Sponsors Link

19 Obat Sakit Tenggorokan Paling Ampuh – Medis dan Alami

Sponsors Link

Obat sakit tenggorokan banyak dicari oleh orang yang sedang sakit tenggorokan. Radang tenggorokan memang sangat menyiksa, selain bisa membuat sulit menelan radang tenggorokan akan membuat nyeri dan panas di tenggorokan. Sakit tenggorokan dalam dunia kedokteran disebut dengan faringitis. Gejala faringitis ini sangat beragam mulai dari merasakan sakit kepala, kelenjar di leher yang mulai membesar, amandel yang mulai membesar, nyeri otot, batuk dan juga flu.

ads

Tenggorokan merupakan salah satu organ yang akan menuju ke organ pencernaan. Sehingga jika tenggorokan sakit maka proses pencernaan pun akan terganggu. Untuk mengatasi sakit tenggorokan pun bisa diobati menggunakan obat alami maupun obat medis. Tergantung dengan keinginan ingin mengobatinya menggunakan cara medis maupun dengan cara alami.

Obat Medis

Saat seseorang terkena sakit tenggorokan, hal pertama yang akan digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah obat medis. Hal itu dikarenakan obat medis lebih praktis untuk dikonsumsi tanpa harus meraciknya terlebih dahulu. Berikut ini adalah obat medis yang bisa digunakan untuk mengatas sakit tenggorokan :

  1. Ibuprofen

Obat radang tenggorokan yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang pertama adalah ibuprofen. Obat ini adalah obat yang bisa digunakan sebagai anti peradangan dan juga mengatasi rasa nyeri. Obat ini bisa digunakan sebagai obat sakit kepala, obat sariawan dan berbagai penyakit yang disertai dengan rasa nyeri.

Anda harus memperhatikkan dengan benar efek samping dari ibuprofen ini. Obat ini memiliki efek samping yang keras dan berat sehingga bisa memberatkan kinerja hati dan ginjal. Bagi anda yang memiliki penyakit hepatitis atau liver dan penyakit ginjal sebaiknya menghindari menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan obat ini sebab efeknya akan sangat berbahaya.

  1. Parasetamol

Obat parasetamol tidak hanya digunakan sebagai obat penurun demam saja namun bisa digunakan sebagai obat untuk pengurang rasa nyeri. Tidak bisa dipungkiri jika radang tenggorokan bisa menyebabkan rasa nyeri dan juga panas. Oleh sebab itu tugas parasetamol untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Sayangnya obat ini bekerja lambat dan tidak seperti kinerja dari ibuprofen. Kelebihan dari parasetamol adalah efek smapingnya yang ringan sehingga bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan juga ibu hamil.

  1. Aspirin

Obat aspirin bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan sayangnya aspirin ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak dengan usia di bawah 16 tahun. Anak di usia tersebut organnya belum terlalu matang jika terkena bahan kimia dari aspirin ini. Sama halnya dengan ibuprofen, obat aspirin tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang mengalami penyakit maag  dengan kondisi adanya tukak lambung atau luka lambung. Dengan mengkonsumsi obat aspirin ditakutkan jika luka lambung itu akan bertambah berat atau bertambah lebar.

  1. Hindari Antibiotik

Anda patut waspada jika saat berobat anda diberikan obat antibiotik. Antibiotik ini tidak diperkenankan untuk dikonsumsi orang yang mengalami sakit tenggorokan. Alasan antibiotik tidak diperkenankan untuk mengobati sakit tenggorokan karena berikut ini :

  • Bahaya antibiotik jika digunakan dalam jangka waktiu yang lama dan dalam mengatasi penyakit yang sederhana akan membuat obat antibiotik maupun suntikan antibiotik tidak akan menjadi efektif jika digunakan untuk mengatasi penyakit yang berbahaya di masa yang mendatang. Oleh sebab itu jika tidak terpaksa anda jangan sakit sepele sedikit langsung menggunakan antibiotik untuk mengatasi penyakit yang anda derita.
  • Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, meskipun ada juga yang disebabkan oleh bakteri. Obat antibiotik untuk mengatasi sakit tenggorokan yg disebabkan oleh virus tidak akan mempan sebab obat itu hanya bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kuman. Untuk mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus bisa dengan menggunakan obat anti virus.
  • Meski disebabkan oleh bakteri, penggunaan obat antibiotik tidak akan efektif. Justru kerugiannya lebih besar jika dibandingkan dengan manfaatnya. Oleh sebab itu ada baiknya anda menghindari obat antibiotik ini dan beralih ke obat medis yang lainnya seperti obat anti virus.
  • Pada kasus yang lain dimana sakit tenggorokan disertai dengan komplikasi, dokter akan tetap memberikan antibiotik seperti pada penderita yang mengidap gangguan jantung, sakit tenggorokan yang parah dan tidak bisa ditahan, orang yang mengalami sakit tenggorokan disertai dengan kelainan di kelenjar tiroidnya dan juga penderita sakit tenggorokan pada orang yang mengalami gagal ginjal dan juga diabetes, orang yang sering mengalami infeksi bakteri bernama streptokokus di kelompok A dan yang terakhir adalah orang yang pernah mengalami penyakit rematik dimana di dalam tubuhnya terjadi peradangan di bagian seluruh tubuhnya.
  1. Supplemen Vitamin C

Obat medis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang anda derita adalah anda bisa mengkonsumsi supplemen vitamin C. Supplemen vitamin C ini bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun dimana sistem imun yang meningkat bisa menghilangkan virus dan juga kuman yang menyebabkan radang tenggorokan.

Saat ini anda bisa menemukan supplemen vitamin C itu di apotek dan toko obat yang lainnya. Biasanya supplemen ini berbentuk seperti tablet dan juga bisa dicampurkan atau dilarutkan dengan segelas air. Anda bisa mengkonsumsi supplemen vitamin C ini sebanyak dua tablet dalam sehari agar sakit tenggorokan yang anda derita bisa segera disembuhkan.

Obat Alami

Bagi anda yang takut dengan efek samping dari obat kimia atau obat medis anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri dan rasa sakit di tenggorokan. Meski bukanlah penyakit yang serius namun jika tidak segera diatasi ketidaknyamanan di tenggorokan akan selalu ada dan bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Setiap orang bisa mengalami penyakit ini sebab penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba tanpa diminta. Oleh sebab itu ketika sakit tenggorokan melanda, anda bisa membuat ramuan herbal untuk obat sakit tenggorokan alami seperti di bawah ini:

  1. Lemon

Khasiat lemon untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi, lemon tergolong dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi dan bisa digunakan sebagai obat batuk  yang efektif.

ads

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi batuk saja, namun lemon bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan vitamin C dan astringen yang ada di dalam buah lemon dipercaya mampu mengobati sakit tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan lemon adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu buah lemon yang memiliki ukuran sedang.
  • Peras jeruk lemon tersebut kemudian dicampurkan ke dalam segelas air yang telah matang dan hangat.
  • Perasan air lemon ini bisa bersifat sebagai anti peradangan dan membuat tenggorokan akan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan sebelumnya. Kuman dan bakteri yang ada di tenggorokan pun bisa diatasi dan dihilangkan menggunakan ramuan tersebut.
  1. Madu

Khasiat madu untuk kesehatan tentu tidak perlu diragukan lagi, madu asli memang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sayangnya saat ini banyak beredar madu palsu sehingga anda harus tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan juga madu palsu. Hal itu dikarenakan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan adalah madu asli. Bagi anda yang menderita diabetes sebaiknya anda tidak mengobati sakit tenggorokan menggunakan madu sebab ada banyak bahaya madu untuk diabetes yang tidak boleh disepelekan. Madu untuk penderita diabetes bisa menyebabkan gula darah menjadi tinggi sehingga diabetes akan kambuh.

Madu memiliki sifat yang sangat kompleks dimana madu ini bisa berguna sebagai antibakteri, antivirus dan juga antijamur sehingga tidak mengherankan jika madu ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Infeksi yang menjadi penyebab sakit tenggorokan pun bisa dihilangkan dengan madu karena sifat antibakteri dan antivirusnya tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi sakit tenggorokan menggunakan madu yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan satu sendok makan madu.
  • Siapkan segelas air hangat bukan air panas.
  • Masukkanlah satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat setelah itu aduk agar kandungan tercampur secara merata.
  • Minum air ramuan itu pada saat pagi hari dan juga pada saat malam hari. Saat mengkonsumsi air ramuan tersebut tenggorokan anda akan merasa lebih nyaman dibandingkan sebelumnya.
  1. Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah di Indonesia yang bisa menambah citarasa makanan. Namun siapa sangka jika cengkeh ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Selain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak, cengkeh juga digunakan sebagai obat radang tenggorokan yang mujarab.

Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan cengkeh ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan bubuk cengkeh sebanyak 1-3 sendok teh.
  • Siapkan segelas air matang hangat.
  • Campurkan bubuk cengkeh itu ke dalam segelas air hangat tadi.
  • Kemudian aduk secara merata kemudian saat masih hangat gunakanlah air itu untuk kumur-kumur.
  • Berkumur menggunakan ramuan cengkeh ini bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan juga mencegah peradagan di tenggorokan sehingga sakit tenggorokan bisa segera sembuh dan bisa segera diatasi.
  1. Garam

Garam tidak hanya berguna untuk menyedapkan masakan saja namun garam bisa digunakan untuk obat sakit gigi yang ampuh dan mujarab. Mengobati sakit tenggorokan menggunakan garam merupakan cara mengatasi sakit tenggorokan dengan cara alami. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan garam ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan garam sebanyak seperempat sendok teh.
  • Siapkan segelas air hangat.
  • Siapkan 1 sendok makan obat kumur.
  • Cara membuatnya dengan mencampurkan seperempat sendok teh garam ke dalam segelas air hangat kemudian aduk secara merata. Setelah itu anda bisa mencampurkannya dengan 1 sendok makan obat kumur kemudian aduk kembali.
  • Anda bisa menggunakan ramuan itu untuk berkumur saat air masih dalam keadaan hangat. Ketika air sudah menjadi dingin ramuan itu tidak akan menjadi efektif lagi sebab air hangat pun bisa bersifat anti bakteri dan juga bersifat menenangkan.
  • Ramuan ini bisa mengobati sakit tenggorokan dikarenakan mampu menjadi penetral asam tenggorokan, pereda nyeri dan juga sensasi terbakar di tenggorokan.
  • Jangan sampai anda menelan ramuan ini sebab bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh anda.
  1. Teh Hangat

Teh hangat tidak hanya menghangatkan badan saja namun dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Jangan menyepelekan khasiat dari teh ini sebab teh hangat bisa menjadi obat sakit tenggorokan yang efektif dan ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan antioksidan yang ada pada teh bisa digunakan untuk melawan infeksi yang ada di tenggorokan manusia sehingga kuman maupun virus yang menjadi penyebab sakit tenggorokan akan pergi dari tenggorokan secepatnya. Berikut ini adalah cara membuat teh hangat yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan :

  • Buatlah teh biasa dengan air hangat, anda hanya diperbolehkan menggunakan sedikit gula atau anda bisa mencampurkan madu ke dalam gelas teh hangat anda.
  • Anda juga bisa mencampurkan perasan lemon atau perasan air jeruk nipis ke dalam gelas atau cangkir teh anda sehingga fungsi dari teh hangat itu bisa menjadi lebih maksimal.
  1. Sup Ayam

Sup ayam yang hangat selain bisa digunakan untuk cara mengobati masuk angin  juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Cara membuat sup ayam ini sama seperti membuat sup biasa. Selain memiliki rasa yang enak, kaldu yang ada di dalam sup ayam banyak mengandung natrium dan bisa digunakan untuk mengatasi rasa nyeri ketika sakit tenggorokan. Kaldu juga bersifat sebagai anti inflamasi sehingga radang tenggorokan pun bisa diredakan menggunakan sup ayam itu.

Kelebihan mengkonsumsi sup ayam lainnya adalah sup ayam ini bisa digunakan menambah nafsu makan. Hal yang lumrah terjadi pada penderita sakit tenggorokan dimana penderitanya kehilangan nafsu makan sebab kesulitan untuk menelan. Ketika mencium aroma sup ayam, nafsu makan orang yang mengalami sakit tenggorokan akan meningkat. Bonusnya adalah rasa tidak nyaman pada tenggorokan semakin berkurang sebab kandungan yang ada di dalam kaldu ayam.

  1. Air Putih

Untuk menjaga kecantikan kulit dan juga kelembaban kulit ada baiknya anda selalu mengkonsumsi cukup cairan. Kekurangan cairan ini selain tidak bagus untuk kesehatan juga tidak bagus untuk kecantikan kulit. Saat seseorang kekurangan cairan di dalam tubuhnya orang itu akan mengalami berbagai macam gangguan misalnya pengentalan darah.

Mengkonsumsi cukup cairan ini juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Air putih yang anda konsumsi setiap harinya mampu membuat kondisi mukosa atau bagian dinding tenggorokan anda menjadi lembab. Air putih yang anda minum pun bisa digunakan untuk pengencer dahak yang menempel di tenggorokan anda.

  1. Jahe

Kandungan gingerol pada jahe bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Jahe selama ini dipercaya sebagai cara mengatasi perut kembung yang efektif sebab gingerol pada jahe akan menghangatkan perut sehingga perut pun akan menjadi lebih nyaman. Tidak hanya itu saja kandungan zingiberin pada jahe dipercaya mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh manusia dan melancarkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh manusia. Jahe juga bersifat sebagai anti inflamasi sehingga mampu mengobati sakit tenggorokan yang disertai dengan peradangan. Tidak mengherankan memang jika jahe bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dikarenakan kandungan zat nya yang lengkap.

Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan jahe ini sangat mudah sama seperti cara cara sebelumnya yaitu dengan membuat air jahe. Air jahe itu bisa anda tambahkan dengan madu untuk menambah rasa manis di dalam air jahe itu. Mengkonsumsinya pun harus dalam kondisi hangat sebab meminum air jahe yang hangat bisa digunakan untuk merilekskan tenggorokan dan membuat tenggorokan lebih nyaman.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu masakan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang bisa digunakan sebagai pembunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Kandungan allicin pada bawang putih itu juga dipercaya sebagai zat pembunuh bakteri. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan bawang putih ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya.
  • Kunyahlah bawang putih tersebut kemudian diamkan di dalam tenggorokan anda selama beberapa menit.
  • Setelah didiamkan selama beberapa menit di dalam tenggorokan anda ada baiknya anda berkumur menggunakan air hangat.
  • Pengobatan akan lebih efektif lagi jika sehabis mengunyah bawang putih anda meminum teh hangat atau air jahe dan mengkonsumsi sup ayam hangat.
  1. Buah Belimbing

Bauh belimbing memiliki rasa yang asam sehingga buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Obat ini bermanfaat untuk mengatasi penyakit sariawan dan tentunya bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Belimbing bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan sebab di dalam buah belimbing memiliki sifat anti inflamasi sehingga bsa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan buah belimbing ini pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengkonsumsinya secara langsung. Anda juga bisa membuat jus dari buah belimbing untuk mengobati sakit tenggorokan yang anda derita.

  1. Teh Chamomile

Tidak hanya teh hangat dengan perasan lemon saja yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan namun teh chamomile pun bisa digunakan untuk mengatasi peradangan. Teh ini bisa menyembuhkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh peradagan, anda bisa mendapatkan teh ini di toko obat herbal. Cara membuat teh chamomile untuk mengatasi sakit tenggorokan sangat mudah sekali yaitu dengan mencelupkan dua buah kantung teh chamomile di satu cangkir berisi air panas yang habis mendidih. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam teh itu agar teh itu bisa menyembuhkan sakit tenggorokan anda secara maksimal.

Sponsors Link

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat keluarga atau TOGA yang banyak ditaman dihalaman rumah. Memang kunyit memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai obat sakit tenggorokan. Kunyit ini memiliki sifat antibakteri sehingga kuman dan bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan bisa diredakan.

Cara mengobati sait tenggorokan menggunakan kunyit ini sangat mudah sekali, yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan satu buah kunyit berukuran sedang, cuci bersih kunyit tersebut.
  • Parutlah kunyit tersebut kemudian peras airnya.
  • Campurkanlah perasan kunyit tersebut ke dalam segelas air yang hangat.
  • Minumlah air hangat dicampurkan dengan kunyit itu pada saat pagi hari dan juga pada saat mau tidur. Saat mau tidur dan bangun tidur merupakan waktu yang efektif untuk meminum ramuan itu.
  1. Daun Kemangi

Daun kemangi yang sering dijadikan lalapan ini selain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan, daun kemangi juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan daun kemangi ini sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil 100 gram daun kemangi yang masih segar, kemudian cuci bersih.
  • Rebuslah daun kemangi itu menggunakan dua gelas air hangat.
  • Sisakan menjadi setengahnya, ketika sudah menjadi setengahnya anda bisa gunakan air rebusan itu untuk kumur-kumur.
  • Daun kemangi yang bersifat antibakteri ini bisa menghilangkan kuman dan bakteri yang menjadi penyebab anda terkena sakit tenggorokan.
  1. Uap Panas

Uap panas selain bisa digunakan untuk mengobati penyakit flu ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan uap air panas ini pun sangat mudah dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkan panci berisi air panas di depan anda.
  • Ikatkanlah handuk di atas kepala anda agar uap tidak menyebar.
  • Hiruplah uap dari air panas itu menggunakan hidung anda dan juga melalui mulut anda.
  • Anda akan merasakan tenggorokan anda terasa hangat dikarenakan uap air panas itu.

Tips Mencegah Sakit Tenggorokan

Bagi yang belum terkena sakit tenggorokan anda baiknya tahu bagaimana caranya menghindari sakit tenggorokan sedangkan bagi yang pernah mengalami sakit tenggorokan sebaiknya juga tahu bagaimana caranya mencegah penyakit tenggorokan itu agar sakit tenggorokan tidak menyerang dirinya kembali. Berikut ini adalah cara mencegah sakit tenggorokan yang efektif:

  • Istirahat cukup. Istirahat cukup mampu membuat tubuh anda fit sebab anda memiliki jam tidur yang teratur. Orang yang bangun terlalu pagi dan tidur di saat sudah larut malam akan bersiko untuk mengalami penyakit serius maupun penyakit ringan salah satunya adalah penyakit tenggorokan.
  • Perbanyak cairan. Mengkonsumsi banyak cairan bisa digunakan untuk memulihkan kondisi tubuh dan juga melembabkan tenggorokan anda. Tenggorokan yang kering akan mudah sekali terkena penyakit misalnya saja adalah sakit tenggorokan dan juga sakit batuk.
  • Mandi dengan air hangat. Uap dari air hangat bisa membuat tenggorokan anda lebih lembab. Jika tenggorokan lembab, tenggorokan akan terhindar dari iritasi dan kekeringan. Saat anda mandi dengan air hangat anda bisa menghirup uap air hangat yang ada di bak mandi anda. Ketika anda berendam menggunakan air hangat cobalah untuk menambahkan minyak esensial ke dalam bak mandi anda misalnya saja adalah minyak pepermint. Minyak itu mampu melegakan saluran pernafasan dan juga mampu untuk meredakan tenggorokan.
  • Humidifier. Untuk mencegah terjadinya sakit tenggorokan anda bisa menggunakan humidifier. Sakit tenggorokan yang anda derita biasanya disebabkan oleh udara di dalam rumah anda yang kering. Humidifier itu bisa membuat udara lebih lembab sehingga udara yang ada di sekitar anda lebih aman dan lebih nyaman untuk masuk ke dalam tenggorokan anda. Humidifier mampu untuk membuat tenggorokan terasa lebih lembab dan lebih nyaman.
  • Hindari bahan penyebab iritasi tenggorokan. Anda juga harus menghindari bahan-bahan yang bisa menyebabkan tenggorokan menjadi teriritasi. Tanpa kita sadari bahan yang bisa membuat tenggorokan teriritasi adalah bahan kimia yang ada pada barang di sekitar kita. Bahan-bahan yang rentan untuk bisa membuat sakit tenggorokan adalah parfum kimiawi yang ada di cairan pembersih, penyegar ruangan dan parfum tubuh. Ada di bahan pembersih misalnya adalah pemutih pakaian, detergen dan pembersih jendela. Ada di asap rokok, asap pabrik dan juga asap kendaraan. Bahan yang bisa menyebabkan alergi misalnya saja debu, bulu kucing, serbuk sari, jamur dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah obat medis maupun obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang ada di dalam tubuh anda. Meskipun obat-obatan di atas bisa untuk meredakan sakit tenggorokan sebaiknya anda tahu kapan sebaiknya anda pergi mengunjungi dokter. Ketika anda kesulitan dalam menelan, nyeri sendi, muncul ruam di kulit, terdapat benjolan di leher dan sakit tenggorokan anda semakin parah sebaiknya anda segera mengunjungi dokter. Bisa jadi sakit tenggorokan yang anda derita bukanlah sakit tenggorokan biasa dan membutuhkan obat sakit tenggorokan yang tidak biasa pula.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 12th, March 2016 / 11:07 Oleh :
Kategori : Faringitis