Sponsors Link
     Sponsors Link

17 Penyebab Cepat Lapar Setelah Makan – Gejala Penyakit Mematikan

ads

Penyebab cepat lapar tidak banyak diketahui oleh orang sebab mereka tidak tahu darimana asalnya rasa tersebut. Yang mereka tahu ketika mereka lapar mereka harus segera mendapatkan makanan atau memakan makanan  agar rasa lapar segera pergi dari perut mereka. Rasa lapar tidak boleh diabaikan sebab rasa lapar yang dibiarkan selama berjam-jam akan membuat mereka terganggu dalam menjalankan aktivitas. Lapar itu merupakan sinyal yang dikirimkan oleh tubuh agar tubuh kita segera mendapatkan asupan energi. Energi di dalam tubuh kita berkurang atau menipis sehingga tubuh perlu mendapatkan asupan energi lagi agar tubuh mampu menjalankan aktivitas. Kebanyakan aktivitas yang dilakukan manusia menggunakan energi oleh sebab itulah mengapa tubuh manusia memerlukan energi.

Kita harus tahu apa saja yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lapar. Sebab bagi anda yang sedang mencoba berdiet tentu saja penyebab lapar ini harus diketahui. Dengan mengetahui penyebab lapar diharapkan kita bisa mengendalikan keinginan untuk makan sehingga berat badan bisa terpantau dengan baik. Berikut ini adalah penyebab lapar yang harus kita ketahui :

  1. Makan Tergesa-Gesa

Tidak jarang orang yang makan dengan tergesa-gesa dan terburu-buru akan mudah lapar kembali. Alasannya adalah orang yang makan dengan kondisi terburu-buru bisa membuat hormon bernama leptin tidak akan memiliki cukup waktu untuk memberikan sinyal rasa kenyang kepada tubuh. Hal tersebut juga didukung dengan penelitian berupa mengunyah makanan haus lebih lama dan tidak boleh terburu-buru. Sebab mengunyah makanan lebih lama bisa membuat makanan yang dikunyah bisa terserap oleh tubuh secara sempurna. Sehingga hormon leptin bisa memiliki cukup waktu untuk mengirimkan sinyal berupa rasa kenyang kepada tubuh.

  1. Tidak Sarapan

Orang yang diet banyak yang menghindari sarapan, padahal sarapan sangat penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu saja fakta menunjukkan bahwa orang yang tidak sarapan akan mengkonsumsi makanan lebih banyak lagi di waktu berikutnya sehingga mengakibatkan kegemukan. Agar bisa menjalankan aktivitas dengan energik maka dibutuhkan sarapan setiap pagi.

  1. Permen Karet

Yang menyebabkan cepat lapar selanjutnya adalah orang mengunyah permen karet terlalu lama. Hal itu dikarenakan kegiatan mengunyah permen karet bisa membuat tubuh merasakan cepat lapar. Rasa permen karet yang tidak manis bisa membuat lidah akan menelan air liur kembali. Air liur itulah yang bisa menyebabkan seseorang menjadi cepat lapar. Oleh sebab itulah sebaiknya anda berhenti mengunyah permen karet.

  1. Stress

Orang yang sedang stress akan sering merasakan lapar. Hal itu dikarenakan hormon yang mengendalikan stress akan mengirimkan sinyal ke otak dan otak akan merespons dengan memberikan sinyal ke tubuh untuk merasakan lapar. Oleh sebab itulah orang yang sedang stress akan lebih banyak makan dibandingkan dengan orang yang tidak sedang mengalami stress.

Baca : Penyebab stres – cara mengatasi stres

  1. Minuman Soda
Sponsors Link

Yang menyebabkan tubuh akan merasakan cepat lapar adalah minuman soda atau minuman yang mengandung alkohol. Hal itu dikarenakan minuman soda maupun minuman yang beralkohol akan menghasilkan zat asam di dalam perut. Akibatnya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mudah dicerna oleh zat asam yang dihasilkan dari minuman soda maupun minuman beralkohol tersebut. Tubuh pun akan mudah merasakan lapar kembali.

Baca : bahaya minuman bersodabahaya alkohol – bahaya kopi

  1. Sakit Maag

Penyebab cepat lapar lainnya adalah sakit maag. Tidak mengherankan jika orang yang memiliki sakit maag akan cepat merasakan lapar. Hal itu disebabkan oleh asam lambung yang ada di lambung bisa dengan cepat mencerna makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan sehingga tubuh akan mudah merasakan lapar.

Baca : ciri ciri maag kronis – efek samping obat maag – gejala maag

  1. Menu Sarapan Yang Salah

Pemilihan menu sarapan yang salah bisa membuat orang tersebut akan mudah lapar. Hal itu dikarenakan pemilihan menu sarapan yang salah bisa mempengaruhi pola makan selama seharian. Menu sarapan yang baik adalah makanan yang banyak mengandung protein. Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa orang yang banyak memakan protein saat sarapan selama seharian penuh tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi camilan dan tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Alasannya adalah protein akan membuat rasa kenyang lebih lama. Orang yang saat sarapan mengkonsumsi sedikit protein cenderung akan merasakan cepat lapar, sehingga selama seharian dia akan cepat merasa lapar dan menginginkan mereka memakan camilan lebih banyak lagi.

  1. Jam Tidur Kurang

Hal yang bisa menyebabkan seseorang cepat lapar ada jam tidur yang dia miliki berkurang. Alasannya adalah kurang tidur bisa membuat hormon ghrelin menjadi meningkat. Hormon itu banyak meningkat saat pagi hari sehingga rasa lapar akan dirasakan saat pagi hari. Yang memperburuk kondisi adalah orang yang kurang tidur dan lapar cenderung menyukai menyantap makanan padat dengan karbohidrat sebab tubuhnya membutuhkan banyak energi. Oleh sebab itu tidak heran jika orang yang suka bergadang akan mengalami obesitas atau kegemukan.

Baca : bahaya obesitas – Cara mengecilkan perut buncit – Akibat kurang tidur – Ciri ciri kurang tidur – Cara mengatasi susah tidur

  1. Haid

Orang yang sedang haid atau mendekati jadwalnya haid pasti akan cepat merasakan lapar. Alasannya adalah saat haid nafsu makan akan meningkat secara tiba-tiba. Penyebabnya adalah fase saat menstruasi atau menjelang menstruasi hormon progesterone akan meningkat. Meningkatnya hormon tersebut juga akan meningkatkan kenaikan emosi diikuti dengan kenaikan nafsu makan wanita.

  1. Bosan

Rasa bosan juga menyebabkan seseorang mengalami kenaikan nafsu makan. Alasannya adalah ketika kita bosan kinerja dari dopamine menurun. Dopamine merupakan zat yang bisa menyebabkan perasaan bahagia dan juga memicu motivasi. Otak akan memicu dopamine untuk bisa mencari makanan. Oleh sebab itu ketika kita bisan kita akan mudah merasakan lapar. Sebaiknya rasa lapar yang disebabkan oleh rasa bosan ditahan. Alasannya adalah lapar itu bukanlah permintaan lambung namun permintaan dari otak. Sehingga jika rasa bosan hilang diharapkan rasa lapar pun akan hilang. Namun jika rasa lapar disebabkan oleh permintaan lambung maka anda perlu makan untuk menghilangkan rasa lapar itu dengan memakan makanan.

  1. Berpikir Keras
sponsored links

Hal yang bisa menyebabkan mudah lapar lainnya adalah berfikir keras, hal itu dikarenakana saat orang berfikir keras energinya akan terkuras habis untuk berfikir. Tidak jarang jika orang yang sehabis melaksanakan ujian, sehabis ujian dia akan merasakan kelaparan.

  1. Hawa Dingin

Jika anda tinggal di daerah yang berhawa dingin maka anda akan mudah lapar. Hal itu dikarenakan suhu dingin bertabrakan dengan suhu tubuh yang hangat, hal itulah yang menyebabkan orang akan mudah lapar. Orang yang tinggal di daerah pegunungan akan lebih cepat lapar dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah yang bersuhu panas.

  1. Bekerja Berat

Orang yang memiliki kerja berat terutama yang mengandalkan tenaga akan merasakan cepat lapar dibandingkan dengan orang yang memiliki kerja ringan. Hal itu dikarenakan orang yang bekerja berat akan menggunakan banyak energinya untuk bekerja berat misalnya saja kuli bangunan, kuli panggul, cleaning service dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Persediaan Gula Darah Menipis

Hal yang bisa menyebabkan seseorang cepat lapar adalah karena penurunan gula darah secara drastis terutama penurunan gula darah di bagian hati dan membuat menipis. Orang yang sehabis bekerja berat dia akan mengalami penurunan gula darah secara signifikan sehingga dia akan cepat merasakan lapar. Orang yang mengalami penurunan gula darah secara tiba-tiba termasuk dalam kondisi bahaya sebab dia akan merasakan pusing bahkan sampai pingsan. Untuk bisa mengatasi kondisi hal tersebut bisa dengan makan dan memakan makanan yang manis. Saat makan energi anda akan terisi kembali sedangkan memakan makanan yang manis bisa meningkatkan gula darah secara signifikan. Bisa saja kita menghilangkan lapar yang disebabkan oleh penurunan gula darah di dalam tubuh dengan menggunakan permen yang manis namun hal tersebut hanya sebagai penghilang lapar sementara saja sedangkan dalam waktu singkat anda akan merasakan lapar kembali.

  1. Kondisi Lambung

Hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi cepat lapar adalah kondisi lambung tersebut. Kondisi lambung yang sudah kosong akan membuat seseorang merasakan cepat lapar. Kondisi percepatan pengosongan lambung dipengaruhi oleh berbagai macam faktor misalnya saja adalah menu sarapan yang berbeda, minuman yang dikonsumsi serta kecepatan dalam menelan makanan.

  1. Rangsangan Dari Luar

Penyebab cepat lapar lainnya yang harus diketahui adalah rangsangan yang berasal dari luar tubuh. Misalnya saja ketika anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan di sana anda mencium bau masakan yang enak. Anda pun akan merasakan lapar meski kondisi lambung anda sedang tidak dalam kosong.

  1. Kekurangan Gizi

Hal yang menyebabkan seseorang menjadi cepat lapar adalah kekurangan gizi. Saat orang memakan makanan yang kurang bergizi tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak berupa rasa lapar.

Cepat Lapar Merupakan Penyebab Gejala Diabetes

Orang yang mengalami penyakit diabetes dia akan merasakan mudah lapar sebab gula darah yang ada di dalam tubuh tidak stabil. Begitupula dengan insulin yang dihasilkan oleh hati dan pankreas tidak berkualitas sehingga menyebabkan orang tersebut akan mudah lapar.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi cepat lapar adalah dengan mengetahui penyebabnya. Sehingga kita harus bisa menganalisa apa yang menyebabkan diri kita menjadi mudah lapar. Jika penyebabnya makan terburu-buru sebaiknya kita makan dengan perlahan tapi pasti sehingga makanan benar-benar terkunyah dengan sempurna. Jika penyebabnya adalah penyakit diabetes maka kita harus bisa menormalkan gula darah di dalam tubuh sehingga cepat lapar tidak akan muncul.

Rasa Lapar Yang Normal

Rasa lapar yang normal adalah rasa lapar yang tidak sering timbul. Rasa lapar itu muncul sesuai dengan jam makan seharusnya. Misal sehabis sarapan pagi, rasa lapar akan muncul saat siang nanti. Setelah makan siang, rasa lapar akan muncul kembali saat jam 6 sore.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 11th, December 2015 / 13:28 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit