Sakit Pada Dada Kanan – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Rasa sakit pada dada adalah rasa nyeri sakit atau merasa tertekan pada bagian dada, biasanya nyeri pada dada akan menjalar ke bagian tubuh seperti bahu hingga ke tulang rusuk. Bahkan rasa nyeri tersebut bisa sampai ke rahang leher maupun ke tangan. Meskipun biasanya rasa nyeri sampai ke rahang leher maupun ke tangan jarang terjadi namun hal ini bisa saja terjadi pada seseorang yang terkena sakit pada dada.

Sakit pada dada dapat dikategorikan menjadi dua yaitu sakit pada dada sebelah kiri dan juga sakit pada dada sebelah kanan. Jika anda merasakan sakit pada dada atau dada terasa nyeri maka hal ini perlu ditanggapi atau segera ditindaklanjuti karena hal ini bisa saja menjadi salah satu gejala dari berbagai penyakit terutama penyakit jantung. Di artikel ini kita akan lebih membahas tentang nyeri atau sakit dada bagian kanan. Sakit dada bagian kanan merupakan rasa nyeri dan tertekan di bagian dada sebelah kanan. Sakit dada bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai hal. Adapun penyebab rasa sakit pada dada bagian kanan adalah sebagai berikut

Penyebab

1. Pneumonia

Pneumonia merupakan salah satu permasalahan yang bersangkutan dengan kesehatan pada dada yang diakibatkan karena adanya infeksi pada paru-paru sehingga mempengaruhi kantung mikroskopik di dalam paru-paru. Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh virus parasit dan juga jamur.

2. Infeksi virus penyebab flu dan batuk

Rasa sakit di dada sebelah kanan juga dapat disebabkan karena infeksi virus penyebab flu dan batuk, biasanya sakit dada di bagian kanan yang disebabkan karena infeksi virus penyebab flu dan batuk akan terasa lebih sakit ketika mengalami batuk atau melakukan pernapasan yang panjang.

baca juga : penyebab flu – Gejala batuk kering dan gatalbatuk berdahak putih ciri-ciri flu

3. Penyakit kandung empedu

adanya penyakit kandung empedu juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya sakit dada bagian kanan. Kandung empedu merupakan kantung yang dapat menyimpan cairan yang terdiri dari pigmen serta kolesterol dan garam empedu.  jika kandung empedu tidak dapat berfungsi dengan baik maka sakit kandung empedu juga akan mempengaruhi tubuh dan tubuh merasakan sakit yang menyebar hingga ke dada sebelah kanan. Penyakit empedu dapat disembuhakn dengan langkah pencegahan batu  empedu yaitu dengan obat herbal batu empedu

4. Radang hati

Penyakit radang hati ini juga merupakan salah satu pemicu utama seseorang menderita sakit di dada sebelah kanan, Hal ini disebabkan karena faktor pengkonsumsian obat-obatan secara berkepanjangan untuk mengobati penyakit radang hati.

5. Peradangan pada selaput dada

Peradangan pada selaput dada juga merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit dada sebelah kanan. Sakit dada sebelah kanan akan terjadi terutama Ketika seseorang mengambil nafas yang panjang ataupun ketika seseorang batuk. Biasanya untuk mengobati rasa sakit ini maka dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit anti bakteri dan juga anti inflamasi yang telah direkomendasikan oleh dokter.


6. Cidera

Selain kelima penyebab di atas masih ada lagi beberapa penyebab yang menyebabkan dada sebelah kanan terasa sakit, salah satunya adalah cedera. Tulang rusuk yang mengalami kerusakan akibat pukulan benda tumpul yang berada di dekat dada atau berada pada dada akan menyebabkan seseorang terkena cidera dan juga menyebabkan dada terasa sakit terutama dada sebelah kanan.

7. Stres

Stres dapat disebabkan karena beberapa faktor Namun ternyata stress juga dapat menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami nyeri dada sebelah kanan. Hal ini disebabkan karena didalam tubuh kita terdapat sindrom hiperventilasi, seseorang akan mengalami gangguan pernafasan ketika sindrom hiperventilasi tersebut mengalami stress. Ternyata stress juga dapat mengancam tubuh, untuk itu perlu diketahui ciri-ciri stres yang mengancam tubuh.

Selain berbagai penyebab-penyebab terjadinya sakit dada pada bagian kanan ada pula berbagai gejala gejala yang akan dirasakan oleh seseorang yang menderita sakit dada dibagian kanan. Adapun gejala-gejala yang akan dirasakan oleh seseorang yang menderita sakit dada dibagian kanan adalah sebagai berikut

Gejala

1. Dada terasa nyeri saat batuk

Dada terasa nyeri saat batuk merupakan salah satu gejala sakit dada bagian kanan yang umum, biasanya seseorang yang menderita sakit dada bagian kanan akan merasakan sakit yang berlebih Ketika seseorang sedang batuk.

2. Dada terasa nyeri saat menarik nafas panjang

Sama halnya seperti Ketika seseorang batuk, rasa sakit ketika seseorang menarik nafas panjang merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena seseorang menderita sakit pada bagian dada sebelah kanan.

3. Dada terasa sakit saat ditekan

ketika seseorang merasakan sakit pada dada bagian kanan biasanya dada yang terasa sakit tersebut akan terasa lebih sakit ketika dilakukan penekanan pada dada. Untuk itu jika anda terus-terusan merasa sakit dan rasa sakit tidak kunjung sembuh maka segera periksakan ah ke dokter.

4. Sulit menelan

Menjadi sulit menelan juga merupakan salah satu dari gejala seseorang menderita sakit dada bagian kanan.

5. Nyeri pada ulu hati

Rasa nyeri pada ulu hati atau serasa makanan yang ada pada lambung naik kembali ke dalam kerongkongan juga merupakan salah satu gejala dari seseorang terkena sakit dada bagian kanan. Ketahuilah penyebab nyeri ulu hati atau penyebab sakit ulu hati yang harus diwaspadai

6. Rasa nyeri bertambah dan berkurang

Biasanya seseorang yang menderita sakit dada bagian kanan akan merasakan rasa nyeri bertambah parah ataupun rasa nyeri berkurang, Hal ini disebabkan ketika seseorang mengubah posisi tubuhnya. Untuk itu agar nyeri pada bagian dada tidak bertambah parah maka posisi kan lah tubuh se relaks mungkin.

Setelah mengetahui beberapa gejala-gejala dan berbagai penyebab yang menyebabkan dada sebelah kanan terasa sakit maka akan lebih baik jika kita mengetahui bagaimana cara mengobati sakit dada pada bagian kanan. Adapun cara mengobati sakit dada pada bagian kanan adalah sebagai berikut

Pengobatan

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit dada pada bagian kanan Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan cara yang kedua adalah dengan operasi

1. Nitrogliserin

Obat ini adalah obat penenang Arteri yang dapat diberikan untuk penderita and Kina ataupun penderita yang mengalami penyempitan pada Arteri jantung.

2. Obat penekan kadar asam

Obat penekan kadar asam merupakan salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk membantu menekan kadar asam yang terdapat pada perut agar tidak naik ke kerongkongan ataupun ke paru-paru.

3. Aspirin

Aspirin merupakan salah satu obat anti inflamasi yang dapat diberikan untuk meredakan atau untuk menghindari peradangan jantung.

4. Obat antidepresan

Obat antidepresan dapat berfungsi untuk mengontrol emosi pasien agar tidak mempengaruhi aktivitas jantung ataupun aktivitas paru-paru.

5. Obat pengencer darah

Obat pengencer darah dapat digunakan untuk mela.ncarkan gumpalan darah yang terdapat pada Arteri jantung atau pun paru-paru.


6. Inflasi paru

Jika paru-paru pasien tidak bekerja dengan optimal maka dengan melakukan inflasi paru-paru merupakan salah satu cara terbaik.

7.  perbaikan diseksi aorta

Perbaikan diseksi aorta merupakan tindakan darurat yang dilakukan untuk memperbaiki dan menutup diseksi agar aliran darah keseluruh tubuh tidak terhambat.

8. Operasi bypass jantung

Operasi bypass jantung digunakan untuk melancarkan aliran darah dalam jantung, sehingga dengan melakukan operasi bypass jantung ini akan mengurangi atau menghindari rasa nyeri pada bagian dada.

9. Pemasangan balon atau stent

Pemasangan balon atau stent akan dilakukan ketika terdapat penyumbatan di jantung.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit dada bagian kanan, agar dapat terhindar dari sakit dada pada bagian kanan maka konsumsilah makanan makanan yang bergizi dan hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan sakit dada pada bagian kanan.

, ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 02:35 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit