Sponsors Link

4 Penyebab Badan Meriang – Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Kesehatan merupakan salah satu hal yang dapat dikatakan paling penting bagi manusia. Kesehatan merupakan penentu aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan sehari- hari. kesehatan juga merupakan kunci kehidupan manusia. Tanpa adanya kesehatan, semua yang dimiliki manusia tidak ada artinya sama sekali. Kesehatan manusia ini mahal sekali harganya. Seberapa kayapun seseorang, seberapa terhormat seseorang, seberapa cantik ataupun tampan seseorang jika badannya tidak sehat, maka tidak akan ada artinya.

ads

Banyak orang yang mengatakan bahwa kesehatan mahal harganya, dan itu memang benar sekali. Manusia tidak akan sanggup membeli kesehatan yang telah diberikan Tuhan kepada manusia. Ketika Tuhan telah menganugerahkan kesehatan, maka manusia wajib mensyukurinya dan juga merawatnya. (baca juga: bahaya berenang di saat hujan).

Penyakit Badan Meriang

Jika kesehatan manusia terganggu, maka hal ini kan menimbulkan sakit. Kesehatan manusia yang terganggu berarti manusia tengah mengalami suatu sakit tertentu. Meskipun terkadang sakit tidak dapat dilihat dengan mata kepala, keberadaan sakit dapat dengan mudah dirasakan. Hal seperti ini akan mengharuskan kita untuk selalu bersyukur dan tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan yang kita miliki. Penyakit yang dapat timbul dan menyerang manusia terdiri atas berbagai macam jenis penyakit, baik itu yang bersifat ringan, bersifat sedang, maupun bersifat berat. Sakit- sakit seperti inipun banyak sekali penyebabnya.

Ada yang disebabkan oleh karena gangguan kesehatan, ada yang disebabkan oleh virus, ada pula yang disebabkan oleh bakteri- bakteri lainnya. Namun tidak jarang pula penyakit yang disebabkan keran aktivitas dari orang tersebut yang terlalu padat atau terlalu banyak sehingga terkadang tidak mudah makan, terlalu capek hingga menimbulkan sakit demam naik turun, meriang, atau bahkan gejala flu yang disertai penyebab batuk berdahak.

Beberapa penyakit yang seringkali menyerang manusia adalah jenis penyakit ringan. Jenis penyakit ringan ini meliputi flu dan batuk, demam, dan juga meriang.  Jenis penyakit- penyakit ringan tersebut merupakan penyakit yang kerap kali menyerang manusia dalam rentang waktu yang relatif singkat. Terlebih di musim pancaroba atau peralihan musim dari penghujan ke musim kemarau dan sebaiknya, maka penyakit- penyakit tersebut mudah sekali  datang  dan juga menyerang kita. Beberapa penyakit di atas juga dapat menjadi gejala dari suatu jenis penyakit berat tertentu. penyakit- penyakit ringan di atas juga seringkali menyerang siapapun tanpa mengenal usia dan juga jenis kelamin. Justru terkadang yang paling banyak diserang adalah kaum- anak- anak atau balita. Salah satu jenis penyakit ringan yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah meriang. (baca juga: bahaya musim pancaroba)

Badan Meriang

Mering merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong dalam penyakit ringan yang seringkali menyerang seseorang tanpa melihat waktu, tempat, dan juga usia. Meriang ini merupakan salah satu penyakit umum yang berada di kalangan mansyarakat Indonesia. Meriang ini dapat disebabkan oleh beberapa hal tertentu. Meriang juga mempunyai gejala- gejala tertetu yang dapat kita lihat bersama- sama.

Sponsors Link

Meriang merupakan kondisis dimana anti biotik tubuh berada dalam keadaan yang sedang lemah. Seperti yang kita ketahui bahwasannya fungsi anti biotk di tubub adalah untuk menjaga tubuh agar bisa terhindar dari virus- virus jahat yang pada akhirnya bisa menyerang dan juga membahayakan manusia. Jika anti biotik dalam tubuh ini dalam keadaan lemah, maka keadaan tubuh menjadi tidak stabil sehingga tubuh akan mudah terserag kuman ataupun virus- virus penyakit tertetu. Oleh karena itu teradang meriang menjadi awal gejala dari suatu penyakit tertentu. Lalu, apa sajakah hal- hal yang menyebakan meriang ini? (baca juga: gejala demam berdarah pada anak)

Penyebab

Penyebab badan meriang dapat terjadi oleh beberapa hal, khususnya hal yang berkaitan dengan keadaan tubuh manusia. Beberapa hal yang menyebabkan tubuh manusia menjadi meriang antara lain:

  1. Kehujanan

Kehujanan merupakan salah satu hal yang seringkali membuat badan menjadi meriang. Terlebih kehujanan dalam jumlah curah hujan yang sangat deras dan juga dalam jangka waktu yang cukup lama, seperti setengah jam hingga satu jam. Lama waktu kehujanan tersebut bisa saja membawa dampak tubuh menjadi meriang. Anak- anakyang terkadang seka untuk sengaja berhujan- hujanan juga seringkali terkena dampak meriang seperti ini, sehingga seringkali ada orang tua yang melarang anaknya agar tidak bermain hujan agar nantinya bisa terhindar dari penyakit yang demikian ini. (baca juga: bahaya air hujan bagi kesehatan)

  1. Kelelahan

Kelelahan juga termasuk salah satu faktor yang mudah sekali membawa dampak meriang bagi tubuh manusia. Seseoranga yang terlalu banyak melakukan aktivitas sangat rentan terhadap terserangnya penyakit ini. terlebih bagi seseorang yang seringkali melakukan aktivitas di luar ruangan. Maka dari itu seseorang yang mempunyai aktivitas banyak yang dilakukan setiap hariya perlu menyediakan stok vitamin agar tidak  mudah sakit, terutama vitamin C. (baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)

  1. Terlalu lama berada di dalam air

Seperti halnya kehujanan tadi, terlalu lama berada di dalam air terkadang bisa menyebabkan badan menjadi meriang. Aktivitas yang dilakukan di dalam air bagi oarang yang tidak terbiasa berada di lingkungan air terkadang bisa membawa dampak yang buruk atau tidak baik. Seperti misalnya berenang. Anak- anak biasanya menyukai berenang dan juga bermain di air, namun ketika mereka terlalu lama berada di kolam (misalnya selama berjam- jam_, maka ada kemungkinan mereka bisa terkena serangan meriang ini. maka dari itu batasilah anak- anak yang melakukan renang dan juga bermain di air. (baca juga: bahaya air hujan bagi kesehatan)

  1. Terlalu banyak minum es

Siapa yang tidak menyukai es? Es adalah minuman segar yang keberadaannya selalu disukai banyak orang. Terlebih es ini ada banyak sekali macamnya, sehingga semakin banyak orang- orang yang menyukai es ini. ketika seseorang mengonsumsi es dalam jumlah yang berlebihan, maka seseorang tersebut beresiko terkena penyakit meriang ini. hal ini seringkali menimpa anak- anak. Anak- anak sangat menyukai es, sehingga ketika mereka meminum es yang jumlahnya terlalu banyak maka hal tersebut dapat membuatnya menjadi meriang. (baca juga: bahaya minum air es setelah makan)

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan meriang pada tubuh manusia. Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui bahwa tubuh kita terserang meriang? Kita bisa melihat gejala- gejala atau tanda-tanda meriang yang ada di tubuh kita.

Gejala Penyakit Meriang

ads

Penyakit meriang ini datang dengan didahului oleh gejala- gejala tertentu yang tentu saja bisa kita lihat. Beberapa gejala yang menandai datagnya penyakit meriang ini antara lain adalah :

1. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan ini metupakan gejala yang palig umum yang dialami ketika tubuh sedang meriang. Sakit tenggorokan ini biasanya disertai dengan kesulitan tenggorokan untuk menelan ludah. Biasanya sakit tenggorokan ini terjadi atau dirasakan selama tiga hingga empat hari lamanya. Pada faseini sebaiknya segera ditangani, karena jika tidak segera ditangani akan membawa dampak yang semakin buruk dan kekelabal tubuh akan semakin berkurang. (baca juga: cara mengobati radang tenggorokan pada anak)

2. Hidung meler

Salah satu gejal meriang selanjutnya adalah hidung meler. Hidung meler ini biasanya terjadi selama dua hingga tiga hari. hidung meler ini menjadi salah satu gejala yang seringkali merepotkan karena penderita bisa kesulitan untuk bernafas. (baca juga: penyebab pilek tidak kunjung sembuh)

3. Hidung tersumbst

Selain hisung meler, gejala lainnya adalah hidung tersumbat. Hidung tersumbst ini terjadi karena adanya hambatan pada saluran hidung yang bengkak, dan juga adanya pembuluh darah yang meradang.

4. Batuk

Batuk juga dapat menjadi gejala awal dari meriang ini. batuk disebabkan oleh infeksi virus. Batuk ini biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika meriang. Namun ketika batuk Anda tidak hilang- hilang selama sepekan atau lebih, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. (baca juga: penyebab batuk berdahak)

5. Bersin

Gejala meriang lainnya adalah bersin- bersin. Bersin yang disertai dengan batuk, sakit tenggorokan, dan juga flu akan mendekatkan diri pada meriang.

6. Sedikit sakit kepala

Pada fase awal Anda terserang meriang, mungkin sakit kepal yang pertama akan Anda rasakan. Hal ini mengindikasikan bahwa sakit kepala juga merupakan salah satu penyebab badan meriang. Selanjutnya adalah mengenai pengobatan meriang yang dapat kita lalukan.

Pengobatan Meriang

Meriang sebagai seuatu penyakit hendaknya segera diatasi agar tidak semakin buruk. Selain dengan pergi ke dokter, kita juga bisa mengatasi meriang dengan berbagai hal yang bisa kita lakukan sendiri di rumah, antara lain:

  • Banyak mengonsumsi zinc
  • Banyak istirahat
  • Banyak minum air putih dan juga the hangat. (baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan)
  • Berkumur dengan air garam
  • Melakukan terapi merendam kaki dengan menggunakan air garam yang hangat.

Nah, itulah beberpa hal yang dapat kita lalukan di rumah. Kita dapat mencobanya mulai dari sekarang. Sekian info mengenai meriang, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 13:58 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit