45 Makanan Sehat untuk Hepatitis yang Wajib Dikonsumsi

Hepatitis bukanlah penyakit yang asing lagi bagi kita karena penyakit ini ada kaitannya erat dengan organ hati. Organ hati yang terkena peradangan disebut juga dengan hepatitis dan kondisi ini biasanya dapat disebabkan oleh sejumlah jenis virus. Akibatnya, sel-sel serta fungsi hati pun menjadi rusak. Ada beberapa makanan sehat untuk hepatitis yang kiranya bisa Anda intip dan konsumsi seperti berikut.

(Baca juga: penyebab hepatitis b)

1. Kacang Kedelai

Kedelai seperti kita tahu adalah bahan dari tempe serta tahu di mana kandungan protein di dalamnya sungguh tinggi. Rupanya jenis kacang ini bisa Anda andalkan untuk menyehatkan fungsi hati. Bagi penderita hepatitis, konsumsilah kacang kedelai untuk campuran masakan, kinerja hati pun dijamin menjadi lebih baik.

2. Kacang Merah

Selain kacang kedelai, kacang merah pun baik untuk Anda yang menderita hepatitis. Kacang merah sangat menyehatkan untuk organ hati karena kandungan mineral dan vitaminnya yang termasuk tinggi. Selain itu pun ada juga kandungan antioksidan yang bakal melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

3. Brokoli

Sayuran satu ini mampu meningkatkan kesehatan hati, bahkan untuk penderita hepatitis sekalipun. Mengonsumsinya setiap hari atau paling tidak secara teratur, segala bentuk racun dapat dibersihkan sehingga fungsi hati kembali normal. Kandungan sulforophane di dalamnya adalah yang patut diunggulkan dan untuk itulah Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya.

(Baca juga: gejala hepatitis c)

4. Pare

Tak banyak memang orang yang menggemari pare karena rasanya yang pahit, tapi jika Anda kebetulan menyukainya, ini sangat bagus untuk penderita hepatitis. Jika Anda mencari makanan untuk menyehatkan fungsi hati, pare merupakan salah satu pilihan terbaik. Konsumsilah secara rutin supaya hepatitis cepat sembuh dan fungsinya kembali normal dan baik.

5. Asparagus

Jenis sayuran satu ini memang unik, tapi makanan ini termasuk baik untuk yang tengah terkena peradangan hati. Hepatitis bisa disembuhkan dan dibuat lebih baik kondisinya bila mengonsumsi asparagus secara teratur. Kandungan fitokimia di dalamnya akan membersihkan hati secara alami sehingga hati dapat berfungsi kembali secara normal.

6. Kacang Kenari

Jenis kacang-kacangan sangatlah baik untuk organ hati, yang tentunya bagus juga untuk penderita hepatitis. Kacang ini tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan saja, tapi juga bagus untuk organ hati. Cobalah untuk mengonsumsinya, baik itu sebagai cemilan atau dicampurkan ke makanan Anda dan konsumsilah secara rutin secara demikian.

(Baca juga: cara penularan hepatitis)

7. Artichoke

Sayuran ini memang tak begitu dikenal, tapi manfaatnya dalam menjaga kesehatan hati tak usah diragukan lagi. Sel-sel organ hati yang terkena radang dapat diatasi dan bahkan dilindungi oleh asam caffeoylquinat yang ada di dalam artichoke ini. Mengonsumsi rutin adalah solusi bagi Anda yang menderita hepatitis supaya kesehatan hati kembali terjaga.

8. Kacang Polong

Jenis kacang berikutnya adalah kacang polong di mana memang kacang ini baik untuk kesehatan hati. Kemampuannya dalam melindungi organ hati dari gangguan semacam peradangan tak kalah dengan jenis kacang lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Kandungan baiknya menjadikan kacang polong bisa menyelamatkan kondisi hati yang mulai kehilangan fungsinya.

(Baca juga: jenis-jenis hepatitis)

9. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang biasanya juga cukup sering digunakan ketika memasak. Sebagai campuran masakan Anda, kunyit akan sangat berguna untuk mengatasi banyak masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan tersebut adalah hepatitis, jadi Anda bisa mengonsumsinya cukup rutin supaya segala jenis racun yang bersarang di dalam tubuh pun bisa ikut dikeluarkan.

10. Wortel

Sudah tak usah ditanya lagi, wortel adalah makanan yang mengandung vitamin A tinggi dan nyatanya juga baik untuk hepatitis. Tak hanya untuk mata, penyakit liver pun bisa diatasi, maka jangan lupa untuk mengonsumsinya serutin atau sesering mungkin. Ini supaya fungsi hati yang mulai rusak dapat kembali sehat.


11. Kubis

Tak hanya menjadi makanan sehat untuk ginjal, kubis juga berpengaruh baik bagi kesehatan hati. Para penderita hepatitis bisa mencoba mengonsumsi kubis sering-sering karena antioksidannya akan menjaga kesehatan organ hati Anda dan membersihkannya dari racun. Dengan demikian, racun bisa dicegah dari penyebaran ke seluruh tubuh.

(Baca juga: gejala hepatitis a)

12. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini memang memiliki rasa dan aroma menyengat, tapi kebaikannya begitu segudang. Kandungan anti-inflamasi dan juga antioksidannya begitu besar, bahkan kaya akan sulfur sehingga bagus dalam merangsang organ hati demi menghasilkan enzim pencernaan. Dengan begitu, proses pemecahan dan pengeluaran limbah alias racun dari dalam tubuh menjadi lebih lancar.

13. Minyak Zaitun

Antioksidan di dalam minyak zaitun begitu tinggi, berikut juga kandungan vitamin E-nya. Itulah mengapa segala penyakit yang berkaitan dengan fungsi hati bisa disembuhkan. Harganya memang tidak cukup bersahabat, tapi minyak ini adalah jenis yang baik untuk seluruh kesehatan tubuh Anda. Ketimbang minyak goreng biasa, tentu minyak zaitun jauh lebih dianjurkan.

14. Bayam

Banyak yang mengira bahwa bayam hanya bagus untuk kesehatan ginjal, tapi padahal bayam juga sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan organ hati. Penderita hepatitis bisa mencoba mengonsumsi makanan ini setiap hari tanpa perlu khawatir akan efek samping. Justru bayam akan membantu mengembalikan fungsi hati yang rusak.

(Baca juga: penyebab hepatitis a)

15. Kale

Jenis sayuran lainnya yang tak kalah bermanfaat untuk hepatitis adalah kale. Ada zat hijau di dalam kale yang ternyata diketahui dapat menstimulasi organ hati agar dapat berfungsi kembali secara normal. Bila Anda bisa memperoleh kale secara mudah, tak ada salahnya untuk mengonsumsinya rutin supaya hati kembali sehat.

16. Beras Merah

Pasti Anda sudah sering mendengar tentang bagaimana seseorang mengganti beras putih dengan beras merah ketika sedang diet. Beras merah tak hanya menyehatkan bagi penderita hepatitis, tapi memang beras ini jika sudah menjadi nasi merah maka akan mampu menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Vitamin dan antioksidannya cukup tinggi sehingga banyak dikonsumsi.


17. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah yang ternyata sangat bagus untuk kesehatan organ hati, yang artinya tak terkecuali penderita hepatitis. Menambahkan kayu manis sebanyak 1 sendok teh saja pada hidangan minuman atau makanan Anda, maka proses metabolisme bisa otomatis meningkat 20 kali lipat jauh lebih baik.

(Baca juga: ciri-ciri hepatitis)

Makanan Sehat Lainnya untuk Penderita Hepatitis

Selain daftar makanan yang ada di atas, masih ada makanan-makanan lainnya yang patut untuk Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi bila menderita hepatitis.

  1. Buah leci
  2. Markisa
  3. Buah pir
  4. Anggur
  5. Kurma
  6. Alpukat
  7. Tomat
  8. Kiwi
  9. Blackberry
  10. Bit
  11. Sirsak
  12. Jeruk bali
  13. Apel
  14. Pepaya
  15. Lemon
  16. Mangga
  17. Jeruk
  18. Melon
  19. Teh hijau
  20. Lada cayenne
  21. Oatmeal
  22. Kentang
  23. Gandum
  24. Kacang hijau
  25. Almond
  26. Biji bunga matahari
  27. Susu skim rendah lemak
  28. Buncis

(Baca juga: perbedaan sakit liver dan hepatitis)

Itulah daftar makanan-makanan sehat untuk hepatitis yang kiranya dapat dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Supaya kesehatan dan fungsi hati kembali normal, Anda dapat mencoba mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara bergantian setiap hari.

, , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 17:36 Oleh :
Kategori : Hepatitis