17 Obat Tradisional Anyang anyangan Ampuh

Untuk mengobati anyang-anyangan atau kondisi di mana Anda sering pergi ke kamar mandi tapi urin hanya keluar sedikit-sedikit, ada segudang obat tradisional yang dapat Anda coba. Di bawah ini merupakan obat tradisional anyang anyangan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi masalah kesulitan buang air kecil. Karena dengan obat tradisional, gangguan kesehatan ini dapat diatasi secara lebih aman.

(Baca juga: penyebab anyang-anyangan)

1. Kunyit

Selain kunyit dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit maag, kunyit juga adalah bahan ampuh untuk mengobati anyang-anyangan. Karena rempah ini sangat mudah untuk dijumpai, Anda bisa menggunakannya dengan mudah di mana bumbu ini pun sangat baik dijadikan sebagai solusi banyak masalah kesehatan lainnya.

  • Caranya: Sediakan kunyit secukupnya saja lalu Anda cuci dulu sampai bersih. Kunyit kemudian bisa diiris tipis-tipis sebelum kemudian Anda rebus dengan takaran air sebanyak 4 gelas. Didihkan dan angkat sesudah air berkurang separuhnya. Atau, Anda juga bisa memarut 4 buah rimpang kunyit yang airnya bisa diperas dan sari patinya bisa diminum sehari 2 kali.

2. Cuka Sari Apel

Selain ampuh dijadikan obat herbal alergi kulit, cuka sari apel pun sangat efektif dalam mengobati masalah anyang-anyangan. Karena Anda mungkin agak bingung antara cuka sari apel dan cuka putih, keduanya memang berbeda, namun yang dijadikan obat anyang-anyangan adalah cuka sari apel.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel sebanyak 1 sendok makan bersama juga dengan madu murni 2 sendok makan. Keduanya dapat Anda campurkan sampai rata, lalu minumlah begitu saja. Dalam sehari, untuk hasil maksimal dapat Anda konsumsi obat ini 3 kali. Kandungan cuka sari apel serta madu yang baik bakal mengusir bakteri penyebab anyang-anyangan.

3. Jahe

Rempah lainnya yang begitu ampuh untuk diandalkan sebagai obat anyang-anyangan adalah jahe di mana jahe ini tak hanya dapat menjadi obat batuk mujarab saja. Walau ada efek samping jahe untuk tubuh dan kesehatan, asalkan cara pemakaiannya benar dan tidak berlebihan, rempah ini sangat aman dan berkhasiat.

  • Caranya: Sediakan jahe 2 rimpang yang ukurannya sedang untuk Anda bisa bakar sampai aroma khasnya dapat Anda cium. Setelah dibakar, Anda dapat menggepreknya secara kasar untuk Anda lanjutkan dengan merebusnya bersama air 4 gelas. Tunggu mendidih selama beberapa menit dan pastikan airnya sudah menyusut hingga separuhnya. Konsumsilah ketika airnya masih hangat; bisa juga campur dengan madu murni.

(Baca juga: obat infeksi saluran kemih)

4. Buah Sirsak

Bila Anda menginginkan obat alami lainnya yang sangat ampuh, buah sirsak adalah salah satu yang bisa Anda pergunakan. Selain mampu menjadi obat sakit pinggang mujarab, sirsak yang masih dalam kondisi setengah matang adalah obat anyang-anyangan yang luar biasa.

  • Caranya: Siapkan buah sirsak yang kondisinya setengah matang, lalu Anda bisa kupas. Jangan lupa untuk menyiapkan gula pasir berikut juga air secukupnya. Setelah mengupasnya, rebuslah buah ini dan tambahkan juga gula pasir. Didihkan dan sesudah airnya tersisa separuhnya, Anda bisa menyaring dan mendinginkannya sebelum diminum. Meminumnya 2 kali sehari adalah yang paling baik untuk cepat sembuh.

5. Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing adalah salah satu tanaman berkhasiat untuk kesehatan dan salah satunya memang dapat dijadikan obat anyang-anyangan alami. Cara penggunaan atau meramunya sangat gampang seperti bahan-bahan tradisional lainnya, jadi sangat boleh Anda coba.

  • Caranya: Sediakan daun kumis kucing secukupnya, lalu keringkanlah, atau dapatkan daun kumis kucing yang memang sudah kering. Tak lupa siapkan juga gula jawa sesuai kebutuhan dan segelas air panas. Rebuslah daun ini atau seduh di dalam segelas air panas tadi dan sebagai tambahan pemanis, gula jawa adalah yang dianjurkan. Aduk sampai ramuan tercampur rata secara sempurna dan konsumsilah sebanyak sehari 2 kali.

(Baca juga: obat infeksi saluran kemih)

6. Jus Cranberry

Masih tergabung di dalam buah beri, cranberry merupakan buah yang juga kaya akan vitamin C di mana ada zat-zat lainnya juga yang baik untuk kesehatan. Meski rasanya asam dan tak baik untuk dikonsumsi oleh yang menderita asam lambung, cranberry ini bisa menjadi obat anyang-anyangan ampuh.

  • Caranya: Setiap hari selama anyang-anyangan mengganggu, Anda bisa mengonsumsi sekitar 50 ml jus cranberry hingga kurang lebih 150 ml. Dengan takaran tersebut dan waktu konsumsi yang rutin bakal dengan efektif mengusir gejala anyang-anyangan. Tidak perlu menambahkan buah-buah lainnya karena Anda hanya memerlukan cranberry murni saja untuk ramuan ini.

Untuk gejala infeksi saluran kencing yang diderita oleh para pria, jus cranberry ini tidak mampu membantu supaya kondisi lebih ringan di mana itu artinya pria tak dianjurkan untuk minum jus cranberry. Daripada konsumsi jusnya, pria yang ingin menyembuhkan infeksi saluran kencing dapat memilih memakai pil konsentrat cranberry saja.

7. Baking Soda

Terlepas dari adanya bahaya baking soda untuk kesehatan, sebetulnya bahan ini sangat bisa diandalkan dalam mengatasi bermacam-macam kondisi kesehatan. Salah satu dari masalah kesehatan yang bisa secara ampuh teratasi adalah anyang-anyangan. Di dalam urin, kandungan asam akan dapat lebih netral dengan bantuan baking soda ini sehingga saat berkemih pun rasa nyeri akan hilang.

  • Caranya: Siapkan baking soda sebanyak ½ sendok teh bersama dengan air hangat ½ cangkir lalu buatlah ramuan obat anyang-anyangan dengan mencampurkannya. Aduk sampai rata barulah air siap diminum untuk meredakan kondisi anyang-anyangan; minumlah sehari 1 kali saja dan jangan melebihi dosis, lihat perkembangannya selama beberapa hari ke depan.

(Baca juga: batu saluran kemih)

8. Air Putih

Anyang-anyangan merupakan sebuah kondisi sulit buang air kecil walaupun hasrat untuk ke kamar mandi sangat sering. Urine yang tak dapat keluar banyak ditambah juga rasa nyeri yang muncul pada beberapa kasus dapat Anda coba untuk atasi dengan minum air putih yang banyak.

Air putih tanpa tambahan apapun, termasuk juga gula adalah yang terbaik karena Anda sendiri juga perlu menghindari bahaya akibat kurang minum air putih. Ingat bahwa kurang air putih berarti tubuh nantinya akan kurang cairan sehingga membuat Anda mengalami bahaya dehidrasi. Konsumsi air putih sering-sering sebaiknya tidak hanya dilakukan saat Anda anyang-anyangan saja, setelah sembuh pun harus tetap minum air putih banyak.

9. Jeruk Nipis

Bagi penderita anyang-anyangan, jeruk nipis akan sangat bermanfaat, namun bagi penderita gangguan pencernaan seperti penyakit maag, ketahui bahaya jeruk nipis bagi penderita maag. Tak hanya akan kembali melancarkan keluarnya urine, rasa nyeri pun akan hilang berkat bahan alami ini.

  • Caranya: Siapkan jeruk nipis 1 buah saja yang masih segar, lalu potong untuk menjadikannya terbelah dua. Sediakan juga air putih hangat 1 cangkir dan juga gula pasir ½ sendok teh. Jeruk nipis kemudian dapat Anda peras di mana airnya dapat Anda tampung di sebuah mangkuk. Campurkan seluruh bahan, aduk-aduk hingga merata, barulah Anda konsumsi sehari 2 kali (pagi dan sore) sampai kondisi membaik.

10. Probiotik

Obat terbaik lainnya yang bisa Anda gunakan adalah probiotik; probiotik ini sendiri dapat dijumpai pada sejumlah makanan maupun minuman. Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa menjadi solusi pembasmi infeksi pada saluran kemih. Anyang-anyangan adalah salah satu masalah infeksi di saluran kencing.

Karena namanya adalah bakteri baik, bakteri inilah yang menjadi lawan tangguh bagi bakteri jahat pemicu infeksi. Probiotik ini berfungsi sebagai penyeimbang pH di lingkungan saluran kemih Anda. Dengan demikian, bakteri jahat akan dengan mudah pergi dari sana. Bakteri baik juga akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

(Baca juga: penyebab sakit pada saat buang air kecil)

11. Mengikat Jempol Kaki

Dalam mengatasi masalah anyang-anyangan, ada juga cara tradisional yang mungkin sudah dikenal dari zaman dulu oleh masyarakat kita.

  • Caranya: Entah itu dengan karet atau kain, Anda dapat menggunakannya sebagai pengikat bagian jempol kaki Anda. Ikatlah dengan kencang dan tunggulah sekitar 30 menit dengan keadaan jempol kaki terikat tersebut. Hasrat untuk berkemih pun akan berkurang dan bahkan hilang sesaat sesudah jempol kaki diikat seperti itu. Tak hanya frekuensi ke kamar mandi berkurang, rasa nyeri yang diakibatkan oleh infeksi juga bakal berkurang sesudah melakukan pengobatan alami dan tradisional satu ini.

12. Bantal Pemanas

Obat tradisional lainnya yang sangat aman dan mudah untuk digunakan adalah bantal pemanas. Biasanya, para penderita anyang-anyangan akan merasakan nyeri juga di bagian kandung kemihnya, dan untuk mengurangi rasa tak nyaman tersebut, bantal pemanas adalah salah satu obat terbaik. Cukup hanya dengan mengisi bantal pemanas dengan air panas, bantal ini bisa Anda taruh tepat di atas area kandung kemih.

Tak masalah apabila Anda tak memiliki bantal pemanas di rumah karena ada alternatif yang bisa Anda coba, yakni dengan botol yang diisi dengan air panas. Gunakan botol ini untuk menyeka bagian atas kandung kemih karena memang botol ini sama efektifnya dengan bantal pemanas. Rasa nyeri akan jauh lebih teringankan dengan cara ini.

(Baca juga: bahaya infeksi saluran kencing)

13. Minyak Pohon Teh

Bahan alami lainnya yang bisa dijadikan obat anyang-anyangan ampuh adalah minyak pohon teh di mana memang bahan ini sudah terkenal baik untuk mengatasi infeksi saluran kencing. Karena mengandung sifat antibakteri, maka sifat inilah yang akan membantu melawan infeksi tersebut.

  • Caranya: Anda tak dianjurkan untuk meminum minyak pohon teh ini karena untuk penggunaan yang tepat Anda perlu mencampurkan minyak ini secukupnya ke dalam air (air mandi juga boleh). Air inilah yang bisa Anda gunakan untuk membasuh area genital Anda secara rutin. Gunakan setiap hari untuk merasakan efektivitasnya.

14.Yogurt

Mengonsumsi yogurt setiap hari secara rutin tak hanya akan membantu melancarkan pencernaan Anda. Yogurt pun memiliki manfaat besar untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing, namun gunakanlah yogurt tawar alias yang tanpa kandungan gula. Infeksi saluran kencing akan lebih terkontrol dan gejala-gejalanya seperti anyang-anyangan pun akan berkurang dan menghilang secara alami.

(Baca juga: obat anyang-anyangan pada wanita)

15. Nanas

Nanas adalah buah yang juga hendaknya Anda bisa masukkan ke dalam daftar obat tradisional masalah anyang-anyangan. Enzim bernama bromelain adalah enzim yang bisa Anda andalkan dalam menyembuhkan peradangan. Secangkir nanas setiap hari adalah yang paling dianjurkan, apalagi selama anyang-anyangan terus terjadi dan membuat aktivitas Anda terganggu. Pastikan buah nanas tersebut adalah yang masih segar dan bukan yang kalengan.

16. Vitamin C

Segudang buah yang mengandung vitamin C super tinggi seperti semangka, raspberry, jambu, tomat, melon, dan jeruk akan menyelamatkan Anda dari kondisi anyang-anyangan yang mengganggu. Buah-buah tersebut dapat Anda konsumsi setiap hari selama masalah gejala infeksi saluran kencing masih dialami.

Anyang-anyangan dapat menjadi suatu kondisi yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri di dalam saluran kencing. Dengan mengonsumsi vitamin C yang kaya juga akan antioksidan, maka ini otomatis akan membantu memperlambat dan menghambat perkembangan bakteri. Bentuk suplemen vitamin C juga boleh Anda konsumsi untuk menambah asupan vitamin C yang kiranya kurang bagi tubuh.

17. Lidah Buaya

Meski khasiat lidah buaya untuk kulit adalah yang paling dikenal, sebetulnya lidah buaya juga merupakan bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi anyang-anyangan juga. Sifat penenang alaminya ternyata dapat diandalkan sebagai obat luar maupun dalam bagi beberapa masalah kesehatan.

  • Caranya: Untuk anyang-anyangan, Anda bisa mengambil 1 buah lidah buaya yang ukurannya sedang untuk dibelah menjadi 2. Cuci dulu sampai bersih, lalu ambil dagingnya untuk Anda jus. Setelah halus, Anda dapat mengonsumsinya sehari 2 kali; karena tak ada rasanya, silakan tambahkan madu murni sebagai pemanis alami juga.

(Baca juga: cara mengobati anyang-anyangan)

Demikianlah obat tradisional anyang anyangan yang bisa Anda coba di rumah ketika bagian saluran kencing Anda mulai terasa tak nyaman. Namun saat Anda menyadari bahwa gejala anyang-anyangan malah bertambah serius, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

, ,
Post Date: Sunday 16th, October 2016 / 05:20 Oleh :