Sponsors Link

Kista Ganglion – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Kista ganglion adalah sebuah jenis penyakit dimana dalam tubuh manusia terdapat benjolan atau yang biasa disebut dengan tumor. Tumor tersebut biasanya terdapat dan berkembang pesat pada bagaian atas persendian  atau tendon yaitu yang terdapat pada jaringan penghubung otot dan tulang. Kista ganglion ini juga merupakan sebuah jaringan lunak yang sering terjadi pada tangan dan pergelangan tangan,tepatnya dibagian dorsal 75% dan bagian voral 25%. Pada bagian dorsal biasanya bisa muncul dimana saja antara ekstensor ibu jari lateral dan mendial. Jika pada bagian vorral biasanya muncul pada bawah lipatan pergelangan tangan voral dan paling sering timbul dari sendi atau sendi radiocarpal scaphotrapezial. Menurut hasil suatu penelitian bahwa sekitar70% Penyebab kista honglion muncul pada bagian belakang tangan dan telapak tangan. Untuk penjelasan lebih detail tentang tempat biasa kista honliong muncul akan dijelaskan dibawah ini. (Baca juga: bahaya kopi bagi penderita kista , kacang hijau bagi penderita kista)

ads
  • Bagian belakang tepi sendi jari  Biasanya kista ini muncul dibawah kuku dan menyebabkan kuku menjadi berlekuk dan diikuti dengan infeksi sendi walaupun infeksi sendi ini tidak terjadi telalu sering. Biasanya terjadi karena arthritis. (Baca Juga: kista dintigerous, kista ovarium)
  • Pergelangan tangan – Biasanya kista hongliong berasal dari salah satu pergelangan tangan dan biasanya terjadi karena cedera pergelangan tangan. Kista yang muncul di pergelangan tangan ini biasa terdapat pada bagian telapak tangan, punggung tangan dan kadang pada daerah ibu jari. (baca juga : pergelangan tangan sakit)
  • Telapak tangan pada dasar jari-jari – Kista ini berasal dari saluran yang menjaga tendon dan biasanya terjadi akibatirasi pada tendon-tendonitis.

Kista Ganglion ini mempunyai bentuk seperti jelly,keras dan besar. Pada umumnya kista itu berdiri sendir namun ada saat kalanya kista memiliki hubungan dengan jaringan sendiri dan jaringan kecil lain yang ada didalamnya.

Setiap orang tidak memiliki waktu khusus untuk terserang penyakit kista hongliong ini,penyakit kista gangliong bisa terjadi pada siapa saja. Kista ganglion 3kali lebih sering terjadi pada wanita dibanding yang terjadi pada pria. Umur pada pria yang lebih rawan untuk terkena kista gangliong adalah antara 20 sampai 40 tahun,dan bisa terjadi infeksi juga pada anak yang berusia dibawah 10 tahun. (Baca juga:  bahaya menggunakan bra saat tidur , penyebab puting gatal)

Gejala Kista Ganglion

Berikut adalah gejala-gejala untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri munculnya kista ganglion agar kita dapat menanganinya dengan cepat dan tepat seingga tidak berakibat buru untuk lebih lanjutnya.

1. Bentuk dan Ukuran

Kista hongliong murupakan kista dimana memiliki ukura yang tida begitu besar dan terkadang seseorang tidak meyadari bahwa dirinya mengidap kista ganglion karena memang bentuk dari kista ganglion sendiri yang kecil dan mungkin tidak teraba. Kista hongliong memiliki ukuran atau diameter kurang lebih 2,5 cm. (Baca Juga:  ciri ciri rahim sehat , Cara Mengobati Kista)

2. Lokasi 

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kista ganglion merupakan kista yang muncul di daerah persendian khususnya didaerah persendian tangan. Namun tidak hanya terjadi di persendian tangan kista ganglion juga bisa terjadi dipergelangan kaki dan dipunggung kaki. Walapun sangat jarang ditemui kista ganglion tumbuh didaerah lain namun nyatanya kista gangliong juga tetap bisa tumbuh di bagian persendian lain ditubuh. aca juga: obat penebalan dinding rahim , gejala polip rahim)

3. Nyeri 

Seseorang yang menerita kista ganglion sering tidak merasa nyeri karena dalam kista ganglion memang tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun apabila kista ganglion ini sampai menekan persarafan,rasa nyeri ini juga bisa saja terjadi. Bahkan penekanan saraf ini bisa mengakibatkan kelemahan otot. (baca juga : penyebab mata nyeri sebelahpenyebab kaki ngilu)

Sponsors Link

4. Adanya tonjolan dan benjolan 

Dalam kista ganglion biasanya muncul dengan ditandai adanya tonjolan dan benjolan pada tempat yang terdapat kista ganglion atau biasanya muncul pada daerah sendi khususnya pada tangan atau kaki. Tonjolan dan benjolan ini tidak bersifat permanen karena tonjolan dan benjolan ini bisa saja hilang namun kadang muncul lagi. Benjolan yang diakibatkan oleh adanya kista ganglion meiliki tekstur yang lunak hampir seperti jelly,benjolan ini memiliki warna yaitu kuning terang. (baca juga : penyebab benjolan)

5. Jari yang lemas 

Jari yang lemas disebabkan oleh adanya kista ganglion yang tumbuh mengenai bagian tendon . Selain jari yang lemas banyak pula penyebab tangan lemas dan penyebab kaki lemas yang perlu diketahui

6. Tangan terasa kaku saat digerakkan 

Tangan mengalami kekakuan dikarenakan terdapat jaringan atau saraf yang rusak pada tangan selain itu kekakuan pada tangan ini juga disebabkan oleh adanya benjolan atau tonjolan ini,saat tangan terdapat benjolan tangan akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan pergelangan tangan sehingga tangan menjadi tidak leluasa atau memiliki gangguan dalam melakukan gerakan atau aktivitas.

Baca juga:

Ketika anda mengidap panyakit kista ganglion apalagi jika terdapat benjolan,hal yang pertama dilakukan adalah beronsultasi kepada dokter agar dokter memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi sang penderita.

Penyebab Kista Ganglion

Kista Ganglion merupakan penyakit yang sama seperti penyakit pada umumnya maksud disini ialah kista ganglion tidak akan muncul atau terjadi jika tidak disertai oleh penyebab,walupun menurut beberapa ahli belum ada kepastian secara jelas penyebab apakah yang sangat mempengaruhi atau sebagai faktor utama dari kemunculan kista gamglion. Namun pandangan ini tidak hanya berhenti disini saja,terdapat pandangan salah satu teori yang menyebutkan bahwa kista ganglion terjadi akibat adanya suatu trauma yang mengakibatkan jaringan-jaringan dibawah kulit sehingga terdapat kerusakan jaringan dibawah kulit. Kerusakan jaringan inilah yang akhirnya membentuk beberapa kista-kista kecil yang akhirnya lama kelamaan menjadi sebuah tonjolan atau benjolan besar. (Baca juga: Penyebab Menopouse – gejala menopause – penyebab menopouse)

Terdapat beberapa fator juga yang bisa mendorong atau meningkatkan adanya resiko kista ganglion dalam tubuh seseorang seperti :

1. Berjenis kelamin wanita

Pada dasarnya tubuh wanitalah yang memiliki resiko lebih besar untuk terkena sebuah penyakit seperti kista atau tumor. Begitu pula yang terjadi dalam kista ganglion,kista ganglion ini juga sangat rawan untuk teridap oleh wanita,apalagi jika wanita yang berusia 20 sampai 40an. (Baca juga: Efek samping daun sirsak , obat alergi makanan alami paling baik.)

2. Memiliki riwayat cidera sendi dan tendon

Pada cidera sendi menangakibatkan berkembangnya penyakit kista ganglion ini. Penyebab umum yang sering terjadi sehingga meningkatnya resiko ganglion untuk berkembang ialah :

  • Patah tulang
  • Keseleo
  • Radang sendi pergelangan tangan
  • Trauma dan benturan
  • Pembengkakan yang terjadi pada punggug tangan atau pergelangan tangan
  • Peradangan pada selubung tendon
  • Kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini memiliki fungsi sebagai cairan untuk melumasi sendi sehingga tidak terjadi kerusakan pada tulang rawanpada saat gerakan atau gesekan. Cairan yang bocor ini membentuk sebuah kapsul yang mendesak kulit sehingga menimbulkan sebua benjolan pada permukaan kulit.

(Baca juga: efek kelebihan dan kekurangan hormon , cara meningkatkan hormon progesteron)

ads

Diagnosis Kista Ganglion

Setelah mengetahui hal-hal tersebut tentukitadapat mengidentifikasi apakah kita mengidap penyakit kista ganglion atau tidak namun untuk lebih jelasnya kita harus melkukan diagnosis yang biasa dilakukan oleh dokter. Biasanya dokter akan mengdiaknosis dengan melakukan penekanan lembut pada benjolan yang terdapat ditangan atau dikaki sang penderita,tujuannya adalah untuk mengetahui apakah terdapat rasa nyeri atau rasa tidak nyaman pada penderita. Dokter biasanya akan melakukan Aspirasi atau yang biasa dikenal dengan penarikan cairan. Penarikan cairan ini dilakukan dengan menggunakan jarum dimana jarum tersebut digunakan untuk melihat warna,tingkat kejernihan serta tingkat kekentalan cairan yang ada dibenjolan tersebut. Setelah melakukan pendeteksian tingakatan pada isi yang ada dibenjolan tersebut dokter biasanya akan melakukan USG pada penderita. USG ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pembuluh darah yang ikut terlibat atau tidak. (Baca Juga: cara meningkatkan hormon testosteron , makanan yang mengandung estrogen)

Setelah dokter melihat apakah terdapat aitan dengan pembuluh darah atau tidak karena biasanya pada benjolan yang besar terdapat kaitan dengan pembuluh darah sehingga dokter harus merujuk penderita kepada dokter bedah. Selain melakukan hal-hal diatas atau diaknosa dari dokter kita juga bisa melakukan pendiaknosaan dengan salah satu alat yaitu Magnetik Resonance Imaging (MRI). Dengan menggunakan alat ini kita bisa tahu apakah kita mengidap penyakit kista ganglion atau tidak.  (baca juga: kelainan genetika – kelainan kromosom)

Pengobatan Kista Ganglion

Biasanya seseorang yang mengidap kista ganglion tidak perlu memperoleh penanganan atau pengobatan apapun,namun kadang terdapat orang yang menderita kista ganglion sampai mengalami kesakitan sehingga harus memperoleh penanganan khusus dari dokter seperti :

  • Imobilisasi 

Imobilisasi merupakan sebuah pengobatan dimana penderita akan melakukan sebuah terapi. Terapi ini dilakukan karena dalam ukkuran tertentu kista ganglion bisa saja akan menimbulkan rasa sakit serta akan terus membesar. Namun terapi ini tidak terlalu disarankan untuk dilakukan dalam waktu jangka yang panjang,hal ini dikarenakan karena akan mengakibatkan kelemahan otot. Tentu jika ini dilakukan akan menimbulkan hal yang mungkin akan lebih buru. Penderita bukan memperoleh kesembuhan secara sempurna namun malah akan mendapatkan kelemahan otot. Makadari itu untuk melakukan terapi ini sebelumnya harus bekonsultasi terlebih dahulu dengan dokter,agar dokter dapat memberikan saran yang tepat kepada penderita harus sejauh manakah penderita melakukan terapi. (baca juga: makanan yang sering mengandung pengawet – Efek bahaya pengawet makanan hingga menyebabkan kematian)

  • Penanganan dokter

dengan cara ini adalah dokter biasanya akan menggunakan jarum suntik untuk menarik cairan yang terdapat pada benjolan sehingga cairan yang terdapat dalam caian akan berkurang dan benjolan tersebut sedikit demi sedikit akan mengecil. (baca juga: tanda tanda haid ,  akibat kelebihan estrogen)

  • Operasi 

Operasi tidak bisa dilakukan begitu saja tidak semua jenis kista gonglion langsung dilakukan operasi untuk penyebuhannya, hanya kista yang sudah mengalami nyeri,tangan mati rasa atau kista yang telah mengganggu aktifitas sehari-hari saja yang bisa dilakukan untuk operasi. Operasi yang dilakukan ini dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Pembedahan terbuka

Operasi pembedahan ini sama seperti operasi yang dilakukan pada umunya,dokter akan melakukan sayatan sepanjang 5 cm disekitar sendi yang terdapat kista gonglionnya. (baca juga: penyebab kram perut – penyebab kram perut bagian kiri)

2. Pembedahan artoskopi 

Jenis operasi ini berbeda dengan operasi pembedahan terbuka walupun pada operasi ini dokter juga akan melakukan penyayatan,namun tidak sepanjang penyayatan pada pembedahan terbuka,penyayatan yang dilakukan hanyalah penyayatan yang kecil,setelah itu dokter akan mmasukkan kamera kecil atau artoskop dan kemudian dimasukkan kedalam sayatan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengatahui posisi persis dimanakah yang terdapat kista honglion. Setelah mengetahui posisi dimanakah kista honglion dokter kemudian memasukkan alat kedalam sayatan tersebut yang berguna untuk mengangkat kista honglion ini. (baca juga : efek samping operasi plastikoperasi glukomaefek operasi varikokel)

Tidak semua orang mau untuk melakukan operasi sebagai pilihan untuk melakukan penyembuhan. Apalagi tidak semua jenis taraf kista honglion harus dengan jalan operasi untuk melakukan penyembuhan. Cara yang lain untuk melakukan penyembuhan selain dengan jalan operasi adalah dengan menggunakan cara-cara tradisonal. Berikut merupakan cara yang digunakan sebagai penyembuhan dengan cara tradisioanal.

Sponsors Link

  1. Minyak kemenyan – Cara tradisional untuk mengobati kista honglion salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kemenyan. Minyak kemenyan ini dapat membantu untuk meredakan rasa sakit serta membantu untuk mengurangi ukuran kista ganglion. Hal ini dikarenkan dalam minyak kemenyan terdapat zat efektif yang berguna sebagai obat suatu penyakit khususnya kista ganglion. (baca juga: Gejala depresi – Penyebab stress)
  2. Tanaman Jahe – Seperti yang kita tahu bahwa jahe merupakan tanaman yang memiliki seribu manfaat. Ternyata jahe juga bisa digunakan sebagai obat kista ganglion. Jahe akan mengurangi rasa sakit terhadap penderita kista ganglion. Jahe bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit karena jahe memiliki zat anti-inflamasi.
  3. Kantung teh hitam – Bagi anda yang mengidap penyakit kista ganglion anda dapat menggunakan Antung teh hitam sebagai obat untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Kandungan zat asam serta anti-inflamasi bisa digunakan sebagai upaya untuk membuat keadaan kista ganglion semakin buruk.
  4. Kompres dengan air hangat – Mengompres dengan air hangat juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu mengompres dengan air hangat juga bisa sebagai cara untuk melancarkan sirkulasi darah kedaerah yang terkena kista ganglion sehingga hal ini aan mengalirkan drainase cairan. (baca juga: makanan yang bikin gemuk super cepat)
  5. Lidah Buaya – Salah satu tanaman yang jugamemiliki kandungan anti-inflamasi adalah lidah buaya. Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya bisa bermanfaat sebagai obat untuk rasa sakit dan digunakan sebagai obat pembengkakan.
  6. Kunyit – merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat kista honglion. Dalam manfaat sebagai obat kista honglion kunyit memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit pada penderita. (Baca juga: kram perut bawah – gejala kram perut)

Pencegahan Kista Ganglion

Berikut ini merupakan upaya pencegahan agar kita bisa terhindar dari kista ganglion karena kista ganglion merupakan penyakit yang masih belum terlalu jelas dalam penyebabnya.

  • Menjaga hidup sehat – Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kista ganglion merupakan jenis penyakit yang belum diketahui secara jelas penyebabnya sehingga dalam sehari-hari kita harus menerapkan hidup sehat.
  • Menghindari makanan junkfood – Makanan junkfoot merupakan makanan yang tidak sehat karena tidak melewati proses pematangan makanan yang baik. Sehingga jika kita mengkonsumsi makanan junkfoot akan membawa efek buruk seperti berbagai penyakit.
  • Tidak membawa beban berat – Membawa beban berat bisa memacu tumbuhnya kista ganglion apalagi jika terdapat seseorang yang sebelumnya sudah terkena penyakit kista ganglion.
  • Sering-sering untuk memeriksakan diri – Memeriksakan ke dokter beberapa bulan sekali akan membantu kita dalam melakukan sebuah pencegahan penyakit khususnya kista ganglion karena jika terdapat gejala-gejala yang sedikit mencurigakan akan mudah dan cepat untu ditangani.

(Baca juga:  bahaya infeksi saluran kencing – terapi infeksi saluran kemih – antibiotik untuk infeksi saluran kemih)

Sekian merupakan penjelasan dari kista ganglion,semoga kita sama-sama dapat menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit kista ganglion ini. Terima Kasih!.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, June 2017 / 03:35 Oleh :
Kategori : Kista