Sponsors Link

5 Penyakit Penyebab Tangan Mati Rasa

ads

Penyebab tangan mati rasa bisa saja mengindikasikan ada beberapa faktor gangguan kesehatan serius sebagai latar belakang penyebabnya. Sebagai anggota gerak dalam aktivitas keseharian kita, maka gangguan kesehatan yang menyerang daerah sekitar tangan sangatlah menyusahkan, menghambat kinerja keseharian dan bisa juga berujung fatal.

Nah untuk itulah maka artikel pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa kemungkinan faktor gangguan kesehatan yang bisa berpotensi menjadi penyebab tangan mati rasa. Langsung saja disimak daftar berikut ini ya.

1. Diabetes

Ciri khas diabetes:

  • Berhubungan langsung sebagai penyebab tangan mati rasa maka gejala diabetes atau kencing manis yang umumnya sangat sering dikeluhkan yakni efek dari kerusakan jaringan syaraf khususnya anggota gerak layaknya tangan, kaki serta jemari yang diakibatkan karena menumpuknya kandungan glukosa dalam darah penderita.
  • Dilanjutkan pula dengan berat badan yang semakin berkurang drastis. Rasa haus dan lapar yang tak kunjung henti memaksa penderita mengkonsumsi ragam nutrisi akhirnya terbuang percuma karena buruknya sistem pengolahan glukosa pada tubuh.
  • Menumpuknya glukosa darah akan mengacaukan sistem keringat dan pembuluh darah, akibatnya berdampak pada kesehatan kulit penderita yang rentan terhadap keluhan gatal serta kering bersisik tidak seperti kulit normal selayaknya.
  • Secara psikologis tidak efektifnya tingkat keseimbangan kondisi tubuh akibat glukosa darah berlebih mampu membuat pasien rentan merasa lebih mudah kecapaian. Ekskresi air kemih tidak normal pun semakin sering mengganggu penderita.
  • Jika penderita mengalami luka sedangkan glukosa darah dalam kadar tinggi maka proses pemulihan akan lebih lambat karena sistem imun tubuh yang kurang gesit menanggulangi ancaman penyakit sekaligus juga glukosa berlebih sangat riskan sebagai tempat berkembangnya ragam mikroba berbahaya. Baik dari golongan bakteri maupun jamur yang biasa juga berpotensi menjadi penyebab keputihan pada wanita umumnya.
  • Sebagai terapi pengontrolan kadar glukosa darah rutin harus diperhatikan. Lebih perhatikan lagi asupan keseharian anda dan pula lakukan diet untuk kurangi menu tinggi kandungan gula. Dan jaga gerak tubuh rutin sekalipun hanya aktivitas ringan demi menjaga kebugaran tubuh.

Artikel terkait: Penyebab Diabetes Melitus Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini Ciri-ciri Diabetes Kering dan Basah

2. Herpes Zoster

Ciri khas herpes zoster:

  • Sering disebut herpes kulit, cacar api atau dompo. Gejala muncul bintik cacar yang terasa gatal, nyeri, panas serta menimbulkan gejala demam menggigil maupun disertai pula dengan sakit kepala.
  • Cakupan keluhan bisa menyerang mulai dari anggota wajah, badan maupun anggota gerak. Dan pada umumnya pada daerah sebagian tubuh saja karena virus satu ini menyerang daerah persyarafan.
  • Keluhan mati rasa dan kesemutan pada anggota tubuh dapat menjadi gejala awal mulai terinfeksinya jaringan syaraf oleh virus herpes.
  • Penularan antar individu dapat menyebabkan perebakan penyakit cacar biasa bagi individu yang belum pernah mengalami jangkitan cacar air, namun tidak spesifik mengarah ke herpes zoster.

