Sponsors Link

17 Terapi Menghilangkan Insomnia Paling Manjur

Sponsors Link

Terapi menghilangkan insomnia merupakan metode pengobatan alami yang ditujukan untuk menyembuhkan gangguan mental yang menyebabkan seseorang susah tidur.
Gangguan mental yang terus menerus menyerang tubuh berupa munculnya kasus insomnia ketika ringan akan mudah disembuhkan, Tetapi jika sudah parah maka dapat menimbulkan masalah kesehatan lain misalnya tekanan darah turun, Anemia dan lain lain.

ads

Jenis jenis Insomnia

1. Insomnia while ( Sementara)

Seseorang yang mengalami jedah tidur yang tidak teratur misalnya sering terbangun lalu tertidur lagi setelah itu terbangun kembali tetapi setelah itu tidak akan pernah lagi bisa tidur. jika kondisi ini berlangsung selama 3 hingga 4 minggu, Maka dapat masuk kategori insomnia while atau sementara.

2. Insomnia short time (Jangka pendek)

Seseorang yang mengalami kesulitan tidur akibat penggunaan obat obatan atau psikologis yang sedang tidak stabil maka dapat masuk kategori sebagai penderita insomnia jangka pendek atau insomnia sekunder .

3. Insomnia long time (Jangka panjang)

Insomnia jangka panjang adalah jenis kondisi seseorang yang mengalami kesulitan tidur tetapi bukan akibat stres melainkan adanya suatu penyakit yang telah bersarang didalam tubuh, Karena iklim yang ekstrem, Akibat suara yang terlalu bising dan lain lain. Insomnia jenis ini dapat disebut juga insomnia primer.

Penyebab

Insomnia dapat menyerang segala usia yang kerab muncul akibat faktor lingkungan, Kondisi psikologis atau akibat suatu penyakit tertentu yang ada didalam jaringan tubuh, Diantaranya:

1. Akibat peradangan atau infeksi

Sistem kekebalan tubuh menurun akibat adanya peradangan atau infeksi dalam tubuh akibat serangan bakteri, Virus, Zat kimia atau karena penyakit yang memungkinkan seseorang mengalami gejala insomnia misalnya kelainan jantung, Ginjal, Hati atau hipertensi kronis.

2. Kondisi temperatur udara

Faktor udara misalnya penggunaan AC berlebihan atau faktor cuaca yang ekstrim misalnya terlalu dingin dapat menyebabkan jaringan otak tidak bisa relax dan menimbulkan kesulitan tidur.

3. Merokok

Kebiasaan merokok berlebihan dimalam hari dapat menyebabkan insomnia karena zat racun dalam asap rokok menyumbat aliran darah di area kepala.

Baca juga:

4. Obat obatan

Mengkonsumsi obat obatan berlebihan, Jangka panjang dan tanpa reesep dokter dapat menyebabkan iritasi dan meracuni pembuluh darah dikepala dan menyebabkan sakit kepala yang berakhir menjadi sulit tidur.

5. Tekanan psikologis

Tekanan terus menerus akibat aktivitas rutinitas dan segala permasalahan pribadi yang belum menemui solusi dapat menyebabkan seseorang rentan terserang mudsah tersinggung, Cemas berlebihan, Ketakutan atau kepanikan, Diman kondisi tersebut adalah biang keladi dari munculnya stres. Stres adalah sa;lah satu penyebab munculnya insomnia yang paling sering menyerang manusia.

Sponsors Link

6. Kafein

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein 30 menit sebelum tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk terlelap lebih cepat.Kafein menimbulkan proses simulasi terhadap jaringan kepala yang menyebabkan jaringan tidak bisa relax sehingga seseorang dapat tetap terjaga selama 2 jam setelah minum kopi atau teh sebelum tidur.

Baca juga:

7. Tidur siang

Tidur siang terlalu lama atau membiuasakan diri untuk tidur siang selama lebih dari 3 jam dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk terlelap dimalam hari. Jaringan otak menjadi terlatih dan terbiasa dalam kondisi yang konsisten untuk menenangkan dirinya pada saat siang hari dan bukan malam ketika anda ingin tidur.

Efek buruk insomnia

Untuk memiliki tubuh sehat setiap saat hindari penyebab munculnya insomnia atau jika memang insomnia sudah terlanjur menyerang, Cegahlah agar tidak terus berlangsung terus menerus. Karena ada efek buruk yang harus dibayar mahal ketika insomnia sudah parah,. Dianataranya:

  • Jaringan tubuh kehilangan kemampuannya untuk meregenerasi sel sel tubuh secara normal
  • Mudah terserang flu dan penularan terhadap penyakit yang disebabkan bakteri dan virus
  • Mengalami gangguan emosional yang dapat menyebabkan seseorang melakukan tindakan diluar akal sehat
  • Menjadi sering lupa dan tidak mampu untuk menjaga kondisi fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan
  • Tubuh mudah mengalami kelelahan, Penurunan stamina dan pegal pegal pada jaringan otot yang menyebabkan menurunnya kualitas produktivitas seseorang.
  • Mempercepat munculnya tanda tanda penuaan akibat kadar kortisol tinggi didalam tubuh. Kadar kortisol terbukti cepat meningkat ketika seseorang kurang tidur akibat terserang insomnia atau kebiasaan begadang.

Solusi terapi menghilangkan insomnia

Beberapa terapi menghilangkan insomnia ditujukan untuk memperbaiki emosional yang sedang labil, Merubah gaya hidup dan kebiasaan buruk sekaligus memusatkan pikiran agar lebih positif sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik, Diantaranya:

1. Melakukan yoga

Melakukan gerakan yoga 2 jam sebelum tidur dapat membuat jaringan tubuh termasuk saraf saraf pada area kepala menjadi lebih rileks, Tenang dan mendatangkan rasa lelah yang normal yang akan menjadi modal untuk memberi sinyal ke otak yang secara simulasi menyebabkan munculnya rasa kantuk.

2. Meditasi

Meditasi terbukti dapat dijadikan terapi menghilangkan insomnia paling ampuh karena meditasi melibatkan suasana yang hening, Damai dan memusatkan pikiran hanya satu titik yaitu sesuatu yang membahagiakan . Setiap titik pikiran berbeda pada setiap individu tetapi memiliki tujuan sama yaitu meningkatkan ketenangan jiwa dan pikiran.

Baca juga:

3. Metode spiritual

Terapi spiritual dapat dilakukan dengan melibatkan religius seseorang. Yaitu duduk dengan tenang tetapi titik pikiran hanya tertuju pada yang maha kuasa. Berdoa dalam hati secara berulang ulang dengan suasana yang hening dapat meningkatkan ketenangan jiwa dan pikiran serta dapat memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik.

ads

4. Terapi herbal

Salah satu terapi menghilangkan insomnia terbaik adalah memanfaatkan teh herbal yang dikonsumsi sebelum tidur yaitu jenis chamomile atau teh hijau tanpa gula yang mampu menenangkan saraf saraf diseputar kepala dan memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik. Mengkonsumsi teh herbal idealnya adalah 2 sampai 3 cangkir perharinya dan jangan lebih dari itu. Zat kafein yang berlebihan didalam tubuh justru akan menyebabkan semakin sulit untuk tidur.

5. Terapi berhitung

Terapi berhitung merupakan terapi menghilangkan insomnia paling unik tetapi terbukti mampu menyebabkan seseorang menjadi terserang rasa kantuk serta menyebabkan saraf saraf otak menjadi lelah kemudian vmengirinkan sinyal pada jaringan tubuh untuk segera tidur. Caranya menghitung 100 gambar yang serupa berulang kali dengan jumlah yang selalu sama atau menghitung angka yang jumlahnya tidak terbatas.

6. Terapi musik

Terapi musik adalah terapi menghilangkan insomnia yang paling mudah dilakukan dan mampu menstabilkan pikiran yang sedang mendapat tekanan, Mampu memperbaiki suasana hati seseorang sehingga saraf saraf otak lebih tenang dan memungkinkan seseorang secara alami dan spontan menjadi cepat mengantuk. Mendengarkan musik kesukaan 20 menit sebelum tidur adalah kebiasaan baik untuk merangsang jaringan tubuh menjadi lebih santai.

Baca juga:

7. Terapi emosional

Terapi emosional dapat dilakukan dengan cara berinteraksi dengan hewan kesayangan 1 jam sebelum berangkat tidur malam. Menyentuh atau bercengkerama dengan hewan terbukti dapat meningkatkan rasa nyaman, Memperbaiki saraf saraf kepala menjadi lebih tenang dan memperlancar aliran darah diseluruh tubuh termasuk jaringan kepala. Dengan cara ini emosional seseorang dapat ditekan dan diperbaiki menjadi lebih stabil.

8. Terapi penggunaan bantal

Penggunaan bantal yang tidak keras atau terlalu lunak dapat dijadikan metode terapi menyembuhkan insomnia yang muncul akibat serangan sakit kepala akibat stres yang berkepanjangan. Bantal yang digunakan adalah berisi Daun daun asam jawa yang telah dikeringkan . Daun asam jawa memiliki manfaat melancarkan peredaran darah diseputar leher bagian belakang dan melancarkan saraf kepala.

9. Terapi Merokok

Terapi merokok adalah salah satu terapi menyembuhkan insomnia tyang paling sulit dilakuakn oleh para pecandu rokok. metode latihan ini dilakukan terus menerus dan konsisten agar keinginan untuk merokok semakin berkurang. Terapi ini dapat diawali dengan cara mengurangi jumlah rokok setiap harinya secara bertahap. Ketika latihan dilakukan anda bisa menggantikan rokok dengan mengunyah permen karet.

10. Terapi alkohol

Seseorang yang kecanduan alkohol maka agar terbebas dari insomnia harus berlatih secara teratur, Bertahap dan konsisten untuk mengurangi jumlah alkohol yang akan dikonsumsinya. Kadar alkohol dapat terus dikurangi seirimg berjalnnya waktu hingga pada akhirnya alkohol akan benar benar ditinggalkan. Terapi alkohol adalah terapi menyembuhkan insomnia yang baik bagi pria dan wanita yang sudah kecanduan ataupun belum.

11. Terapi teriak

Walaupun terapi teriak terlihat ekstrem tetapi terbukti dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres sehingga jika latihan berteriak ini dilakukan secara konsisten dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik, Karena berteriak dengan lantang , Spontan dan tanpa tekanan dapat meregangkan saraf saraf tubuh yang tegang dan melancarkan aliran darah serta menstabilkan emosi yang sedang tidak stabil. Latihan berteriak dapat dilakukan didekat air terjun, Tengah lautan atau lokasi lokasi yanng memungkinkan untuk tidak membuat terkejut orang lain.

12. Terapi Bawang putih

Menelan bawang putih merupakan salah satu terapi menyembuhkan insomnia terbaik . Senyawa pada bawang putih dapat meningkatkan efek menenangkan pikira. Gunakan bawang putih yang telah dikukus dan dipotong kecil kecil secara teratur dengan ukuran 1 siung saja secara klinis dapat melancarkan aliran darah yang ada di seluruh arteri bagian tubuh termasuk arteri seputar kepala.

Baca juga:

13. Terapi kangkung

Kangkung adalah jenis sayuran yang dapat digunakan sebagai terapi menyembuhkan insomnia pada orang dewasa dan lansia akibat stres. Dayun kangkung dapat direbus dan dimakan langsung sebagai lalapan atau bisa juga diolah menjadi tumis kangkung. Zat yang ada pada kangkung dapat merilekskan saraf saraf kepala dan menjadikan jaringan seputar kepala menjadi lebih tenang sehingga mengakibatkan seseorang terserang kantuk.

Sponsors Link

14. Terapi akar bunga melati

Mengkonsumsi air rebusan akar bunga melati sebelum tidur malam sangat bermanfaat untuk menncegah munculnya insomnia sekaligus untuk mencegah munculnya gejala insomnia. Rebusan dari segenggam daun akar bunga melati dapat dikonsumsi 1 sampai 2 kali sehari secara rutin. Gunakan terapi akar bunga melati sebagi terapi menyembuhkan insomnia berat yang telah terbukti sebagai salah satu obat insomnia.

15. Terapi jamur kayu

Terapi menyembuhkan insomnia pada remaja dan dewasa dapat diwujudkan dengan penggunaan jamur kayu yang bisa diolah menjadi tumisan lezat. Jamur kayu memiliki kemampuan mengurangi stres dan bersifat menenangkan pikiran sehingga dapat mempercepat seseorang untuk terlelap. Terapi jamur kayu merupakan salah satu cara mengobati insomnia.

16. Terapi daun jeruk lemon

Daun jeruk lemon bubuk dapat dimanfaatkan sebagai terapi menyembnuhkan insomnia karena cocok untuk mengatasi kesulitan tidur yang baru berlangsung kurang dari satu bulan. Jenis Insomnia while atau sementara relatif sering menyerang orang orang memiliki aktivitas yang menyita banyak waktu, Tenaga dan pikiran. Daun jeruk lemon bubuk dapat diseduh bersama gula aren yang sebelumnya sudah dihaluskan. Saring airnya untuk kemudian dikonsumsi 2 kali sehari.

17. Terapi aroma

Aroma terapi yang digunakan pada malam hari 20 menit sebelum tidur dengan cara berbaring tenang maka dapat memperkuat sistem saraf, Menenangkan pikiran dan jiwa dalam waktu yang bersamaan. Aroma terapi yang harum tersedia dengan berbagai pilihan warna, Bahan dasar dan keharumannya. Apapun bentuk aroma terapi dapat mengurangi stres, Menstabilkan detak jantung akibat tekanan emosional yang tinggi dan mempercepat seseorang untuk terlelap tidur. Aroma terapi merupakan terapi menyembuhkan insomnia yang terbukti mampu mengatasi kesulitan tidur pada pecandu alkohol dan perokok aktif.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 12th, August 2017 / 06:52 Oleh :
Kategori : Insomnia