Sponsors Link

Sakit Pada Siku Tangan Kiri – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Sakit pada siku tangan kiri dapat muncul akibat seseorang terlalu sering atau berulang melakukan aktivitas yang melibatkan tangan termasuk siku. Siku tangan kiri akan cepat mengalami gangguan berupa rasa nyeri jika seseorang menggunakan pergerakan hanya bertumpu pada bagian tangan sebelah kiri saja.

ads

Baca juga:

Penyebab

1. Aktivitas berulang

Banyak aktivitas berulang yang melibatkan penggunaan tangan secara berlebihan misalnya olahraga berdayung, Latihan golf , Arum jeram, Bowling, Bola volley dan lain lain, Dimana kegiatan tersebut dapat mencederai otot dan saraf saraf yang ada pada area tangan termasuk siku sebelah kiri atau kanan yang menyebabkan rasa sakit pada siku hingga merambat pada pergelangan tangan.

2. Tulang lengan patah

Pada tangan manusia terdiri atas ulna, Radius dan tulang humaris yang apabila salah satunya mengalami patah akibat terjatuh, Terhantam atau terpukul dengan sangat keras maka rasa nyeri pada lengan kiri akan menyebabkan sakit pada siku tangan kiri atau sebaliknya (Lengan kanan yang nyeri maka siku kanan juga akan nyeri).

Baca juga:

3. Peradangan /bursae pada siku

Pada bagian siku tangan kiri jika terjadi benturan lalu menyebabkan pembengkakan maka akan terjadi peradangan didalam jaringan tendon yang menimbulkan sakit pada siku tangan kiri. Bursae terletak diantara tulang , Tendon , Otot otot yang berhubungan dengan persendian yang ada didalam lengan, Siku, Pergelangan tangan , Bahu dan jari jari. Jika tangan digunakan untuk kegiatan berbahaya yang memungkinkan terjadinya cedera pada area sepanjang area tangan termasuk siku . Misalnya panjat tebing, Akrobat atau arum jeram maka dapat menyebabkan terjadinya bursitas ( kerusakan) yang memicu peradangan.

Baca juga:

4. Masalah Golfer’s Elbow

Rasa sakit pada siku tangan kiri bisa mendadak muncul akibat penggunaan tangan yang hanya mengandalkan bagian tangan kiri saja, Misalnya orang orang yang memiliki keunikan sebagai kidal (Hnaya menggunakan tangan kiri saja). Pergerakan yang dilakukan dengan salah satu tangan saja beresiko membuat tendon pada otot lengan kiri yang ada diarea siku terus menerus mendapat tekanan, Ketegangan dan kelelahan yang memicu munculnya memar didalam, Pembengakakan lalu rasa sakit ketika digerakkan ke esokan harinya.

5. Terserang Osteoarthritis

Munculnya masalah osteoarthritis dapat menjadi salah penyebab rasa sakit pada siku tangan kiri atau kanan ketika tangan digerakkan. Osteoarthritis cenderung membatasi sipenderita untuk tidak bisa menggunakan tangannya untuk bebas bergerak.

6. Rematik (Rheumatoid arthritis)

Rematik atau rheumatoid arthritis merupakjan peradangan yang terjadi pada selaput bagian kapsul yang membungkus sendi sendi diseluruh tubuh termasuk pada bagian tangan atau siku. Peradangan yang terjadi kerab menimbulkan pembengkakn dan rasa sakit pada siku tangan kiri ketika kasus tersebut terjadi pada bagian tangan sebelah kiri atau sebaliknya.Rematik merupakan penyakit yang sering menyerang sendi yang kecil kecil misalnya area pergelangan tangan dan area siku tangan.

Baca juga:

Sponsors Link

7. Retak ringan tulang siku

Siku kiri atau kanan yang mendapat desakan gerakan terus menerus dan tekanan akibat pemaksaan gerak misalnya berusaha mengangkut barang barang berat beresiko mengalami kelemahan kekuatan dan kepadatan tulang secara berkala jika tidak diimbangi dengan asupan kalsium yang mencukupi. Pada usia lanjut kondisi ini rentan terjadi keretakan ringan yang menyebabkan rasa sakit pada siku tangan kiri atau kanan, Tergantung tangan bagian mana yang digunakan.

8. Radang jaringan tendon

Tendon adalah jaringan utama yang menghubungakan fungsi otot pada jaringan tulang dan persendian. Jika terjadi sedikit saja peradangan pada lengan tangan bagian kiri maka akan menimbulkan rasa sakit pada siku tangan kiri atau sebaliknya.

9. Osteochondritic Dissecans

Osteochondritis Dissecans merupakan kasus dimana tulang memiliki lapisan cartilaga sendi, Mengalami erosi kepadatan kalsium dalam tulang, Kering dan tidak mendapatkan aliran darah secara normal . Kondisi inilah yang sering menimpa anak anak dan dewasa dibawah usia 20 tahun yang menyebabkan cedera.

Gejala:

  • Rasa nyeri pada siku terasa berdenyut saat beristirahat
  • Nyeri ketika tangan mencoba membuka seluruh jari jari
  • Kehilangan kemmpuan untuk bisa meremas dan menggenggam benda
  • Adanya perubahan warna pada siku yang mengalami rasa sakit
  • Persendian disekitar siku terasa nyeri
  • Rasa nyeri menjalar kebagian lengan dan bawah lengan.
  • Ketika terbentur siku terasa seperti kesetrum dan muncul kesemutan sesaat
  • Lengan antara atas dan bawah teras sakit ketika di luruskan atau direntangkan
  • Terjadi penurunan kekuatan pada tangan ketika mengangkat benda
  • Ada rasa hangat sekitar siku yang mengalami cedera

Langkah pengobatan

ads

1. Tenangkan kondisi lengan

Meluangkan waktu untuk mengistirahatkan lengan agar bagian siku yang mengalami peradangan akibat cedera dapat segera disembuhkan. Mengurangi gerakan dan menghentikan aktivitas untuk beberapa hari adalah solusi terbaik untuk mengembalikan ketegangan otot atau kelemahan otot siku yang mengalami peradangan menjadi lebih baik.

2. Kompres es batu

Balutlah sebongkah batu es didalam lipatan handuk kecil untuk kemudian gunakan untuk mengompres bagian siku yang mengalami pembengkakan, Pendarahan, Goresan atau memar selama kurang lebih 20 menit atau lebih. Pengompresan denagn es batu dapat menenangkan lokasi yang cedera dan meregangkan otot dan saraf yang mengalami ketegangan dan fungsi tendon yang melemah.

Sponsors Link

Baca juga:

3. Penyangga lengan

Jika memang anda harus bepergian atau tidak betah untuk terus berbaring diatas tempat tidur upaya untuk memakai peyangga lengan untuk mengangkat siku dengan menggunakaan kain khusus yang dapat dibeli diapotik. Guna penyangga adalah untuk menghindari gerakan gerakan yang tidak perlu atau mencegah adanya benturan dengan benda benda yang ada disekitar mislnya meja, Lemari, Daun pintu dan sebagainya.

4. Injeksi autologous

Beberapa kasus dokter akan mengambil tindakan penggunaan injeksi autologous dengan memanfaatkan cairan trombosit /darah untuk kemudian di suntikan pada arteri dimana lokasi cedera berada. Cara ini dapat meredakan rasa nyeri, Mengempiskan pembengkakan daan mempercepat proses perapatan sel sel jaringan yang rusak akibat robekan, Goresan, Pendarahan atau luka terbuka.

5. Latihan /terapi gerak

Terapi gerak dapat dilakukan setelah cedera pada siku mengalami perubahan penyembuhan secara berkala atau sesuai dengan anjuran dokter setelah proses pemeriksaan fisik terlebih dahulu agar latihan gerak yang dilakukan tidak melukai jaringan kulit dan tendon pada area siku dan lengan bagian atas. Latihan atau terapi gerak ini dapat diikuti dengan penggunaan obat oral yang telah mendapat persetujuan dari dokter yang terkait, Yaitu obat jenis NSAID atau non steroid- anti inflamasi drug yang efektif menghilangkan rasa nyeri serta mempercepat proses pengempisan terhadap pembengkakan.

Pengobatan Tradisional

Sakit pada siku tangan kiri yang hanya mengalami memar dan pembengkakan biasa tanpa diiringi adanya luka terbuka atau pendarahan maka masih bisa diobati dengan pengobatan yang memanfaatkan khasiat tanaman herbal yang ada disekeliling kita.

1. Jintan hitam

Jintan hitam mempunyai senyawa asam salisilat yang bersifat analgesik yang efektif meringankan peradangan, Meredakan ras nyeri dan menghentikan efek denyutan akibat cedera yang ada dibagian lengan dan siku.
Jintan hitam dapat direbus dengan takaran air kurang lebih 200 Ml sampai mendidih dan meninggalkan sisa setengahnya. Setelah mendidih dan diangkat maka air rebusan tersebut dapat di dinginkan untuk kemudian disaring lalu diminum secara rutin 2 kali sehari.

2. Jahe dan kunyit

Jahe dan kunyit memiliki kandungan anti peradangan yang baik bagi proses penyembuhan terhadap siku yang menderita tennis elbow. Jahe dan kunyit dapat dihaluskan atau diparut untuk kemudian dibuat menjadi tapal balur untuk meredakan sakit pada siku tangan kiri atau kanan yang mengalami inflamasi.

Baca juga:

3. Bawang putih dan minyak mustard

Bawang putih mempunyai senyawa antibiotik, Anti bakteri dan anti peradangan yang sangat kuat sehingga efektif mempercepat proses penyembuhan pada siku yang menderita tennis elbow sehingga rasa sakit pada siku tangan kiripun dapat dikurangi.
Bawang putih bisa ditumbuk hingga halus tetapi sebelumnya bawang putih bisa dikukus terlebih dahulu. Setelah dihaluskan tambahkan minyak mustard secukupnya kemudian aduk hingga warna berubah kecokelataan. Ramuan ini dapat diborehkan pada siku yang cedera atau tempat persendian lain yang mengalami rasa sakit.

Baca juga:

4. Daun komfrey

Tanaman komfrey berasal dari benua eropa dan tersebar luas di Asia Barat namun sudah mulai dibudidayakaan di indonesia. Daun komfrey memiliki banyak kandungan senyawa penyembuh luka terdiri dari zat Symphytine, Anodoline, Alkaloid, Pirolizidine, Tanin, Minyak atsiri, vitamin B1, B2, C, E dan lain lain yang efektif untuk mengatasi rasa sakit pada siku tangan kiri atau kanan akibat cedera yang menyebabkan munculnya tennis elbow atau pembengkakan. Daun komfrey dapat direbus dan air rebusannya bisa diminum 2 kai sehari secara teratur hingga sakit pada siku tangn kiri berhasil disembuhkan.

5. Kulit pohon willow

Tanaman willow masih keluarga dari rumput rumputan dimana kulitnya adalah sumber salisin dan zat salisilat yang kuat yang mampu menyembuhkan demam, Peradangan akibat cedera, Anti inflamsi, Bersifat analgesik, Anti rematik dan arthritis. Kulit pohon willow dapat direbus untuk kemudian airnya disaring dan diminum 3 kali sehari . Rebusan kulit pohon willow cocok bagi penderita nyeri sendi dan rematik yang telah berusia lanjut. Senyawa yang ada pada tanaman ini tidak mengakibatrkan efek samping karena memiliki sifat dasar sebagai analgesik dan salisin yang sangat kuat yaitu menghilangkan rasa sakit pada siku tangan kiri dan jaringan kulit yang ada pada persendian kaki dan lutut yang mengalami kerusakan akibat cedera.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 04:06 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit