Sponsors Link

11 Ciri Ciri Busung Lapar Pada Anak dan Orang Dewasa

Sponsors Link

Ciri ciri busung lapar merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan protein atau asupan nutriasi lain dalam panjang yang biasanya dialami anak anak . Penyakit busung lapar atau istilah medis adalah honger oedema adalah penyakit yang masih saja terjadi dibeberapa negara afrika atau negara yang sedang mengalami konflik perang sehingga pemenuhan gizi seimbang sulit terwujud dalam kehidupan sehari hari. (Baca Juga:Kandungan Gizi Pisang  , Gizi Buruk pada Anak dan Orang Dewasa)

ads

Kondisi yang Mendukung Munculnya Penyakit Busung Lapar

  1. Malagizi

Malagizi adalah kondisi ketika tubuh sedang mengalami kekurangna pasokan nutrisi makanan dalam bentuk karbohidrat (nasi. Gandum, Umbi umbian atau roti), Dlam bentuk protein (jenis ikan ikanan, Daging, Susu atau sayuran segar), Dlam bentuk vitamin (buah buahan yang mengandung vitamin A,B,C,D,E,K ). Dalam bentuk mineral (kalium, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Seng dan lain lain) (Baca Juga: Vitamin untuk Badan Letih  , Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral)

  1. Marasmus

Marasmus adalah kondisi ketika tubuh sedang dalam keadaan kekurangan asupan kalori dan protein dalam jangka panjang dimana ketersediaan makanan yang mengandung energi dan protein tidak memenuhi terpenuhi tiap harinya, walaupun nutrisi lain mungkin sedikit saja terpenuhi misalnya vitamin dan mineral saja. (Baca Juga: Penyebab Marasmus , Efek Samping Pil KB)

  1. Kwashiorkor

Kwashiorkor adalah kondisi tubuh saat kekurangan nutisi protein saja namun dalam jangka panjang sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan otot, Tulang . Kulit dan darahnya. Seseorang yang tubuhnya kekurangan protein dalaa jumlah banyaak dan terus menerus maka tubuhnya akan lemas, Tidak mampu berjalan jauh dan mudah kelelahan yang diiringi dengan nyerinya dada. (Baca Juga: Penyebab Cepat Lelah , Penyebab Tangan Lemas Sebelah)

Ciri-ciri Busung Lapar

Penyakit busung lapar paling sering meninpa anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan tetapi tidak menutup kemungkinan dapat menimpa para dewasa jika memang pemenuhan gizi seimbang sehari hari tidak terpenuhi dalam jangka panjang.

  1. Perubahan pada karakter wajah

Salah satu ciri ciri busung lapar adalah munculnya pembengkakan pada wajah, Kelopak mata sembab dan ukuran kepala menjadi terlihat lebih besar dari tubuh. Kondisi mata sayu dan bahkan pada beberapa orang bola mata terlihat menonjol dan nampak lebih besar dari ukuran normal. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Sembab dengan Cepat)

  1. Perubahan pada punggung

Punggung mengalami pembengkakan adalah ciri ciri busung lapar, Dimana ketika ditekan dengan jari maka akan meninggalakan jejak cekungan pada kulit. Pada beberapa kasus busung lapar yang telah terjadi selama bertahun tahun maka punggung akan terlihat lebih membungkuk. (Baca Juga: Terapi Punggung Bungkuk  , Penyebab Sakit Punggung)

Sponsors Link

  1. Badan kurus

Pada orang orang yang terkena ciri ciri busung lapar maka akan memiliki massa otot yang sangat rendah dan kondisi inilah menjadi salah satu penyebab badan kurus tidak bisa gemuk sehingga tubuhnya terlihat tipis dan Kecil hingga lingkar lengannya mencapai kurang dari 13 centimeter. Kondisi bukan hanya menimpa anak anak tetapi juga pada orang dewasa. (Baca Juga: Cara Agar Tubuh Berisi Tidak Kurus )

  1. Perubahan pada kulit

Ciri ciri busung lapar yang paling umum adalah kulit akan mengalami ruam ruam, Kemerahan yang makin lama akan menyebar dan meluas pada area permukaan kulit lain. Warna kemerahan pada kulit akan berubah menjadi menjadi kecokelatan bahkan kehitaman lalu mudah mengalami pengelupasan dan infeksi ketika asupan gizi berlangsung dalam jangka panjang. Kulit akan semakin kering, Keriput dan nampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Terasa Panas Dan Perih  , Penyebab Kulit Gatal )

  1. Perubahan pada rambut

Penyakit busung lapar seringkali menyebabkan kekuatan akar rambut menurun dan minyak alami yang ada dipermukaan kulit kepala menjadi berkurang sehingga rambut mudah rontok, Mudah menipis, Warnanya cenderung kemerahan, Helai rambut mudah dicabut, Terserang kebotakan dini, Kutikel batang rambut Kusam dan patah patah. Ciri ciri busung lapar yang mudah terlihat adalah munculnya penipisan rambut yang berlangsung sangat cepat. (Baca Juga: Penyebab Kebotakan , Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok Parah )

  1. Infeksi

Pada orang orang yang terserang penyakit busung lapar maka daya tahan tubuhnya cenderung menurun dan tidak stabil sehingga mudah terserang luka dan proses penyembuhannya sangat lambat. Ciri ciri busung lapar adalah Luka luka yang telah terbentuk walaupun mungkin hanya karena tergores saja namun akan mudah mengalami infeksi karena faktor polutan udara yang telah terkontiminasi dengan bakteri atau virus. (Baca Juga:  Penyebab Perut Buncit )

  1. Anemia

Penyakit busung lapar dapat menyebabkan seseorang tidak nafsu makan sehingga memicu kurangnya sel sel draah merah dan putih yang nantinya menjadi biang keladi munculnya penyakit anemia. Ciri ciri busung lapar adalah seseorang terkena anemia yang tak kunjung sembuh. Untuk awal pencegahan konsumsilah banyak sayuran hijau karena sayuran penambah darah untuk melawan anemia sangat mudah diperoleh diberbagai pasar tradisional dan supermarket. (Baca Juga: Obat Anemia Aplastik  , Makanan Sehat untuk Anemia )

  1. Gangguan psikologis

Pada anak anak yang menderita busung lapar seringkali menjadi lebih aktif untuk rewel, Menangis, Stres, Uring uringan dan kesulitan tidur. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka pertumbuhan motorik dan organ tubuh bagian dalam akan mengalami keterlambatan dan anak anak akan sulit untuk cepat tinggi. (Baca Juga: Gejala Skizofrenia , Akibat Sering Menghisap Ganja)

  1. Perubahan pada bentuk perut

Ciri ciri busung lapar yang paling umum adalah rongga perut membesar dan bentuk perutpun menjadi condong turun kebawah layaknya seperti ibu hamil. Tulang iga atau rusuk akan mudah terlihat akibat ukuran perut yang terlalu besar. (Baca Juga: Obat Sakit Perut saat Haid , Akibat Perut Buncit )

  1. Terserang diare

Ketika tubuh kekurangna zat nutrisi seperti protein, Karbohidrat , Vitamin dan minewral dalam jangka panjanag maka seseorang akan terserang diare. Diare muncul akibat sistem pencernaan yang tidak sehat. Ketidakadaanya nutrisi yang cukup didalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi dari sistem pencernaan misalnya lambung, Usus, Kandung kemih atau organ pembuangan terakhir. (Baca Juga: Bakteri Penyebab Diare , Penyebab Diare pada Anak )

Sponsors Link

  1. Daya ingat menurun

Penyakit busung lapar yang berlangsung bertahun tahun dapat menyebabkan kerusakan pada sel sel otak sehingga otak kehilangan kemampuannya untuk mengolah koordinasi daya ingat terhadap sesuatu. Ciri ciri busung lapar adalah daya ingat menurun, Tidak mampu berkonsentrasi, Kemajuan motorik dan memori anak mengalami pemunduran dan bahkan bisa menyebabkan seseorang menjadi bodoh (tidak mampu mengolah dan mengkoordinasi informasi dari luar tubuh untuk kemudian dingat dimasa depan). (Baca Juga: Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dalam Belajar , Cara Meningkatkan Konsentrasi )

Pencegahan Agar Tidak Kekurangan Gizi

  1. Bayi

Pada bayi sebaiknya kionsisten memberikan ASI sampai usianya menginjak 1 atau 2 tahun, Hal ini untuk memenuhi kebutuhahn nutrisinya sehari hari. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi karena didalam ASI terkandung semua nutrisi lengkap yang dibutuhkan bayi. (Baca Juga: Khasiat Susu Sapi Murni)

  1. Anak anak

Memberikan anak anak usia dini makanan yang berstandar 4 sehat 5 sempurna setiap hari tidak harus mahal tetapi apa yang dimakan memenuhi standar gizi kesehtan misalnya terdapat karbohidrat, Protein, Mineral, Vitamin, Serat, Zat besi dan lain lain. (Baca Juga; Penyebab Gizi Buruk)

  1. Dewasa

Cara mengatasi kekurangan gizi paling efektif sekaligus Mempertahankan kualitas makanan agar tetap berstandar 4 sehat 5 sempurna pada orang dewasa dan lanjut usia terletak pada pemahaman dan pengertian terhadap nutrisi yang ada pada setiap bahan makanan sebelum dibeli lalu dikonsumsi. Hal itu sangat penting guna mencegah munculnya ciri ciri busung lapar. (Baca juga:  Menu Sehat untuk Anak Kurang Gizi)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 20th, April 2017 / 06:03 Oleh :
Kategori : Kekurangan Gizi