9 Obat Kaki Bengkak Diabetes Paling Mujarab

Gejala penyakit gula atau biasa di kenal dengan diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang kronis. Penderitanya kebanyakan dari usia yang sudah cukup tua. Penyakit ini bisa terjadi karena keturunan, atau juga karena pola hidup yang tidak sehat. Kebanyakan bagi penderita penyakit diabetes mengalami beberapa komplikasi penyakit lain. Ini yang menjadi masalah serius bagi pasien. (Baca juga : gejala awal diabetes, penyebab diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 )

Hampir sebagian besar pasien yang mengalami penyakit diabetes di sebabkan karena faktor keturunan. Hanya ada beberapa kasus yang di sebabkan karena pola hidup tidak sehat. Penyakit diabetes ini sebenarnya penyakit yang siap menyerang siapa saja dan kapan saja. Simak gejala gula darah terlalu rendah dan gejala penyakit gula darah.

Penyakit Diabetes

Sebelum masuk ke dalam ulasan mengenai obat dan pengobatan, kita mulai pembahasan mengenai definisi. Sebenarnya apa itu penyakit diabetes ? Penyakit yang biasa di kenal dengan sebuta kencing manis. Apakah ini membuktikan bahwa penderita yang mengalami penyakit diabetes memiliki kencing yang rasanya manis ? (Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes)

Makna kencing manis ini adalah di dalam urin pasien mengandung glukosa. Jadi ketika di tes urin, warna reagen glukagonnya berwarna gelap atau biru tua. Maksudnya adalah di dalam urin ini masih terdapat  rantai gula terendah. Lantas mengapa kalau masih ada di gula di dalam kencing ? (Baca Juga: Sakit Lutut Sebelah Kanan , Obat Sakit Lutut Kaki Kanan)

Perlu anda ketahui, bahwa kencing adalah sisa hasil ekskresi yang sudah tidak di gunakan oleh manusia. Padahal, glukosa yang ada di dalam urin ini masih bisa di olah menjadi energi.  Jika bagian tubuh tidak bisa mengolah gula, otomatis ada kerusakan sistem saat mengolah gula. Hal ini pasti akan memicu gejala – gejala lain di dalam tubuh. Sebab gula ada sumber energi bagi tubuh. (Baca juga : Cara mengatasi keseleo pergelangan kaki , Cara Mengobati Kaki Keseleo)

Kesalahan ini berada pada hormon insulin yang mengolah gula dengan kurang baik. Jadi kadar gula di dalam tubuh itu banyak. Namun sistem pengolahnya sedikit. Seharusnya jika glukosa di dalam tubuh banyak, produksi insulin juga harus meningkat. Supaya glukosa dapat di olah dengan baik. Sayang, jika insulin yang di produksi kurang maka akan muncul penumpukan – penumpukan gula berlebih pada tubuh. Keadaan inilah yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit diabetes. Mungkinkah anda mengalami gejala kekurangan gula darah, atau gejala diabetes melitus awal


Pengobatan Kaki bengkak pada Penderita Diabetes

Salah satu gejala yang muncul pada penderita diabetes adalah adanya pembengkakan pada bagian tubuh. Hal ini di sebabkan karena terjadi penumpukan glukosa pada tubuh yang tidak bisa di olah. Beberapa bagian tubuh yang bengkak ini di sebabkan karena terjadi penurunan pada fungsi ginjal dalam mengolah glukosa. (Baca : obat herbal untuk diabetes, obat tradisional diabetes, cara mengobati diabetes )

Benar jika keadaan kaki bengkak ini akan mengganggu aktivitas anda. Selain itu, penampilan juga tampak tidak menarik. Jangan khawatir, karena bisa di atasi dengan beberapa cara. Berikut Obat Kaki Bengkak Diabetes Seperti apakah?

1. Melakukan yoga

Salah satu cara untuk membantu mengurangi pembengkakan adalah dengan melakukan yoga. Kegiatan ini sebenarnya masuk dalam rangkaian olah raga tubuh. Siapa sangka, manfaat dalam melakukan yoga bisa di acungi jempol. Yakni mampu membantu menjaga sirkulasi tubuh anda tetap lancar. Sehingga pembengkakan bisa pelan –pelan mengurang.

Baca Juga:

2. Berenang secara rutin

Selain melakukan yoga, masih ada cara lain agar bisa mengatasi pembengkakan kaki karena diabetes. Misalnya dengan berenang secara rutin. Kondisi rutin ini bukan berarti setiap hari. Dalam beberapa hari tertentu, namun jangka waktunya tepat. Berenang akan membuat kaki – kaki anda bergerak. Jika kaki ini banyak mengalami pergerakan, bisa membantu dalam membakar kalori. Sehingga bisa mengecilkan pembengkakan.  Sebelum renang, usahakan untuk pemanasan.

3. Merendam kaki ke dalam air hangat di campur garam

Cara lain yang bisa di lakukan agar pembengkakan kaki anda mengecil adalah dengan melakukan berendam. Tidak perlu seluruh tubuh yang di rendam. Namun cukup pada bagian kaki saja. Dengan berendam bisa membantu melancarkan sirkulasi darah anda. Sehingga bisa membantu meringankan pembengkakan yang ada di dalam kaki. Apalagi jika air hangat di campur dengan garam akan membuat sirkulasi darah semakin baik dan rileks.

Baca Juga:

4. Rutin menjaga kebersihan kaki

Kaki yang bengkak tadi tetap harus di jaga kesehatannya. Jangan lupa untuk di sabun setiap hari. Meskipun cara ini tidak bisa di gunakan untuk membuat pembengkakan anda mengecil, namun membantu perawatan kaki agar tidak bertambah besar. Biasanya bagian kaki yang bengkak ini mengandung banyak cairan. Jika tidak di bersihkan, akan menjadi sarang bakteri. Kondisi seperti ini akan memperparah pembengkkan yang ada.

5. Penanganan luka segera ke dokter

Luka yang di timbulkan oleh pasien diabetes di nilai sangat berbahaya. Sebab, luka tersebut jika tidak segera di obati bisa membusuk. Hal ini memungkinkan untuk memotong bagian tubuh yang membusuk tadi. Tujuannya agar tidak mempengaruhi bagian tubuh lain. Untuk itu, jika sudah mengalami tanda – tanda terjadi luka segera di bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan dengan baik.

Baca Juga:


6. Lakukan diet

Untuk menjaga kondisi tubuh supaya pembengakakan semakin besar adalah dengan melakukan diet. Apa yang di maksud diet di sini adalah pengaturan pola makan tubuh agar bisa mengontrol nutrisi dan kandungan gizi apa yang sebaikya di konsumsi. Misalnya dengan pengurangan makan nasi dan makanan yang mengandung glukosa tinggi. Hal ini akan membantu diri anda dalam menyukseskan program diet. Berikut ada tips diet sehat yang cocok untuk anda.

7. Kompres menggunakan es batu

Es batu bisa membantu dalam merileks-kan kaki anda. Kaki yang bengkak ini keadaannya tegang dan sangat tidak nyaman. Oleh sebab itu, agar membantu menstabilkan sistem peredaran darah anda bisa menggunakan es batu agar tetap rileks. (Baca Juga: Ciri Ciri Flu Tulang , Obat Nyeri Tulang Kaki)

8. Tidur dengan kondisi kaki berada di atas

Saat kaki anda mengalami pembengkakan, ternyata ada kiat khusus untuk membantu meringankan beban tersebut. Caranya adalah dengan mengangkat satu kaki yang bengkak pada posisi tidur lebih tinggi. Misal saat tidur, bagian kaki di sangga dengan bantal. Hal ini akan membantu peredaran darah anda menjadi lebih lancar dari sebelumnya. (Baca Juga: Bahaya Kekurangan Kalsium , Dampak Akibat Kekurangan Magnesium)

9. Jangan terlalu lama berdiri

Meskipun sebenarnya keadaan ini tidak membantu pembengkakan kaki anda semakin kecil, tapi keadaan berdiri terlalu lama tidak baik. Sebab peredaran darah anda akan terasa tegang terus. Untuk itu, bagi penderita yang mengalami diabetes di himbau menjaga kesehatannya. Termasuk himbauan untuk tidak berdiri terlalu lama.

, , , , ,
Post Date: Monday 13th, February 2017 / 00:21 Oleh :
Kategori : Diabetes