tubuh. Jika Anda terbiasa menggunakan margarin maka ganti dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola. Butter bahkan bisa mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara untuk wanita. (baca: cara mencegah fibroadenoma)

Baca: perbedaan mentega dan margarin – makanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol

  1. Udang (211 mg/100 gram)

Udang menjadi makanan laut yang banyak disukai karena memiliki rasa yang lezat. Namun sebenarnya udang juga mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Lemak jenuh pada udang bisa bertambah ketika udang dimasak dengan cara digoreng dengan minyak sawit. Udang yang diternakkan juga mengandung lemak yang lebih jenuh sehingga bisa memberikan dampak yang sangat cepat. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi udang maka hindari menggoreng udang, lebih baik untuk membakar atau memanggangnya. Dan hindari juga jenis udang yang diternakkan karena bisa membuat  berat badan cepat naik.

Baca: udang untuk penderita hipertensi – bahaya memakan kulit udang – makanan yang mengandung lemak jenuh

  1. Daging olahan (111 mg/100 gram)

Semua jenis daging olahan sangat buruk untuk orang yang menderita kolesterol tinggi. Daging olahan memang terbuat dari daging sapi. Kemudian dalam prosesnya daging ini dibentuk menjadi lebih tipis, ditambahkan rasa dan juga bahan pengawet. Bagian yang sangat berbahaya dari daging olahan adalah ketika bahan pengawet dalam daging olahan berubah menjadi racun. Racun ini bisa masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan beberapa potensi penyakit berat seperti kanker dan penyakit jantung. Makanan cepat saji seperti Hot Dog, sosis, hamburger dan jenis makan barat lain sering menggunakan daging olahan.

Baca: bahaya makanan ringan snack – Efek bahaya pengawet makanan hingga menyebabkan kematian – Bahaya natrium benzoat – makanan yang sering mengandung pengawet

  1. Daging merah (110 mg/100 gram)

Daging merah yang terdiri dari daging sapi, daging babi dan daging kambing mengandung tingkat kolesterol yang sangat tinggi. Kandungan lemak jenuh bahkan menyebar ke semua bagian tubuh hewan ternak ini. Kemudian pemeliharaan hewan ternak dengan cara pemberian makanan khusus ternak bisa meningkatkan kandungan lemak yang lebih tinggi. Daging merah bahkan sangat berbahaya untuk penderita stroke dan tekanan darah tinggi karena bisa menyebabkan serangan yang sangat cepat. Orang yang menderita penyakit jantung sebaiknya tidak mengkonsumsi daging merah atau membatasi konsumsi daging merah sebanyak mungkin.  (Baca : Bahaya konsumsi daging merah berlebihanBahaya daging babi bagi kesehatan)

  1. Keju (123 mg/100 gram)

Keju merupakan salah satu bahan pelengkap roti dan kue yang paling banyak digunakan. Keju juga sering digunakan untuk campuran memasak. Meskipun makanan ini melewati proses fermentasi yang rumit dan lama ternyata kandungan kolesterol dalam keju memang cukup tinggi. Keju dihasilkan dari endapan lemak susu sehingga kolesterolnya tentu sudah sangat tinggi. Konsumsi keju bahkan sangat berbahaya untuk penderita tekanan darah tinggi karena bisa menyebabkan serangan yang cepat. Keju juga berbahaya karena menjadi makanan yang bikin gemuk super cepat.

  1. Kue basah dan kering (170 mg/100 gram) 

Apakah Anda suka makan kue kering atau kue basah?  Berbagai jenis kue ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi dan mungkin paling sering diabaikan. Kue ini memiliki beberapa bahan yang memang sudah mengandung kolesterol tinggi seperti kuning telur, minyak, keju dan margarin. Kemudian proses pemanggangan kue basah atau kue kering bisa menyebabkan kandungan kolesterol menjadi lebih tinggi lagi. Kandungan kalori dalam kue kering atau kue basah yang tinggi bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang sangat cepat. Untuk penderita kolesterol dan diabetes maka kue ini sebaiknya dihindari demi menjaga kesehatan.

  1. Semua makanan digoreng dengan minyak sawit

Apakah Anda suka mengkonsumsi makanan yang digoreng? Makanan yang digoreng memang sangat lezat karena renyah dan rasanya sangat gurih. Tapi tahukah Anda bahwa semua makanan yang digoreng dengan minyak sawit bisa memiliki kolesterol yang sangat tinggi. Beberapa makanan ini termasuk seperti ayam goreng, kentang goreng dan jenis makanan lain yang digoreng. Lemak jenuh didapatkan dari bahan gorengan itu sendiri dan juga sumbangan dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Bahkan jika minyak sudah sering digunakan maka prosesnya bisa menyebabkan karsinogen yang bisa menjadi kanker dalam tubuh.

Baca: Bahaya mengkonsumsi gorengan – bahaya makanan yang digoreng –  bahaya kentang goreng

  1. Es krim

Apakah Anda suka makan es krim? Es krim memang disukai semua orang karena rasanya yang manis dan lezat.  Namun sebaiknya es krim tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Selama masa proses pengolahan es krim dan pendinginan es krim maka kandungan lemak jahat dalam es krim meningkat dengan cepat. Es krim bahkan dipercaya mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan daging merah olahan. Proses lemak yang dihasilkan dari bahan dan proses pembuatan es krim juga meningkatkan jumlah kalori. Karena itu orang yang sering makan es krim bisa memiliki berat badan yang lebih tinggi. Terlebih jika es krim dimakan bersama dengan kue kering atau kue basah sebagai pencuci mulut.

Baca: Bahaya minum air es – bahaya minum air es setelah makan – bahaya minum air es bagi kesehatan – bahaya makan es batu setiap hari 

Sponsors Link

  1. Popcorn

Popcorn merupakan jenis camilan yang diolah dari bahan jagung kering. Sebenarnya jagung kering sudah memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh termasuk mineral dan vitamin yang lengkap. Namun popcorn menjadi tidak sehat karena proses pengolahannya. Dalam pembuatan popcorn beberapa bahan sering dicampurkan yaitu mentega, garam dan minyak. Jadi sebenarnya lemak pada popcorn didapatkan dari sumber bahan makanan lain. Karena camilan ini memiliki rasa yang asin dan gurih maka bisa menyebabkan ketagian. Untuk orang yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya memang tidak mengkonsumsi popcorn sebagai camilan.

  1. Kentang goreng

Kentang yang masih segar atau dimasak dengan cara direbus memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Kentang bisa menjadi alternatif makanan yang sehat ketika Anda sedang diet dan tidak ingin makan nasi. Namun ketika kentang dimasak dengan cara digoreng maka sajian makanan ini menjadi tidak sehat. Minyak yang digunakan termasuk jenis minyak nabati bisa merusak nutrisi alami dalam kentang dan merubahnya menjadi minyak padat. Minyak ini bisa masuk ke tubuh dengan cepat namun sulit sekali untuk dibakar. Kentang goreng bahkan bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat sehingga sangat berbahaya untuk orang yang sedang diet. (baca: bahaya minyak goreng)

Baca: makanan penurun kolesterol tinggi super cepat – buah penurun kolesterol – obat tradisional kolesterol

Ada banyak alternatif untuk menghindari semua jenis makanan yang dilarang untuk kolesterol tinggi. Kesadaran penuh sangat penting dimiliki oleh orang yang menderita kolesterol tinggi. alternatif makanan yang direbus atau dikukus tanpa minyak sangat sehat untukn tubuh. Selain itu pertimbangkan untuk mengganti minyak nabati dengan minyak canola atau minyak zaitun.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, January 2017 / 07:40 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi