Sponsors Link
     Sponsors Link

Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat – Penyebab dan Pengobatan

ads

Dalam tubuh manusia terjadi sebuah proses untuk memasukkan energi dan mengeluarkan racun yang tidak berguna bagi tubuh dengan beberapa cara. Mulai dari mengeluarkan feses, urine, dan yang terakhir adalah keringat. Keringat sangat penting untuk tubuh. Keringat adalah cairan yang keluar dari kelenjar keringat yang terdapat pada kulit. Di dalam keringat terkandung bahan utama yang bernama Natrium Klorida yang merupakan bahan utama pada garam. Selain itu terdapat bahan lain yakni 2-metilfenol dan 4-metilfenol yang mengeluarkan bau.

Keringat yang keluar dari dalam tubuh kita adalah karena suhu panas yang ada di luar tubuh kita. Keringat berguna untuk mengatur suhu tubuh kita. Jika sedang dalam keadaan sangat panas, maka tubuh kita otomatis akan mengeluarkan keringat sebagai pendingin tubuh kita. Selain itu, ketika otot bekerja lebih keras dan memanas, maka keringat juga keluar dari tubuh kita. Ketika sedang menghadapi seseorang atau sebuah keadaan dimana anda menjadi gugup, keringat merespon itu dan keluar dari dalam tubuh. Keringat akan menurun intensitas keluarannya ketika sedang dalam keadaan demam.

Kelenjar Keringat Manusia

Dalam tubuh, terdapat dua kelenjar keringat yang bertugas mengeluarkan keringat dari dalam tubuh kita. Dua kelenjar keringat itu adalah :

  • Kelenjar keringat ekrin – Kelenjar keringat ini ada di seluruh tubuh. Akan tetapi lebih banyak terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan muka. Di kelenjar keringat ekrin, keringat yang keluar kebanyakan adalah air yang mengandung garam dan berfungsi untuk mengatur suhu tubuh.
  • Kelenjar keringat apokrin – Ini adalah kelenjar keringat yang terletak di ketiak dan sekitar alat kelamin. Pada kelenjar keringat apokrin, keringat yang keluar menghasilkan lemak. Keringat yang keluar dari kelenjar apokrin ini menghasilkan bau. Hal itu karena pada proses pengeluarannya, terjadi aktivitas bakteri yang memecah komponen organik yang dihasilkan dari keringat.

Keringat yang keluar dari tubuh ini memiliki beberapa dampak. Berikut adalah dampak dari keringat yang keluar dari tubuh :

  • Positif – Dalam dampak positif dari keringat, keringat berguna untuk mengatur suhu tubuh. Selain itu, keringat juga memiliki guna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membakar kalori dalam tubuh, menurunkan stres, memperlancar peredaran darah dan mempercantik kulit.
  • Negatif -Keringat juga memiliki dampak negatif bagi tubuh. Salah satunya adalah membuat tubuh anda bau dan membuat pakaian anda berwarna kuning atau putih di beberapa bagian karena zat yang menjadi bahan utama garam tersebut.

Ketika keringat dalam tubuh keluar dengan alasan yang jelas seperti karena suhu lingkungan yang panas, atau karena aktifitas yang membuat otot bekerja keras dan panas maka itu adalah satu kejadian yang normal. Akan tetapi ada beberapa kejadian dimana keringat keluar tanpa alasan yang jelas. Salah satunya adalah keluarnya keringat dari telapak tangan dan kaki.

Penyebab

Peristiwa keluarnya keringat yang berlebihan pada telapak tangan disebut dengan palmar hyperhidrosis. Keringat yang keluar dari telapak tangan yang berlebih ini tentunya membuat seseorang akan merasa minder ketika mereka hendak berjabatan tangan. Terutama jika keadaan itu datang pada saat yang penting misalnya ketika sedang dalam sebuah janji untuk bertemu dengan orang penting dari perusahaan. Tentunya hal ini bisa merusak kesan pertama yang sangat penting untuk dibangun. Palmar hyperhidrosis ini harus kita kenali sebabnya sebelum kita mencoba untuk mengobatinya.

Sponsors Link

Ada beberapa orang yang bilang bahwa keringat yang keluar dari telapak tangan secara berlebih ini menandakan bahwa ada masalah dengan jantung. Hal ini masih menjadi perdebatan paramedis. Selain karena indikasi penyakit jantung yang masih dalam perdebatan itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan keringat keluar secara berlebihan pada telapak tangan. Penyebab itu antara lain :

1. Stress atau cemas

Hal pertama yang mungkin menyebabkan telapak tangan berkeringat adalah ketika sedang mengalami penyebab stress atau cemas. Ketika sedang dalam keadaan genting yang membuat cemas, maka secara otomatis keringat akan keluar dari telapak tangan dan juga dari beberapa tempat yang lain. Jika karena stress atau cemas maka ini adalah satu hal yang normal. Semua manusia pada dasarnya pernah mengeluarkan keringat dari telapak tangan dan stress dan cemas adalah salah satu penyebabnya. Maka bisa dipastikan tidak ada penyakit dalam tubuh anda.

2. Sistem saraf simpatik yang hiperaktif

Sistem saraf simpatik adalah bagian dari sistem saraf otonom yang mengatur fungis kelenjar keringat dan mengatur sekresi glukosa di dalam hati. Sistem saraf ini aktif ketika manusia dalam keadaan stress. Sistem saraf simpatik adalah lawan dari sistem saraf parasimpatik. Keadaan dimana sistem saraf simpatik berlaku secara hiperaktif menyebabkan kelenjar keringat bekerja berlebih dan membuat telapak tangan berkeringat secara berlebihan pula.

Sistem saraf simpatik melakukan beberapa fungsi di dalam tubuh yang membentuk sebuah respon yang disebut dengan respon fight-or-flight. Respon ini adalah sebuah respon yang mengeluarkan zat kimia seperti adrenalin, meningkatkan kerja jantung, kontruksi pembuluh darah dan mengeluarkan keringat. Keadaan hiperaktif juga terjadi ketika proses fight-or-flight ini muncul pada situasi yang tidak tepat dan tanpa bisa dikontrol.

3. Gangguan hormon

Ketika tubuh anda terserang gangguan hormon, hal ini juga mempengaruhi keringat berlebih yang keluar di telapak tangan. Beberapa penyakit hormon tersebut antara lain diabetes melitus, gangguan hormon tyroid dan juga keadaan menopouse.

4. Penyakit Infeksi

Penyakit yang menginfeksi seperti tubercolosis (TBC) juga mampu membuat telapak tangan anda berkeringat berlebih.

sponsored links

5. Obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat telapak tangan berkeringat. Hal ini karena terjadi proses dalam tubuh yang menyebabkan sistem yang mengatur kerja kelenjar keringat bekerja tanpa rangsangan yang tepat. (baca juga : efek samping minum obat jangka panjang)

6. Jantung

Untuk penyebab yang satu ini, masih menjadi perdebatan di dunia medis. Ada beberapa ahli yang berkata bahwa keadaan jantung yang tidak sehat menyebabkan telapak tangan berkeringat. Hal ini mungkin karena sistem saraf simpatik yang berhubungan dengan jantung berpengaruh ketika jantung berdetak. Karena sistem simpatik mengeluarkan zat adrenalin yang membuat detak jantung berdetak lebih cepat dan membuat berkeringat.

7. Gula darah Rendah

Penyakit gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah anda tidak normal sebagai mana seharusnya. Pada saat anda mengalami gula darah yang rendah kadar gula dalam darah anda di bawah 70 mg/dL. Kondisi ini biasa dialami oleh penderita gejala diabetes. Kondisi ini juga bisa membuat telapak tangan anda berkeringat. Biasanya untuk menaikkan gula darah anda diharuskan mengkonsumsi insulin dan asupan makanan yang tepat.

8. Beberapa tipe kanker

Beberapa tipe kanker yang menyerang manusia bisa mengakibatkan telapak tangan anda berkeringat tanpa alasan yang jelas.

Pengobatan

Ada beberapa cara dan pengobatan yang bisa anda lakukan ketika anda mengalami hal ini. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati telapak tangan anda yang berkeringat berlebihan :

  • Deodorant dengan resep dari dokter – Anda bisa menggunakan deodorant sebagai anti respirant untuk mencegah keringat yang keluar dari telapak tangan. Akan tetapi deodorant yang beredar di pasaran biasanya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena itulah dibutuhkan resep dokter untuk deodorant. Deodorant yang diresepkan dokter biasanya memiliki efek yang lebih kuat ketimbang anti respirant yang beredar di pasaran. (baca juga : bahaya deodorant)
  • Larutan alumunium chloride – Obat ini bisa digunakan untuk mengobati kelainan kelenjar keringat pada telapak tangan. Anda bisa menggunakan obat ini dengan cara dioles di telapak tangan ketika malam hari dan menghapusnya ketika pagi.
  • Suntik Botoks – Ketika mengalami kasus yang lebih berat, anda bisa menyuntikkan botoks. Tentunya penyuntikan ini tidak bisa sembarangan, anda harus menghubungi dokter dan meminta pertolongan untuk menyembuhkan penyakit ini.
  • Bedah – Jika cara-di atas tadi tidak kunjung mengurangi kadar keringat yang keluar dari telapak tangan, maka bisa dilakukan bedah. Bedah ini dilakukan pada daerah sekitar tangan untuk memotong saraf yang menyebabkan telapak tangan anda berkeringat. Ini adalah cara terakhir jika pada akhirnya tak bisa menyembuhkan keringat berlebih tersebut.
  • Menghubungi dokter – Ketika merasa bahwa masalah ini cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sebaiknya menghubungi dokter untuk berkonsultasi tentang apa yang terjadi pada diri. Dokter akan lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi dan kenapa hal itu bisa terjadi pada anda. Dengan datang ke dokter, anda bisa melakukan penanganan dengan tepat dan tidak salah penanganan. Salah penanganan pada hal-hal semacam ini, meskipun tidak berbahaya, bisa menyebar ke hal lain dan semakin merugikan anda. Menghubungi dokter adalah cara paling aman untuk bisa sembuh.

Demikian adalah beberapa penjelasan tentang keringat dan beberapa gejala yang terjadi jika kelenjar keringat anda bermasalah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, December 2015 / 04:52 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit