Sakit Tumit Kaki Sebelah Kanan – Penyebab, Gejala dan Penanganan

Sakit tumit kaki sebelah kanan dapat muncul akibat dari kebiasaan dan gaya hidup seseorang ketika memperlakukan kakinya saat sedang beraktivitas. Tumit adalah bagian dari kaki yang memiliki fungsi vital yaitu membantu tulang dan persendian dengan cara menopang beban tubuh agar seseorang dapat bergerak bebas tanpa rasa nyeri dan nyaman ketika melakukan aktivitas.

artikel terkait:

Penyebab

Sakit tumit kaki sebelah kanan bisa dialami siapa saja terkait dengan aktivitas yang dilakukan secara berulang dan rutin atau akibat kondisi tubuh yang memungkinkan munculnya sakit pada bagian tumit, Contohnya;

1. Akibat aktivitas berat

Aktivitas yang bertumpu pada kekuatan kaki dan dilakukan secara rutin setiap hari misalnya mengangkat beban berat dapat merusak tendon bagian tumit kaki sebelah kanan ataupun kiri yang nantinya akan menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan yang akhirnya menyebabkan peradangan.

2. Akibat pemakaian sepatu

Melakukan aktivitas kerja yang menuntut atau mengharuskan anda untuk rajin berjaln bolak balik atau mondar mandir tetapi anda menggunakan ukuran sepatu yang tidak tepat misalnya terlalu sempit atau tinggi maka beresiko menimbulkan tekanan yang terus menerus terhadap urat , Otot dan saraf saraf dibagian jari jari kaki dimana Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan sakit tumit kaki sebelah kanan dan kiri tak dapat anda hindari. (Baca juga: Tulang Kering Sakit)

3. Akibat kegemukan

Kegemukan adalah salah satu penyebab rasa sakit tumit kaki sebelah kanan yang paling sering menyerang kaum wanita. Tubuh yang terlalu gemuk dan tidakj sesuai dengan tinggi badan dapat menyebabkan tendon pada tumit kaki tertekan karena terbebani terrus menerus akibat menopang berat tubuh saat seseorang sedang berjalan atau berlari. Akibatnya tumit akan cedera dan kelelahan yang nantinya beresiko menyebabkan munculnya rasa nyeri. (Artikel terkait: Kebiasaan Penyebab Kegemukan)

4.Infeksi pada tumit

Cedera pada tumit kaki akibat benturan keras, tusukan atau goresan yang meninggalkan pendarahan dan peradangan jika tidak segera di obati maka Peradangan yang telah terjadi tersebut dapat menyebabkan kantung fibrasi di area tumit kaki berisi cairan, Dimana cairan itu yang akan menjadi penyebab munculnya rasa nyeri, Pembengkakan dan timbul infeksi. (Baca juga: Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah)

5. Gejala Rheumatoid Arthritis

Gangguan sendi yang diakibatkan gejala rheumatoid arthritis pada jari jari kaki dan area tumit kaki bagian belakang maka beresiko menimbulkan rasa sakit tumit kaki sebelah kanan atau kiri dapat berlangsung setiap hari apalagi jika penderita telah berusi antara 40 sampai 60 tahun. (Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak Sebelah Kiri)

6. Penyakit gula/Diabetes

Kadar gula yang berlebihan didalam darah dapat mempengaruhi kondisi jaringan di area tumnit kaki, Sehingga penumpukan gula dapat melekat pada permukaan tulang dan menyebabkan tulang menekan urat urat yang ada disekitar tumit, Akibatnya akan muncul rasa sakit tumit kaki bagian kanan jika memang terjadi penumpukan guka berlebih dibagian tulang kaki bagian kanan atau sebaliknya.

Artikel terkait:


7. Tingginya kadar asam urat

Naiknya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan gangguan fungsi persendian yang dapat menjalar kearah sendi sendi jari kaki dimana rasa nyerinya dapat meluas kearah tumit kaki bagian belakang dimana karakter rasa nyerinya seperti ditiusuk tusuk dan efek panas seperti terbakar.

Baca juga:

8. Olahraga berlebihan

Olahraga yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu munculnya berbagai masalah diseputar kaki misalnya sakit tumit kaki sebelah kanan jika memang gerakan berlebihan terjadi pada area kaki sebelah kanan atau sebaliknya. Gerakan gerakan yang terlalu lama, Terlalu cepat dan tidak adanya istirahat dapat menyebabkan fraktur mendapat tekanan yang mengakibatkan tendon terkilir, Iritasi dibagian dalam dan kerusakan ringan ligamen yang menyebbakan rasa nyeri sekitar tumit kaki.

