Sponsors Link

Gizi Buruk pada Anak dan Orang Dewasa – Ciri, Penyebab dan Pencegahan

Sponsors Link

Gizi buruk adalaah keadaan seseorang yang didalam tubuhnya tidak mendapatkan asupan gizi atau nutrisi yang memadai.

ads

Jika mempunyai menu makanan favorit yang mengandung banyak protein tetap lanjutkan tetapi harus mengkonsumsi makanan jenis lain yang mengandung zat gizi lain. Karena jika mengandalkan makanan kesukaan saja maka tubuh akan kekurangan gizi lengkap dan dapat dimasukan dalam kategori gizi buruk. Apa maksudnya?

  • Jika apa yang kita santap terdapat semua nutrisi yang dibutuhkan maka bisa dipastikan tubuh tidak akan terserang gizi buruk. Karena pada dasarnya vitamin, mineral, protein, zat besi, kalsium dan lain lain saling berkaitan dalam menjaga kesehatan organ tubuh, jadi jangan mengkonsumsi makanan yang hanya mengandung satu atau dua zat gizi saja, misalnya hanya mengandung protein atau kalsium saja atau yang mengandung vitamin saja dan lain-lain sebagainya. Karena jika nutrisinya tidak lengkap pada makanan harian Anda, maka Anda bisa masuk sebagai golongan gizi buruk. ( baca : Makanan yang Mengandung Protein Tinggi )

Jika Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap setiap hari walaupun dalam porsi sedikit tetapi dikonsumsi secara teratur, maka anda akan sehat setiap hari. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Makan teratur sehari 3 kali dengan porsi yang kecil, tetapi didalam setiap yang dimakan lengkap mengandung vitamin, serat, mineral dan protein atau zat nutrisi lain, maka pemenuhan kebutuhan nutrisi harian akan selalu tercukupi dengan baik.
  • Makan dengan porsi yang besar dan dilakukan lebih 3 kali dalam sehari tidak akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh jika apa yang disantapnya tidak memenuhi standar kesehatan makanan 4 sehat lima sempurna. Makan banyak tanpa gizi yang memadai hanya akan membuat perut kenyang tetapi tidak mendapatkan keuntungan bagi peningkatan kesehatan tubuh. Jika keadaan ini terus menerus terjadi maka anda bisa masuk sebagai golongan gizi buruk.

Baca juga :

Perbedaan Kurang Gizi dengan Gizi Buruk

Apakah kurang gizi berbeda dengan gizi buruk ?

Perbedaan kurang gizi dan gizi buruk hanya sedikit saja namun memiliki mekanisme alasan yang sangat berbeda, diantaranya:

1. Kurang Gizi

Pengertian kurang gizi pada anak-anak adalah karena kurangnya asupan nutrisi yang memadai di dalam tubuhnya karena berbagai alasan misalnya tidak adanya biaya yang cukup untuk membeli makanan yang memenuhi standar kesehatan setiap hari dalam keadaan yang teratur dan konsisten.

2. Gizi Buruk

Pengertian dari gizi buruk adalah asupan gizi yang tidak terpenuhi karena tidak dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum makanan dikonsumsi atau asal kenyang saja.

Ciri-ciri

Ciri-ciri seseorang yang terkena gizi buruk bukan hanya terlihat dari tampilan fisik seseorang yang nampak kering dan kurus dengan wajah yang kusam dan terlihat lebih tua dari usianya saja tetapi dapat berdampak lain, diantaranya :

  • Mengalami anemia ( baca : Cara Mengatasi Anemia )
  • Terserang diare yang berkepanjangan
  • Tinggi tubuh yang lambat (bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan)
  • Mudah terserang penyakit atau tubuh mudah jatuh sakit
  • Memiliki kondisi rambut yang tidak sehat, misalnya rambut memerah bercabang, kering dan kusam
  • Bagi bayi yang mendapaat gizi buruk maka akan sering menangis dan rewel karena tubuhnya merasa tidak nyaman
  • Otot-otot disekitar jaringan kulit terdalam akan mengecil dan mengalami penyusutan karena asupan mineral, vitamin dan protein yang tidak memadai
  • Warna kulit pucat dan kusam bahkan ada yang kearah warna kehitaman dan kebiruan. Kulit yang kurang asupan gizi dapat mengalami banyak sisik, kering, mengerut dan bisa mengalami pengelupasan dengan sendirinya karena sel kulit tidak memiliki sel kolagen yang baik dan minyak alami kulit yang telah habis

Sponsors Link

  • Terjadi pembengkakan di sekitar wajah yang ukurannya tidak seimbang dengan tubuh (lebih besar)
  • Kulit mudah terkena infeksi dan peradangan ketika ada luka. Hal itu dikarenakan daya tahan tubuhnya menurun
  • Wajah nampak kusam, kering dan lebih tua dari usia yang sebenarnya, karena kolagen yang ada dibawah kulit berkurang sedangkan jumlah minyak alami yang ada pada kulit menurun
  • Jaringan pada lemak yang ada pada bawah kulit tidak terlihat, karena kurangnya asupan mineral dan vitamin B komplek serta kurangnya asupan lemak tak jenuh pada tubuh ( baca : Makanan yang Mengandung Vitamin B Kompleks Tinggi )
  • Tumbuh kerutan halus pada bagian wajah, leher dan jaringan permukaan kulit. Kulit kehilangan keseimbangan minyaknya sehingga kulit cenderung kering dan mudah keriput, ini berlaku bagi pria dan wanita dengan golongan usia ayang tidak terbatas

Artikel terkait : Macam-macam Mineral dan Fungsinya bagi Tubuh

Faktor Penyebab

Kurang gizi pada anak-anak atau orang dewasa bukan hanya semata mata dikarenakan faktor kemiskinan atau faktor ekonomi yang rendah tetapi bisa juga terjadi karena faktor lain yang menyebabkan gizi buruk, diantaranya:

1. Pada Anak-anak atau Balita

Balita atau anak-anak yang dibiasakan dengan didikan untuk mengkonsumsi makanan apa saja tanpa mempertimbangkan tingkat gizi yang terkandung didalamnya adalah faktor yang dapat memicu tubuh jadi kekurangan nutrisi akibat gizi buruk (makan yang asal kenyang saja).

2. Pada Orang Dewasa

Pada orang dewasa dapat mengalami gizi buruk pada tubuhnya jika tidak dapat mengatur pola makannya dengan kebiasaan yang buruk misalnya mengkonsumnsi makanan yang tidak berstandar 4 sehat 5 sempurna. Karena kesibukan kerja atau karena aktifitas rutinitas sehari hari yang banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran sebagai pemicu seseorang untuk makan makanan yang asal kenyang saja atau tidak lagi mempertimbangkan nilai gizi yang terkandung didalamnya, mengandung minyak jenuh atau tidak, mengandung daging olahan atau tidak dan sebagainya. Jika kondisi ini bertahan dalam rentan waktu yang lama maka orang tersebut akan terserang gizi buruk yang akan mempengaruhi kualitas kesehatan organ tubuh dan energi yang ada didalam tubuh.

Baca juga : Contoh Lemak Jenuh pada Makanan

Pengaruh Gizi Buruk terhadap Konsentrasi dan Imunitas Tubuh

  • Pada orang orang dewasa yang setiap hari melakukan aktifitas rutin kerja jika tidak menjaga makanan yang memiliki nutrisi lengkap maka tubuhnya akan mengalami penurunan daya tahan tubuh serta kehilangan konsentrasi ketika sedang terjebak pada kesibukan yang membutuhkan pemikiran dan analisa misalnya sedang di depan komputer ( baca : Bahaya Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer ), sedang dalam kondisi presentasi dan lain lain.
  • Kurang asupan gizi yang memadai dapat mengganggu jaringan sel otak dan menghambat ketajaman otak dalam beranalisa ataupun berfikir karena otak tidak memiliki kemampuan yang cukup dalam menjaga keseimbangan dan kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan otak itu sendiri.
  • Kurang asupan gizi lengkap yang memadai dapat mengganggu keseimbangan metabolisme yang akhirnya menurunkan kekebalan tubuh. Jika imunitas tubuh sudah menurun maka jaringan organ tubuh tidak dapat menghalau radikal bebas yang didalamnya terdapat bakteri, virus atau partikel beracun lain yang dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga :

Pencegahan

1. Pada Bayi

  • Untuk bayi yang masih pada usia dibawah 2 tahun berikan ASI secara eksklusif dan teratur, agar menjaga tubuhnya tidak kekurangan gizi. ASI memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  • Untuk balita yang berusia 3 tahun keatas dapat diberikan setiap hari makanan yang memiliki nutrisi lengkap dan bervariasi. Misalnya sayur bayam yang digabung dengan ikan goreng dan minuman madu hangat atau sayur sop, daging ayam atau telur yang digabungkan dengan menu tempe atau tahu goreng dan sebagainya. Menu yang bernutrisi tidak selamanya harus mahal tetapi makanan yang diolah sendiri yang didalamnya cukup mengandung vitamin, mineral ( baca : Akibat Kekurangan dan Kelebihan Mineral ), serat, protein dan zat lainnya yang mendukung kesehatan setiap hari.

2. Pada Orang Dewasa

sponsored links

  • Bagi orang dewasa biasakan mengkonsumsi makanan dengan standar 4 sehat 5 sempurna setiap hari dengan porsi yang sedang tetapi berkesinambungan dan teratur. ( baca : Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna )
  • Bagi orang dewasa yang sibuk dengan aktifitas kerja dan tidak memperdulikan asupan gizinya ketika sedang lapar sebaiknya menyimpan beberapa makanan bernutrisi tinggi misalnya gandum utuh, sereal atau oat yang bisa diseduh dengan air panas. Makanan tersebut dapat meningkatkan stamina dan dapat memenuhi asupan gizi harian agar tubuh terhindar dari gizi buruk.
  • Mengkonsumsi susu setiap hari atau sehabis melakukan aktifitas yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran karena susu dapat memenuhi nutrisi lengkap bagi pemenuhan kalsium, protein, dan vitamin.

Artikel terkait :

3. Pada Anak-anak dan Orang Dewasa

Pada semua umur dan jenis kelamin boleh mengkonsumsi suplemen dan multivitamin untuk pelengkap nutrisi harian namun tetap harus sesuai dengan anjuran dokter atau ahli gizi. Jika anda merasa dalam satu hari beraktifitas belum mengkonsumsi nutrisi lengkap maka mengkonsumsi suplemen adalah jalan terbaik untuk merncegah tubuh terserang gizi buruk. ( baca : Bahaya Akibat Kelebihan Multivitamin )

Tips Mencegah Gizi Buruk

Tips mencegah gizi buruk pada anak-anak lebih mudah diterapkan melalui pemberian secara teratur buah-buahan yang digabungkan dengan sayuran secara langsung misalnya dengan membuat jus, jika anak-anak tidak mau maka pemberian suplemen makanan sangat dianjurkan.

  • Buah strawberry dan brokoli kukus yang diblender bersama lalu tambahkan susu. Maka cita rasanya akan semakin lezat dan bernutrisi tinggi, sangat baik bagi kesehatan tubuh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  • Buah mangga manis dan beberapa daun bayam yang telah direbus yang diblender bersama lalu tambahkan susu maka akan didapat nutrisi yang sangat baik bagi anak-anak yang terserang kelelahan ( baca : Penyabab Cepat Lelah ), anemia dan untuk pemenuhan vitamin A dan C.
  • Buah naga ( baca : Khasiat Buah Naga ) dan perasan air wortel yang diblender bersama lalu tambahkan madu atau yoghurt maka tubuh anak-anak akan terhindar dari kadar gula yang meningkat dalam darah dan memperbaiki jaringan mata mereka agar tetap sehat.
  • Buatlah agar-agar yang berbahan dasar dari rumput laut yang diaduk dalam air panas atau mendidih lalu campurkan irisan buah nanas atau melon dan tambahkan susu serta madu kemudian simpan pada lemari es selama 30 menit. Maka agar-agar tersebut akan disukai anak-anak karena selain memiliki rasa yang lezat, aroma yang nikmat, warna yang menggoda tetapi mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh anak dari serangan radikal bebas.
  • Buatlah susu yang dicampur dengan kedelai rebus yang telah diambil sarinya lalu tambahkan irisan kecil-kecil dari buah naga merah atau melon. Rasanya sangatlah nikmat dan cukup baik untuk pemenuhan vitamin, mineral, zat besi dan protein yang cukup untuk gizi harian anak-anak. ( baca : Khasiat Susu Sapi Murni )

Baca juga :

Pentingnya Asupan Gizi Seimbang sejak Usia Dini Agar Terhindar dari Gizi Buruk

  • Gizi buruk yang dialami anak-anak pada masa pertumbuhan jika tidak segera diperbaiki akan mempengaruhi perilaku, cara berfikir dan pertumbuhan tinggi badannya karena pada usia itulah asupan gizi benar-benar dapat diserap tubuh dengan cepat dan dapat di pakai oleh semua organ tubuhnya.
  • Jika sudah beranjak dewasa misalnya diatas usia 20 tahun kelengkapan nutrisi harian baru terpenuhi maka proses tinggi badannya tidak akan meningkat lagi dengan cepat karena jaringaan tubuhnya sudah ikut menua dan tidak memproses pertumbuhan seperti masa kanak-kanak. ( baca : Akibat Kekurangan Gizi pada Balita hingga Orang Dewasa )
  • Disarankan untuk memenuhi kecukupan nutrisi sejak usia dini agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya dapat berubah dengan cepat dan tepat sesuai dengan usia organ tubuhnya yang masih bisa berkembang secara berkesinambungan.

Pemahaman tentang gizi buruk masih sangat diperlukan masyarakat luas sehubungan masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya asupan nutrisi seimbang untuk menjaga kesehatan sehari-hari. Hal ini bukan hanya berlaku untuk anak-anak terapi bagi orang dewasa juga yang karena kesibukan kerja sebagian dari mereka masih banyak mengkonsumsi makanan siap saji atau junk food dan tidak memperdulikan nilai gizi yang terkandung didalamnya.

Artikel terkait :

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 01:52 Oleh :
Kategori : Kekurangan Gizi