katarak

Katarak menjadi salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Katarak adalah penyakit yang menyerang organ penglihatan atau mata. Penyakit ini muncul karena lensa mata tidak berfungsi dengan benar sehingga menghalangi cahaya yang harus masuk ke retina. Katarak menyebabkan kebutaan karena organ retina tidak bisa mengirimkan sinyal ke bagian syaraf mata yang terhubung langsung ke otak. Akhirnya katarak akan membuat penderitanya tidak bisa melihat dengan benar atau pandangan kabur dengan kondisi yang lebih berat.

katarakApa Itu Katarak?

Katarak paling banyak ditemukan pada orang tua atau lanjut usia dengan beberapa penyakit komplikasi atau masalah pada organ mata. Katarak adalah lapisan yang terjadi pada bagian lensa mata. Lapisan ini akan menghalangi fungsi retina karena tidak ada cahaya yang bisa masuk ke retina. Posisi retina yang berbatasan langsung dengan lapisan syaraf membuat mata tidak bisa melihat dan syaraf tidak bisa menyampaikan pesan ke otak tentang hasil pandangan mata atau objek yang terlihat oleh mata. Hal inilah yang membuat penderita katarak tidak bisa melihat sebuah objek baik pada siang atau malamm hari.

Jenis-jenis

Jenis katarak bisa dilihat dari berbagai faktor seperti penyebab khusus katarak, usia dan trauma. Dalam dunia medis katarak dibedakan menjadi beberapa kelompok, seperti di bawah ini.

1. Katarak Sekunder – Katarak ini disebabkan karena kondisi kesehatan yang terjadi pada penderita.

Penyebab dari katarak sekunder adalah :

  • Diabetes
  • Pemakaian obat jangka lama (obat untuk gangguan diuretik)
  • Paparan lingkungan kerja atau tempat tinggal yang mengandung racun
  • Paparan sinar matahari secara langsung

2. Katarak untuk Usia Lanjut – Katarak ini bisa dijumpai umum pada lanjut usia karena penurunan fungsi retina atau lensa pada orang lanjut usia.

3. Katarak Kongenital – Katarak ini bisa terjadi pada janin sejak dalam kandungan karena kurang asupan nutrisi untuk pengembangan mata, infeksi virus, atau cedera. Jenis katarak ini juga bisa muncul pada anak-anak.

4. Katarak karena trauma – Katarak ini disebabkan karena pernah terjadi cedera pada bagian mata dan biasanya terjadi dalam jangka waktu langsung dari proses trauma atau membutuhkan waktu lebih lama.

Penyebab Katarak

Katarak akan menyebabkan pandangan mata menjadi kabur atau sama sekali tidak jelas. Hal ini dapat menyebabkan seseorang tidak dapat melihat dengan jelas dan mengurangi kemampuan aktivitas secara mandiri.

Berikut ini beberapa penyebab katarak yang biasanya paling mudah ditemukan pada penderita :

  • Usia – Faktor umur menjadi hambatan katarak yang paling mudah ditemukan pada orang tua dan terkadang beberapa kasus tidak bisa disembuhkan lewat operasi
  • Diabetes – Penyakit diabetes menyumbang katarak yang cukup besar termasuk di Indonesia. Hal ini disebabkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah merusak bagian lensa dan retina mata.
  • Radiasi – Jenis radiasi yang bisa menyebabkan katarak banyak ditemukan dari radiasi sinar matahari, lampu dengan cahaya khusus dan dari industri dengan asap yang mengandung racun, seperti bahaya asap rokok
  • Kelainan mata – Sudah memiliki kelainan pada mata seperti glaukoma, penyakit retina, dan pigmentasi pada retina dan lensa
  • Genetik – Faktor krturunan juga bisa menyebabkan katarak dan hal ini sering dijumpai pada anak yang memiliki garis keturunan katarak
  • Katarak sejak lahir – Kasus ini banyak dijumpai pada anak-anak dengan kelainan bawaan pada mata dan sudah terjadi sejak lahir
  • Cidera – Kasus ini sangat sering dijumpai pada anak-anak karena penerapan alat permainan yang berbahaya dan menimbulkan resiko pada mata.

Gejala Katarak

Pada dasarnya gejala dari katarak tidak terjadi secara langsung. Ada banyak gejala yang mungkin perlu kita waspadai untuk melakukan deteksi dini pada katarak. Berikut ini beberapa macam gejala katarak yang perlu kita kenal :

  • Pandangan mata menjadi kabur, Beberapa penderita bisa melihat bintik putih yang menghalangi mata, awan atau bayangan ketika melihat objek benda
  • Mata menjadi tidak tahan terhadap sinar matahari, lampu yang terang dan kurangnya kemampuan konsentrasi saat mengendarai kendaraan pada malam hari
  • Terjadi perubahan gangguan lensa kacamata dalam waktu yang sangat cepat
  • Mata tidak bisa fokus dalam melihat atau melihat objek ganda pada sebuah benda
  • Tidak bisa melihat sebuah objek benda pada jarak dekat
  • Terjadi gangguan penglihatan secara umum dan menghalangi berbagai macam aktivitas.

Orang tua yang memiliki anak-anak perlu mengawasi tentang penglihatan anak-anak dan gerak gerik yang kurang normal. Hal ini bisa saja disebabkan karena masalah pada penglihatan. Sementara orang tua perlu melakukan pemeriksaan lanjutan jika memiliki beberapa gejala tersebut.

Diagnosa

Pemeriksaan medis untuk katarak bisa dilakukan oleh dokter spesialis mata. Pemeriksaan mata bisa dilakukan secara rutin terutama untuk orang tua yang sehat atau dengan beberapa penyakit seperti diabetes. Pemeriksaan medis dilakukan dengan cara melakukan pengujian lensa mata seperti pemeriksaan untuk menguji jenis kaca mata. Selain itu juga diperlukan pemeriksaan pupil mata untuk melihat kemampuan jarak pandang mata.

Pengobatan

Katarak pada dasarnya bisa disembuhkan dengan beberapa metode pengobatan. Semakin cepat deteksi katarak maka akan semakin besar kesempatan untuk sembuh. Berikut ini beberapa metode yang diperlukan untuk mengobati katarak.

  • Kacamata

Memakai kacamata khusus biasanya banyak dilakukan oleh penderita katarak yang sudah lanjut usia. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan, jika katarak masih bisa disembuhkan dengan pemakaian kacamata. Pada dasarnya proses ini tidak bisa berlangsung dengan cepat. penderita katarak mungkin tidak akan mendapatkan kesembuhan total namun hanya untuk membantu agar penglihatan menjadi lebih baik.

b. Operasi

Operasi katarak menjadi solusi terakhir jika pengobatan dengan kacamata tidak memperbaiki katarak. Prosedur operasi bisa dilakukan dengan metode rawat jalan sehingga penderita tidak perlu menginap di rumah sakit jika kondisinya memungkinkan. Operasi ini dilakukan untuk mengangkat katarak pada lensa atau mengganti lensa dengan bahan lensa khusus sehingga penglihatan bisa pulih. Biasanya prosedur operasi dilakukan untuk orang lanjut usia atau anak-anak yang mengalami katarak karena trauma.

Bahaya

Katarak yang menggangu penglihatan dan membuat katarak menjadi penyakit yang sangat menakutkan karena kehilangan pandangan mata akan mengurangi kemampuan dalam beraktivitas. Berikut ini bahaya katarak yang paling sering terjadi :

  • Kebutaan Permanen – Katarak yang tidak diobati atau terlambat dalam pengobatan biasanya akan menyebabkan kebutaan permanen dan sangat fatal. Kondisi ini bisa terjadi jika operasi tidak memperbaiki kondisi katarak atau lensa mata yang sudah mengalami kerusakan parah
  • Gangguan Aktifitas – Orang yang menderita katarak akan mengalami gangguan dalam beraktifitas terutama karena pandangan mata yang terhalang katarak sehingga menghalangi aktifitas baik dalam pekerjaan atau kegiatan lain
  • Gangguan Kemampuan Belajar – Anak-anak yang menderita katarak akan mengalami gangguan belajar karena mata tidak bisa melihat dengan jelas. Akibatnya maka juga bisa menyebabkan penurunan prestasi dan kemampuan.

Pencegahan

Katarak adalah penyakit yang masih diteliti hingga saat ini. Ahli medis memang tidak bisa menyimpulkan penyebab pasti dari katarak. Beberapa penyebab seperti diabetes, kekurangan asupan makanan yang mengandung vitamin A, gangguan mata ringan yang tidak diobati dan genetik menjadi penyebab yang paling sering ditemukan.

Langkah pencegahan katarak ini, dapat dilakukan dengan :

  1. Tingkatkan gaya hidup sehat – Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin A dan kaya dengan antioksidan menjadi upaya yang baik untuk mencegah katarak karena faktor usia. Makanan yang mengandung vitamin E juga penting untuk menjaga kesehatan mata
  2. Hindari konsumsi alkohol dan rokok – Bahaya merokok dan konsumsi alkohol menjadi penyebab radikal bebas yang paling mudah menyerang tubuh. Bagi perokok aktif maka resiko dari asap yang mengandung senyawa kimia sangat besar untuk menyebabkan katarak.
  3. Hindari infeksi kehamilan – Wanita yang tidak mendapatkan vaksin cacar memiliki resiko terkena cacar saat hamil dan membuat potensi janin mengalami katarak sejak lahir
  4. Hindari pemakaian obat jangka panjang – Obat-obatan yang mengandung steroid mengganggu proses normal dari tugas lensa mata. Obat untuk penderita asma atau gangguan diuretik sebaiknya harus diawasi dengan ahli medis
  5. Gunakan kacamata saat siang hari – Jika sering keluar pada siang hari dan terkena sinar matahari secara langsung maka gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV
  6. Atur kadar gula dalam darah – Kadar gula dalam darah bisa menyebabkan diabetes. Untuk itu kita perlu mengatur kadar gula dalam darah dari jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Katarak menjadi ancaman yang sangat besar bagi semua orang terutama untuk orang tua. Katarak bisa dicegah dengan berbagai macam cara. Namun kunci khusus untuk menghindari katarak adalah menghindari semua hal yang bisa menyebabkan katarak. Jadi, mari kita pelihara kesehatan mata.

Artikel Dalam Kategori katarak