17 Makanan untuk Penderita Pembengkakan Hati ( No. 8 Paling Enak )

Terlalu banyak makanan olahan di zaman sekarang tentu akan membuat orang merasa bahwa pilihan makanan sehat semakin sedikit saja. Namun, bagi yang memiliki penyakit liver atau fatty liver, makanan untuk penderita pembengkakan hati bisa dilihat di bawah ini untuk meningkatkan kesehatan organ hati dan memulihkannya. Ketika racun dan lemak di hati menumpuk, maka akan banyak sekali penyakit yang bisa menyerang hati salah satunya adallah pembengkakan hati. ( Baca : Ciri ciri hati bengkakPenyebab liver bengkakGejala fatty liver )

Ada makanan-makanan yang tidak hanya akan menyehatkan, melainkan juga membersihkan hati secara natural dari racun. Berikut ni adalah makanan untuk penderita pembengkakan hati yang sehat untuk dikonsumsi :

  1. Apel

Sepertinya sudah tidak diragukan bahwa buah apel adalah buah yang paling direkomendasikan untuk menyehatkan tubuh. Bagi para penderita penyakit liver, termasuk dengan kondisi liver yang bengkak maupun rusak, apel dengan kandungan pektinnya yang tinggi akan membantu kepulihan organ penting ini. Pektin adalah zat yang pasti dapat membersihkan racun dari saluran pencernaan. Apapun penyebab pembengkakan hati, pada proses pembersihan racun di dalam tubuh, Anda sebaiknya memang memilih apel untuk dikonsumsi setiap hari.

  1. Alpukat

Banyak orang yang mengira bahwa alpukat mengandung banyak lemak sehingga dapat membuat pengonsumsinya dapat serta-merta menaikkan berat badan. Padahal kenyataannya, lemak yang ada di dalam alpukat adalah lemak baik yang pada dasarnya memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah yang padat gizi ini bakal menjadi makanan berguna untuk yang livernya tengah membengkak.

Tubuh akan dibantu oleh alpukat ini dalam memproduksi glutathione yang dibutuhkan oleh tubuh agar hati dapat berfungsi kembali dalam mendetoksifikasi tubuh. Senyawa ini sangat dibutuhkan dalam proses pembersihan racun yang masuk, entah dari makanan atau bahan kimia lainnya yang Anda konsumsi.

Baca : Makanan untuk detoksifikasi –  Khasiat biji alpukat bagi tubuhBahaya keracunan aflatoksin

  1. Kubis

Kubis termasuk di dalam jenis sayuran yang sangat baik untuk pemulihan kesehatan liver Anda. Mengonsumsi kubis secara teratur dengan porsi yang tepat akan mampu membantu membuat dua enzim detoksifikasi penting pada liver akan aktif karena terstimulasi oleh kandungan yang ada pada kubis. Bila enzim sudah aktif, maka racun akan otomatis dapat dibuang dari tubuh, termasuk racun yang membuat hati menjadi bengkak. Sup kubis akan sangat nikmat dan sehat bagi Anda.

Baca : Makanan yang mengandung gas tinggiCara sehat terhindar dari penyakit

  1. Teh Hijau

Memang bukan merupakan jenis makanan, meski begitu minuman ini sudah sangat terkenal akan manfaatnya yang tinggi. Tidak hanya untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol, tapi teh hijau pun akan sangat berguna dalam penyembuhan pembengkakan hati. Minuman ini sangat bagus untuk liver karena sangat tinggi kandungan antioksidannya yang dikenal juga dengan sebutan catechin, yaitu merupakan senyawa baik untuk membuat fungsi hati menjadi lebih baik. Bila Anda melakukan diet seimbang, teh hijau sebaiknya dimasukkan ke dalam menu diet Anda karena manfaatnya yang tidak hanya baik bagi hati tapi juga untuk seluruh organ tubuh.

Baca : Cara menjaga kesehatan hatiBahaya penyakit liver


  1. Jeruk Bali

Hati menjadi bengkak karena biasanya ada penumpukan racun, cairan atau bahkan lemak yang membuatnya tak berfungsi dengan normal, dan jeruk Bali akan menyelamatkan Anda dari kondisi ini. Di tengah banyaknya pantangan makanan, buah yang sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C ini bisa diandalkan dalam proses pembersihan organ hati secara alami. Racun-racun yang seharusnya bisa terbuang dari tubuh mungkin bertahan di dalam, maka minumlah 1 gelas kecil perasan/jus jeruk Bali segar agar enzim detoksifikasi bisa dihasilkan lebih untuk mengeluarkan racun, termasuk karsinogen yang bisa membahayakan tubuh dan berisiko kematian.

Baca : Buah yang mengandung vitamin CPenyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

  1. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini kelihatannya memang berukuran kecil, namun segudang manfaat bagi kesehatan disediakan oleh bawang putih, termasuk membersihkan hati dari segala racun dan lemak yang membuatnya tak berfungsi normal. Enzim hati yang tadinya tidak aktif maka akan diaktivasi oleh kandungan dan kemampuan baik dari bawang putih sehingga racun-racun dapat dibuang secara sempurna. Bawang putih pun dikenal kaya akan selenium serta allicin yang merupakan senyawa-senyawa natural untuk membuat organ hati selalu bersih dari segala racun dan lemak penyebab bengkak.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Wortel

Bila organ hati membengkak, makanan yang sangat boleh Anda makan untuk memulihkan kesehatan organ vital ini salah satunya adalah wortel. Jenis sayuran ini jelas tidak akan mengecewakan Anda karena kandungan beta-karoten maupun flavonoid yang bisa membantu mengembalikan fungsi hati kembali seperti semula secara keseluruhan.

Baca : Makanan yng mengandung vitamin ABahaya akibat kekurangan vitamin A

  1. Mangga

Pembengkakan pada organ hati dapat disebabkan oleh jumlah kolesterol yang banyak atau bisa juga karena tubuh mudah terkena racun, entah itu dari makanan atau dari obat berbahan kimia. Mangga menjadi salah satu buah paling aman dikonsumsi oleh para penderita liver bengkak. Kandungan akan vitamin C-nya cukup tinggi berikut seratnya sehingga sangat baik dalam menurunkan dan menstabilkan kolesterol. Kabar baiknya lagi, mangga sanggup melawan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Minyak Zaitun

Minyak organik seperti minyak zaitun akan sangat berguna bagi pemulihan hati Anda yang bengkak apabila dikonsumsi dalam porsi yang benar dan tidak berlebihan. Minyak zaitun sangat membantu tubuh Anda dalam menyediakan basis lipid yang tepat agar bisa menyedot dan membuang racun berbahaya dari tubuh. Pembengkakan hati yang disebabkan oleh racun tentu sangat dapat terbantu dengan mengonsumsi minyak ini; gantilah minyak goreng biasa dengan minyak zaitun ketika Anda memasak.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang juga baik untuk kesehatan, terutama bagi para penderita liver. Bukan hanya dapat mendetoksifikasi bagian hati sehingga racun dapat dikeluarkan dengan sempurna, namun fungsi hati yang tadinya rusak dan kurang berfungsi akan kembali dipulihkan. Entah Anda ingin membuat sebuah ramuan air kunyit yang telah direbus lalu diminum atau mencampurkan rempah ini ke hidangan Anda yang kemudian bisa dimakan bersama. Enzim hati yang akan membuang karsinogen pun akan diaktifkan oleh kandungan bermanfaat dari kunyit.

Bac : Penyebab liver bengkakCara mencegah tipes

  1. Pisang

Buah berwarna kuning ini pun sanggup membuat kondisi liver menjadi lebih baik. Bengkaknya organ hati yang dikarenakan lemak dan kolesterol dapat sangat mengganggu dan bisa berisiko fatal jika tidak segera mengubah pola makan dan pola hidup. Mengonsumsi pisang yang kaya akan antioksidan, flavonoid dan vitamin C dijamin akan mampu membuat fungsi hati kembali pulih di mana pektinnya pun juga akan membuat kadar kolesterol tinggi lebih stabil.

Baca : Bahaya pisang karbitKhasiat buah pisang untuk kesehatan

  1. Pepaya

Alternatif buah yang juga aman dikonsumsi para penderita liver bengkak adalah pepaya yang juga sangat kaya akan nutrisi. Pepaya termasuk di dalam jajaran buah terbaik yang memiliki kemampuan mendetoksifikasi tubuh sehingga liver yang bengkak diakibatkan oleh racun akan dapat dibersihkan dengan baik. Dengan harganya yang murah, segala asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa didapat dari buah pepaya ini.

  1. Kacang Kenari

Kandungan di dalam kacang kenari yang paling tinggi adalah asam amino arginin yang bakal sangat baik memperbaiki fungsi jantung dengan mendetoksifikasi organ vital ini dari racun berupa amonia. Hati yang terkena racun dapat membengkak dan bila tidak segera dibersihkan akan membuat kondisi kesehatan makin memburuk. Untungnya, kacang kenari merupakan makanan yang bermanfaat bagi penderita liver bengkak di mana kandungan glutathione dan asam lemak omega-3 juga tinggi sehingga akan sangat mendukung proses pembersihan hati untuk kembali pulih.

Setelah melalui proses detoksifikasi, fungsi hati akan normal kembali dan ini semua berkat kacang kenari yang berkhasiat. Hanya saja, hati-hati dalam mengonsumsi kacang ini alias jangan asal menelannya saja. Saat mengunyah, kunyahlah kacang kenari dengan baik dan sampai halus sebelum Anda menelannya. Santai dan bersabarlah dalam mengunyah agar lebih baik untuk pencernaan juga.

  1. Lemon

Buah ini pun akan memberikan keuntungan besar bagi Anda yang menderita sakit liver atau pembengkakan pada organ hati. Buah jeruk lemon sangat kaya akan vitamin C di mana vitamin ini berfungsi bagus dalam menyintesis bahan-bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh menjadi zat yang bisa diserap oleh air. Agar hati terangsang untuk mengaktifkan enzim bagi pembuangan racun, minumlah perasan jeruk lemon yang bisa dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur sebelum sarapan.

  1. Jeruk Nipis

Sama dengan jeruk Bali serta jeruk lemon, kandungan vitamin C di dalam jeruk ini tidak diragukan lagi tinggi kadarnya. Fungsinya pun kurang lebih sama dengan jeruk lemon dalam memberikan bantuan bagi liver yang bengkak untuk pulih kembali dan menetralisir segala racun yang masuk ke dalam tubuh dan organ hati. Dengan vitamin C, zat-zat beracun akan dibuat lebih mudah terserap oleh air sehingga pembuangannya pun juga lebih lancar. Cara mengonsumsinya sederhana saja, yaitu membuat sendiri dan mengonsumsi air perasan jeruk nipis setiap pagi per harinya sampai liver bengkak membaik.

Baca : Bahaya jeruk nipis bagi penderita maagBahaya jeruk bagi penderita diabetes

  1. Brokoli

Serupa dengan apa yang ditawarkan oleh kubis, brokoli merupakan jenis sayuran berkhasiat baik untuk penderita liver bengkak dengan membantu meningkatkan jumlah glukosinolat. Pada sistem Anda, jumlah glukosinolat yang ditambah ini akan membantu mengaktivasi produksi enzim yang ada pada bagian hati. Setelah aktif, maka enzim alami tersebutlah yang bertugas mengusir atau mengeluarkan segala racun dari dalam hati dan tubuh, termasuk karsinogen. Secara tidak langsung pun, mengonsumsi brokoli akan menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker.

  1. Bayam

Sebagai salah satu jenis sayuran hijau, bayam adalah yang juga paling disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung klorofil tinggi. Segala bahan kimia atau racun yang masuk ke dalam tubuh dan memicu pembengkakan pada liver akan mampu dinetralisir. Makanan ini menjanjikan detoksifikasi serta menawarkan mekanisme perlindungan bagi organ hati yang sangat kuat sehingga dapat diandalkan.

Baca : Bahaya bayam untuk penderita asam uratBahaya sayur bayam yang dihangatkan

Pantangan Makanan

Berikut ini adalah daftarpantangan makanan yang harus dihindari penderita hati bengkak :

  • Makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan-makanan yang berlemak jenuh biasanya adalah makanan yang digoreng, terbuat dari mentega/margarin, produk susu dengan kandungan lemak tinggi, serta daging yang berlemak. ( Baca : Bahaya lemak jenuhlemak trans )
  • Makanan yang manis-manis. Makanan-makanan yang manis antara lain adalah makanan kemasan, soda, kue, dan biskuit.
  • Makanan yang melalui proses pengasinan. Misalnya ikan asin.
  • Minuman beralkohol atau minuman keras. Minuman beralkohol dengan kadar sedikit dan banyak tidak dianjurkan dikonsumsi. ( Baca : Bahaya minum alkohol 70 persenBahaya alkohol bagi kesehatan )

Itulah makananan untuk penderita pembengkakan hati yang bisa dikonsumsi. Agar cepat sembuh hindarilah makanan pantangannya.

, ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 23:25 Oleh :
Kategori : Fatty Liver