14 Cara Menghilangkan Gagap dalam Berbicara

Gagap merupakan cara berbicara seseorang yang dianggap nyleneh dan juga nyentrik. Orang yang mendengarkan orang berbicara gagap akan tertawa bahkan meledek. Medis belum mengetahui secara jelas apa yang menyebabkan seseorang menjadi gagap. Namun orang yang mengalami gagap ini sering merasakan tidak percaya diri terutama di depan publik. Dipercaya atau tidak, gagap juga bisa menyebabkan karier seseorang menjadi terhambat. Perusahaan yang menginterview orang gagap sering memandang sebelah mata orang tersebut, terutama jika posisinya menyangkut dengan orang banyak. Ciri orang yang gagap adalah dia sering mengeluarkan kata kata spontan tanpa bisa dicegahnya, berbicara dengan kata terbata bata meski tidak sedang gugup dan suka mengulangi suku kata secara berulang ulang. Jika memiliki teman yang gagap, bersabarlah mendengarkan kata katanya meski kadang kata katanya menguji kesabaran. Berikut ini adalah cara menghilangkan gagap yang bisa diketahui :

  1. Motivasi

Hal pertama yang bisa digunakan untuk menghilangkan gagap adalah dengan melakukan motivasi terhadap diri sendiri. Orang yang gagap sering sekali mengalami krisis percaya diri. Oleh sebab itu langkah pertama yang bisa dilakukan oleh orang yang gagap adalah dengan menyemangati dirinya sendiri bahwa dia bisa terbebas dari gagap. Semua hal yang dilakukan tanpa semangat dan kepercayaan diri yang cukup bisa berujung sia sia dan kegagalan di tengah jalan.

Baca : Penyebab bipolarGejala hipotiroid

  1. Pikiran Positif

Motivasi yang sudah dibangun di dalam diri sebaiknya dibarengi dengan pikiran positif yang ada di dalam pikiran. Motivasi yang anda bangun akan terasa sia sia jika anda sendiri tidak yakin dengan motivasi yang anda berikan terhadap diri sendiri. Tanamkan di dalam hati dan pikiran, bahwa di dunia ini banyak orang yang mengalami gagap. Tidak hanya satu atau dua orang saja, namun banyak orang yang mengalami gagap dan merasakan hal yang sama. Banyak orang pula yang sembuh dari gagapnya berkat niat, motivasi dan juga pikiran yang positif.

Baca : Cara menyembuhkan gagap

  1. Menyembuhkan Penyebab

Menghilangkan gagap dalam berbicara ini harus dengan cara mengobati atau menyembuhkan penyebabnya. Hal ini juga berlaku terhadap penyakit lainnya. Bisa kita bayangkan, bagaimana bisa mengobati penyakit seseorang jika tidak tahu apa sakitnya dan disebabkan oleh apa. Begitupula dengan gagap, cara efektif untuk menghilangkan gagap secara permanen adalah dengan mencari penyebab bicara gagap kemudian menghilangkannya. Ada banyak sekali penyebab gagap, salah satunya adalah stres. Jika gagap disebabkan oleh stres, maka penderita gagap harus menghilangkan stresnya terlebih dahulu baru gagapnya bisa hilang.

Baca : Cara mengatasi stresPenyebab stres

  1. Menyusun Kata Kata

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gagap adalah menyusun kata kata. Menyusun kata kata di dalam otak dan pikiran merupakan langkah terbaik yang bisa menghindarkan penderita gagap dari kebiasaannya. Orang gagap sering bingung ketika berbicara, hal itu dikarenakan kebiasaan gagapnya. Tidak hanya itu saja, kepercayaan diri yang kurang membuat penderita gagap sering gugup jika harus berbicara di tengah umum. Mereka takut ditertawakan, dibully dan lain sebagainya. Jika kata kata sudah tersusun rapi di dalam otak, penderita gagap tidak perlu bingung lagi dengan kata kata yang harus diucapkannya. Dia juga akan lancar mengucapkan kata kata yang sudah dirangkai di dalam pikiran terlebih dahulu dibandingkan dengan mengucapkan kata tanpa persiapan.

Baca : Ciri penderita sindrom aspergerCiri ciri alergi

  1. Jangan Sering Diam

Rasa kurang percaya diri yang dimiliki oleh penderita gagap membuatnya akan sering berdiam diri dan tidak ikut serta merta dalam pembicaraan. Hal tersebut bukanlah hal yang seharusnya dilakukan oleh penderita gagap. Berdiam diri dan menjadi pendiam akan membuat perasaan lebih tidak terkendali. Ketika diam, rasa kurang percaya diri semakin meraja lela dan gagap bertambah buruk. Jika anda gagap, sebaiknya libatkan diri anda untuk terlibat obrolan dengan teman atau orang yang ada di sekitar anda. Bersikap cerewet lebih bagus dibandingkan menjadi pendiam. Saat menjadi orang yang cerewet kepercayaan diri itu akan muncul dibandingkan dengan menjadi pendiam. Lihat saja komedian Azis gagap, meski dia gagap komedian tersebut sangat cerewet dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Anda bisa mencontoh kepercayaan diri Azis gagap tersebut.

Baca : Bahaya menggunakan tindik lidahCara mengatasi lidah pahit saat sakit

  1. Menyanyi

Menyanyi menjadi hobi hampir seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya aplikasi yang bisa digunakan karaoke dan juga semakin ramainya tempat untuk karaoke. Selain bisa dijadikan sebagai hobi penghilang stres, menyanyi ini bisa menjadi terapi ampun bagi orang yang menderita gagap. Menyanyi ini berbeda dengan berbicara biasa, sebab ketika menyanyi akan diiringi dengan musik melodi yang indah. Menyanyikan lagu kesukaan bisa membuat penderita gagap tidak merasakan gagap kembali. Lirik lagu pun lebih melekat di kepala dibandingkan dengan kata kata yan terucap saat berbicara. Tempo berbicara orang yang gagap bisa membuat nada berbicaranya menjadi lebih baik lagi.

Baca : Penyebab tenggorokan gatalObat tenggorokan tradisional

  1. Bicara Penuh Tekanan

Cara menghilangkan gagap yang bisa dicoba selanjutnya adalah dengan berbicara penuh tekanan. Bicara penuh tekanan ini bisa dilakukan oleh orang yang berbicara tegas. Kita bisa membedakan mana nada suara yang tegas dan mana yang nada suara tidak tegas. Berbicara dengan lantang juga menjadi salah satu cara menghilangkan gagap yang bisa dilakukan oleh orang yang menderita gagap. Orang yang bicara gagap sering dianggap tidak bisa berbicara dengan lantang, oleh sebab itu cobalah untuk berbicara dengan lanang dan penuh tekanan.

  1. Bantuan Terapis

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gagap adalah meminta bantuan terapis. Ketika anda sudah melakukan berbagai macam cara namun hasilnya tetap nihil anda bisa meminta bantuan terapis yang bisa menghilangkan gagap. Terapis banyak yang sudah berpengalaman untuk menghilangkan gagap dan mengatasi gagap. Memang orang yang sudah lama menderita gagap perlu membutuhkan bantuan ahli agar bisa menghilangkan gagapnya secara permanen.

Baca : Terapi menghilangkan ngorokTerapi demensiaCara terapi gagal jantung

  1. Akupuntur

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan gagap adalah dengan melakukan akupuntur. Akupuntur selama ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja adalah obesitas, peredaran darah tidak lancar dan masih banyak lagi lainnya. Akupuntur ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi gagap dengan cara memperbaiki kemampuan bicara. Untuk mengatasi gagap, terapis akupuntur akan menancapkan jarum akupuntur di bagian wajah, leher dan juga mulut. Semua bagian yang diberikan terapi akupuntur tersebut dipercaya mempengaruhi kemampuan bicara seseorang.

Baca : Penyebab obesitas pada anak dan balitaGejala obesitas

  1. Merilekskan Diri

Cara menghilangkan gagap dalam berbicara bisa dilakukan degan cara merilekskan diri. Merilekskan diri ini bisa dimulai dengan cara merilekskan mental dan juga fisik. Anda harus memiliki kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri bahwa anda lebih hebat dari gagap yang anda derita, anda akan baik baik saja. Jika anda sudah menanamkan mental yang lemah maka anda bisa kalah oleh gagap anda. Mental yang lemah ditandai dengan rasa khawatir yang berlebihan akan gagapnya tersebut. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk merilekskaan tubuh dan mental anda agar ggap segera menghilang :

  • Untuk merilekskan tubuh anda bisa melakukan beberapa macam gerakan. Gerakan itu adalah dengan melepaskan ketegangan yang muncul di punggung, leher dan lengan. Rilekskan bahu anda dan biarkan terjatuh secara alami. Setelah melakukan hal tersebut anda bisa menggumam beberapa detik baru berbicara. Setelah menggumam anda bisa menggoyangkan kaki dan juga lengan agar ketegangan di tubuh anda menjaadi berkurang. Agar badan semakin rileks anda bisa memutar tubuh. ( Baca : Efek samping Ambroxol bagi tubuhBahaya makanan bersantan bagi kesehatan tubuh )
  • Mental. Kesiapan mental juga sangat dibutuhkan untuk mengatasi gagap. Agar gagap menghilang anda bisa melakukan persiapan mental dengan meyakini bahwa diri anda lebih hebat dibandingkan dengan penyakit gagap ini. Berkonstrasi di dalam kepala agar pikiran menjadi mengalir secara halus di bagian tubuh paling ujung, kemudian bernafaslah secara teratur. Hal tersebut mirip dengan gerakan meditasi.
  1. Bantuan Cermin

Ada orang gagap yang malu dan minder jika harus berbicara di depan orang banyak. Untuk mengatasi dan menghilangkannya anda bisa menggunakan alat bantu cermin. Berdirilah di depan cermin dan anggaplah bayangan anda sebagai orang lain. Anda bisa mengajak bayangan anda bicara, anda bisa berbicara banyak hal misal menceritakan kegiatan sehari hari anda, hobi anda, perasaan anda dan apa yang ingin anda lakukan di kemudian hari. Melakukan hal tersebut terus menerus diyakini bisa membuat gagap anda menjadi hilang. Memang berbicara dengan cermin berbeda dengan berbicara dengan orang lain namun setidaknya latihan ini bisa mengingatkan anda bagaimana berbicara kepada orang lain seperti saat anda berbicara dengan cermin bayangan anda.

Baca : Bahaya berdiri terlalu lamaBahaya makan sambil berdiri

  1. Membaca Buku

Cara menghilangkan gagap dalam berbicara lainnya yang bisa dicoba adalah dengan membaca buku. Membaca buku yang digunakan sebagai terapi penghilang gagap ini tidak dibaca dalam hati namun dibaca keras atau diucapkan. Memang membaca buku dengan cara bersuara ini sulit untuk dilakukan namun membaca buku dengan cara bersuara bisa membuat anda tahu bagaimana caranya mengatur nafas. Orang yang gagap dalam berbicara memiliki masalah besar dalam mengatur nafas, orang gagap tidak tahu kapan dirinya mengambil nafas saat membaca atau berbicara.

Baca : Nafas pendek dan beratObat sesak nafas alami


  1. Latihan Pernafasan

Cara menghilangkan gagap yang bisa dilakukan adalah dengan melatih pernafasan. Jika pernafasan bisa diatur maka penderita gagap bisa lebih mudah dalam berbicara. Mendapatkan kemampuan berbicara lebih baik akan didapatkan setelah penderita gagap melakukan latihan pernafasan ini. Berikut ini adalah latihan pernafasan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gagap :

  • Menarik nafas beberapa kali sebelum bicara dimulai. Bayangkanlah anda sedang menyelam di dalam air dan anda harus menarik nafas beberapa kali sebelum anda kembali masuk ke dalam air untuk menyelam.
  • Ketika anda berbicara gagap ingatlah untuk bernapas. Hal itu dikarenakan ketika mulai berbicara gagap, penderita gagap akan lupa untuk bernafas melalui hidung. Jika anda mulai berbicara gagap cobalah untuk berhenti berbicara sebentar, cobalah untuk menarik nafas dan kembali mengucapkan kata tersebut kembali.
  • Hindari berbicara cepat. Orang yang gagap tidak boleh untuk berbicara cepat sebab saat berbicara cepat perkataan akan menjadi sulit untuk dimengerti. Daripada berbicara cepat anda bisa menyusun kata kata agar mudah untuk dimengerti.
  1. Hindari Tatap Mata Langsung

Agar mengurangi kegugupan orang yang mengalami gagap jangan melihat langsung ekspresi wajah seseorang atau bertatapan langsung. Namun saat berbicara orang yang gagap bisa melihat kepala orang tersebut. Dengan cara ini diharapkan rasa tegang ketika berbicara dengan seseorang menjadi teratasi. Rasa tegang hanya akan membuat berbicara gagap anda semakin parah.

Baca : Gejala mata ikan

Demikianlah berbagai macam cara menghilangkan gagap dalam berbicara yang bisa dilakukan. Melakukan cara tersebut dipercaya bisa menghilangkan gagap secara permanen dan tidak kambuh lagi.

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 14:00 Oleh :
Kategori : Gagap