Sponsors Link
     Sponsors Link

Gejala Benjolan Di ketiak dan Penangananya

ads

Gejala benjolan di ketiak merupakan tanda tanda adanya kelainan kesehatan yang terjadi pada jaringan getah bening dalam jangka pendek dan panjang. Benjolan di ketiak dapat menyerang muda atau tua dan mudah disembuhkan selama benjolan yang tumbuh bukan disebabkan dari pertumbuhan sel yang abnormal.

Penyebab

Gejala benjolan diketiak yang memiliki sebab yang berbeda beda :

1. Infeksi bakteri
Gejala benjolan di ketiak bisa muncul karena kebersihan diseputar ketiak tidak terjaga dengan baik. Pemakaian deodorant yang mengandung zat kimia tertentu dapat menahan keringat tetapi menimbulkan iriatasi dan infeksi ketika bahan kimia tersebut terakumulasi dengahn keringat dan kotoran hasil dari radikal bebas udara selama berjam jam.

2. Tumor jinak atau kista
Seseorang yang menderita tumor jinak diketiaknya maka akan pada awalnya akan tumbuh benjolan yang tidak terasa sakit yang akan mengalami pembesaran seiring berjalannya waktu. Tumor hanya bisa disembuhkan dengan penggunaan obat herbal, Injeksi tertentu dan bedah kecil (operasi) guna untuk mengangkat kista agar tidak semakin membesar.

3. Infeksi virus
Ketiak bisa mengalami infeksi virus dan memicu tumbuhnya benjolan jika virus berada didalam tubuh dalam jangka panjang, Misalnya virus herpes zoster (cacar ular). Ketika ada virus maka kelenjar getah bening yang ada pada ketiak akan bereaksi dan mengendalikan virus tersebut agar tidak menyebar kebagian jaringan lain yang ada disekitar dada dan lengan bagian atas.

4. Alergi obat
Pada sebagian orang anak atau dewasa mengalami reaksi alergi karena pemakaian Penisilin, Antibiotik dan karena pemakaian vaksin tifoid Dimana komponen komponen zat tersebut mampu memicu reaksi alergi yang berlebihan berupa munculnya kelainan pada jaringan getah bening dilengan bagian bawah (ketiak) yaitu tumbuhnya benjolan yang kian membesar akan kian sakit rasanya. (Baca juga : Cara mengatasi Alergi obat)

5. Penumpukan lipoma
Lipoma adalah lemak yang tumbuh diantara kulit dan otot. Jika lemak dalam jumlah yang berlebihan dan lambat untuk diproses oleh tubuh menjadi energi maka akan terjadi penumpukan termasuk pada jaringan getah bening diketiak, Yang akan memicu munculnya sebuah benjolan yang nyeri jika ditekan oleh jari tangan. (Baca juga : Bahaya lipoma)

Sponsors Link

6. Kelainan otot
Ketika lengan bagian bawah terkilir atau mengalami ketegangan akibat olahraga atau aktifitas sehari hari maka otot akan mengalami kelaianan berupa rasa nyeri. Nyeri otot yang terjadi pada lengan bagian bawah dapat menyebabkan munculnya benjolan yang juga sangat nyeri ketika lengan digerakan. Namun rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika kondisi otot sehat kembali. (Baca juga: Kelainan otot pada manusia)

7. Akibat skin tag
Sin tag merupakan pertumbuhan sel kulit yang terlalu aktif sehingga mengganggu aktifitas kelenjar keringat dan merusak akar dari pertumbuhan bulu bulu disekitar ketiak yang dapat menyebabkan adanya benjolan yang tumbuh lebih dari satu.

8. Pencukuran bulu ketiak
Mencukur bulu ketiak dengan arah yang tidak beraturan atau dengan pisau cukur yang kurang tajam dapat menyebabkan permukaan kulit ketiak menderita luka, Iritasi dan infeksi jika tidak segera diobati. Kondisi luka yang terjadi lambat laun dapat menyebabkan tumbuhnya benjolan .

9. Leukimia (kanker darah)
Penderita kanker darah berpotensi besar mengalami pembesaran permukaan ketiak akibat aliran dan kondisi sel darah yang ada disekitar jaringan kelenjar getah bening mengalami gangguan kelancaran atau penyumbatan yang memicu munculnya benjolan.

10. Kanker payudara
Penderita kanker payudara yang sering menjalani radiasi kemoterapi maka akan mengaklami pembesaran pada kelenjar getah beningnya. Saraf, Otot dan peredarabn darah seputar payudara sangat dekat dengan jaringan getah bening yang ada dibawah lengan atau ketiak, Sehingga radsa nyeri pada payudara bisa menyebar keketiak yang menyebabkan benjolan.

11. Kanker getah bening
Seorang yang menderita kelainan pada kelenjar getah bening ketiak akibat adanya pertumbuhan sel kanker maka bisa dipastikan ketiaknya akan ditumbuhi benjolan yang jika disentuh akan meninggalkan rasa nyeri yang bisa menjalar sampai kearah dada dan leher. Gejala benjolan di ketiak pada penderita kanker getah bening biasanya akan tumbuh lebih cepat dan mengalami pembesaran serta diikuti oleh rasa nyeri yang cukup mengganggu aktiVitas.

Gejala benjolan diketiak
Secara umum gejala benjolan di ketiak hampir pernah dialami oleh semua orang, Namun tidak semuanya terindikasi karena adanya kanker tetapi lebih banyak disebabkan karena penggunaan deodorant yang tidak cocok atau kurangnya peningkatan pada kebersihan seputar ketiak.
• Adanya pembesaran pada permukaan ketiak berupa benjolan
• Benjolan ada yang sakit dan tidak ketika mendapat tekanan dari jari tangan
• Lengan bagian bawah nyeri ketika digerakkan
• Ketiak terasa ada yang mengganjal
• Ketiak terasa lebih hangat atau panas dari biasanya
• Muncul rasa gatal
• Lengan dan tangan terasa pegal pegal
• Muncul keringat berlebih diketiak

Sponsors Link

Penanganan
Tips mudah untuk mengatasi gejala benjolan diketiak

1.Kompres air dingin, dapat mengempiskan benjolan diketiak yang disebabkan karena pemakaian deodorant atau akibat pencukura bulu krtaik dengan pisau cukur yang tumpul. Ambillah es batu lalu bungkuslah dengan kain atau handuk tipis untuk mengompres agar gejala benjolan diketiak mengempis, Jika ada rasa nyeri maka rasa nyeri tersebut akan hilang dan sembuh.

2. Antibiotik dapat diminum untuk penyembuhan gejala benjolan diketiak agar bakteri yang ada didalamnya mudah dikendalikan dan dilenyapkan. Penggunaan antibiotik seharusnya sesuai dengan anjuran dokter agan terhindar dari resistensi antibiotik.

3. Perawatan ketiak dapat dilakukan secra teratur dengan menggunakan krim khusus perawatan ketiak yang didalamnya mengandung vitamin, Mineral dan Ph seimbang sehingga mampu menjaga kelembaban diketiak agar senantiasa lembab sehingga terhindar dari pertumbuhan bakteri yang bercampur dengan debu dan keringat yang memicu munculnya gejala benjolan diketiak.

4. Pola makan yang sehat dapat menjaga kesehatan ketiak menjadi lebih kuat ketika mendapat serangan radikal bebas yang membawa pengaruk buruk pada kinerja kelenjar getah bening dilengan bagian bawah. Makanan yang sehat dan tidak megandung banyak lemak mampu menjaga kestabilan lemak yang ada diantara otot dan kulit ketiak akan selalu seimbang dan terhindar dari tumbuhnya benjolan akibat penumpukan lipoma (lemak yang lambat diproses olerh tubuh)

5. Terapi radiasi untuk penyembuhan benjolan diketiak hanya bisa dilakukan bagi gejala benjolan di ketiak yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel kanker. Terapi radiasi tersebut termasuk kemoterapi . Kemoterapi dilakukan untuk memblokir aktivitas pergerakan kanker agar tidak semakin meluas kejaringan tubuh lain yang dekat dengan kelenjar getah bening diketiak.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 07:41 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit