Sponsors Link

13 Penyebab Kelebihan Sel Darah Putih

Sponsors Link

Jumlah sel darah putih normal yang ada dalam tubuh hanya sekitar 1 persen dari jumlah darah seluruhnya. Meskipun jumlah sel darah putih hanya sedikit tapi memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sel darah putih atau lebih sering disebut dengan leukosit menandakan sistem kesehatan tubuh yang baik sebab sel darah putih melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi dan penyakit. Sel darah putih memiliki tugas untuk membentuk kekebalan tubuh dengan cara melawan semua virus, bakteri dan semua zat asing yang masuk dalam tubuh. Jika dalam tubuh terdapat infeksi atau serangan penyakit maka produksi sel darah putih akan meningkat dan bekerja untuk menghancurkan penyakit.

ads

Jenis Sel Darah Putih

Sel darah putih dalam tubuh diproduksi di dalam bagian sum-sum tulang belakang. Kemudian sel darah putih akan masuk ke bagian darah dan jaringan getah bening. Sel darah putih yang sudah diproduksi memang memiliki umur yang pendek antara 1 hingga 3 hari saja. Karena itulah produksi sel darah putih ters menerus terjadi. Sel darah putih terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

penyebab kelebihan sel darah putih

  • Monosit : Ini adalah sel darah putih yang berfungsi untuk memecah dan melawan semua bakteri dalam tubuh serta memiliki umur yang lebih lama dibandingkan jenis sel darah putih lain.
  • Limfosit : Sel darah putih ini bertugas untuk membentuk antibodi untuk tubuh yang berguna untuk melawan infeksi dari bakteri, virus dan semua jenis zat yang berbahaya untuk tubuh.
  • Neutrofil : Ini adalah jenis sel darah putih dengan jumlah yang paling tinggi diantara jenis sel darah putih lain bertugas untuk membentuk perlawanan pertama untuk semua infeksi. Selain itu, sel darah putih ini juga bisa membunuh sekaligus memakan semua bakteri dan jamur dalam tubuh.
  • Basofil : Sel darah putih ini bertugas untuk memberikan sinyal ketika ada sebuah zat asing atau infeksi yang menyerang langsung pada darah. Sel darah putih ini mengeluarkan senyawa seperti histamin, sistem respon terhadap kekebalan tubuh dan memberikan tanda adanya reaksi alergi.
  • Eosinofil : sel darah putih ini membantu tubuh untuk melawan semua bakteri dan parasit dalam tubuh. Bahkan sel darah putih ini bertugas untuk menghancurkan semua sel kanker dalam tubuh serta membantu tubuh mengeluarkan sinyal alergi.

Ketika tubuh memiliki sel darah putih yang terlalu tinggi atau leukositosis, maka respon ini berkaitan dengan adanya infeksi di dalam tubuh. Artinya bahwa tubuh sedang memberikan perlawanan terhadap beberapa penyakit yang masuk ke tubuh. Ukuran jumlah sel darah putih yang normal dalam tubuh adalah sekitar 4.500 hingga 10.000 sel per mikroliter. Jika dalam tubuh normal dan tidak ditemukan penyakit maka produksi sel darah putih hanya sekitar 1 persen dari jumlah total darah dalam tubuh. berikut ini adalah penyebab sel darah putih yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Kondisi Umum Sel Darah Putih Tinggi

Kondisi umum berarti bahwa meskipun penyebab kelebihan sel darah putih yang diproduksi tubuh namun tidak berarti tubuh anda sedang sakit. Hal ini dilihat dari fungsi sel darah putih yang bekerja untuk melawan semua infeksi dalam tubuh. Karena itu sel darah putih tinggi menunjukkan beberapa reaksi tubuh, seperti :

  1. Produksi sel darah putih menjadi lebih tinggi karena bekerja untuk melawan infeksi dalam tubuh.
  2. Sel darah putih menjadi lebih tinggi karena bereaksi dengan jenis obat-obatan tertentu yang memang bekerja untuk meningkatkan produksi sel darah putih.
  3. Sel darah putih menjadi lebih tinggi karena adanya masalah pada sum-sum tulang belakang sehingga produksi meningkat drastis.
  4. Sel darah putih sedang bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit tertentu.
  5. Penyebab kelebihan sel darah putih bisa terjadi karena tubuh sedang menghadapi tekanan yang sangat berat seperti stres dan pikiran yang tertekan.
  6. Konsumsi berbagai jenis obat-obatan yang mengandung anti peradangan seperti untuk perawatan kanker.
  7. Konsumsi rokok berlebihan yang sudah dilakukan beberapa tahun.

Kondisi Khusus Sel Darah Putih Tinggi (Tubuh Terinfeksi Penyakit Tertentu)

Meskipun sel darah putih memang memiliki fungsi yang sangat baik untuk tubuh terutama untuk melawan infeksi penyakit, maka jumlah yang terlalu tinggi juga bisa menunjukkan indikasi penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang selalu ditunjukkan dengan jumlah sel darah putih tinggi :

1. Leukimia Limfosit Akut

Ini adalah salah satu jenis kanker darah yang menyerang pada bagian jaringan sumsum tulang belakang. Penyakit ini menyerang dengan sangat cepat dan bahkan sel darah putih yang belum diproduksi belum sepenuhnya matang. Jenis kanker darah ini juga lebih banyak mempengaruhi produksi limfosit yang bertugas untuk membentu agen antibodi.

Gejala

  • Rasa sakit pada bagian tulang
  • Tubuh sering terkena infeksi
  • Pendarahan dari gusi dan mulut.
  • Demam dan menggigil pada siang dan malam hari.
  • Terlalu sering mimisan.
  • Tubuh lemah, tidak bersemangat dan kulit berwarna pucat.
  • Gangguan pernafasan dan sering ditemukan benjolan pada kelenjar getah bening.

2. Leukimia Myelogenous Akut

ads

Ini adalah jenis kanker darah yang menyerang pada bagian jaringan dalam sum-sum tulang belakang. Sel darah putih yang diproduksi dalam jumlah tinggi memberikan pengaruh secara langsung untuk bagian sel mieloid. Sel ini seharusnya berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih dan trombosit jika umurnya sudah mencapai syarat.

Gejala

  • Demam dan panas sampai menggigil
  • Rasa sakit pada bagian tulang di semua tubuh
  • Tubuh lemah dan tidak semangat untuk mengerjakan aktivitas
  • Gangguan pernafasan seperti asma
  • Kulit akan terlihat lebih putih dan sering mimisan
  • Kulit mudah sekali untuk memar meskipun hanya terkena tekanan ringan.

3. Mielofibrosis

Mielofibrosis adalah salah satu kelainan yang terjadi pada bagian sum-sum tulang belakang yang menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi sel darah putih. Penyakit ini lebih sering menyebabkan kelelahan seperti anemia, pembesaran hati dan limpa dan tubuh yang lebih lemah. Penyakit ini juga termasuk dari salah satu kanker darah atau leukemia.

Gejala

  • Tubuh lebih sering merasa lelah dan sulit untuk bernafas
  • Gejala anemia yang parah
  • Sakit pada bagian bawah tulang rusuk
  • Kulit memiliki warna yang lebih pucat
  • Kulit dan tubuh menjadi lebih mudah mengeluarkan darah
  • Sering terkena infeksi dari berbagai jenis penyakit seperti flu
  • Sering berkeringat saat malam hari disertai dengan demam
  • Sakit pada bagian tulang

4. Radang Sendi

Penyakit radang sendi juga penyebab kelebihan sel darah putih dalam tubuh. Penyakit ini akan mempengaruhi sendi pada bagian kaki dan tangan. Penyakit ini tidak terjadi pada bagian sendi namun pada lapisan sendi sehingga sering menyebabkan pembengkakan dan bahkan pergeseran tulang.

Gejala

  • Sendi menjadi lebih lembut lalu bengkak
  • Saat pagi hari bagian sendi menjadi lebih kaku dan sulit untuk digerakkan
  • Ada benjolan yang keluar dari bagian bawah lengan
  • Tubuh menjadi lebih lemah, berat badan menurun dan sering demam.

5. TBC

TBC atau tuberkolosis juga sering ditandai dengan produksi sel darah putih yang lebih banyak. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri tuberkolosis dan menyebar dengan cepat lewat udara. TBC terbagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan kondisi bakteri yang telah menyebabkan infeksi dalam tubuh. Penderita gejala TBC harus menjalani perawatan dengan program obat selama beberapa waktu misalnya satu hingga tiga bulan. Progam perawatan dilakukan secara berkelanjutan hingga benar-benar sembuh.

Gejala TBC

  • Batuk dalam waktu yang sangat lama berkisar lebih dari tiga minggu
  • Batuk parah disertai dengan dahak dan darah
  • Sakit pada bagian dada
  • Berat badan menjadi lebih menurun disertai dengan tubuh yang lemah dan kurang nafsu makan
  • Tubuh menjadi lebih mudah lelah dan sering mengeluarkan keringat dingin pada malam hari
Sponsors Link

6. Penyakit Batuk Rejan

Penyakit batuk rejan adalah jenis penyakit yang ditandai dengan peningkatkan sel darah putih. Penyakit ini sangat mudah menyebar terutama lewat udara. Penyakit ini biasanya ditandai dengan batuk yang panjang dan ada kesulitan bernafas pada akhir batuk sehingga menyebabkan bunyi dari hidung dan mulut.

Gejala

Gejala batuk rejan umumnya terlihat seperti penyakit flu yaitu demam, hidung tersumbat, ingusan, batuk, dan mata merah.

Biasanya ketika sel darah putih tinggi maka awalnya memang tidak menunjukkan beberapa gejala yang berat. Namun apabila disertai dengan muntah, bibir menjadi lebih merah, ada gangguan pernafasan dan demam maka pemeriksaan darah biasanya diperlukan. Tes lain biasanya akan disarankan oleh dokter sesuai dengan gejala yang muncul.

Cara Mengatasi Sel Darah Putih Tinggi

Jika kondisi sel darah putih memang terlalu tinggi namun tidak disertai dengan berbagai gejala penyakit lain, maka kondisi ini sangat normal. Namun jika terjadi berbagai keluhan yang merujuk penyakit tertentu maka bisa mendapatkan bantuan dari ahli medis. Tapi, ada beberapa cara untuk mengontrol penyebab kelebihan sel darah putih untuk kondisi normal atau tidak disertai dengan gejala penyakit apapun.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan :

  • Beberapa jenis latihan secara rutin akan membantu tubuh dalam menurunkan sel darah putih. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi bahwa tubuh membantu reaksi yang cukup baik setelah proses latihan rutin seperti berlari.
  • Hindari berbagai jenis makanan yang mengandung kalori, lemak kalori, garam dan gula.
  • Hindari bahaya makanan cepat saji karena dikhawatirkan banyak mengandung berbagai bahan tambahan makanan.
  • Tingkatkan konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung antioksidan seperti makanan yang mengandung kalsium, minyak ikan, ikan salmon, vitamin C dan vitamin E.
  • Tingkatkan konsumsi berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, stroberi, semangka dan kiwi
  • Gunakan beberapa bahan campuran bumbu untuk makanan seperti bawang putih, rempah-rempah, kedelai, minyak zaitun dan cuka
  • Konsumsi teh hitam maupun teh hijau secara rutin
  • Tingkatkan konsumsi berbagai jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, wortel, dan paprika
  • Hindari bahaya merokok dan konsumsi alkohol

Indikasi penyebab kelebihan sel darah putih memang menunjukkan kondisi kesehatan secara umum. Jika jumlah sel darah putih terlalu tinggi maka kemungkinan besar tubuh sedang melawan terhadap infeksi penyakit tertentu. Namun kondisi ini memang tidak selalu terjadi, jadi jika anda merasa gejala yang kurang nyaman pada tubuh sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli medis.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 29th, July 2015 / 09:43 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit