11 Penyebab Penyakit Gula Darah

Penyebab penyakit gula karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk memproduksi insulin sehingga peningkatan kadar gula dalam darah tidak dapat dihindari. Penyakit gula atau diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup yang kurang baik sehingga menyebabkan organ pankreas mengalami kemunduran fungsi yaitu tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin secara normal. (Baca Juga: Kebiasaan Penyebab Diabetes , Cara Mudah Mencegah Diabetes)

Penyebab Penyakit Gula atau Diabetes

  1. Kurang olahraga/bergerak

Kurang olahraga atau kurang bergerak adalah salah satu penyebab penyakit gula menyerang segala usia. Karena ketiuiam tubuh kita banyak bergerak maka gula yang ada didalam tubuh akan diubah tubuh menjadi energi dan mencegah penumpukan didalam jaringan darah. Keluarnya energi dariu tubuh dapat membakar lemak dan gula berlebih dalam darah yang menyebabkan aliran darah tetap lancar dan kadar gula selalu stabil. (Baca juga: Jenis Olahraga untuk Lansia , Jenis Olahraga untuk Diet)

  1. Obesitas

Obesitas merupakan penyebab utama munculnya gejala penyakit gula atau diabetes karena orang orang yang terserang obesitas maka didalam tubuhnya akan terdapat banyak lemak yang dapat mengganggu kinerja pankreas dan menyebbakan penumpukan gula didalam darah sehingga menyebabkan peningaktan kadar gula. (Baca Juga: Akibat Perut Buncit , Penyebab Obesitas pada Anak)

  1. Kadar kortikosteroid meningkat tajam

Kadar kortikosteroid meningkat tajam sehingga menyebbakan hormon senyawa regulator dari sistem hmeustasis tubuh tidak dapat membentengi dirinya dari serangan radikal bebas dan infeksi, Kondisi ini menyebabkan fungsi pankreas terganggu dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. (Baca Juga: Minuman Penurun Gula Darah , Makanan Penurun Gula Darah)

  1. Obat obatan

Obat obatan, Dimana zat kimia dari obat bisa menumouk lalu merusak jaringan pankreas sehingga dengan sendirinya organ pankreas selalu gagal memproduksi enzim pencernaan dan hormon insulin, Akibatnya kadar gula darah menjadi cepat meningkat. (Baca Juga: Obat Kaki Bengkak Diabetes  , Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes)

  1. Kehamilan

Kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dan beresiko memicu munculnya penyakit gula jika tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Ketika hamil ibu cenderung lebih dominan menyantap makanan yang mengandung gula, hal tersebut dikarenakan faktor perubahan hormon dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa ketika hamil berat badannya cepat meningkat. (Baca Juga: Komplikasi Diabetes Tipe 1 , Metode Diagnosis Diabetes Tipe 1)

  1. Hipertensi

Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit gula yang paling sering menimpa manusia dewasa antara usia 30 keatas. Hipertensi menyebabkan kerusakan jaringan tubuh termasuk jaringan pankreas yang bertanggung jawab memproduksi hormon insulin. (Baca Juga: Obat Hipertensi , Bahaya Garam bagi Penderita Hipertensi)

  1. Kolesterol

Kolesterol yang tinggi didalam tubuh dapat menyebabkan aliran darah tersumbat, Menggagalkan penghancuran kadar gula yang berlebih didalam darah sehingga penumpukan zat gula tak dapat dihindari. Kondisi ini dapat menjadi penyebab penyakit gula menimpa pada orang orang yang mempunyai kolesterol tinggi. (Baca Juga: Sayuran Penurun Kolesterol)

  1. Makanan dan minuamn manis

Kebiasaan makan dan minuman yang mengandung gula setiap hari apaklagi secara berlebihan dan merupakan kebiasaan yang sulit ditinggalkan maka akan mempercepat peningkatan kadar gula dalam darah yang bisa menyerang usia produktif. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab penyakit gula muncul pada usia muda yaitu antara usia 20 hingga 30 tahun. (Baca Juga: Obat Herbal untuk Diabetes)

  1. Langsung tidur setelah makan

Hindari kebiasaan tidur setelah makan karena jika itu sering dilakukan maka zat gula dari makanan yang telah masuk kedalam tubuh tidak mendapat ruang dan waktu yang cukup untuk diubah menjadi energi sehingga akan mengendap dan menumpuk didalam darah sehingga memicu kadar gula menjadi naik. Jika terus menerus terjadi maka akan menjadi penyebab penyakit gula atau diabetes mellitus pada usia yang masih produktif dapat mudah terjadi. (Baca Juga: Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2)

  1. Makan dengan gizi yang tidak seimbang

Jangan hanya makan makanan yang mengandung banyak gula saja yang sering anda santap tetapi imbangi dengan nutrisi lain setidaknya telah masuk kategori sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna untuk mempertahankan insulin didalam tubuh agar tetap stabil. (Baca Juga: Ciri-ciri Makanan Sehat ) (Baca Juga: Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini)

  1. Begadang

Hindari begadang yang tidak perlu karena bahaya sering tidur larut malam adalah peningkatan bobot tubuh, kadar gula cenderung naik dan terserang anemia. Mengapa kadar gula bisa naik ketika seseorang sering begadang? Ketika begadang maka ada keinginan seseorang untuk terus minum minuman yang manis misalnya kopi dan susu serta keinginan kuat untuk tetap menyantap makanan yang mengandung gula atau karbohidrat. (Baca Juga: Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini)

Ketika begadang manusia cenderung tidak memiliki pergerakan tubuh yang signifikan sehingga ketika banyak gula yang masuk dalam tubuh maka tubuh tidak mengolahnya menjadi energi, Kondisi itulah yang menjadi awal penyebab penyakit gula mulai menjangkiti tubuh.

Gejala Penyakit Gula Darah Atau Diabetes Mellitus

  • Tubuh sering merasa capek atau kelelahan
  • Kualitas penglihatan menurun /pandangan buram
  • Sering merasakan kehausan kendati belum lama telah minum air putih
  • Badan lemas, Sering mengantuk dan menguap secara berulang ulang
  • Intensitas buang air kecil yang terlalu sering
  • Ketika kulit mengalami luka maka luka tidk mudah untuk kering dan sembuh kendati lukanya adalah luka ringan
  • Penurunan bobot tubuh yang signifikan
  • Kulit menjadi kering, bersisik, Mudah terserang infeksi dan gatal gatal.

(Baca juga: Gejala Penyakit Gula , Perbedaan Diabetes Basah dan Kering)

Solusi Terbaik

Tips cara umum untuk menghindari munculnya penyebab penyakit gula

  • Kurangi makanan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh serta minuman kaleng bersoda
  • Mulailah untuk berolahraga ringan secara teratur untuk kadar gula darah yang stabil setiap hari
  • Hindari makan makanan yang berat terutama yang mengandung karbohidrat dan gula setelah pukul 19.00 malam
  • Tidak langsung tidur setelah makan teramsuk tidur siang sekalipun
  • Memperbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas perharinya
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah buahan segar
  • Minum suplemen bawang putih untuk menstabilkan kadar gula dalam darah jika perlu

(Baca Juga: Gejala Awal Diabetes , Obat Tradisional Diabetes)

Cara Tradisional untuk Mempertahankan Kadar Gula dalam Darah agar Tetap Normal

  1. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu bumbu masakan yang dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional ampuh yang dapat mencegah munculnya penyakit gula atau diabetes pada pria dan wanita. ambilah 2 batang kayu manis untuk kemudian diseduh kedalam satu gelas air hangat matang. Diamkan sejenak agar nutrisi yang ada didalmnya larut merata didalam air. Minumlah minuman sederhana ini 2 kali sehari dan anda akan menikmati hasilnya ketika konsisten menghindari makanan apa saja yang menjadi penyebab penyakit gula atau diabetes. (Baca Juga: Makanan yang Baik Untuk Diabetes)

  1. Jus buah naga

Buah naga adalah salah satu makanan penurun gula darah paling ampuh karena kaya akan vitamin dan mineral lengkap dan mampu meningkatkan insulin dalam tubuh dan menyehatkan jaringan pankreas. Blenderlah setengah buah naga merah untuk pagi dan setengahnya lagi untuk malam hari yang dapat dikonsumsi bersama madu murni secukupnya . (Baca Juga: Efek Samping Buah Naga)

  1. daun mangga

Daun mangga memiliki kemmapuan mempertahnakan kadar gula dalaam darah tetap seimbang bahkan menurunkan kadar gula yang sedang meningkat. Rebuslah 10 lembar daun mangga dengan takaran air 3 gelas sampai mendidih dan tunggulah hingga menyisakan satu gelas saja. Dinginkan untuk kemudian disaring lalu siap diminum 2 kali sehari secara rutin. (Baca Juga: Bahaya Getah Mangga )


  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung zat antioksidan terkuat berupa senyawa polifenol yang selain dapat melindungi sel sel tubuh dari kerusakan ternyata dapat menstabilkan lemak dalam tubuh dan bermanfaat kuat untuk menjaga fungsi pankreas agar selalu berada didalam konsisi terbaiknya ketika memproduksi enzim pencernaan dan hormon insulin. Minumlah satu cangkir dipagi dan malam hari menjelang tidur. Selama rajin minum teh hijau hendaknya anda mulai mengurangi apapun jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab penyakit gula atau diabetes. (Baca Juga: Penyebab Diabetes Melitus)

  1. Daun kelor

Daun kelor selain bisa dijadikan sayuran sehat maka nutrisi yang ada didalmnya ternyata dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh sehingga penyakit gula atau diabetes dapat dicegah lebih dini. Rebuslah daun kelor kemudian airnya dapat dikonsumsi satu kali setiap hari atau bagi penderita penyakit gula dapat mengkonsumsinya 2 kali sehari secara rutin. (Baca Juga: Obat Gatal Biduran)

  1. Jus Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit wajah ternyata zat pitosterol yang ada didalmnya dapat bertindak kuat sebagai anti hiperglikemia yaitu mampu menjaga gula darah tetap seimbang dan meningkattkan fungsi pencernaan dan pankreas. Blenderlah daging lidah buaya dan tambahkan madu murni secukupnya untuk kemudian diminum langsung sebanyak 2 kali sehari. Selama mengkonsumsi jus lidah bauay diharapkan jauhi segala jenis makanan dan minuman apapun yang menjadi penyebab penyakit gula atau penyebab diabetes tipe 1 dan 2

 

, ,
Post Date: Tuesday 25th, April 2017 / 03:51 Oleh :
Kategori : Diabetes