Sponsors Link

14 Pantangan Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Penyakit kolesterol tinggi tidak hanya menjangkiti kaum tua saja namun kini kaum muda pun banyak yang terkena penyakit ini. Kaum muda sering menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti pola makan sembarangan, akibatnya adalah mereka mudah terkena kolesterol. Pola makan kaum muda yang suka makan enak dan lezat sering menjadi hal yang menyebabkannya mudah terkena kolesterol. Mereka tidak tahu jika dibalik makanan yang mereka santap terdapat kadar kolesterol yang sangat berbahaya.

ads

Batas Normal Kolesterol

pantangan kolesterol tinggiKita sebaiknya mengetahui batas normal bagi kolesterol baik, jahat maupun trigliserida. Jika kadarnya melebihi dalam batas normal, tentu sudah bisa dikatakan jika kadar LDL dan juga trigliserida tinggi. Berikut ini batas normal bagi HDL, LDL dan trigliserida :

  1. HDL (kolesterol baik),  batas normalnya adalah 150 mg/dl. Semakin tinggi kadar kolesterol ini semakin baik pula untuk tubuh.
  2. LDL (kolesterol jahat), Batas normalnya adalah kurang dari 159 mg/dl. Semakin tinggi kadarnya justru malah semakin buruk untuk kesehatan. Kadar LDL tinggi harus segera diturunkan.
  3. Trigliserida, memiliki batas normal yaitu kurang dari 150 mg/dl. Kadar trigliserida yang tinggi juga harus diturunkan karena menimbulkan penyakit.

Perbedaan kolesterol LDL dan HDL adalah semakin tinggi kadar HDL, justru malah semakin baik. Kolesterol sebaiknya didominasi oleh kolesterol baik, karena kolesterol dalam batas yang normal sangat membantu tubuh terutama di sistem saraf.

Makanan Pantangan Kolesterol

Kolesterol banyak yang disebabkan oleh makanan. Dalam jenis makanan tertentu memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan didominasi oleh kadar kolestetol jahat. Kadar kolesterol jahat di dalam tubuh harus dihilangkan dan diturunkan.

Berikut ini berbagai macam makanan yang menjadi pantangan bagi penderita kolesterol :


1. Daging Unggas

Daging unggas sebenarnya boleh dikonsumsi, namun ada peringatan tertentu dimana daging tersebut tidak boleh dikonsumsi. Daging yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita kolesterol adalah daging unggas yang memiliki lemak di dalamnya. Berikut ini daftar daging unggas yang tidak boleh dikonsumsi:

  • Daging ayam dengan kulit memiliki kadar kolesterol sebanyak 160 mg/10 gram. Jika Anda mengkonsumi daging ayam bersama dengan kulitnya, dalam sekali makan saja Anda suda melebihi ambang batas normal LDL. Sedangkan jika Anda mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit, kadar LDL hanya 50 mg/10gram.
  • Daging bebek dengan kulit memiliki kadar LDL sebanyak 165 mg/10 gram. Sedangkan jika Anda mengkonsumsi daging bebek tanpa kulit batas LDL hanya 50 mg/10 gram.

2. Daging Ternak

Banyak jenis hewan yang diternakkan oleh orang Indonesia. Salah satu tujuannya adalah untuk dikonsumsi. Namun ternyata dibalik kelezatan daging ternak adalah penyebab kolesterol tinggi yang jahat. Berikut ini daftar daging ternak yang harus dihindari karena kandungan lemaknya :

  • Daging sapi dengan lemak.
  • Daging kambing dengan lemak.

3. Makanan Olahan Daging

Ada berbagai makanan olahan dari daging yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Hal itu dikarenakan banyak makanan hasil dari daging olahan yang menyertakan lemak dagingnya. Tujuannya adalah agar makanan olehan menjadi terasa gurih dan lezat.

Berikut ini daftar makanan olahan daging yang harus dihindari :

  • Sosis daging sapi. Sosi ini terbuat beserta lemak sapi di dalamnya.
  • Sosis ayam juga banyak yang mengolah kulitnya bersama daging untuk dijadikan sosis.

4. Belut

Belut memiliki rasa daging yang gurih. Namun dibalik kelezatannya, belut merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Dalam 10 gramnya saja kadar LDL di dalam belut sebesar 185 mg/ 10 gram. Sekali mengkonsumsi 10 gram belut, kadar LDL di dalam tubuh langsung tinggi.

5. Seafood Berat 10 Gram

Bagi yang gemar mengkonsumsi seafood sebaiknya mulai berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Hal itu dikarenakan dalam 10 gramnya saja seafood memiliki kadar LDL yang tinggi. Jika ingin mengkonsumsi seafood sebaiknya kurang dari 10 gram dan dengan intensitas yang jarang. Berikut ini daftar seafood yang harus dihindari :

  • Udang sangat lezat dan gurih. Namun dibalik cita rasanya, udang memiliki kadar LDL yang tinggi. Dalam 10 gram udang memiliki kadar LDL sebanyak 160 mg.
  • Siput merupakan seafood yang sering dimakan mentah. Selain tidak baik dikonsumsi karena mengandung bakteri, siput juga memiliki kadar LDL tinggi yaitu sekitar 160 mg dalam 10 gramnya.
  • Kerang termasuk dalam daftar makanan seafood yang lezat, namun dibalik 10 gram kerang memiliki kadar LDL 160 mg.

6. Gula Berlebih

Penderita kolesterol juga tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Hal itu dikarenakan gula selain menyebabkan diabetes bisa membuat seseorang terkena kegemukan. Orang yang gemuk akan membuat lemak dan kolesterol sulit untuk dilarutkan. akibatnya kolesterol akan terus mengendap di dalam tubuh.

7. Kentang Olahan

Berbagai makanan olahan yang berasal dari kentang membuat kolesterol menjadi naik. Hal itu dikarenakan kentang akan menyerap banyak minyak sehingga menimbulkan banyak lemak jenuh. Lemak jenuh bisa memicu kolesterol menjadi naik.

Di restoran pun banyak ditemukan fakta bahwa berbagai makanan olahan kentang mengandung lemak tinggi sebab ditambahkan dengan keju, susu dan juga mentega. Ketiga bahan tersebut memiliki kadar LDL tinggi.

8. Berbagai Macam Pizza

Di Indonesia banyak sekali yang menawarkan produk pizza. Meskipun dalam potongan pizza memiliki 4,4 gram lemak jenuh, peminat pizza masih tetap banyak. Pizza dibuat dari mentega, telur dan masih banyak lagi bahan lainnya yang mengandung lemak dan kolesterol. Kadar lemak dan kolesterol akan semakin bertambah jika ditambahkan topping yang mengandung lemak pula.

9. Jagung Panggang

Olahan makanan jagung panggang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Hal itu dikarenakan jagung panggang memiliki 60 gram kandungan lemak jenuh. Ditambah lagi jika di dalam jagung itu diolesi dengan mentega. Makanan yang mengandung kalori tinggi dan lemak ini, akan membuat kolesterol pun akan semakin bertambah.

10. Berbagai Macam Jeroan

Sama halnya dengan makanan pantangan asam urat. Jeroan menjadi salah satu makanan yang harus dihindari. Hal itu dikarenakan kandungan lemak dan kolesterolnya sangat tinggi. Berikut ini daftar jeroan yang tidak boleh dikonsumsi :

  • Jeroan sapi ( usus, hati, ampela, paru ) memiliki kadar kolesterol sebanyak 380 mg per 10 gramnya.
  • Jeroan kambing ( ati, ampela, usus, paru ) memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan jeroan sapi yaitu 610 mg.
  • Jeroan ayam memiliki kadar kolesterol paling rendah dibandingkan sapi dan kambing yaitu sekitar 340 mg per 10 gramnya.
  • Jeroan kelinci memiliki kadar kolesterol sebanyak 320 mg per 10 gramnya.
  • Jeroan kerbau memiliki kadar kolesterol sebanyak 360 mg per 10 gramnya.

11. Makanan Olahan Kue

Kue adalah makanan yang menjadi pantangan, karena kue banyak dibuat dari mentega, telur dan juga susu. Jika digabungkan tentu akan menghasilkan makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Berikut ini daftar kue yang tidak boleh dikonsumsi :

  • Kue cokelat basah memiliki kandungan kolesterol sebanyak 290 mg.
  • Semua jenis kue kering memiliki kandungan kolesterol sebanyak 300 mg.
  • Kue pai memiliki kada kolesterol sebanyak 350 mg, sedangkan kadar gula dalam kue pai manis memiliki kadar gula yang tinggi.

12. Santan dan Minyak Kelapa

Berbagai olahan kelapa berupa santan dan juga minyak kelapa sangat berbahaya bagi penderita kolesterol. Hal itu dikarenakan kandungan kolesterolnya sebanyak 185 mg.