Artikel terkait : Penyebab Herpes ZosterVirus HerpesMakanan untuk Penderita Cacar Air

Sponsors Link

3. Sindrom Lorong Karpal

Ciri khas sindrom lorong karpal:

  • Merupakan gejala syaraf terjepit pada daerah tangan dan pastinya menimbulkan rasa nyeri juga layaknya terbakar.
  • Gejala kebas atau mati rasa dan kesemutan juga menyertai keluhan penderita.
  • Gejala paling umum timbul pada saat malam hari dan kemungkinan disebabkan oleh posisi salah tidur. Namun di sisi lain aktifitas gerak kurang tepat yang berlebihan dapat juga menjadi pemicu syaraf terjepit.
  • Dalam jangka panjang tanpa adanya penanganan tepat dapat menimbulkan kerusakan syaraf selamanya dan juga kelainan fungsi dari jemari tangan utamanya pada ibu jari.
  • Terapi dapat dilakukan dengan pemberian dosis kortikosteroid dan dapat pula disarankan tindakan pembedahan jika dirasa memang dibutuhkan.

Artikel terkait: Bahaya Syaraf TerjepitUrat TerjepitSering Kesemutan

4. Rheumatoid Arthritis

Ciri khas rheumatoid arthritis:

  • Mati rasa atau kesemutan biasa menyerang daerah perelangan dari anggota gerak baik tangan atau kaki. Yakni termasuk penyakit autoimun yang merusak jaringan tubuh penderita.
  • Rasa nyeri pada anggota gerak utamanya muncul lebih hebat pada malam hari. Penderita bisa saja mencoba terapi kompres untuk meringankan keluhan yang timbul.
  • Muncul pembengkakan maupun peradangan pada jaringan baik pada daerah lengan tangan atau juga pada daerah bawah tumit.
  • Aktifitas gerak pasien akan terganggu seiring timbul tenggelamnya gejala sendi kaku maupun serasa terkunci yang diakibatkan oleh pembengkakan serta peradangan pada berbagai tempat sendi yang biasa muncul di pagi hari atau setelah beraktifitas harian.

5. Stroke

Ciri khas gejala stroke:

Sponsors Link
  • Timbul keluhan sakit kepala serta pusing pada masa awal mulai terindikasinya serangan stroke.
  • Gejala mual juga biasanya sering menyertai keluhan penderita.
  • Kebas atau mati rasa dan kesemutan mulai akan sering menyerang pada anggota gerak tangan maupun kaki.
  • Kelumpuhan mulai dapat ditemukan dari ekspresi wajah penderita. Mulai dari bentuk mata, bibir dan juga kesulitan bicara maupun terbatasnya anggota gerak yang umumnya pada sebelah bagian menjadi penanda positif munculnya serangan stroke.
  • Kesulitan bernafas serta potensi kehilangan kesadaran ataupun ambruk juga akan dirasakan penderita pada permulaannya.
  • Untuk pertolongan pertama yakni langung hubungi ahli medis. Dan selagi menunggu maka coba posisikan penderita dalam posisi nyaman dengan gerakan selembut mungkin demi mencegah semakin parahnya pecah pembuluh darah otak. Sebisa mungkin tekan suasana kepanikan demi kebaikan penderita.
  • Sebagai terapi kontrol tekanan darah normal harus senantiasa diperhatikan. Usahakan diet makanan tinggi garam. Dan juga serius untuk mengurangi segala makanan bersantar ataupun  dengan kandungan minyak yang tinggi.

Artikel terkait: Pertolongan Pertama StrokeJenis-jenis StrokeBahaya StrokeCara Mencegah StrokeCiri-ciri StrokePenyebab Stroke

Demikianlah beberapa daftar gejala penyakit yang kemungkinan menjadi penyebab tangan mati rasa. Semoga berguna semakin menambah wawasan. Jika ada keluhan pastikan anda menghubungi ahlinya dan taati terapi maupun saran yang diberikan. Mari lebih peduli pada kesehatan kita dan jaga terus gaya hidup sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Friday 22nd, July 2016 / 03:55 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit