Sponsors Link

13 Penyebab Kaki Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kesemutan biasa terjadi pada seorang yang sudah berumur, tetapi tidak hanya terjadi pada orang yang berumur saja, tetapi dapat terjadi pada siapa saja. Kesemutan hampir banyak sedikit disebabkan karena mati rasa. Mati rasa biasa disebut sebagai kesemutan. Kaki mati rasa ini perlu penanganan yang dapat dibilang serius, bisa juga hanya membutuhkan penanganan yang biasa saja, tergantung pada apa penyebab kaki kesemutan itu sendiri. Berikut pada artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab dan juga cara mengatasi kesemutan sesuai dengan penyebab kesemutan itu sendiri. Karena beda gejala beda obatnya. Maka harus mengetahui apa penyebab kesemutan sehinga dapat mengetahui obatnya. Untuk mengetahui itu semua dapat diketahui dengan menyimak berikut ini :

ads
  1. Kekurangan mineral

Air mineral sangat dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh, cairan di dalam tubuh berperan sangat penting dalam mengontrol segala yang ada dalam tubuh. Tak terkecuali mengatur kecepatan dalam aliran darah dan kelancaran pergerakan otot serta sendi-sendi yang ada di dalam tubuh. Dengan melakukan terapi air putih dapat membantu memperlancar segalanya. Namun jika terapi air putih tidak dilakukan atau bahkan hampir jarang tidak mengkonsumsi air putih akan menyebabkan seorang mudah menderita kesemutan.

Cara mengatasi :

Kekurangan air mineral memang menjadi penyebab kaki mudah kesemutan. Padahal bahaya kesemutan itu perlu dihindari. Untuk mengatasi kesemutan yang diakibatkan karena kekurangan air mineral adalah dengan mengkonsumsi banyak air mineral dengan cara yang baik. Yaitu dengan mengkonsumsi air paling tidak 2 liter perhari. Ingat hanya 2 liter perhari jangan lebih dari porsinya karena tetap saja ada bahaya akibat terlalu banyak minum air putih.

  1. Terlalu cepat dalam bernafas

Ketika melakukan aktivitas yang banyak dan melelahkan akan mengaggu proses pernafasan, padahal penafasan akan membantu proses melancarkan darah yang akan diedarkan keseluruh tubuh. Untuk itu jika nafas sudah terasa terllu cepat atau sudah merasa sesak nafas segera hentikan aktivitas, agar darah tetap lancar dan tidak terjadi kesemutan

Cara mengatasi :

Ketika kesemutan pada bagian kaki mulai terasa maka gerakan kaki perlahan-lahan sembari mengatur nafas agar nafas dapat berjalan dengan normal lagi, selain itu lakukan relaksasi agar tubuh menjadi rileks dan darah dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan optimal.

  1. Duduk terlalu lama

Mengapa sih kaki merasa kesemutan ? bisa jadi itu karena anda duduk terlalu lama atau melakukan suatu aktivitas seperti menindihi kaki terlalu lama, tentu hal itu akan menyebabkan kesemutan, mengapa bisa ? Tentu saja sangat mudah. Ketika duduk terlalu lama dengan menindih kaki, itu sama halnya dengan memberi tekanan sehingga darah tidak dapat lancar dalam mengedarkan darahnya, itulah mengapa kaki menjadi merasa kesemutan dengan mudah.

Cara mengatasi :

untuk mengatasi kesemutan disebabkan karena duduk terlalu lama ini yang harus dilakukan adalah segera meregangkan kaki gerakan perlahan keatas dan kebawah sedikit demi sedikit, meskipun rasanya agak sakit dan berat tetapi hal ini akan membantu untuk menghilangkan rasa kesemutan, selain itu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tekanan sedikit demi sedikit.

Sponsors Link

  1. Sumbatan darah

Banyak sekali penyebab mengapa darah tersumbat, padahal sumbatan pada darah akan menyebabkan kaki mudah kesemutan jika sumbatan darah itu berada di daerah kaki. Sumbatan pada darah merupakan penyebab kaki kesemutan secara sementara, jadi penyakit ini hanya bersifat sementara. Untuk itu kesemutan akan mudah sembuh dan jarang untuk kembali lagi.

Cara mengatasi :

Rasakan dan cari dimana sumbatan darah itu berada, jika sudah ketemu urut perlahan otot-otot itu agar tidak terjadi keselahan. Otot-otot juga dapat berfungsi dengan normal lagi dan darah dapat mengalir dengan mudah lagi sehingga kesemutan perlahan akan hilang.

  1. Tekanan darah tinggi atau stress

Stress merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah terjadi memang, kadan stress menyebabkan gejala vertigo muncul dan menyebabkan kepala merasa sangat sakit, selain itu ternyata stress mampu menyebabkan kaki menjadi kesemutan.

Cara mengatasi :

Untuk mengatasi stress maka diperlukan segala sesuatu yang membuat tubuh dan pikiran rileks, sehingga darah tinggi akan turun dan stress akan berkurang. Stres jika sudah berkurang darah akan mudah mengalir ke seluruh tubuh.

  1. Menderita diabetes

Gejala diabetes dapat dilihat dengan sangat mudah memang, namun untuk menangani diabetes bukanlah hal yang mudah, diperlukan beberapa terapi yang baik untuk mengatasi diabetes ini. Bahkan penyakit diabetes akan merusak syaraf yang ada di dalam tubuh sehingga akan menganggu proses peredaran darah. Sehingga darah akan terganggu peredarannya sehingga timbul kesemutan.

Cara mengatasi :

Memang tidak mudah mengatasi diabetes. cara mengobati diabetes memang tidaklah mudah, namun terapi dengan sayuran dengan cara mengkonsumsi sayuran untuk diabetes dapat membantu penderita diabetes mengurangi kadar gula yang ada di dalam darah sehingga darah akan kembali perlahan berfungsi dengan normal, selain itu konsumsi pula beberapa makanan untuk mencegah diabetes agar diabetes dapat lekas sembuh.

ads
  1. Memiliki penyakit ginjal

Penyakit ini banyak disebabkan karena mengkonsumsi makanan junk food, padahal bahaya junk food pada kesehatan sangat tidak baik. Oleh sebab itu hindari junk food agar tidak terkena penyakit ginjal dan tidak akan memiliki penyakit kesemutan yang berkepanjangan.

Cara mengatasi :

Cara mengatasi penyakit kesemutan akibat ginjal ini salah satunya adalah dengan merawat ginjal agar ginjal dapat pulih dan kembali sehat. Jika ginjal sudah kembali dengan sehat maka tubuh akan kembali menerima darah dengan normal dan kesemutan perlahan akan hilang.

  1. Memiliki penyakit hati

Begitu pula dengan penyakit hati, kelainan pada hati dapat menyebabkan penderita menjadi mudah kesemutan. Hati merupakan organ yang dibutuhkan tubuh untuk membantu dalam mengeluarkan racun. Jika gangguan pada hati ini terjadi makan gangguan pada syaraf pun akan terjadi sehingga syaraf yang terganggu akan membuat aliran darah juga terganggu.

Cara mengatasi :

Untuk menangani penyakit hati ini dan cara mencegah kerusakan hati ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik untuk hati. Menjaga kesehatan hati dengan menjaga makanan apa saja yang boleh masuk kedalam hati. Jangan sampai ada lemak di hati yang akan menyebabkan hati semakin parah.

  1. Menderita stroke

Stroke adalah penyakit dimana penyakit itu disebabkan karena ada sebagian syaraf yang tidak berfungsi dengan normal, jika syaraf itu adalah syaraf yang mengontrol syaraf pada kaki sedangkan terjadi stroke disana akan membuat kaki mati rasa atau kaki mudah merasa kesemutan.

Cara mengatasi :

Stroke ini dapat diatasi dengan cara terapi syaraf, atau mengkonsumsi makanan yang dapat membuat syaraf menjadi lebih sehat. Itu sebabnya mengapa banyak orang yang menderita stroke mengobati dengan terapi syaraf. Dengan menggunakan terapi syaraf jika stroke kembali berfungsi dengan normal maka akan menyebabkan kesemutan perlahan akan hilang sehingga kesemutan tidak akan dirasakan lagi.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan

Obat-obatan pun memiliki pengaruh yang cukup banyak terhadap ketenangan syaraf. Bagi seorang yang banyak mengkonsumsi obat-obatan itu berarti akan membuat beberapa syaraf menjadi ketergantungan pada obat-obatan sehingga syaraf tidak mampu untuk berfungsi dengan normal lagi. maka dari itu untuk menangani agar tidak terjadi kesemutan yang berkepanjangan jangan sering mengkonsumsi obat-obatan yang membuat anda kecanduan atau berdosis tinggi. Gunakan beberapa obat herbal terlebih dahulu untuk menangani penyakit yang anda derita.

  1. Terdapat peradangan pada pembuluh darah

Jika pembuluh darah terjadi peradangan, secara otomatis darah juga akan terganggu dan tidak akan bisa berfungsi dengan baik dan berfungsi dengan normal. Itu sebabnya darah akan sering tersumbat, padahal sumbatan pada darah akan menganggu darah mengalir ke seluruh tubuh. Dimana jika darah tidak mengalir dengan baik ke seluruh tubuh dapat menyebabkan kesemutan pada bagian yang tidak teraliri darah atau lebih sering kesemutan pada kaki.

  1. Memiliki gangguan pada tulang belakang

Selain pembuluh darah yang bermasalah, tulang belakang merupakan salah satu hal yang cukup penting yang dapat digunakan untuk memberikan refleks pada tubuh sehingga jika tulang belakang tidak berfungsi dengan normal akan mengganggu syaraf sehingga syaraf mudah merasa kesemutan dan akan merasa selalu terganggu. Hingga aktivitas setiap hari akan terganggu

  1. Penyakit lain pada persendian

Penyakit pada daerah persendian akan mengganggu tubuh terutama pada bagian syaraf. Sehingga sangat mudah terjadi kesemutan pada daerah kaki. Karena kaki merupakan penompang dari seluruh tubuh sehingga sangat rawan dan sering meras kan kesemutan.

Ada dua penyebab kesemutan yang pertama karena gerak darah yang tidak rutin atau yang tersumbat hingga darah menjadi tersumbat dan merasa kesemutan adapula yang dikarenakan beberapa penyakit seperti halnya yang telah dijelaskan diatas pun memang dapat menyebabkan kesemutan. Hal itu hampir semua disebabkan karena beberapa penyakit itu menyebabkan darah tidak dapat berfungsi dengan normal dan beberapa otot-otot pun tidak berfungsi dengan normal, maka kesemutan akan lebih mudah dirasakan. Untuk itu jika kesemutan sering terjadi karena menderita penyakit yang sudah dijelaskan diatas sebaiknya segera lakukan hal-hal seperti perenggangan agar darah, otot dan persendian lebih rileks sehingga kesemutan dapat sembuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 31st, July 2016 / 08:48 Oleh :
Kategori : Kesemutan