Sponsors Link
     Sponsors Link

Bintik Merah Pada Lidah – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

ads

Lidah merupakan salah satu organ penting dalam tubuh, peranannya sangat penting dalam proses pencernaan. Organ ini memiliki kemampuan untuk membedakan berbagai macam rasa seperti manis, pahit, asam, asin. Dengan lidah kita bisa merasakan berbagai kelezatan makanan. Lidah yang sehat memiliki warna merah muda yang ditutupi oleh papila atau nodul kecil. Lalu bagaimana jika terdapat bintik merah pada lidah? Apakah hal itu normal?

Tanpa kita sadari, kita telah menggunakan lidah secara terus menerus, baik untuk merasakan makanan, menelan, maupun berbicara. Namun kita juga harus tahu bahwa lidah juga sangat rentan mengalami berbagai masalah, seperti terjadinya gangguan beberapa jenis penyakit. Salah satu tanda atau gejala terjadinya masalah pada lidah adalah munculnya bintik-bintik merah di permukaan lidah. Hal ini seringkali disebut sebagai lidah strawberry.

Penyebab Bintik Merah Pada Lidah

Beberapa kondisi telah dikaitkan dengan timbulnya bintik merah pada lidah. Bintik tersebut merupakan benjolan berisi darah yang bisa menimbulkan rasa sakit dan timbulnya rasa yang tidak nyaman pada organ tersebut. Berikut ini beberapa penyebabnya :

 1. Malnutrisi

Salah satu penyebab timbulnya keadaan ini adalah karena tubuh kekurangan asupan makanan yang mengandung vitamin B12 dan makanan yang mengandung zat besi. Adapun gejala yang timbul bisa berupa terjadinya gejala anemia. Untuk mengatasi hal tersebut maka para pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk melakukan diet sehat yang dimaksudkan untuk memenuhi asupan makanan yang mengandung vitamin B serta zat besi guna mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi seperti :

  • ikan
  • daging merah
  • aprikot
  • kacang-kacangan
  • serta beberapa jenis makanan lain akan membantu mengatasi kondisi tersebut.

2. Terjadinya Infeksi

Orang-orang yang mengalami infeksi suatu penyakit seperti demam berdarah dapat beresiko untuk mengembangkan timbulnya kondisi yang disebut lidah strawberry. Jika mengalami demam tinggi akibat gangguan infeksi, segera untuk menghubungi pihak dokter untuk mendapatkan bantuan pengobatan, seperti jenis antibiotik. Selain itu, anda juga dapat mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti yoghurt untuk membantu memerangi infeksi yang menjadi penyebab timbulnya bintik-bintik merah pada lidah Anda.

Langkah lain untuk mengatasi gangguan tersebut adalah dengan berkumur menggunakan larutan garam serta rutin dalam menjaga kebersihan mulut dengang tepat untuk mencegah dan mengobati bintik-bintik merah tersebut. Terjadinya infeksi ini juga bisa diakibatkan pada :

3. Reaksi Alergi

Terkadang tanpa kita sadari kita telah mengkonsumsi makanan maupun berbagai jenis obat-obatan yang menimbulkan efek samping terjadinya alergi.

sponsored links

Hal ini pada akhirnya dapat menjadi penyebab timbulnya bintik merah pada permukaan lidah. Hal ini banyak terjadi pada beberapa kasus alergi seperti pada gangguan asma, yang disebabkan karena inflasi kronis pada organ paru-paru. Gejala dari reaksi alergi ini bisa berupa timbulnya gatal-gatal, bersin, pilek, batuk, maupun gejala lainnya.

Reaksi alergi ini juga bisa terjadi karena :

4. Pola hidup yang buruk

Faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya bintik merah pada lidah karena memiliki pola atau gaya hidup tidak sehat. Kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol yang berlebihan maupun kebiasaan merokok. Selain itu, bahaya makanan pedas maupun terlalu panas juga dapat menyebabkan hal yang sama yang ditandai dengan adanya pembengkakan. Hal ini pada akhirnya akan mengembangkan timbulnya bintik-bintik merah di permukaan lidah.

5. Kanker Mulut

Meskipun sangat jarang terjadi, namun beberapa jenis penyakit seperti kanker mulut dapat menjadi salah satu penyebab kondisi ini. Namun untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter (Baca juga : Lidah Pahit).

Kanker mulut ini sebenarnya juga bisa disebabkan oleh :

6. Gangguan pencernaan

Bintik-bintik merah yang timbul di permukaan lidah atau yang disebut lidah strawberry dapat disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada organ lambung. Hal ini seperti terjadinya refluks asam lambung yang menyebabkan perut memuntahkan zat asam dan pepsin.

Gangguan pencernaan ini juga bisa berakibat pada :

7. Penyakit kawasaki

Ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang dapat menyebabkan timbulnya bintik merah pada lidah. Penyakit ini biasanaya terjadi pada anak-anak yang berusia antara 1 hingga 2 tahun. Penyakit ini tergolong dalam penyakit yang tidak menular, dimana sistem kerjanya adalah dengan menyerang dinding pembuluh darah dalam tubuh. Pasien yang mengalami gangguan ini biasanya memerlukan perawatan khusus dari tenaga medis di rumah sakit, karena dapat menimbulkan gejala yang parah selama beberapa hari.

8. Demam Scarlet

Ini merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya lidah strawberry. Dimana bintik-bintik merah di permukaan lidah yang censerung muncul sebagai akibat dari infeksi bakteri streptokokus.

9. Lidah Geografis

Ini merupakan suatu kondisi dimana  muncul pola peta serta bintik-bintik merah pada permukaan lidah. Meskipun dianggap tidak berbahaya, namun pasien yang mengalami ini dapat mengalami rasa nyeri serta rasa tidak nyaman pada organ tersebut. Untuk itu, mencari bantuan tenaga medis akan lebih baik dilakukan.

10. Iritasi

Bakteri-bakteri yang terakumulasi di mulut dapat menyebabkan terjadinya peradangan atau iritasi yang pada akhirnya akan menimbulkan eksim atau bintik-bintik merah pada permukaan lidah.

Iritasi pada mulut ini juga bisa terjadi karena :

Gejala Bintik Merah Pada Lidah

Dalam beberapa kasus, timbulnya kondisi ini tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, dalam beberapa hal ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti :

Sponsors Link

  • Timbulnya bintik-bintik merah di permukaan lidah
  • Timbulnya rasa sakit dan nyeri pada lidah
  • Timbulnya sensasi terbakar pada lidah
  • Kesulitan dalam mengunyah dan menelan makanan

Pengobatan Bintik Merah

Pengobatan yang dilakukan untuk gangguan ini, akan sangat bergantung pada beberapa alasan yang mendasari atau menyebabkan terjadinya masalah tersebut, diantaranya adalah :

  1. Memenuhi asupan makanan yang mengandung vitamin B dan zat besi (Makanan yang mengandung zat besi). Beberapa jenis makanan yang mengandung kesemua nutrisi tersebut diantaranya adalah kacang-kacangan, daging merah, ikan, susu, keju, kerang, dan beberapa jenis makanan lainnya. Anda juga dapat mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari produk suplemen yang banyak dijual di apotek-apotek maupun toko obat.
  2. Untuk mengatasi gangguan demam, biasanya dokter akan meresepkan beberapa jenis antibiotik oral maupun berbagai jenis injeksi tunggal penisilin G benzatin.
  3. Pasien yang mengalami gangguan penyakit kawasaki biasanya harus mendapatkan perawatan dokter di rumah sakit. Dokter biasanya akan melakukan terapi intravena untuk memberikan obat immunoglobulin untuk mengatasi gejala.
  4. Untuk mengatasi gangguan iritasi yang menjadi penyebabnya adalah dengan merubah pola diet serta memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Penggunaan beberapa antibiotik maupun obat-obatan kemungkinan besar akan diresepkan dokter untuk mengatasi gangguan tersebut.
  5. Menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara rutin menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi yang tepat. Selain itu, berkumur dengan larutan garam juga dapat membantu menjaga kebersihan daerah mulut dan menyingkirkan bakteri-bakteri jahat yang bersarang pada organ tersebut.
  6. Menghentikan dan menghindari kebiasaan seperti mengkonsumsi bahaya minuman keras, bahaya merokok, maupun mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau pedas.
  7. Untuk mengobati kanker mulut, seorang dokter biasanya akan meresepkan pengobatan biopsi.
  8. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung probiotik seperti yohgurt guna mengatasi gangguan infeksi.

Jika anda mengalami gangguan ini, sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi dengan tenaga medis guna mengidentifikasi penyebab dan gejala sejak dini. Selain itu, jika ternyata anak atau anda mengalami gangguan tersebut akibat penyakit berbahaya seperti karena kanker mulut, penyakit kawasaki, maupun gangguan penyakit lainnya, dokter bisa melakukan pengobatan dengan segera.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 02nd, September 2015 / 08:13 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit