Sponsors Link

8 Obat Diare Tradisional untuk Anak dan Dewasa

ads

Diare adalah merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dimana telah terjadi gangguan pencernaan yang mengakibatkan peradangan usus yang disebabkan oleh beberapa faktor. peradangan usus dapat menyebabkan seseorang menderita mual, sakit perut dan sering buang air besar tetapi feses yang dikeluarkan hanya berisi air saja.

Tipe Diare Manusia

1. Diare tipe Osmotik

Diare osmotik adalah bahaya diare yang disebabkan jaringan usus terlalu banyak berisikan air dimana diare tersebut ditandai dengan buang air besar berkali kali yang di iringi sakit perut yang melilit tetapi feses yang dikeluarkan hanya berisikan cairan air saja. kondisi ini lebih sering membuat penderita mengalami dehidrasi, tubuh lemas  dan mudah haus. (baca juga: cara mencegah diare)

2. Diare tipe Sekretorik

diare sekretorik adalah gejala diare yang disebabkan seseorang telah mengkonsumsi obat obatan tertentu yang mengiritasi lambung, usus dan sistem pencernaan ,karena zat kimia pada obta obatan cenderung bersifat merusak dinding usus dan meningkatkan asam lambung bagi seseorang yang mempunyia alergi terhadap obat obatan. kondisi dapat memicu munculnya diare.

3. Diare tipe Eksudotif

Diare Eksudotif adalah penyebab diare yang awalnya ditandai dengan adanya pendarahan pada tinja , tetapi ada juga yang disertai dengan nanah , hal ini disebabkan karena usus atau organ pencernaan lain yang mengalami infeksi.

Penyebab Diare

  1. Adanya infeksi pada usus karena terserang virus, bakteri dan parasit hasil dari radikal bebas atau dari makanan. (baca juga: bahaya daun singkong bagi penderita hipertensi)
  2. Adanya peradangan pada usus akibat makanan yang telah tercemar radikal bebas , makanan yang telah basi artau makanan yang telah terkontiminasi bibit penyakit akibat serangga. (baca juga: penyakit menular melalui air)
  3. Karena mengkonsumsi makanan yang mentah yang biasanya adalah pemicu munculnya penyakit diare, karena makanan  yang mentah disinyalir memiliki banyak bakteri jahat didalamnya.
  4. Terlalu sering mengkonsumsi makanan jenis jukfood yang mengandung banyak lemak, minyak trans dan sedikit nutrisi.
  5. Seseorang mempunyai alergi yang dapat menyebabkan rusaknya sistem pencernaan, misalnya makanan yang pedas dan terlalu asam. sistem pencernaan yang terganggu dapat mengakibatkan diare yang berkepanjangan.
  6. Karena usus mengalami luka akibat
  7. Seseorang sedang menderita penyakit Crohn yang memicu munculnya diare
  8. Karena pencernaan tidak bisa menerima zat laktosa yang ada pada produk susu
  9. Karena seseorang keracunan makanann , misalnya tanpa sengaja telah mengkonsumsi makanan yang mengadung zat pengawet termasuk formalin, MSG, perwarna dan lai lain  atau makana yang tekah lewat dari masa penggunaan (kedarluarsa). (baca juga: 60 bahaya penyedap rasa makan dan MSG bagi kesehatan)
  10. Karena mengkonsumsi obta obatan tertentu misalnya karena reaksi berlebihan dari anti biotik, senyaewa penisilin, reaksi dari kloraamfenilasi atau karena trtraksilia.

Hal hal yang dapat memperburuk kondisi seseorang yang sedang terserang diare :

1 . Kecemasan yaang berlebihan

Sponsors Link

Seseorang yang memiliki tingkat kecemasan atau stres yang berlebihan dapaat mempengaruhi diare, karena ketegangan pikiran mampu mengacaukan zat  obat obat yang telah direkomendasikan dokter menjadi lebih sulit untuk beriteraksi dengan bagian yang akan disembuhkan. (baca juga: makanan sehat untuk menghilangkan stres)

Faktor psikologis penderita diare haarus senantiasa tenag dan stabil . kecemasan hanya menghasilkan peningkatan asam lambung yang dapat mengganggu diare semakin buruk, kecemasan yang berlebihan juga mampu membuat volume feses yang keluar akan semakin sering keluar karena tekanan kejiwaan yang sedang labil dapat membuat perut nyeri semakin sakit dan melilit saja.

2. Radioterapi yang berlebihan

Penggunaan radioterapi yang berlebihan untuk pengobatan kanker dapat menyebabkan diare. Jika ternyata radioterapi yang berlebihan mengenai bagian sistem pencernaan atau bagian usus. Diare yang dialami adalah diare yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan elektrolit , merasa pusing pusing, mual dan tak sadarkaan diri. (baca juga: mual saat naik mobil)

Cara Menyembuhkan Diare dengan Ramuan Tradiosional

Berikut ini obat diare tradisional yang relatif ampuh dan aman :

Diare yang belum parah dapat diatasi dengan beberapa ramuan tradisional yang dapat dibuat sendiri dirumah karena ramuan ramuan itu dapat mengurangi pengeluaran volume feses yang berisi air, dapat meningkatkan cairan tubuh dan mengentalkan feses yang akaan dikeluarkan serta dapat meredakan rasa nyeri pada perut.

1 .Mengkonsumsi pucuk daun muda jambu biji

pucuk daun jambu biji dapat dimakan bersama garam sesuai keinginan. ramuan sederhana ini dapat mengurangi rasa melilit pada perut dan mengehentikan frekuensi feses yang cair (mencret) agar tidak terus menerrus buang air besar. (baca juga: cara meningkatkan trombosit penderita DBD)

2. Mengkonsumsi Jambu biji yang masih muda

Mengkonsumsi buah jambu biji yang masih muda dapat memperbaiki gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan yang menyebbakan seseorang sering buang air besar. (baca juga: 15 makanan untuk anak diare dan muntah)

3. Minum air rebusan daun singkong

Meminum air rebusan daun singkong dapat meredakan sakit perut dan mual mual serta menghentikan mencret yang berlebihan. (baca juga: obat sakit perut)

4. Mengkonsumsi kunyit dan kapur sirih

Mengkonsumsi kunyit yang telah direbus dan disaring lalu ditambahkan kapur sirih dapat mempercepat penyembuhan peradangan yang terjadi diusus atau organ pencernaan lain. zat anti peradangan yang ada didalamnya juga sanggup menghentikan buang air besar yang berlebihan, karena zat yang ada pada kunyit dapat membentuk kristalisasi pada feses agar tidak encer saat dikeluarkan. (baca juga: penyebab nyeri perut bagian bawah)

5. Mengkonsumsi air kelapa

Mengkonsumsi air kelapa sangat baik bagi penderita diare karena air kelapa mengandung zat belektrolit alami yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang serta mampu menghancurkan aktifitas bakteri penyebabb  diare. (baca juga: gejala sakit maag pada anak)

6. Mengkonsumsi akar jeruk nipis

Akar manis yang telah direbus lalu disaring dapat diminum setiap hari satu kali bagi penderita diare, karean khasiat akar manis dapat menyembuhkan sakit diare secara sistematik dan menghilangkan rasa melilit pada perut. (baca juga: makanan yang dapat menyebabkan sakit maag)

7. Mengkonsumsi jus blewah

Jus buah blewah mengandung banyak zat isotinik alami yang dapat meningkatkan cairan tubuh yang hilang pada penderita diare. blewah juga mampu meredaakan sakit perut dan mual mual. (baca juga: penyebab perut melilit dan mencret)

8. Larutan oralit  alami

Ramuan oralit alami dapat berupa segelas air putih lalu tambahkan garam dan gula pasir didalamnya dalam perbandingannya satu banding satu (sama sama satu sendok teh) lalu diminum sebagi pertolongan pertama pada seseorang yang terserang buang buang air besar, setelah pemberian oralit alami tersebut sebaiknya segera bawalah penderita kerumah sakit untuk dilakukan pengobatan selanjutnya. khasiat larutan oralit dapat mempercepat pemulihan pengobatan dirumah sakit. (baca juga: ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal)

Bagi penderita diare sebaiknya tidak menjalani aktifitas yang banyak membutuhkan tenaga dan energi misalnya olahraga. penderita diare harus lebih banyak beristirahat dan menjauhi makanan yang menjadi pemicu munculnya penyakit diare agar mempercepat proses penyembuhannya.

sponsored links

Makanan untuk Penderita Diare

Makanan yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan lebih baik tidak dikonsumsi selama diare belum sembuh. makanan yang sulit dicerna merupakan pantangan terbesar bagi penyakit diare karena mengakibatkan cairan tubuh semakin berkurang dan lambung menjadi tersearng iritasi yang dapaat membuat diare semakin parah

Inilah jenis makanan atau minuman yang tidak cocok untuk dikonsumsi para penderita diare :

  1. Hindari Makanan yang mengandung lemak tinggi misalnya cokelat, donat dan lain lain
  2. Hindari Makanan setengah matang atau mentah yang mengandung zat karsinogen dan mengandung bakteri jahat
  3. Buah buahan atau minuman yang mengandung gas, soda dan alkohol bersifat tajam dan dapat melukai dinding pencernaan /usus yang memicu munculnya gejala diare
  4. Hindari Minuman yang mengandung kafein dapat mengiritasi lambung, mencederai dinding usus dan mengganggu kinerja pencernaan sehingga dapat menyebabkan diare ringan
  5. Hindari Mengkonsumsi makanan siap saji, junk food dan makanan laut yang mengandung merkuri. (baca juga: 15 makanan untuk anak diare dan muntah)
  6. Menghindari sedapat mungkin makan yang menagndung pemanis buatan seperti permen, karena pemanis buatan dapat membuat peradangan dinding usus yang memicu mual dan diare ringan
  7. Hindari makanan dari jenis kacang kacangan dan makana  yaang mengandung gas tinggi brokoli, kembang kol dan brokoli.

Ada 3 makanan yang harus diberikan pada penderita diare karena mengandung elektrolit tubuh yang sangat berguna mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat buang air yang terus menerus.

  1. kuah sayur bening misalnya asaayur bayam, sayur katuk atau sayur oyong
  2. Minum jus yang ditambahkan garam  sedikit , tetapi tidak termasuk buah buahan yang mengandung gas. (baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)
  3. Kuah kaldu hangat dapat menenangkan pencernaan dan menutrisi tubuh agar cairan yang ada dalam tubuh kembali normal

Makanan yang mudah dicerna dan diserap oleh jaringan tubuh sangat baik bagi penderita diare, karena dapat mengentalkan adan memadatkan feses yang sebelumnya hanya berupa air saja. makana ayang mudah dicerna bersifat ringan dan mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang kemungkinan banyak yang hilang seiring seringnya seseorang buang air besar.

Inilah jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi para penderita diare :

  1. Pisang (baca  juga: khasiat buah pisang untuk kesehatan)
  2. sereal
  3. kentang rebus
  4. apel
  5. beras
  6. Roti gandum utuh
  7. Jelly
  8. teh
  9. Saus apel
  10. yogurt

Yogurt bagi pencernaan

Seseorang yang menderita diare sebaiknya tetap mengkonsumsi yogurt. walaupun asam namun tidak mengakibatkan pencernaan semakin terganggu. karena asam yang menjadi rasa khasnya bukan sembarang asam melainkan hasil fermentasi khusus yang didalamnya mengandung jutaan baktrei baik yang mampu melindungi kesehatan pencernaan.

  • Yogurt adalah minuman sehat yang sangat mudah dan ramah dicerna oleh lambung, usus atau organ  pencernaan lain sehingga aman bagi penderita diare sekalipun, hal ini dikarenakan kadar laktosa pada yogurt sangat rendah dari pada susu.
  • Yogurt dapat meningkatkan jumlah bakteri ramah didalam jaringan usus dimana tubuh dapat terhindar dari radang usus, sakit perut yang melilit , mual mual atau gangguan pencernaan lain yang dapat memicu penyakit diare.
  • Yogurt mampu meningkatkan kesehatan usus besar karena didalamnya terdapat kandungan laktoberia (bakteri ramah hasil fermentasi) kaya kalsium dan mempunyai kandungan mineral lengkap yang dibutuhkan usus besar .
  • Yogurt dapat meredakan dan menyembuhkan peradangan serta memblokir aktifitas bakteri jahat hasil dari makanan penyebab diare.
  • Yogurt mamapu mengendalikan pengeluaran feses dalam bentuk cairan yang berlebihan, karena zat asam pada yogurt mampu mengentalkan feses dan mengurangi rasa nyeri pada perut.
Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 28th, April 2016 / 05:42 Oleh :
Kategori : Diare