Sponsors Link

18 Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan Makanan Alami dan Mujarab

Sponsors Link

Sakit tenggorokan mungkin bagi sebagian orang tak menjadi masalah, namun hal ini juga sangat tak nyaman pada beberapa kasus. Kesulitan menelan adalah salah satu kondisi yang sama sekali tak mengenakkan karena otomatis membuat selera makan pun menjadi hilang. Otomatis ketika selera makan hilang, terjadilah penurunan berat badan yang cukup drastis.

ads

Ketika radang atau sakit tenggorokan dan ditambah juga susah menelan, ada beberapa cara pengobatan yang dapat Anda pertimbangkan. Di bawah ini adalah sejumlah rekomendasi obat sakit tenggorokan susah menelan yang kiranya dapat Anda coba.

(Baca juga: bahaya radang tenggorokan)

1. Air Garam

Air garam ini tentunya bukan untuk diminum tapi cara penggunaannya lebih untuk diminum di mana obat ini sudah terpercaya sejak jaman nenek moyang kita. Saat tenggorokan begitu sakit, apapun yang menjadi penyebab utamanya, hal ini selalu terjadi karena sel-sel pada selaput lendir meradang dan membengkak sehingga kesulitan menelan juga. Maka dengan berkumur, pembengkakan serta peradangan pasti akan berkurang.

  • Caranya: Siapkan air hangat secangkir saja yang kemudian ditambahkan dengan garam meja sebanyak setengah sendok teh. Pastikan bahwa air garam tidaklah panas tapi dalam keadaan hangat dan gunakanlah untuk berkumur. Untuk meredakan rasa sakit tenggorokan dan agar dapat menelan kembali dengan normal dan nyaman, ulangi penggunaan obat ini sehari 3 kali sampai memang radang tenggorokan sembuh.

2. Teh Kamomil

Selain menjadi cara menenangkan pikiran dan suasana hati, teh jenis ini bakal mampu membunuh segala jenis bakteri yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. Karena dapat menjadi pereda sakit alami, teh kamomil tak hanya membantu Anda untuk tenang dan beristirahat, tapi juga akan memulih tenggorokan agar cepat nyaman dalam menelan kembali.

  • Caranya: Sediakan teh kamomil sebanyak 1 kantong saja berikut juga secangkir air mendidih. Cara membuatnya adalah dengan menyeduhnya seperti teh pada umumnya dan Anda cukup membiarkan dengan menutupnya lebih dulu selama 10 menit baru tambah dengan madu secukupnya beserta lemon sesuai selera. Minumlah sampai tenggorokan terasa nyaman dan tak lagi susah menelan serta tak sakit.

(Baca juga: penyebab radang tenggorokan)

3. Teh Hijau

Selain dikenal baik sebagai obat tradisional darah tinggi, teh hijau pun sangat mujarab dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan, khususnya yang kesulitan menelan. Terkandung antioksidan di dalamnya, membuat teh hijau selalu baik untuk kesehatan secara menyeluruh, jadi tak ada salahnya untuk mengonsumsi.

  • Caranya: Cukup sediakan saja teh hijau beserta jahe di mana teh hijau dapat diseduh bersama air seperlunya. Jahe yang sudah Anda cuci bersih dan memarkan pun dapat ditambahkan ke dalam teh hijau yang sudah diseduh tadi secukupnya. Meminum ramuan ini setiap hari akan membuat tenggorokan cepat sembuh dan kembali lega untuk menelan.

4. Belimbing

Meski menjadi pantangan asam lambung, belimbing adalah bahan obat tepat bagi para penderita radang atau sakit tenggorokan. Sebab rasanya yang enak, tentu tak akan jadi masalah untuk mengonsumsinya, terlebih juga bahan ini begitu aman dan tanpa efek samping bagi tubuh.

  • Caranya: Cukup praktis untuk meramunya karena Anda hanya perlu membuat minuman jus belimbing. Sediakan belimbing 2 buah saja yang kemudian dipotong-potong, masukkan ke blender, tambahkan air secukupnya, blenderlah. Tapi tidak usah tambahkan gula atau jenis pemanis lainnya sebab nanti khasiat aslinya bakal hilang kalau Anda campurkan dengan pemanis. Secara rutin konsumsilah jus belimbing untuk menyembuhkan sakit tenggorokan susah menelan.

(Baca juga: antibiotik radang tenggorokan di apotik)

Sponsors Link

5. Lemon dan Madu

Dua bahan tersebut dapat dikombinasikan sebagai obat ampuh penyembuh sakit tenggorokan, apalagi yang sulit menelan. Termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi, lemon sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh, madu pun demikian. Keduanya bila digabungkan dapat menjadi obat radang tenggorokan luar biasa.

  • Caranya: Sediakan lemon 2 buah beserta madu, lalu peraslah lemon untuk mengambil jusnya yang kemudian Anda campurkan bersama air hangat sebanyak 1 cangkir. Setelah itu tambahkan juga madu secukupnya, aduk-aduk sampai merata. Minumlah ramuan sederhana nan ampuh ini setiap hari sampai tenggorokan tidak lagi sakit dan sudah dapat menelan dengan mudah.

6. Daun Kemangi

Untuk radang tenggorokan dan sulit menelan, daun kemangi yang biasanya dimakan sebagai lalapan boleh dicoba dijadikan obat. Daun ini bisa didapat dengan mudah dan untuk menjadikannya obat tenggorokan pun sangat sederhana tanpa harus berlama-lama.

  • Caranya: Sediakan daun kemangi seperlunya yang bisa Anda cuci sampai bersih, lalu sehabis itu bisa Anda rebus bersama dengan air secukupnya. Air rebusan yang sudah jadi dapat Anda konsumsi setiap hari paling tidak 1-2 kali sehari untuk meredakan rasa sakitnya. Hingga sakit tenggorokan benar-benar sembuh, teruskan penggunaan obat ini dan juga sampai Anda berselera makan lagi karena tenggorokan sudah gampang untuk dipakai menelan.

(Baca juga: penyebab sakit tenggorokan saat menelan)

7. Daun Sirih

Selain menjadi cara menghilangkan amandel secara alami, daun sirih pun dipercaya sebagai cara mengobati batuk berdahak secara alami juga. Karena efektif untuk batuk berdahak, tentu untuk sakit tenggorokan pun daun sirih bakal sangat mujarab.

  • Caranya: Daun sirih bisa disiapkan beberapa lembar saja yang kemudian Anda rebus sampai matang. Setelah mendidih dan diangkat, ramuan dapat Anda minum tanpa ditambah bahan-bahan lainnya. Pastikan sebelum direbus, Anda sudah mencuci daun sirih sebersih mungkin dan minumlah ramuan ini setiap hari agar keampuhannya dapat dirasakan. Tanpa risiko berbahaya, daun sirih siap menyembuhkan rasa sakit sekaligus melegakan tenggorokan agar kembali enak dalam menelan.

8. Lidah Buaya

Masih ada lagi obat ampuh melegakan tenggorokan yang sakit, yakni lidah buaya. Khasiat lidah buaya untuk kulit bukanlah satu-satunya, lidah buaya sudah terbukti dapat diramu menjadi obat berbagai macam penyakit. Bahkan untuk radang tenggorokan sekalipun, lidah buaya dapat diandalkan.

  • Caranya: Siapkan lidah buaya secukupnya dan bersihkan serta kupas lebih dulu. Lalu potong-potonglah hingga menjadi beberapa bagian pada dagingnya. Selanjutnya, Anda dapat merebus atau membuatnya sebagai jus, tergantung pilihan dan selera Anda. Air rebusan atau air jus lidah buaya dapat Anda konsumsi secara teratur supaya sakit tenggorokan cepat sembuh dan bisa menelan lagi dengan nyaman.

(Baca juga: cara mengobati radang tenggorokan)

9. Cengkih

Tak hanya bagus sebagai obat sesak nafas alami, cengkih pun sangat bisa diandalkan untuk mengobati radang tenggorokan yang membuat selera makan menurun. Asalkan penggunaannya tepat, maka sakit pada tenggorokan dan rasa mengganjalnya dapat dihilangkan.

  • Caranya: Siapkan cengkih secukupnya untuk direbus sampai masak seluruhnya dan sampai mendidih. Kalau sudah mendidih dan dipastikan matang, angkatlah dan saringlah, baru setelah itu ramuan dapat diminum secara rutin. Untuk kesembuhan tenggorokan dan kenyamanan dalam menelan makanan maupun minuman kembali, cengkih pun mampu diolah sebagai bubuk untuk Anda seduh. Obat alami satu ini sangat bagus tak hanya untuk mengobati sakit tenggorokan pada orang dewasa tapi juga untuk anak-anak.

10. Daun Dewa dan Kaktus Gepeng

Kombinasi dari kedua bahan ini ternyata mampu mengatasi sakit pada tenggorokan. Bagi yang merasakan sulitnya menelan karena saking sakitnya, cobalah untuk meramu obat dari kedua bahan tersebut dan mengonsumsinya.

ads
  • Caranya: Sediakan daun dewa sebanyak 15 gram, ditambah juga dengan kaktus gepeng sebanyak 60 gram. Seluruh bahan perlu dicuci dulu hingga bersih dan Anda kemudian melanjutkan dengan mengupas serta memotong-motong kaktus gepeng. Rebuslah kemudian di dalam 600 ml air dan tunggu sampai tinggal tersisa 200 ml. Sesudah itu, saringlah dan minumlah ketika kondisinya masih hangat; meminumnya secara teratur akan meredakan rasa sakit secara efektif.

(Baca juga: cara mencegah radang tenggorokan)

11. Daun Pegagan dan Daun Sambung Nyawa

Daun pegagan mungkin lebih dikenal sebagai salah satu obat maag tradisional paling ampuh, namun untuk mengatasi sakit tenggorokan pun juga bisa. Dikombinasikan dengan daun sambung nyawa, keduanya secara efektif akan mengembalikan kondisi tenggorokan Anda menjadi normal kembali.

  • Caranya: Sediakan daun pegagan sebanyak 30 gram beserta daun sambung nyawa sebanyak 7 lembar. Cuci dulu seluruh bahan hingga bersih sebelum mengolahnya. Setelah selesai dicuci, blender kedua bahan dengan menambah air secukupnya, lalu saring. Minumlah sehari 2 kali demi kesembuhan yang lebih cepat dan sempurna, buktikan bahwa tenggorokan dapat kembali lega hanya dengan mengonsumsi ramuan kombinasi satu ini.

12. Uap Panas

Uap panas biasanya memang lebih dimanfaatkan untuk melegakan hidung yang tersumbat akibat flu atau penyakit pernapasan lainnya. Tapi untuk sakit tenggorokan dan rasa mengganjal di dalam tenggorokan pun dapat juga diatasi dengan obat mujarab satu ini.

  • Caranya: Cara ini cukup simpel, yaitu dengan menyiapkan air panas sepanci yang kemudian bisa Anda letakkan di depan Anda. Letakkanlah handuk pada kepala supaya penyebaran uap tak terjadi. Untuk mengobati sakit tenggorokan, uap yang berasal dari air panas tersebut dapat Anda hirup lewat hidung dan juga lewat mulut. Melakukannya setiap hari secara rutin bakal melegakan tenggorokan sehingga kembali menelan dengan mudah.

(Baca juga: sering ada dahak di tenggorokan)

13. Jeruk Nipis dan Madu

Cara ampuh lainnya adalah dengan mengombinasikan jeruk nipis serta madu. Biasanya cara ini memang dijadikan obat batuk berdahak, tapi untuk sakit tenggorokan, khususnya untuk obat sakit tenggorokan susah menelan juga terbukti efektif.

  • Caranya: Ambil jeruk nipis 1 buah saja, dan tak ketinggalan madu sebanyak 3 sendok makan. Belahlah jeruk nipis yang sudah disiapkan menjadi dua dan sari buahnya dapat Anda peras di mana perasannya dapat dituang ke sendok. Baru kemudian tambahkan dengan madu 3 sendok makan tadi. Minumlah obat alami ini sehari 2 kali masing-masing 2 sendok makan sampai sakit tenggorokan tak terasa lagi dan Anda dapat menelan seperti biasa lagi.

14. Jeruk Nipis dan Bubuk Pinang Sirih

Cara lainnya lagi yang super ampuh adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis yang kali ini dapat Anda kombinasikan dengan bubuk pinang sirih. Kadang ramuan ini juga bisa ditambah dengan madu agar khasiatnya lebih sempurna dan luar biasa.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis 1 buah saja, bersama dengan bubuk pinang sirih 1 sendok. Siapkan juga air putih setengah gelas serta madu asli sebanyak 1 sendok teh. Ambil sari jeruk nipis yang perasannya dapat ditampung oleh sebuah gelas. Tambahkan air putih, bubuk pinang sirih, dan juga madu. Aduk merata, tunggu hingga semalaman dan barulah keesokan paginya ramuan dapat Anda minum atau sekadar untuk kumur.

(Baca juga: cara mencegah batuk pada anak)

15. Jeruk Nipis dan Garam

Bila tadi kita sudah membahas air garam sendiri untuk obat tenggorokan, kali ini garam bukan dicampur dengan air. Jeruk nipis pun dapat dikombinasikan dengan garam sebagai obat radang tenggorokan ampuh. Kesulitan dalam menelan pun dapat disembuhkan secara total.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis sebanyak 1 buah saja, serta tak lupa garam setengah sendok. Belahlah menjadi dua jeruk nipis tersebut dan ambil sari buahnya. Campurkan sari buah dengan garam yang sudah disiapkan tadi, dan tambahkanlah segelas air. Ramuan ini bisa dikonsumsi sehari 1 kali saja asalkan setiap hari, rasakan keefektifannya.

16. Permen Mint

Untuk rasa sakit pada tenggorokan sampai-sampai susah menelan, cobalah untuk diobati dengan permen rasa mint. Mengonsumsi permen mint kelihatannya memang sudah sangat umum, tapi sebenarnya hal ini cukup ampuh untuk melegakan tenggorokan. Permen mint tak hanya dapat meredakan rasa sakit tenggorokan, bahkan rasa mengganjal yang membuat sulit menelan pun dapat diatasi dengan mengonsumsinya. Karena ada banyak permen mint di pasaran, tak perlu sulit mencari dan membelinya.

(Baca juga: gejala batuk kering)

17. Delima

Buah delima atau yang mungkin kita kerap sebut dengan istilah pomegranate dapat melawan segala infeksi pada tenggorokan dengan kandungan antioksidannya. Karena di dalamnya pun bersifat astringent, pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan sehingga susah menelan juga dapat teratasi.

  • Caranya: Cukup dengan menyediakan air sebanyak 3-4 cangkir berikut 1 buah delima, Anda dapat meramunya menjadi sebuah teh. Atau, bisa juga Anda membuat jus dari buah satu ini, tergantung dari selera Anda. Baik diminum maupun untuk berkumur, ramuan ini bakal meringankan dan menyembuhkan sakit tenggorokan susah menelan dengan efektif.

18. Sambiloto dan Daun Sirih

Sakit tenggorokan yang sulit menelan juga mampu disembuhkan oleh daun sirih yang dikombinasikan dengan daun sambiloto. Melakukannya secara teratur jelas bakal memberikan hasil memuaskan bagi kesembuhan tenggorokan Anda.

  • Caranya: Sediakan daun sirih 5 lembar dan sambiloto 10 gram. Setelah mencuci kedua bahan sampai bersih, rebus dengan 400 ml air dan tunggu sampai sisa setengahnya. Tunggu dingin dan saringlah. Air ramuan ini dapat Anda pakai untuk berkumur dan lanjutkan dengan menelannya.

(Baca juga: cara mengatasi sakit tenggorokan)

Jadi, obat sakit tenggorokan susah menelan manakah dari rekomendasi di atas yang ingin Anda coba? Seluruh cara tersebut adalah cara-cara paling ampuh dan alami tanpa menimbulkan risiko yang membahayakan tubuh pengonsumsinya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 07th, August 2016 / 13:31 Oleh :
Kategori : Faringitis