9.Osteoporosis

Osteoporosis adalah menipisnya kepadatan tulang akibat peristiwa pengeroposan yang muncul secara dinamis, Biasaanya sering menyerang para usia lanjut atau bisa juga disebabkan karena tulang tidak mendapat asupan nutrisi yang memadai dalam jangka panjang misalnya kurangnya asupan kalsium dan vitamin D.
Osteoporosis dapat menyebabkan kerusakan tendon, Kelemahan otot dan kelainan saraf saraf disekitar tumit kaki, Akibatnya akan muncul rasa sakit tumit kaki bagian kanan atau kiri yang timbul tenggelam. (Baca juga: Ciri Ciri Osteoporosis)

10.Penumpukan kista pada tulang

Munculnya penumpukan cairan akibat pertumbuhan pesat dari sel sel abnormal (sel bakal kanker) yang menyerang tulang bagian kaki, Lama kelamaan cairan akan memadat dan berubah menjadi tumpukan kista yang mengendap lalu bergerombol melekat pada bagian tulang sekitar jari jari kaki atau persendian pergelangan kaki. penumpukan kista yang berlebihan dapat menekan struktur tulang menjadi terdorong lalu menghimpit urat urat atau saraf yang ada disekitar tumit, Akibatnya sakit tumit kaki bagian kanan atau sebaliknya tidak bisa lagi anda hindari. (baca juga: Gejala kista)

11. Terkilir

Keseleo atau terkilir merupakan peristiwa yang umum sering dialami manusia .Namun keseleo dapat juga menjadi penyebab munculnya rasa sakit tumit kaki sebelah kanan atau kiri yang dapat mengganggu aktivitas anda. Gerakan yanag mendadak atau spontan akibat berjaln, Berdiri atau berlari dapat menyebabkan otot, Saraf atau bagian tendon memgalami ketegangan dan pengerutan akibat keterkejutan aliran darah yang mendadak pula sehingga rentan terjadi cedera yang nantinya bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada tumit kaki atau bahkan pada pergelangan kaki. (Baca juga : Obat kaki terkilir)

Gejala

Sakit tumit kaki sebelah kanan yang berlangsung berharu hari perlu diwaspadai karena dapat menjadio salah satu indikasi telah terjadi gangguan pada jaringan kaki. Kenali gejala awalnya agar kondisi sakit pada tumit dapat segera diatasi.

  • Nyeri pada bagian tumit belakang sesaat terbangun dari tidur
  • Nyeri seyelah duduk atau berdiri terlalu lama
  • Muncul iritasi disekitar tumnit bagian belakang
  • Muncul pembnengkakan dan warna kemerahan yang halus pada tumit
  • Ada penebalan kulit saat sakit tumit sebelah kanan berlangsung dan diraba oleh tangan
  • Area tumit kaki bagian belakang mengalami kesemutan atau denyutan halus

Penanganan secara umum

Jika terjadi sakit tumit kaki sebelah kanan anda tidak perlu khawatir, Karena ada tips cara mengatasi tumit yang bermasalah dengan langkah langkah yang sederhana tetapi efektif mempercepat penyembuhan.

  • Mengompres bagian tumit yang nyeri dengan cara meletakkan batu es yang sebelumnya telah dibalut dengan handuk tipis atau kain atau mengompres dengan handuk yang telah direndam didalam air dingin. Rasa sejuk dapat mengurangi rasa nyeri dan mengempiskan pembengkakan jika memang telah terjadi peradangan disekitar jaringan tumit kaki.
  • Merendam jari jari kaki dan tumit pada air hangat yang didalamnya telah ditambahkan dengan beberapa batang sereh dan Daun sirih yang telah dihaluskan lalu garam secukupnya. Cara tradisional ini dapat meregangkan otot kaki yang mengalami ketegangan, Menyembuhkan pembengkakan dan menghilangkan rasa lelah pada kaki khusuntya pada bagian tumit.
  • Mempertahankan berat badan ideal dan mengistirahatkan kaki dari segala aktivitas berat termasuk olahraga yang berlebihan dan jalan terlalu lama sambil melakukan pijatan perlahan pada area jari jari dan tumit kaki dengan minyak cengkih.
  • Membalur atau menjadikan parutan kunyit sebagai tapal pada area tumit yang sedang mengalami rasa sakit atau nyeri yang timbul tenggelam. Lakukan cara ini 2 kali setiap hari secara rutin dan konsisten sampai sakit tumit kaki bagian kanan atau kiri anda sembuh , yaitu pagi sebelum melakukan aktivitas dan malam hari satu jam sebelum tidur.

Penanganan lebih lanjut

Ketika kondisi rasa sakit tumit kaki sebelah kanan telah menjalar kebagian jaringan tubuh lain dan intensitas rasa nyerinya semakin bertambah maka ada solusi terbaik lain yang berkaitan dengan pengobatan medis, Diantaranya:

  • Penggunaan obat anti nyeri dan radang jenis nonsteroid (OAINS) contohnya obta asam mefenamat atau natrium diklofenat yang dikonsumsi sesuai resep dokter setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tendon atau ligamen diarea tumit kaki.
  • Pemakian suntikan steroid pada area sakit tumit kaki sebelah kanan dan sepanjang jari jari kaki yang mengalami cedera dan rasa nyeri akibat pemakaian sepatu yang tidak tepat.
  • Dilakukan fisioterapi kaki secara teratur dan disesuaikan dengan kondisi tumit dengan acara penekukan pada pergeangan kaki dan jempol jari jari secara bersamaan guna menstabilkan aliran darah yang terhambat diseputar sakit tumit kaki sebelah kanan.

Upaya pencegahan sakit tumit kaki sebelah kanan

Sebenarnya masalah sakit tumit kaki sebelah kanan bisa sembuh dengan sendirinya dan dapat mudah dicegah agar tidak muncul kembali dengan segera mengubah cara anda bersepatu, Mengurangi aktivitas yang berlebihan, Memilih olahraga yang lebih ringan atau teratur merawat kaki dengan lebih baik.

, ,
Post Date: Wednesday 09th, August 2017 / 08:34 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit