Sponsors Link
     Sponsors Link

14 Buah Penurun Kolesterol Tinggi dengan Cepat

ads

Masih ingat dengan semboyan atau jargon  kesehatan berikut ?Makanlah makanan yang mengandung 4 sehat  5 sempurna. Bahan makanan yang dimaksud oleh jargon tadi, terdiri dari bahan makanan seperti berikut:

  • Nasi  atau bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi seperti jagung, sagu dan singkong sebagai sumber energi utama tubuh
  • Sayur mayur yang mengandung serat hingga makanan jadi mudah dicerna, mineral, vitamin serta antioksidan untuk menjaga tubuh tetap segar dan bertenaga
  • Lauk pauk seperti daging, ikan dan tahu-tempe yang mengandung lemak serta protein. Dua nutrisi tersebut berfungsi sebagai sumber energi komponen untuk membangun sel-sel baru
  • Buah-buahan yang mengandung serat, berbagai jenis vitamin, mineral dan antioksidan seperti pada sayuran
  • Sebagai pelengkap dari bahan makanan sehat kaya gizi tersebut, juga sering disarankan penyajian segelas  susu yang kaya kalsium  sebagai penyempurna asupan nutrisi yang ada dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi tiap hari.

Nah, empat pola bahan makanan tersebut sering disebut sebagai pola makan yang berimbang

Pola Makan yang Tidak Seimbang Dapat Membahayakan Jiwa

Mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang bukan sekedar gaya hidup semata. Ketidakseimbangan asupan gizi dari makanan yang Anda konsumsi akan menyebabkan beberapa penyakit. Contoh penyakit yang diakibatkan oleh tidak seimbangnya bahan makanan yang dikonsumsi dan banyak di jumpai oleh masyarakat saat ini adalah jantung dan stroke.

Kedua penyakit ini, menurut lembaga kesehatan dunia WHO adalah penyebab kematian nomor 1 dunia. tercatat 7,4 juta penduduk  dari 17,5 penduduk dunia meninggal akibat penyakit jantung. Sedangkan stroke sendiri menyebabkan 6,7 juta kematian pada tahun 2012 lalu (who.int)

Penyebab Stroke dan Penyakit Jantung

Lalu apakah penyebab utama penyakit stroke dan penyakit jantung tersebut?

Mungkin Anda sudah bisa menebak penyebabnya, konsumsi makanan berlemak yang menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah berlebih.

Kolesterol sendiri merupakan zat yang di butuhkan oleh tubuh, terutama dalam membangun dan mempertahankan membran sel.  Diantara kolesterol-kolesterol yang ada dalam tubuh manusia, ada dua jenis kolesterol:

  • LDL atau low density lipoprotein Jenis kolesterol inilah yang menyebabkan penyakit penyakit seperti jantung dan stroke karena dapat mengendap serta mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan inilah yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke
  • HDL atau high density lipoprotein berupa kompleks protein dan lemak, termasuk kolesterol yang dikenal dengan kolesterol baik . HDL lah yang bertanggung jawab dalam penggunaan dan metabolisme kolesterol dalam tubuh, termasuk membersihkan kolesterol jahat dari tubuh.(http://www.heart.org/)

Bacaan lanjutan : Kadar Kolesterol Normal Tubuh Dan Tips Menjaganya

Lalu bagaimana agar tubuh terhindar dan bersih dari kolesterol jahat?

Ternyata prosesnya tidak perlu memerlukan tindakan medis rumit, atau obat-obatan mahal dengan rasa yang tidak Anda sukai. Anda cukup menikmati buah-buahan anti kolesterol secara rutin tiap harinya sebagai cuci mulut atau pengganti snack siang.

Bacaan lanjutan: Tanda Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Berikut Kami cantumkan 14 Buah-buahan Anti Kolesterol Lezat yang Dapat Membuat Anda Lebih Sehat serta bercitarasa lezat untuk menemani kegiatan Anda tiap hari.

1 Buah Jeruk Pelarut Lemak Segar yang Populer

Buah jeruk merupakan salah satu buah populer diseluruh dunia. Dengan citarasa menyegarkan dengan sedikit sengatan rasa asam, dan kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan buah berwarna kuning cerah ini buah konsumsi pilihan masyarakat disetiap suasana.

Tapi siapa sangka jika makanan ini mengandung berbagai manfaat lain untuk manusia? Salah satu manfaat buah jeruk dalam kesehatan manusia adalah mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh.

Dalam sebuah jeruk, terdapat zat-zat anti kolesterol sebagai berikit:

  • Flavonoid yang bisa membantu untuk menurunkan kadar lemak jahat. Bahkan membantu untuk mengeluarkannya dari tubuh.
  • Vitamin C yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak
  • Pektin atau serat terlarut yang dapat membantu menyerap dan membuang kolesterol serta lemak berlebihan pada makanan yang sedang dicerna

Info terkait buah dan kesehatan: Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

2. Buah Anggur, si Eksotik yang Kaya Manfaat dan Rasa

Seperti buah jeruk, anggur juga menjadi salah satu buah yang baik untuk membantu menurunkan kolestrol jahat. Dalam anggur, terdapat kandungan resveratrol dan pterostilbene yang membantu untuk mengusir kolestrol tubuh serta meyeimbangkan kadar lemak jenuh dan tak jenuh dalam darah.

3. Buah Tomat yang Gurih Segar

Tomat bisa menjadi bahan pelengkap dalam sayuran, juga sekaligus masuk ke dalam jajaran buah buahan. Sama seperti jeruk, buah ini memiliki banyak kandungan vitamin C yang cukup kaya.

Buah ini juga berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan zat anti kolesterol didalam buah ini antara lain:

  • Flavonoid yang baik untuk mengeluarkan kolesterol di dalam tubuh
  • Likopen, zat antioksidan yang juga terkenal mampu

4. Buah Jambu Biji Spesialis Jus

Jambu menjadi buah yang cukup banyak di gemari. Selain mudah untuk di dapat, buah ini juga memiliki rasa yang cukup lezat. Biasanya memang tidak di makan langsung, tapi di olah menjadi jus jambu yang siap santap. Setelah melakukan aktivitas kerja atau olah raga, mengkonsumsi jus jambu akan menyegarkan kembali tubuh anda. baik satu buah, du buah, atau berapapun juga aman untuk di konsumsi.

sponsored links

Jambu memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh anda. Berikut beberapa kandungan penting yang terkandung dalam jambu biji:

  • Vitamin B, C, dan lain sebagainya, berfungsi untuk meningkatkan efisiensi metabolisme dan daya tahan tubuh.
  • Likopen yang mampu mengendalikan produksi kolesterol yang ada di dalam tubuh dengan meningkatkan produksi kolesterol baik dan mengurangi kelebihan kolesterol jahat. Likopen juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini

5. Buah Semangka yang Segar dan Berair

Biasanya di hidangkan sebagai makanan penutup, atau di siapkan menjadi salah satu makanan pembuka puasa, buah semangka memang cukup banyak di gemari. Selain rasanya yang manis, pengembangan buah semangka juga mudah. Makanya harga buah ini cukup terjangkau.

Buah semangka merupakan buah yang kaya akan likopen,  yang terkenal mampu mengatur kolesterol secara fisiologis yang ada di dalam tubuh. Hingga baik untuk mereka yang terkena masalah kesehatan berupa penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

6. Buah Delima Peluntur Lemak

Delima juga menjadi buah yang cukup familiar. Untuk mendapatkannya, anda tidak perlu menggunakan usaha keras. Selain itu harganya juga tidak terlampau mahal. Tentu saja hal ini tidak sebanding denga nutrisi yang ada di dalam buah ini.

Kandungan delima yang dapat memerangi kolesterol  antara lain:

  • Flavonoid, yang bisa membantu untuk menghambat tubuh memproduksi LDL atau kolesterol jahat.
  • Oksida nitrat yang membantu menghilangkan plak pembuluh dasar akibat penumpukan kolesterol jahat tadi.

Khasiat lain buah delima adalah sebagai buah pengecil perut buncit, makanan untuk penderita ambeien, dan cara mengatasi anemia.

7. Buah Mangga, si Legit Pembasmi LDL

Buah yang biasa di jadikan ikon wanita hamil, mangga menjadi kegemaran lidah para calon ibu. Sebab rasanya yang khas dan legit, baik yang masih muda sampai yang matang. Mangga memang menjadi buah lezat dan bisa di nikmati siapa saja.

Dalam buah mangga mengandung vit C yang cukup banyak. Nutrisi ini baik untuk menghambat kolesterol jahat (LDL) berkembang dan teroksidasi. Sebab jika kolesterol jahat ini terus berkembang, akan menyebabkan plak pada pembuluh darah.

Seperti yang telah dibahas pada pedahuluan artikel ini, LDL yang menumpuk dapat memicu terjadinya stroke (jika plak berada di aliran darah ke otak) atau penyakit jantung (jika aliran plak mengarah menuju ke jantung)

8. Buah Blueberry yang Hitam Manis

Buah ini memang sedikit jarang di temui di Indonesia. Golongan buah yang termasuk memiliki rasa masam atau kecut ini banyak di gemari di benua Amerika. Bukan sebagai buah yang langsung makan, namun buah yang di gunakan sebagai campuran minuman kemasan atau kalengan.

Buah ini mengandung pterostilbene dengan jumlah yang cukup tinggi untuk menangkal masalah kesehatan termasuk melarutkan kolesterol serta merupakan antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas. Kandungan asam dan vitamin C yang tinggi juga mampu melibas lemak jahat dalam peredaran tubuh Anda

9. Buah Alpukat Berlemak Sehat

Jika anda ingin menambah berat badan namun tetap menjaga vitalitas dan bentuk tubuh, alpukat dapat menjadi pilihan yang sempurna. Karena alpukat mengandung kandungan lemak nabati yang baik untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat antaralain:

  • Lemak tak jenuh yang banyak akan membantu meningkatkan kualitas dan produksi kolesterol baik atau HDL dan  menurunkan produksi LDL atau kolesterol jahat.
  • Kandungan betasitosterol untuk membantu mengurangi jumlah kolesterol yang berasal dari penyerapan makanan.

10. Buah Zaitun sang Icon Kecantikan

Selain menjadi ikon buah kecantikan, zaitun juga menjadi ikon buah kesehatan pula. Hal ini bisa di buktikan dengan banyaknya botol minyak zaitun dalam dapur koki koki profesional. Rasa yang di hasilkan dari gorengan atau tambahan dari minyak zaitun berbeda. Lebih nikmat dan lebih sehat.

Dalam buah zaitun terdapat senyawa anti-kolesterol berikut:

  • zat hydroxytyrosol yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, penurunan kadar kolesterol LDL ini tidak di ikuti atau tanpa merusak kualitas dari kolesterol baik atau HDL.
  • Asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menekan jumlah asam lemak jenuh dan kolesterol
  • Vitamin E yang menjaga dan merawat kesehatan kulit tubuh anda.

11. Buah Lemon sang Gudang Vitamin C

Meskipun termasuk dalam kategori jeruk, lemon memiliki tempat tersendiri. Sifatnya yang lebih asam dari jeruk kebanyakan, dan rasanya cenderung lebih masam dari jeruk biasa. Tak salah kandungan vitamin C pada buah ini juga lebih banyak. Berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar.

Selain itu, dalam lemon juga terdapat senyawa lain yang bermanfaat. Khasiatnya mampu untuk menekan atau mengurangi produksi apo B yang aktif untuk membantu menambah kolesterol  dalam darah.

Jika anda mengkonsumsi lemon, senyawa apo B bisa di tekan serendah mungkin hingga perkembangan kolesterol jahat atau LDL dalam darah dapat ditekan secara drastis.

12. Buah Strawberry Anti Radikal Bebas dan Kolesterol Jahat

Menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin C. buah dengan jenis berry ini memang terkenal kaya akan kandungan citrus yang tinggi. cukup banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Harga yang perlu anda keluarkan juga tidak terlalu mahal. Maka anda mudah untuk mengkonsumsinya.

Manfaat dari buah ini bisa membantu untuk menangkis kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh. Caranya dengan mengurangi oksidasi atau perkembangbiakan dari kolesterol jahat tersebut.

13. Apel: si Renyah yang Berkhasiat Obat

Yang menjadi salah satu buah tangan atau oleh oleh khas kota Malang, buah apel memang sangat banyak di gemari oleh masyarakat. baik dari jenisnya yang apel hijau kecil, apel merah, sampai apel yang berwarna semu kemerahan semuanya mendapati hati masyarakat. selain rasanya yang enak dan lezat, apel memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia.

Di dalam kandungan buah apel terdapat beberapa jenis karbohidrat yang terkenal sebagai pembasmi kolesterol seperti,

  • Zat beta glucan. Zat ini baik dan berguna untuk membantu mengontrol produksi kolesterol yang ada di dalam tubuh. Sehingga kolesterol baik atau HDL tetap di jaga produktivitasnya. Sedangkan kolesterol jahat seperti LDL di tekan produksinya.
  • Zat pektin yang aktiv sebagai serat larut yang mampu menekan jumlah kolesterol dalam tubuh

14. Buah Jambu Merah yang Murah Meriah

Terjangkaunya harga dari jambu merah ini tidak menuyurtkan nutrisi dan kandungan gizinya. Di dalamnya terdapat berbagai senyawa yang mampu menyehatkan tubuh dan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah.

Senyawa tersebut antara lain:

  • vitamin C yang baik dan berguna sebagai anti oksidan bagi tubuh anda. sehingga bebas dari pengaruh radikal bebas.
  • Flavonoid yangi membantu untuk mengontrol produksi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kandungan ini juga baik untuk menurunkan kadar trigliserida atau senyawa yang mengandung lemak tubuh.
  • karotenoid dan selenium yang membantu untuk meningkatkan sistem imunnitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi jambu merah setiap hari selama 2 bulan dengan dosis tertentu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari 82,23% hingga 52,64% LDL. menunjukkan bahwa jambu merah memiliki khasiat yang sama 3,6 mg simvastatin (anti kolesterol komersial) per kg bobot tubuh manusia

Artikel terkait: Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Tips Memilih Buah Anti Kolesterol yang Baik

Buah yang anda konsumsi sebagai makanan penurun kolesterol memang sama dengan buah buahan biasa. Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum anda mengkonsumsi buah tersebut.

1. Pastikan Buah yang Anda Pilih Ranum dan Segar

Ketika membeli buah buahan di pasar, maka pilihlah buah yang benar benar segar. Sebab kandungan buah dalam keadaan segar masih bagus nutrisinya. Sehingga tubuh anda bisa menyerap dengan baik sari sari dan gizi dari buah tersebut.

Sponsors Link

2. Hindari Buah yang Diawetkan Dengan Bahan Kimia

Selain itu, pastikan untuk tidak memilih buah di awetkan dengan berbagai zat kimia. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kondisi buah agar tetap baik. Namun tetap saja, jika buah sudah di campuri oleh bahan kimia, jatuhnya juga tidak akan baik.

3. Pilih Ukuran atau Jumlah yang Cukup, Jangan Sampai Berlebih

Kadang kala ketika kita mengkupas buah, ada perasaan untuk berhenti makan. Lalu kondisi buah yang masih tinggal setengah tadi di simpan atau di biarkan saja. Nanti setelah beberapa jam kemudian, baru di makan lagi.

Sebenarnya keadaaan ini tidak terlalu baik. Sebab buah yang sudah di buka dan didiamkan lama pada udara terbuka akan mengalami oksidasi. salah satu tanda buah tersebut sudah teroksidasi adalah dengan berubahnya warna yang semula cerah menjadi kecoklatan. Maka selesaikanlah per satu buah langsung.

