Sponsors Link

Cara Mengobati Salah Urat Dengan Aman dan Cepat

Sponsors Link

Cara mengobati salah urat merupakan upaya untuk meredakan dan menyembuhkan cedera pada jaringan lunak akibat gerakan berlebihan yang menarik otot. Salah urat bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja dengan frekuensi rasa nyeri yang berbeda Salah urat bisa menimpa segala usia yang biasanya muncul karena aktivitas yang sedang dijalani.

ads

Pengobatan

Cara mengobati salah urat yang mudah dilakukan sendiri dirumah dan terbukti manjur menyembuhkan rasa nyeri serta pembengkakan yang mungkin terjadi.

1. Kompres air es
Salah urat dapat menyebabkan peradangan berupa pembengkakan yang diiringi rasa nyeri. Ambilah saputangan atau handuk yang didalamnya terdapat bongkahan batu es lalu bungkuslah. Gunakan untuk mengompres bagian tubuh yang terserang salah urat atau pembengkakan akibat terkilir. Sebelum tidur oleskan garam yang telah ditambahkan minyak kelapa serta asam kawak(asam jawa) yang telah dihaluskan.

2. Kompres air jahe hangat
Mengompres dengan air jahe hangat pada area tubuh yang mengalami bengkak dan nyeri akibat salah urat dapat menghangatkan dan memberikan efek menenangkan bagi urat yang sedang mengalami cedera.

3. Lumuri parutan jahe
Parutlah jahe lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat salah urat. Biarkan beberapa menit lalu ulangi kembali mengoleskan sisa parutan jahe pada tempat yang sakit. Ulangi beberapa kali agar rasa sakit menjadi hilang dan salah urat bisa disembuhkan. Efek samping jahe terbukti tidak ada ketika digunakan untuk pengobatan luar walaupun berulangkali digunakan misalnya untuk pengolesan bagian tubuh yang terkilir atau salah urat.

4. Basuh dengan air arang
Ambilah arang dari batok kelapa yang masih memiliki panas atau bara. Masukan arang tersebut pada seember air lalu biarkan arang meresap sesaat bergabung debgan air. Setelah itu gunakan untuk membasuh bagian tubuh yang terkena salah urat misalnya bagian kaki, Tangan, Bahu atau leher.

5. Balut kain berisi parutan kencur
Parutlah kencur yang telah dibersihkan lalu bungkuslah dengan kain tipis kemudian aplikasikan pada wilayah tubuh yang sakit akibat salah urat atau terkilir. Biarkan balutan tersebut selama 30 menit lalu ulangi kembali dengan parutan kencur yang baru agar khasiatnya dapat maksimal meresap kedalam otot dan urat yang sedang mengalami cedera.

6. Balurkan parem
Parem kocok merupakan obat gosok untuk urat terkilir yang dibuat dari bahan bahan herbal alami seperti lempuyang, temulawak, dan lain lain yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, Menghilangkan efek rasa nyeri dan menyembuhkan salah urat dengan cepat. Parem bersifat hangat dan mampu melancarkan aliran darah yang sempat terhambat akibat cedera yang menyerang bagian urat yang terkilir atau salah urat.

Sponsors Link

7. Bawang putih
Bawang putih mentah memiliki kandungan zat anti peradangan dan antibiotik terbaik untuk mengatasi salah urat yang telah atau belum diikuti dengan pembengkakan. Bawang putih memiliki kemampuan untuk melemaskan ketegangan otot, otot kaku, melegakan saraf dan urat halus pada jaringan semua tubuh yang mengalami terkilir atau salah urat. Haluskan satu siung bawang putih lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit. Bawang putih mentah relatif aman untuk pengobatan salah urat tetapi banyak yang belum mengetahui jika bahaya bawang putih mentah juga bisa muncul yaitu ketika dimakan tanpa media perebusan atau pengukusan terlebih dahulu.

8. Seledri dan garam
Selain mendapat predikat sebagai sayuran ternyata seledri berguna untuk meredakan peradangan dan rasa nyeri pada bagian tubuh mana saja yang disebabkan salah urat. Oleskan berulangkali seledri dan garam yang terlebiuh dahulu telah dihaluskan.

9. Bunga mawar dan daun dewa
Bunga mawar dan daun dewa dapat direbus secara bersamaan dan airnya bisa disaring kemudian diminum. Air rebusan dua bahan herbal tersebut mampu menyembuhkan keluhan salah urat seperti nyeri , Muncul pembengkakan dan sulit untuk digerakan. Ramuan manjur ini harus konsisten dikonsumsi secara teratur yaitu dua kali sehari atau sampai salah urat sembuh.

10. Daun gandarusa dan temu putih
Daun gandarusa dan temu putih dapat dihancurkan terlebih dahulu kemudian ambil sarinya dan oleskan pada tubuh yang mengalami salah urat misalnya pergelangan tangan, Kaki atau bagian leher. Kedua bahan herbal ini dapat menghangaykan, Menenagkan urat yang sedang tegang, Kaku dan cedera secara bertahap. Rajinlah memngoleskannya pada bagian tubuh yang sakit dan agar proses penyembuhanya lebih cepat rebuslah daun gandarusa lalu saring airnya kemudian minumlah setiap hari satu kali.

11. Daun sirih, Daun pare dan Daun cabai
Haluskan daun sirih, Daun pare dan daun cabai hingga benar benar halus. Balurkan pada bagian tubuh yang sakit dan kram akibat serangan salah urat . Ketiga daun mujarab ini mampu menghilangkan rasa nyeri, Mengempiskan pembengkakan dan mengembalikan posisi urat kembali normal akibat gerakan yang berlebihan akibat aktivitas sehari hari.

12. Kunyit dan air lemon
Haluskan kunyit lalu teteskan air jeruk lemon secukupnya. Oleskan ramuan yang memiliki zat anti peradangan yang aktif ini pada bagian tubuh yang salah urat misalnya bagian leher, Pergelangan kaki , Pergelanagn tangan, Punggung, pinggang dan lain lain.

13. Minyak rosemary dan minyak kayu putih
Gbungan antara minyak rosemari dan kayu putih dapat meregangangkan otot serta urat yang kaku dan nyeri akibat gerakan tubuh yang mendadak ketika sedang beraktivitas. Urat yang terkilir dapat segera sembuh jika rajin mengoleskan minyak tersebut pada pagi dan malam sebelum tidur.

ads

Pengobatan cara lain

  • Cara mengobati salah urat dalam bentuk yang lebih modern adalah menggunakan obat yang mengandung zat kimia tertentu yang mampu menyembuhkan salah urat misalnya mengkonsumsi obat jenis non-steroidal anti inflamasi dan Acetaminophin.
  • Menggunakan metode Transcutaneous electrical nerve stimulation (Tens) yaitu bentuk cara pengobatan salah urat yang ampuh modern dengan mengandalkan atau menggunakan mesin tertentu yang dapat mengirinkan sinyal dan efek ulsa listrik ke area tubuh yang mengalami salah urat atau terkilir, Misalnya pada kaki, Pinggang, Bagian tangan , punggung dan lain lain. Ulsa listrik akan memerangi rasa nyeri dan pembengkakan yang telah terjadi sehingga salah urat dapat cepat dipulihkan.
  • Pengolesan dengan krim khusus untuk penyembuhan urat terkilir atau salah urat yang didalamnya mengandung zat anti radang, Antibiotik dan penghilang rasa nyeri. Cocok untuk mengobati salah urat pada anak anak karena dinilai lebih praktis.
  • Cara mengobati salah urat dengan berbagai cara tradisional dan medis dapat diimbangi dengan mandi rebusan air sereh dan sirih yang dituangkan kedalam ember ukuran besar atau sesuai dengan kebutuhan masing masing. Sereh dan sirih mampu menenangkan saraf , Urat serta aliran darah menjadi lancar dan mempercepat pengempisan pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan akibat salah urat.

Pengobatan dengan meetode R.I.C.E

1. Rest (istirahat total)
Rest yang dimaksud adalah istirahat tanpa melakukan aktivitas yang membutuhkan gerakan gerakan yang menyebabkan peradangan pada salah urat semakin sulit disembuhkan dengan waktu yang relatif cepat.
Hindari pemijatan Bagian tubuh yang menderita salah urat sebaiknya tidak menjalani metode pemijatan yang hanya akan memperparah kondisi urat yang sedang mengalami cedera.Pemijatan dilarang karena dikhawatirkan posisi , Arah pemijatan dan frekuensi penekanan yang salah maka kondisi urat akan semakin mendapat tekanan dari dalam yang bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan jika terjadi pada pergelangan kaki maka seseorang akan menderita kesulitan berjalan sesudahnya. Sebaiknya pemijatan hanya boleh dilakukan oleh para pakar atau ahli dalam bidangnya. Biasanya akan dilakukan terapi fisik agar urat yang mengalami rasa nyeri akibat terkilir dapat dikembalikan pada kondisi yang seharusnya.

2.Ice (Mengompres dengan es batu/ air es)
Mengompres bagian tubuh yang terkilir atau salah urat dengan es batu atau dengan air es dengn menggunakan kain tipis atau handuk kecil berulangkali. Akan lebih baik lagi jika meminum rebusan daun gandarusa agar proses penyembuhan salah urat mudah disembuhkan.

3. Compression (perban khusus)
Menggunakan perban khusus dengan bahan yang elastis dan kuat tak mudah lepas (mengendur) yang diformulasikan untuk menekan urat yang terkilir dan menjaga agar bagian tubuh yang mengalami salah urat tersebut tetap pada posisinya dan tidak mendapatkan gerakan yang bisa menimbulkan rasa nyeri ketika sedang berjalan. Hendaknya didukung dengan penggunaan tongkat khusus pada salah satu atau kedua kaki jika memang salah urat berada pada lokasi kaki.

4. Elevation
Elevation adalah meletakan sala urat yang terjadi pada kaki atau tangan pada posisi yang lebih tiggi agar peredaran darah lebih lancar dan mempercepat peradangan serta rasa nyeri berkurang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 02:22 Oleh :
Kategori : Keseleo