17 Ciri ciri Insomia Akut dan Kronis Paling Sering Terjadi

Metabolisme tubuh dapat terganggu karena kekurangan tidur, kekurangan tidur memiliki efek sangat buruk memang bagi metabolisme tubuh itu sendiri, termasuk  efek tidak tidur 3 hari hal ini akan menimbulkan penyakit seperti insomnia, atau biasa disebut penyakit susah tidur. Banyak sekali ciri-ciri insomnia yang dapat anda ketahui dengan mudah. tentunya dengan memperhatikannya dengan jeli. Untuk itu disini akan dibahas mengenai beberapa ciri-ciri insomnia pada remaja.

  1. Merasa lelah yang sangat

cepat lelah pasti dirasakan oleh setiap orang yang mengalami insomnia, karena metabolisme pada penderita insomnia akan berkurang funginya. Itulah sebabnya seorang yang menderita insomnia dapat dilihat ciri-cirinya dengan dia sering merasa cepat lelah. Dan sering ingin tidur dnisiang hari karena insomnia. Atau merasa sangat mengantuk ketika sedang dalam aktivitas.

  1. Mudah marah

Biasanya orang yang ngantuk, lapar ataupun lelah akan lebih sensitif, orang yang mengalami insomnia salah satunya akan mengalami kelelahan, ngantuk, lapar dan sebagainya, itu sebabnya mengapa orang yang mengalami insomnia menjadi cepat marah dan sangat mudah tersinggung.

  1. Nyeri perut

Lelah membuat seorang inginnya tidur saja, sampai-sampai lupa akan makan. Karena itu banyak orang yang mengalami insomnia dilihat dari kesehatan perutnya. Selain karena kurang asupan makanan, asupan istirahat juga kurang sehingga menyebabkan perut menjadi nyeri dan terserang asam lambung yang justru ini akan merusak lambung lebih parah lagi.

  1. Tangan berkeringat

Ciri-ciri yang dapat dilihat lainnya adalah tangan penderita insomnia, ketika dimalam hari saat tidur, penderita insomnia akan mengalami tangan yang berkeringat. Tangan berkeringat ini karena gelisahnya otak sehingga tidak merasakan rileks yang mengakibatkan tubuh menjadi mudah berkeringat terutama berkeringat pada bagian tangan. Saat insomnia, otak sangat sulit dikontrol dan ketenangan pun sulit untuk didapatkan.

  1. sakit kepala

memang kelelahan menyebabkan sakit kepala. Bahkan hal ini juga dikarenakan metabolisme yang tidak dapat bekerja dengan baik sehingga kepala merasakan nyeri pula. Kepala yang nyeri ini bisa dikarenakan rasa ngantuk yang berlebihan sedangkan hal itu terus dipaksakan untuk tetap melek dan bekerja disiang hari, sedangkan pada malam hari idak bisa tidur dengan nyeyak. Tentu hal itu akan menyebabkan sakit pada bagian kepala.

  1. Nyeri pada leher

Selain bagian kepala yang merasakan sakit. Bagian leher pun merasakan nyeri. Karena memang mereka dari satu saluran sehingga memungknkan sangat jika leherpun ikut-ikutan merasakan sakit. Selain itu leher juga menjadi penompang bagian kepala. Jika kepala terasa berat atau stress otomati leher juga akan merasakan nyeri.

  1. sesak nafas

nafas menjadi tersenggal-senggal dikala malam hari. Ini menjadi efek dari insomnia atau gejala dari insomnia yang sudah berlanjut. Insomnia memang menyebabkan sesak nafas. Oleh sebab itu untuk menghindari sesak nafas sebelum tidur rilekskan pikiran terlebih dahulu. Bersihkan tempat tidur dan sebagainya. Sehingga tidur akan lebih  nyaman.

  1. Susah tidur

Susah tidur di malam hari merupakan salah satu dari gejala insomnia, terkadang sulit tidur dimalam hari itu dikarenakan pada saat siang hari kebanyakan tidur, sehingga malam hari rasa ngantuk itu berkurang. Padahal waktu yang baik untuk istirahat adalah dimalam hari. Karena waktu malam waktu yang tenang untuk istirahat atau tidur.

  1. Kehilangan konsentrasi

Saat istirahat malam tidak terpenuhi dengan baik, maka yang didapatkan adalah konsentrasi menjadi menurun. Itu sebabnya mengapa gejala atau ciri-ciri dari insomnia adalah menurunya konsentrasi.  Kehilangan konsentrasi ini akan berlangsung secara lama bila tidak segera ditangani dengan serius.

  1. Stress

Selain konsentrasi yang hilang, seorang yang mengalami insomnia akan mengalami steress pula. Pola tidur yang tidak sehat akan mengakibatkan kepala menjadi tidak dapat berfungsi dengan normal. Oleh karena itu, jika insomnia sudah terjadi dan mengakibatkan stress, maka perlahan mulailah untuk mempelajari cara mengatasi stress agar stress dapat segera terobati. Karena stress pun dapat menyebabkan susah tidur.

  1. Keringat dimalam hari

Sulit untuk tidur dimalam hari membawa dampak bagi tubuh, salah satuna adalah tubuh akan mengeluarkan keringat dimalam hari. Saat malam hari kondisi tubuh tidak akan stabil sehingga tubuh akan mengeluarkan keringat dimalam hari, kerigat ini bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak tenang karena tidak bisa tidur ataupun beberapa faktor lainnya.

  1. Sering terbangun pada malam hari

Ketika anda sering terbangu pada malam hari, bisa jadi itu adalah ciri ciri dari insomnia karena insomnia adalah penyakit dimana terkena gangguan tidur saat malam hari. Jadi saat tidur malam hari tidak tenang, atau sering terbangun dan hal itu terjadi beberapa waktu secara terus menerus bisa jadi itu adalah tanda-tanda dari insomnia. Jika ia, seegeralah periksakan kedokter agar segera ditangani dengan baik.

  1. Mengalami darah tinggi

Stress, mudah marah menjadi pertanda umum seorang yang terkena insomnia, dengan demikian seorang yang terkena insomnia pun akan mengalami penyakit darah tinggi. Sebab, darah tinggi disebabkan karena salah satu faktor adalah stress, dan sering marah-marah. namun jika hal itu belum terjadi secara fatal maka segeralah cari asupan makanan untuk penurun darah tinggi untuk menurnkan kadar darah sehingga darah tinggi akan menurun dan insomnia akan berkurang.

  1. Mengantuk berlebihan saat siang

Pada malam hari insomnia akan sulit tidur, bahkan kurang tidur. Bisa dibilang seperti itu. Itu sebabnya mengapa saat siang hari insomnia akan  merasa mengantuk secara berlebihan. Tentu hal ini akan mengaggu aktivitas kerja disiang hari.

  1. Menjadi pelupa

Selain konsentrasi yang berkurang, insomnia ditandai dengan seorang yang menjadi pelupa. Alasan ini sama halnya karena saat malam hari kurang istriahan sehingga daya otak menjadi menurun dan akan menyebabkan kelupaan.

  1. Obesitas

penyebab obesitas salah satunya adalah kurang tidur dimalam hari. Untuk itu seorang yang kurang tidur dimalam hari akan menyebabkan obesitas pada penderita insomnia.

  1. depresi

sama halnya dengan stress, seorang yang kekurangan tidur akan mengalami strress, bahkan stress yang berlebihan ini akan mengakibatkan depresi. Bila hal ini terjadi pada anak, apalagi pada anak saat masa pertumbuhan anak, akan mengakibatkan pertumbuhan menjad tidak optimal. Jika depresi terjadi pada anak maka lakukan cara mengatasi depresi pada anak sehingga anak akan tenang.

itulah beberapa ciri-ciri dari penyakit insomnia, untuk itu bila sudah mengetahui bahwa terserang insomnia segera carilah obat yang cocok untuk mengobati insomnia, jangan sampai insomnia mengganggu aktivitas bahkan mengganngu kesehatan anda sendiri.

, , ,
Post Date: Thursday 11th, August 2016 / 11:26 Oleh :
Kategori : Insomnia