Usaha untuk Mengurangi Kolesterol dengan Komsumsi Buah akan Sia-sia, jika?

Sudah di jelaskan bahwa kolesterol memicu banyak sekali penyakit parah bagi tubuh. Biasanya sifat dari penyakit ini degeneratif atau menua. Semakin tua usia seseorang maka resiko terkena penyakit ini juga semakin tinggi pula. Misalnya penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari penyakit penyakit seperti ini menyerang diri anda, maka perlu di atur strategi atau cara pencegahan. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan teratur, yang mana termaktub kebutuhan 4 sehat dan 5 sempurna.

Di dalamnya terdapat makronutrien seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Dalam artikel ini sudah di ulas mengenai buah buahan yang spesifiknya memiliki kandungan vitamin yang banyak. Lalu apakah ada pantangan bagi penderita penyakit penyebab kolesterol (jantung dan stroke) atau bagi anda sekalian yang memiliki kadar kolesterol jahat atau LDL tinggi.


Jenis-jenis Makanan dengan Kolesterol Tinggi

 

Kandungan kolesterol per 100 gram makanan

No Jenis Makanan Jumlah Kolesterol (mg) Sehat/Tidak
1 Putih Telur 0 Sehat
2 Mentimun laut (teripang) 0 Sehat
3 Ubur-ubur 0 Sehat
4 Susu sapi rendah lemak 0 Sehat
5 Fillet ayam, tanpa kulit 50 Sehat
6 Fillet bebek,  tanpa kulit 50 Sehat
7 Ikan air tawar 55 Sehat
8 Fillet daging sapi tanpa lemak 60 Sehat
9 Daging kelinci tanpa lemak 65 Sehat
10 Fillet kambing, tanpa lemak 70 Sehat
11 Ikan kuniran 85 Sehat
12 Smoked beef (daging asap) 98 kurang sehat
13 Iga sapi 100 kurang sehat
14 Daging sapi 105 kurang sehat
15 Burung dara 110 kurang sehat
16 Ikan bawal 120 kurang sehat
17 Daging sapi berlemak 125 kurang sehat
18 Gajih sapi 130 Hati-hati
19 Gajih kambing 130 Hati-hati
20 Keju 140 Hati-hati
21 Sosis daging 150 Hati-hati
22 Kepiting 150 Hati-hati
23 Udang 160 Hati-hati
24 Kerang / siput 160 Hati-hati
25 Belut 185 Berbahaya
26 Santan kelapa 185 Berbahaya
27 Susu sapi 250 Berbahaya
28 Susu sapi full cream 280 Berbahaya
29 Coklat / kakao 290 Berbahaya
30 Mentega / margarin 300 Berbahaya
31 Jeroan sapi 380 Berbahaya
32 Kerang putih / remis / tiram 450 Berbahaya
33 Telor ayam 500 Berbahaya
34 Jeroan kambing 610 Berbahaya
35 Cumi-cumi 1170 Pantang
36 Kuning telor ayam 2000 Pantang
37 Otak sapi 2300 Pantang
38 Telur burung puyuh 3640 Pantang

Sumber: Food Data Chart – Colesterols


Dari berbagai pantangan makanan yang mampu memicu kolesterol, memang kebanyakan yang mengandung lemak dan protein banyak. Jika anda belum terkena penyakit yang di sebabkan oleh kolesterol jahat, mungkin juga perlu hati hati. Sebab penyakit yang di sebabkan kolesterol jahat atau seperti penyakit jantung dan stroke juga bisa mengenai siapa saja.

Tak peduli anda sebisa mungkin anda menghindari makanan yang mampu memicu kolesterol tinggi, namun pola kehidupan anda tindak terjaga tetap bisa terkena penyakit tersebut. Faktor pemicunya cukup banyak, misalnya seperti kurangnya beraktivitas fisik seperti olah raga ringan sejenis jogging, usia yang sudah menua, serta riwayat kesehatan keluarga yang memiliki sejarah terkena kolesterol. Maka berhati hatilah untuk tubuh anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 27th, March 2016 / 12:03 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi