Sponsors Link

13 Penyebab Cantengan dan Pengobatannya

ads

Penyebab cantengan dan pengobatannya belum banyak diketahui oleh banyak orang dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat tentang cantengan tiu sendiri. Tidak hanya itu saja, masyarakat pun tidak mengetahui apa itu cantengan. Cantengan merupakan masalah dan kelainan pada jempol kaki dimana jempol kaki itu tumbuh ke dalam sehingga menimbulkan bengkak, sakit dan juga bewarna kemerahan. Cantengan ini adalah infeksi pada jaringan lunak di kulit atau di sekitar kuku jari. Hal tersebut akan menyebabkan kuku terasa sakit. Cantengan selain menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan juga membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Oleh sebab itu anda harus tahu apa saja yang bisa menyebabkan cantengan dengan mengetahui penyebabnya diharapkan kita bisa menhindarinya.

Penyebab cantengan dibedakan menjadi dua yaitu penyebab primer dan penyebab sekunder. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kuku terkena cantengan :

  1. Bakteri

Penyebab utama dari penyakit cantengan adalah bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan kuku terkena cantengan sehingga bagian kuku yang terkena cantengan akan bengkak, berdarah, bernanah, kemerahan dan juga terasa sakit. Bakteri ini juga yang sering menjadi penyebab masalah kulit seperti jerawat, bisul dan penyakit kulit lainnya. Baca juga : Cara mencegah bisul agar tidak membesar.

  1. Jamur

Penyebab utama dari penyakit cantengan adalah jamur. Jika kuku anda terkena jamur maka tampilan kuku itu tidak akan cantik dan tidak akan terlihat sehat. Tidak hanya kulit saja yang bisa dengan mudah menyerang kulit manusia namun jamur juga akan dengan mudah tumbuh di kuku manusia. Berbagai macam jenis-jenis penyakit kulit  banyak yang disebabkan oleh jamur ini. Penyakit kulit seperti panu dan penyakit kurap  juga disebabkan oleh jamur.

  1. Luka

Penyebab sekunder dari cantengan adalah timbulnya luka di kuku. Mengapa luka bisa menyebabkan catengan?, hal itu dikarenakan luka akan memicu pertumbuhan bakteri di kuku manusia sehingga jika bakteri sudah berkembang di kuku berbagai macam masalah akan timbul. Salah satunya adalah cantengan dan kuku berabses atau bernanah.

  1. Kuku Terlalu Pendek

Penyebab cantengan sekunder yang jarang disadari oleh kita adalah pemotongan kuku terlalu pendek dan mepet dengan kulit kuku. Mengapa hal itu bisa menyebabkan cantengan?, alasannya sangat simpel sekali, pemotongan kuku terlalu pendek bisa memicu luka dan memicu pertumbuhan kuku justru melengkung ke dalam. Kuku yang melengkung ke dalam justru akan melukai kuku sehingga cantengan akan muncul.

  1. Cidera

Penyebab sekunder dari cantengan adalah cidera. Cidera bisa menjadi penyebab cantengan dikarenakan saat cidera luka dan infeksi kuku akan terjadi sehingga memicu pertumbuhan bakteri kuku. Bakteri kuku itu adalah penyebab primer dari penyakit cantengan.

sponsored links
  1. Tidak Memotong Sisi Kuku

Membiarkan sisi kuku panjang akan membuat kuku mengalami cidera hal tersebutlah yang menjadi penyebab luka dan infeksi bisa muncul. Sisi kuku yang panjang rentan untuk terkena benturan atau cidera sehingga luka bisa muncul. Luka tersebut akan memicu pertumbuhan dan perkembangan bakteri di kuku manusia sehingga cantengan bisa muncul.

  1. Genetik

Cantengan ada yang disebabkan karena kelainan genetik. Kelainan genetik tersebut membuat bentuk kuku sudah dari sejak lahir melengkung ke dalam. Kuku dengan kondisi seperti inilah yang menyebabkan seseorang mengalami cantengan. Ketika anda mengalami cantengan padahal anda tidak pernah melakukan kesalahan dengan kuku anda dan anda telah melakukan berbagai macam cara menjaga kesehatan kuku  bisa jadi anda memiliki riwayat genetik dengan kuku anda.

  1. Memakai Kaos Kaki Kotor

Hal yang menjadi penyebab cantengan sekunder adalah selalu memakai kaos kaki yang kotor. Sebaiknya anda rajin mengganti kaos kaki anda dua hari sekali agar terhindar dari penyakit kuku dan infeksi kuku. Tidak hanya itu saja rutin mengganti kaos kaki adalah cara menghilangkan bau kaki secara alami.

Banyak yang heran mengapa kaos kaki bisa menyebabkan cantengan dan bau kaki, tentu saja hal itu bisa terjadi. Alasannya adalah orang yang malas mengganti kaos kakinya dan memakai kaos kaki yang sudah kotor kakinya menjadi perkembangan bakteri dan kuman. Kuman dan bakteri merupakan penyebab utama dari penyakit cantengan yang harus dihilangkan.

  1. Memakai Sepatu yang Kotor

Sama halnya dengan memakai kaos kaki dengan kondisi kotor, memakai sepatu yang kotor pun bisa menjadi penyebab cantengan dikarenakan memakai sepatu yang kotor akan memicu pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang ada di dalam kaki manusia. Kuman dan bakteri yang berasal dari sepatu itu menjadi penyebab penyakit cantengan yang harus dihindari oleh manusia. Rajinlah mengganti sepatu anda dikarenakan sepatu merupakan tempat yang disukai oleh kuman dan bakteri.

  1. Kaos Kaki Sempit dan Sepatu Sempit

Pintar-pintarlah memilih ukuran sepatu yang sesuai untuk anda, hal itu dikarenakan ukuran sepatu yang kesempitan akan menyebabkan berbagai macam penyakit kaki dan kuku. Selain itu sepatu yang terlalu sempit tidak nyaman di kaki dan rentan menimbulkan lecet atau luka. Jika hal itu terjadi kuman dan bakteri bisa muncul karena luka atau lecet di kaki anda. Anda pun memiliki resiko untuk terkena penyakit kuku dan juga penyakit kaki akibat kaos kaki dan sepatu yang sempit.

  1. Kebiasaan Buruk

Ada beberaa kebiasaan buruk manusia yang bisa menyebabkan terjadinya cantengan misalnya saja adalah kebiasaan menggigit kuku sehingga kuku menjadi cidera atau luka. Menghisap kuku juga menjadi penyebab cantengan jika menghisap kuku terlalu keras dan menyebabkan kuku menjadi infeksi.

  1. Lem Kuku Atau Cat Kuku Tidak Hiegienis

Ketika anda hendak menggunakan lem kuku atau cat kuku sebaiknya anda menggunakan bahan-bahan yang telah lolos uji keamanannya. Jangan sampai ketika menggunakan lem kuku dan cat kuku tersebut anda justru mendapatkan pengalaman buruk berupa penyakit kuku. Cat dan lem kuku yang tidak hiegienis akan memicu pertumbuhan jamur kuku sehingga akan menyebabkan kuku berubah warna, menyebabkan kuku mengalami penebalan dan tentunya menyebabkan berbagai macam penyakit kuku. Kuku yang terinfeksi jamur juga akan bau dan mudah rapuh. Oleh sebab itu bagi kaum wanita berhati-hatilah dalam memilih cat kuku pastikan cat itu terbuat dari bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya.

  1. Iritasi

Bahan kimia yang anda gunakan dalam produk lem kuku atau produk detergent bisa menyebabkan iritasi pada orang yang memiliki alergi. Orang yang mengalami alergi akan mudah sekali terkena iritasi bagian kulit dan kukunya sehingga orang yang memiliki alergi harus pintar-pintar dalam memilih produk yang tidak menimbulkan alergi. Ada cara tes alergi paling mudah yang bisa anda lakukan. Jika anda akan menggunakan cat kuku atau lem kuku oleskanlah cat kuku itu di kulit anda. Jika anda merasakan gatal-gatal selama satu jam setelah mengoleskan cat kuku tersebut berarti kulit anda alergi begitupula saat anda mengoleskannya di bagian kuku anda. ( Baca juga : Penyebab alergi kulit  )

Pengobatan Cantengan

Setelah anda tahu apa saja yang bisa menjadi penyebab catengan, ada baiknya kita tahu bagaimana cara mengatasi cantengan tersebut. Penanganan dini perlu dilakukan agar cantengan tidak bertambah parah. Berikut ini adalah berbagai macam cara mengobati cantengan yang perlu anda ketahui :

  1. Merendam Kuku

Hal pertama yang bisa dilakukan ungtuk cantengan tingkat ringan adalah dengan merendam kuku di air hangat. Air hangat dipercaya bisa mematikan bakteri. Rasa gatal yang diakibatkan oleh bakteri itupun akan berkurang. Cobalah untuk merendam kuku anda di air hangat sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Lama waktu perendamannya selama 15 menit.

  1. Salep Antibiotik

Bahaya antibiotik  memang menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Asalkan tidak berlebihan syah-syah saja jika kita menggunakan antibiotik dalam tahap wajar. Yang tidak bagus adalah jika menggunakan antibotik secara terus menerus.

Sponsors Link

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk mengatasi cantengan adalah dengan mengoles kuku yang terkena cantengan itu menggunakan salep antibiotik. Salep antibiotik bisa mematikan kuman dan bakteri penyebab cantengan. Anda sebaiknya jangan ketergantungan dengan antibotik sebab ada efek samping antibiotik dalam pemakaian jangka panjang. Gunakanlah obat antibiotik maupnun salep antibiotik di saat anda benar-benar membutuhkannya.

Baca juga : Jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya 

  1. Antibiotik Oral

Jika salep antibiotik digunakan untuk permukaan kuku yang terinfeksi maka antibiotik oral digunakan untuk mematikan kuman dan jamur dari dalam tubuh manusia. Antibiotik oral adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mematikan kuman dan bakteri. Anda bisa memilih antibiotik seperti amoksisilin klavulanat, klindamisin dan juga obat cefadroksil.

  1. Pembedahan

Untuk mengatasi cantengan yang disertai abses, dokter akan mekakukan pembedahan kecil untuk mengeluarkan nanah agar bakteri dan kuman segera hilang dari kuku. Pembedahan kecil itu juga dilakukan untuk mempercepat penyembuhan untuk penyakit cantengan. Pembedahan ini ada yang disertai dengan tindakan ekstrasi kuku terutama pada kuku yang sudah terpisah dengan bagian dasar kuku.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan cantengan dan juga cara mengatasi cantengan. Sayangnya untuk cantengan kronis dan disebabkan oleh jamur akan susah untuk diobati sehingga cara tepat menghindari cantengan adalah dengan menjaga kesehatan kaki dan kuku. Bagi anda yang memiliki faktor resiko seperti diabetes, obesitas, mudah berkeringat serta memiliki gangguan sistem imun sebaiknya memperhatikan penyebab cantengan dan pengobatannya, sebab resiko untuk terkena cantengan lebih tinggi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 14th, February 2016 / 15:29 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit