Sponsors Link

21 Cara Menghilangkan Flu Secara Alami, Makanan, dan Herbal

Sponsors Link

Apakah Anda pernah terkena flu? Tentu semua orang pernah merasakan flu dari mulai bayi hingga orang usia lanjut. Flu atau influenza disebabkan karena ketika tubuh lemah atau sistem kekebalan sedang lemah maka virus dengan mudah menginfeksi. Virus akan bekerja dengan melemahkan sistem pernafasan atas mulai dari mulut, hidung, tenggorokan hingga ke paru-paru. Beberapa orang yang mudah terkena flu misalnya adalah seperti balita, anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil, orang yang sebelumnya menderita gangguan penyakit kronis, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

ads

Gejala Flu

Pada awalnya penyakit flu memang terlihat sangat ringan dengan beberapa gejala seperti bersin, hidung meler, batuk ringan dan sakit pada tenggorokan. Namun dalam kondisi yang lebih berat maka flu juga bisa menyebabkan beberapa gejala lain, seperti:

  • Demam
  • Nyeri sendi dan sakit pada otot (seperti pada bagian punggung dan kaki)
  • Berkeringat dingin
  • Sakit kepala
  • Batuk ringan hingga batuk parah
  • Tubuh akan terasa sangat lemah dan lelah
  • Hidung tersumbat
  • Rasa sakit tenggorokan yang parah.

Penyebab Flu

Virus flu memang sangat mudah menular dan bisa menyerang dengan cepat. Hal ini disebabkan karena virus flu menular lewat udara dari orang yang terinfeksi flu ketika sedang berbicara, bersin atau berjabat tangan. Bahkan virus flu bisa menular dengan mudah dari beberapa sumber benda yang dipakai secara umum seperti di taman bermain, transportasi umum dan fasilitas umum lainnya. Virus akan menyerang tubuh dan membutuhkan waktu mulai dari lima hingga sepuluh hari. Namun bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah maka bisa tertular dalam waktu yang cepat.

Beberapa orang biasanya mengatasi flu dengan cara yang mudah seperti istirahat atau makan sup. Tapi tidak semua orang bisa mengatasi flu semudah ini.  Jika Anda menderita flu yang cukup parah maka pilih beberapa kombinasi cara menghilangkan flu yang paling tepat. berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan flu dengan beberapa metode.

Cara Menghilangkan Flu Secara Alami

Beberapa cara alami bisa menyembuhkan dan menghilangkan flu secara efektif. Namun tentu tidak semua orang bisa benar-benar sembuh dengan cara tersebut. Berikut ini merupakan cara alami yang bisa Anda coba.

  1. Keluarkan Lendir dari Hidung

Ketika Anda flu maka biasanya hidung akan meler dan membuat kepala menjadi lebih pusing. Cobalah untuk mengeluarkan lendir dari hidung sesering mungkin. Caranya adalah dengan menekan satu hidung dengan satu jari secara bergantian namun jangan terlalu keras. Jika Anda mencoba terlalu keras maka bisa saja virus justru masuk ke tenggorokan dan flu Anda jadi lebih parah.

  1. Terapi dengan Air Garam

Memasukkan cairan yang sudah dicampur dengan garam juga bisa menyembuhkan flu dengan cepat. Selain itu larutan garam juga bisa menghilangkan virus di saluran hidung dengan cepat. Cara terapi ini adalah dengan mencampur setengah gelas air hangat dengan garam halus dan tambahkan sedikit bubuk soda. Campur hingga merata lalu tutup satu lubang hidung dengan jari, sementara semprotkan cairan ke lubang hidung yang satunya. Cara ini akan membuat semua lendir keluar secara alami dan lakukan bergantian.

  1. Istirahat dan Gunakan Pakaian Tebal

Anda juga bisa menghilangkan flu hanya dengan beristirahat di tempat tidur atau sofa. Pakai pakaian yang hangat dan tebal untuk memerangi virus yang ada di dalam tubuh. Sebaiknya Anda hanya istirahat saja, jadi jangan bermain gadget, komputer atau melihat televisi. Biarkan tubuh Anda benar-benar memerangi virus dengan baik.

  1. Sering Berkumur

Sering berkumur akan membantu tubuh dalam menghilangkan flu, karena berkumur akan membuat tenggorokan menjadi lebih lembab dan virus tidak akan suka dengan hal ini. Anda bisa menggunakan air hangat, teh, atau air yang sudah dicampur dengan madu. Semua bahan ini akan membantu agar tenggorokan menjadi lebih nyaman.

  1. Minum Air Hangat

Ketika Anda flu maka Anda mungkin akan merasa sangat haus, namun sebenarnya air minum yang Anda butuhkan harus hangat. Air hangat akan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman, lapisan lendir di dalam hidung bisa keluar dan kepala Anda menjadi lebih ringan. Minuman hangat yang sangat disarankan adalah teh atau air yang dicampur dengan madu.

  1. Mandi Uap

Jika Anda sedang flu berat maka cobalah untuk mandi uap. Mandi uap akan membuat semua cairan di hidung dan tenggorokan bisa keluar secara alami. Jangan melakukan mandi uap di tempat sauna karena suhunya akan terlalu panas. Sebaiknya Anda cukup melakukan mandi uap di rumah saja dengan cara duduk di kursi yang dekat dengan kolam air panas. Untuk hasil maksimal maka mandi uap bisa dilakukan selama 15 menit saja.

  1. Kompres

Untuk meringankan semua gejala flu maka Anda juga bisa mengompres bagian ketiak atau dahi. Gunakan kain yang lembut dan sudah dicelupkan ke dalam air panas. Lakukan kompres sambil beristirahat di tempat tidur sehingga Anda menjadi lebih nyaman.

  1. Gunakan Minyak Kayu Putih

Untuk membuat rongga pernafasan menjadi lebih nyaman, maka Anda bisa menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih mengandung bahan mentol yang bisa membuat nafas menjadi lebih segar. Selain itu minyak kayu putih juga akan membuat Anda merasa lebih ringan karena bisa menyembuhkan sakit kepala, meriang dan juga badan yang terasa sangat lelah. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di sekitar hidung, leher dan bahu.

  1. Tidur dengan Bantal Tinggi

Untuk membantu mengeluarkan lendir selama flu maka cobalah untuk tidur dengan bantal yang tinggi. Anda mungkin kurang nyaman dengan posisi tidur ini, tapi posisi ini bisa membuat Anda menjadi lebih nyaman. Posisi ini akan membuat hidung Anda bisa mengeluarkan lendir dan nafas menjadi lebih baik. Jika Anda harus bersin terus menerus maka gunakan tisu dan jangan terlalu sering turun dari tempat tidur.

Cara Menghilangkan Flu  dengan Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu tubuh dalam memerangi virus influenza. Berikut ini adalah jenis makanan yang bisa Anda konsumsi rutin selama flu.

  1. Jus Sayuran

Flu akan membuat Anda menjadi dehidrasi sehingga tubuh menjadi lebih lemah. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi jus sayuran. Sayuran mengandung bahan nutrisi alami seperti vitamin, bahan antioksidan dan mineral. Jus dari sayuran organik sangat disarankan. Beberapa sayuran yang bisa Anda masukkan dalam membuat jus adalah seperti wortel (sumber beta karoten) , lobak (mengandung senyawa yang bisa memecah lendir yang menggumpal di saluran pernafasan, brokoli, dan kubis.

Sponsors Link

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung fitokimia yang bisa membantu tubuh dalam memerangi virus dengan cepat. Bawang putih juga bisa mengatasi flu karena sumber antioksidan yang sangat tinggi. Bahan-bahan ini akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung maupun dengan mencampurnya dalam bumbu sup.

  1. Pisang

Saat Anda flu maka biasanya akan merasa mual dan pusing hingga membuat badan menjadi sangat lelah. Untuk menghilangkan semua keluhan ini maka Anda bisa mencoba untuk makan buah pisang. Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa memerangi infeksi dari virus flu. Selain itu pisang juga mengandung mineral yang cukup tinggi dan bisa mengatasi tubuh yang lelah.

  1. Daging Tanpa Lemak

Ketika Anda terserang flu maka tubuh Anda membutuhkan sumber energi untuk melawan semua infeksi. Jika tubuh Anda terlalu lemah maka infeksi bertambah parah dan menganggu aktifitas. Sebagai sumber energi yang sangat sehat untuk tubuh maka Anda bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak baik berupa daging ayam maupun daging sapi. Daging tanpa lemak mengandung protein tinggi yang bisa menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh.

  1. Cabe Rawit

Cabe rawit bisa menjadi obat flu yang sangat ampuh. Cabe rawit mengandung bahan alami yang bisa membantu mengeluarkan lendir dari hidung sehingga Anda bisa bernafas dengan lega. Selain itu cabe rawit juga banyak mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa memakai cabe rawit untuk bumbu pasta sup atau sambal. Tapi ingat untuk tidak makan berlebihan karena bisa menyebabkan sakit perut.

  1. Blueberry

Blueberry buah yang sangat disarankan untuk semua orang yang terkena flu. Buah ini mengandung aspirin yang bisa menyembuhkan sakit kepala dan membuat pernafasan menjadi lebih baik. aspirian alami juga membantu tubuh mengatasi demam dan menghilangkan nyeri otot. Konsumsi blueberry yang masih sangat segar akan lebih baik daripada blueberry yang sudah disimpan beberapa hari.

  1. Teh

Minum teh akan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik. Teh mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi dan bisa membuat Anda merasa lebih ringan. Ramuan teh alami yang dicampur dengan beberapa bahan seperti lemon dan madu akan membuat khasiatnya menjadi lebih tinggi. Tapi jangan mengkonsumsi jenis teh yang terlalu keras karena bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Khasiat terbaik dari teh adalah bahan katekian yang bisa menjadi bahan antibiotik alami dan menurunkan rasa tidak nyaman di perut.

Cara Menghilangkan Flu  dengan Herbal

Ada beberapa jenis biji-bijian dan tanaman herbal yang bisa membantu menyembuhkan flu dengan cepat.  Sejak jaman dahulu orang tidak pernah memakai obat kimia dan mereka lebih percaya dengan herbal dari tanaman. Berikut ini adalah beberapa herbal yang bisa menyembuhkan flu dengan cepat.

ads
  1. Echinacea

Echinacea yang paling sering digunakan untuk mengobati flu adalah jenis Echinacea purpurea. Ini adalah obat herbal yang banyak digunakan oleh penduduk di Amerika pada jaman dahulu. Manfaat dari Echinacea ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi infeksi dari virus influenza , menyembuhkan sakit kepala dan membuat kondisi badan pulih lebih cepat. Selain itu Echinacea juga bisa mencegah peradangan pada saluran pernafasan. Echinacea akan diambil akarnya kemudian dikeringkan dan dikonsumsi dalam bentuk teh.

  1. Elderberry

Elderberry adalah salah satu tanaman belukar yang berasal dari Amerika Serikat. Sudah sejak lama buah elderberry digunakan untuk menyembuhkan flu dan penyakit infeksi lain. Kandungan yang ditemukan dalam buah elderberry adalah seperti senyawa asam viburanik yang bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan keringat sehingga mengurangi demam dan mengeluarkan sumber infeksi. Buah ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang tua.

  1. Jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi influenza. Jahe bisa mengobati flu karena mengandung senyawa seperti fitokimia dan gingerol yang bisa menjadi bahan anti peradangan. Bahkan konsumsi minuman jahe saat flu akan membantu mengurangi sakit kepala dan demam. Jahe juga membantu tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak sehingga sumber infeksi bisa keluar dari dalam tubuh. Cara tepat untuk membuat minuman jahe adalah dengan merebus jahe segar dan campuran perasan lemon.

  1. Andrographis

Andrographis paniculata adalah nama lain dari tanaman sambiloto. Tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan flu dan semua penyakit gangguan pernafasan. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa sambiloto bisa menyembuhkan sakit batuk, flu, sakit tenggorokan dan demam. Untuk mendapatkan khasiat yang besar maka Anda bisa mencoba untuk minum teh dari tanaman sambiloto.

  1. Boneset

Boneset atau Eupatorium perfoliatum adalah jenis tanaman yang banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit infeksi terutama flu dan demam. Khasiat tanaman ini juga bisa mengatasi berbagai rasa tidak nyaman saat flu seperti nyeri otot dan sendi karena demam dan sakit kepala. Boneset memiliki rasa pahit yang bisa membantu mengeluarkan lendir dari hidung dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu boneset juga mengandung beberapa sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti kalsium, niasin, selenium, seng, vitamin A, vitamin C, magnesium dan zat besi. Konsumsi terbaik untuk mengatasi flu adalah dengan membuat teh dari tanaman boneset.

Cara Menghilangkan Flu  dengan Obat Medis

Flu juga bisa disembuhkan dengan beberapa jenis obat medis. Biasanya jika gejala terlalu parah dan mengganggu aktifitas maka Anda bisa minum obat. Berikut ini beberapa kandungan obat yang bisa menyembuhkan flu.

  1. Obat untuk meringankan gejala flu, mengurangi rasa sakit kepala dan otot seperti golongan : Acetaminophen, Aspirin, Naproxen, Ibuprofen, Antihistamin,
  2. Obat untuk mengurangi batuk dan menyembuhkan batuk kering akibat flu, seperti golongan: dekstrometorfan, dan dekongestan.
  3. Vaksin flu. Vaksin flu memang banyak digunakan di negara Eropa namun penggunaanya di Indonesia memang yang tidak umum dilakukan.

Cara Mencegah Tertular Flu

  1. Sering mencuci tangan akan mengurangi jumlah kuman dan virus yang bisa menyerang tubuh termasuk untuk virus flu. Bahkan Anda sebaiknya lebih sering mencuci tangan ketika berinteraksi dengan orang lain dengan berjabat tangan.
  2. Jangan terlalu sering menyentuh hidung dan mata karena mata dan hidung menjadi akses yang paling mudah untuk penyebaran infeksi virus flu.
  3. Biasakan untuk hidup dengan pola istirahat yang baik seperti waktu tidur yang cukup dan hindari kebiasaan begadang.
  4. Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat seperti makan buah dan sayuran secara rutin setiap hari. Beberapa sayuran dan buah yang bisa Anda konsumsi adalah seperti brokoli, kubis, paprika, kale, wortel, pisang dan jenis sayuran lain.
  5. Biasakan untuk selalu latihan atau olahraga ringan seperti berjalan kaki dan melakukan aktifitas yang membutuhkan gerak tubuh. Latihan ringan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Jika teman atau keluarga Anda sedang terserang flu maka jaga agar tubuh Anda tetap kuat dan hindari berakitifitas terlalu dekat atau tetap menggunakan masker untuk mencegah virus masuk ke tubuh Anda.

Jadi ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan flu dengan cepat baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan. Tapi yang terpenting adalah tetap menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat sehingga tidak mudah terkena flu.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Thursday 10th, September 2015 / 15:54 Oleh :
Kategori : Penyakit Flu