Sponsors Link

Minuman Pantangan Kolesterol tinggi

Tidak hanya dari segi makanan saja, namun minuman yang mengandung banyak lemak pun menjadi pantangan bagi penderita kolesterol. Berikut ini daftar minuman yang tidak boleh dikonsumsi :

1. Berbagai Macam Susu

Susu merupakan makanan yang mengandung kalsium, vitamin dan juga mineral. Namun ada jenis susu yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Susu sapi tidak boleh dikonsumsi. Hal itu dikarenakan dalam sekali minum susu sapi sudah menghasilkan kolesterol sebanyak 250 mg.
  • Susu sapi yang dilengkapi dengan cream tidak boleh dikonsumsi. Kandungan cream yang mengandung banyak lemak tidak boleh masuk di penderita kolesterol.

2. Kopi

Kopi sangat bermanfaat untuk menahan kantuk seseorang. Kopi hitam sebenarnya tidak masalah untuk dikonsumsi. Yang menjadi masalah adalah ketika kopi dicampurkan dengan creamer dan juga susu. Akan membuat kandungan lemak tinggi.


Aktivitas sebenarnya bagus untuk kesehatan tubuh, namun ada kalanya aktivitas tidak bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Aktivitas berat ternyata dilarang untuk penderita kolesterol. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

1. Membuat Jantung Kerja Berat

Penderita kolesterol mengalami penumpukan plak yang banyak di dalam tubuhnya. Olahraga yang berat bisa memberatkan kerja jantung. Akibatnya saat sedang olahraga, penderita kolesterol bisa terkena serangan jantung koroner secara tiba-tiba.

2. Pembuluh Darah pecah

Olahraga berat bisa membuat pembuluh darah pecah karena saat olahraga plak akan terlepas dari pembuluh darah, plak yang terlepas akan terbawa dalam aliran darah. Di pembuluh darah yang kecil plak bisa membuat penyumbatan kemudian pecah. Orang yang pembuluh darahnya pecah harus segera mendapatkan penanganan medis agar tidak segera melebar pemecahan pembuluh darahnya.

3. Stroke Secara Tiba-Tiba

Banyak orang yang terkena stroke justru sehabis berolahraga. Banyak orang yang penasaran mengapa hal itu terjadi. Hal itu dikarenakan orang tersebut sudah memiliki kolesterol tinggi, kemudian dia berolahraga berat. Dia mengalami pemecahan pembuluh darah, terutama pembuluh darah di otak. Akibatnya stroke pun akan menyerangnya. Itulah alasan mengapa olahraga berat menjadi salah satu pantangan pada penderita kolesterol.

Anda harus menghindari apa saja yang menjadi pantangan kolesterol karena kolesterol tidak bisa disepelekan. Kolesterol bisa disebut dengan silent killer atau pembunuh diam-diam. Sering disepelekan namun bisa membunuh secara diam-diam. Tentu Anda bertanya-tanya mengapa hal itu bisa terjadi. Anggapan remeh tentang penyakit ini membuat banyak orang yang mengabaikannya. Berikut ini bahaya dari penyakit kolesterol jika tidak segera diobati:

  1. Jantung Koroner

Kolesterol bisa menyebabkan jantung koroner. Hal itu dikarenakan kolesterol jahat bisa membuat penyumbatan di pembuluh darah di Jantung. Akibatnya peredaran darah di jantung tidak lancar sehingga menimbulkan penyakit jantung koroner.

  1. Kerusakan Saraf Otak

Kolesterol yang tinggi menyebabkan asteoklorosis atau pengerasan pembuluh darah. Sehingga aliran darah tersumbat dan terhambat. Jika pembuluh darah di daerah otak mengalami pengerasan pembuluh darah, akibatnya akan membuat sistem saraf menjadi rusak.

  1. Stroke

Jika pembuluh darah di otak tidak lancar dan mengalami penyumbatan akibatnya adalah membuat seseorang terkena penyakit stroke.

Sponsors Link

Pola makan yang jauh dengan gaya hidup sehat sangat dipengaruhi oleh adanya restoran cepat saji yang semakin marak. Berbagai menu cepat saji yang disediakan, menjadi daya tarik untuk dikonsumsi daripada harus memasak menu makanan sehat sehari-hari. Namun lihatlah, bahaya kolesterol ini akan terjadi. Hanya dalam rentang waktu yang sebentar membuat mereka rentan terkena kolesterol. Jangan pernah anggap remeh kadar kolesterol dalam diri anda, dikarenakan kolesterol merupakan sumber dari penyakit kronis yang sangat berbahaya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 23rd, March 2015 / 05:18 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi