Sponsors Link

18 Obat Herbal untuk Diabetes Paling Manjur

Sponsors Link

Siapa yang mau terkena penyakit diabetes?, tentu setiap orang tidak menginginkannya. Sayangnya semakin buruknya pola makan seseorang saat ini, membuat peluang mengalami diabetes semakin tinggi. Diabetes tidak hanya menyerang orangtua, namun diabetes menyerang orang muda pun banyak ditemukan. Selain karena genetik, diabetes banyak dipengaruhi oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan penyebab diabetes dan obesitas. Kebanyakan masyarakat suka dengan hal instan, begitupula dengan pengobatan yang dijalani. Saat gula darah meninggi penderita diabetes memilih mengkonsumsi obat kimia agar kadar gua darahnya menurun dengan cepat. Padahal disekitar kita banyak sekali obat herbal yang bisa dijadikan sebagai penurun kadar gula di dalam darah manusia. Sesuatu yang instan itu tidak bagus dikarenakan efek sampingnya yang buruk. Berbeda dengan obat herbal yang aman dikonsumsi meski dalam jangka panjang. Berikut ini adalah obat herbal diabetes yang terbukti aman dan ampuh untuk mengusir diabetes :

ads
  1. Pace atau Mengkudu

Tentu kita semua sudah tidak asing dengan buah mengkudu. Buah mengkudu ini memiliki aroma yang khas dan sedikit tidak enak. Mengkudu memiliki warna putih ketka matang dan memiliki warna hijau ketika mentah. Banyak yang tidak suka dengan mengkudu dikarenakan aromanya yang kurang mengenakkan. Namun siapa sangka jika buah mengkudu dengan aroma yang tidak enak ini memiliki segudang khasiat. Karena khasiatnya yang sangat banyak, buah mengkudu ini dijadikan semacam ekstrak dan juga pil mengkudu. Manfaat buah mengkudu selain bisa digunaan untuk mengatasi asam urat dan darah tinggi, buah mengkudu ampuh untuk digunakan sebagai penormal kadar gula di dalam darah manusia. Berikut ini adalah cara ampuh untuk mengatasi diabetes menggunakan mengkudu :

  • Ambil buah mengkudu yang sudah matang sebanyak satu buah saja.
  • Cuci bersih buah mengkudu tersebut.
  • Blender buah mengkudu tersebut, jika tidak punya blender anda bisa memarutnya.
  • Saring ampasnya, bagi yang menggunakan parut bisa memeras sari buah mengkudu.
  • Minum secara teratur tiga kali dalam sehari.
  • Anda bisa menambahkan madu untuk menetralisir dari bau buah mengkudu yang menyengat tersebut. Namun cukup satu sendok teh saja, jangan berlebihan. ( Baca : Obat tradisional darah tinggiBahaya garam bagi penderita hipertensi )
  1. Kunyit

Kunyit salah satu bahan herbal yang sangat berjasa bagi kesehatan manusia. Alam telah menyediakan kunyit untuk dijadikan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Selain bisa meredakan perut kembung, diare dan juga rasa nyeri haid, kunyit juga ampuh untuk bisa menormalkan gula darah yang tinggi. Gula darah yang tinggi tidak boleh dibiarkan sebab gula darah yang tinggi akan membuat darah menjadi mengental. Ketika darah mengental, imbasnya akan ke ginjal. Saat sudah ke ginjal, penderita diabetes akan mengalami komplikasi diabetes berupa penyakit ginjal. Oleh sebab itu penting bagi penderita diabetes untuk bisa menormalkan kadar gula di dalam darahnya. Berikut ini adalah cara aman dan efektif yang bisa digunakan untuk mengatasi diabetes menggunakan kunyit :

  • Bahan yang harus disiapkan adalah 1 buah rimpang kunyit dengan ukuran sedang atau seukuran 2 jari orang dewasa
  • Geprek kunyit tersebut agar sari sarinya keluar.
  • Rebus kunyit tersebut menggunakan empat gelas air mentah.
  • Saat merebus, tambahkan seanyak setengah sendok teh garam
  • Sisakan air rebusannya menjadi setengahnya, yaitu dua gelas air.
  • Saat sudah dingin, saring airnya dan minum sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Satu minggu cukup mengkonsumsi ramuan ini sebanyak tiga kali saja, jangan berlebihan. ( Baca: Obat diare tradisionalCiri ciri bayi diare )
  1. Buah Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman herbal yang sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Tanaman mahkota dewa ini merupakan tanaman yang bisa menyembuhkan penyakit dari yang ringan sampai dengan yang kronis. Sayangnya, untuk bisa mengobati penyakit menggunakan tanaman ini harus tahu aturannya dengan jelas. Jika tidak tahu aturan dengan jelas bisa menyebabkan keracunan. Hal itu dikarenakan tanaman mahkota dewa memiliki racun. Berikut ini adalah cara mengatasi diabetes menggunakan tanaman herbal mahkota dewa yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes :

  • Bahan yang harus disiapkan berupa 3 sampai dengan 5 potong buah mahkota dewa yang sudah diiris tipis tipis. Siapkan pula sebanyak 3 lembar daun salam yang sudah dikeringkan.
  • Setelah semua bahan terkumpul, semua bahan direbus menggunakan 3 gelas air banyaknya.
  • Teruslah merebus sampai mendidih. Saat mendidih sisakan airnya menjadi satu setengah gelas.
  • Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Anda meminumnya cukup setengah gelas saja untuk pagi hari, setengah gelas untuk siang hari dan setengah gelas diminum saat menjelang tidur.
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya ramuan tersebut diminu secara teratur setiap hari. ( Baca : Obat penyempitan pembuluh darahCara pengobatan hepatitis B )
  1. Brotowali

Tanaman lainnya yang bisa digunakan sebagai obat herbal diabetes adalah brotowali. Di dunia pengobatan herbal tanaman ini cukup terkenal. Rasanya yang pahit dan senyawa yang ada di dalam tanaman tersebut membuat tanaman brotowali bisa digunakan untuk menormalkan gula darah yang tinggi. Jika ingin menormalkan gula di dalam darah menggunakan tanaman ini sebaiknya anda bersiap siap untuk menerima rasa pahit dari tanaman ini. Berikut adaah cara menormalkan gula darah yang tinggi menggunakan brotowali :

  • Yang disiapkan adalah batang dari tanaman brotowali itu sendiri. Batang dari tanaman brotowali yang digunakan adalah sebesar jari atau sekitar 10 cm. Yang harus disiapkan lainnya adalah akar pepaya yang sudah dikeringkan.
  • Pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mencampurkan kedua bahan bahan yang telah disiapkan kemudian direbus menggunakan 4 gelas air. Tunggu sampai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi dua gelas. Minum air rebusan itu dua kali dalam sehari masig masing satu gelas banyaknya. ( Baca : Obat tradisional rematikPenyembuhan hepatitis alami )
ads
  1. Kemangi

Selama ini daun kemangi hanya dijadikan sebagai lalapan saja, namun siapa sangka jika daun kemangi yang dijadikan lalapan itu sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Daun kemangi dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi bau badan dan bisa untuk mengatasi gejala diabetes. Cara daun kemangi mengatasi diabetes adalah membantu insulin dalam proses sekresi di dalam tubuh manusia, ketika sekresi itu terbantu kadar gula di dalam darah akan tetap stabil dan tidak berlebihan. Untuk bisa mengatasi diabetes menggunakan kemangi cukup mudah saja yaitu dengan menjadikannya sebagai lalapan dalam kondisi mentah. Sebaiknya mengkonsumsi daun kemangi yang organik dan tanpa pestisida. Sebelum menjadikannya lalapan juga harus dalam keadaan bersih.

Baca : Makanan yang dapat menyebabkan bau badanCara menghilangkan bau badan

  1. Buncis

Jenis kacang kacangan yang satu ini terbukti ampuh untuk mengatasi diabetes. Buncis merupakan kacang kacangan yang kaya akan serat. Kandungan vitamin, serat dan mineral yang ada pada buncis itu dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan gula darah yang tinggi pada penderita diabetes. Senyawa B-sitosterol pada buncis juga dipercaya bisa memperbanyak produksi insulin yang dihasilkan pankreas sehingga orang yang menderita diabetes tidak perlu melakukan suntik insulin kembali. Berikut ini adalah cara mengobati diabetes menggunakan kacang kacanga buncis :

  • Bahan yang harus disiapkan adalah buncis sebanyak setengah kilogram.
  • Setelah dicuci bersih, rebuslah buncis itu menggunakan dua gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih buncis tersebus. Setelah mendidih sisakan air rebusannya menjadi satu gelas.
  • Saring air rebusan itu sehingga air rebusannya dengan buncis menjadi terpisah.
  • Minumlah ramuan buncis itu sebelum tidur secara teratur setiap hari. ( Baca : Manfaat buncis untuk penderita asam urat )
  1. Kapsul Undur Undur

Tahukah kalian hewan yang bernama undur undur?, hewan ini jalannya mundur sehingga dinaman undur undur. Undur undur ini biasanya hidup di dalam tanah yang gembur dan tanah yang dijadikan sarang undur undur itu membentuk bulatan yang menjorok ke dalam tanah. Di dalam hewan undur undur terdapat berbagai kandungan senyawa yang berguna untuk menormalkan gula darah. Cara mengobati diabetes menggunakan undur undur ini tergolong cukup ekstrim namun hasilnya sangat efektif. Berikut ini adlaah cara mengobati diabetes menggunakan undur undur yang bisa dicoba di rumah :

  • Siapkan kapsul kosong dan juga 8 buah undur undur.
  • Masukkan undur undur ke dalam kapusl kosong itu. Satu kapsul berisi 2 buah undur undur.
  • Saat pagi konsumsilah kapsul undur undur hidup sebanyak dua kapsul dan saat malam hari konsumsilah dua kapsul undur undur.
  1. Kayu Manis

Indonesia kaya akan rempah rempah, salah satu rempah rempah asli dari Indonesia adalah kayu manis. Kayu manis selama ini digunakan untuk menambah citarasa dan aroma suatu masakan. Namun akhir akhir ini, ahli herbal banyak melirik kayu manis untuk dijadikan sebagai obat herbal tradisional. Kandungan dalam kayu manis tersebut dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Berikut ini adalah cara mengatasi diabetes menggunakan kayu manis :

  • Bahan yang disiapkan adalah kayu manis yang sudah berwujud bubuk.
  • Masukkan sebanyak satu sendok makan bubuk kayu manis ke dalam gelas.
  • Seduh menggunakan air panas.
  • Aduk agar tercampur secara merata.
  • Saring, kemudian minum air seduhannya selagi masih hangat. ( Baca : Buah berbahaya untuk diabetesDiabetes tipe 2 )
  1. Pare

Sayur pare juga bisa digunakan untuk mengatasi diabetes. Pare merupakan sayur yang memiliki citarasa pahit. Orang yang suka mengkonsumsi pare kebanyakan suka dengan rasa pahitnya. Didalam sayur pare terdapat banyak vitamin dan berbagai macam kandungan lainnya yang bisa digunakan untuk menormalkan gula di dalam darah manusia. Cara mengobati diabetes menggunakan pare ini sangat mudah, yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkan pare sebanyak satu buah. Yang digunakan untuk mengobati diabetes adalah pare yang masih muda bukan pare yang sudah tua. Sayur pare yang sudah tua warnanya kuning sedangkan yang muda warnanya adalah hijau.
  • Hilangkan isi pare atau biji pare.
  • Setelah itu cuci bersih.
  • Jus pare yang telah dibersihkan tersebut dan minum jus pare tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Mengkonsumsi jus pare secara rutin dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan gula darah di dalam tubuh manusia. ( Baca : Cara menurunkan gula darah tinggi )
  1. Ginseng

Ahli herbal meyakini bahwa ginseng merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ginseng merupakan tanaman herbal yang berasal dari China. Di China negeri asalnya, ginseng ini banyak digunakan untuk obat herbal salah satunya adalah untuk menambah vitalitas pria. Kini di Indonesia, banyak ahli herbal yang melirik tanaman ini untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya adalah untuk mengatasi diabates. Untuk mendapatkan ginseng ini penderita diabetes bisa mencarinya di pasar obat tardisional. Cara mengobati diabetes menggunakan ginseng ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan tanaman ginseng sebanyak 10 gram.
  • Ginseng harus dikeringkan terlebih dahulu.
  • Setelah itu, ginseng yang sudah kering bisa ditumbuk sampai benar benar halus dan menjadi bubuk.
  • Saat sudah menjadi bubuk, seduh menggunakan air panas.
  • Tunggu sampai air seduhannya berubah menjadi hangat.
  • Saring, kemudian minum air seduhan itu sebanyak satu kali sehari.
  • Efek samping dari penggunaan ginseng sebagai obat herbal diabetes adalah membuat libido menjadi meningkat. ( Baca : Cara meningkatkan kualitas sperma )
  1. Daun Sirsak

Daun sirsak dipercaya sebagai obat herbal yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Selama ini daun sirsak banyak digunakan untuk menghilangkan tumor dan mengecilkan tumor. Penyakit kronis maupun penyakit ringan bisa diringankan menggunakan daun sirsak. Kandungan senyawa dan antioksidannya yang tinggi dipercaya bisa menjadikan daun sirsak sebagai obat herbal yang efektif dan ampuh. Berikut ini cara mengatasi diabetes menggunakan daun sirsak yang bisa dilakukan di rumah :

  • Yang disiapkan adalah daun sirsak yang sudah dikeringkan sebanyak 15 lembar. Selain itu bahan yang disiapkan selanjutnya adalah daun sirih yang berwarna merah sebnyak 7 lembar.
  • Membuatnya tergolong mudah yaitu dengan mencuci bersih bahan bahan yang akan digunakan. Rebus menggunakan 2 gelas air dan saat merebus menggunakan api yang kecil. Sisakan air rebusannya menjadi satu gelas. Saring dan tunggu air rebusannya berubah menjadi dingin. Saat sudah dingin, minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari masing masing setengah gelas. ( Baca : Efek samping daun sirsakCara mengobati wasir )
  1. Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja, tapi tanaman ini mulai digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan salah satunya adalah diabetes. Berikut ini adalah cara mengatasi diabetes menggunakan daun kumis kucing :

  • Siapkan daun kumis kucing sebanyak 7 lembar, daun sambiloto sebanyak 7 lembar dan 6 lembar daun brotowali.
  • Membuatnya pun juga tergolong mudah yaitu dengan mencuci bersih semua bahan bahan yang sudah disiapkan. Setelah itu rebus semua bahan bahan yang telah disiapkan menggunakan 3 gelas air. Sisakan air rebusan mejadi dua gelas, kemudian minum air rebusan itu dua kali dalam sehari masing masing satu gelas. ( Baca : Gejala penyakit gula darahGejala awal diabetes )
  1. Biji Jamblang

Mungkin masyarakat luas masih awam dengan biji jamblang. Hal itu dikarenakan saat ini tanaman jamblang tidak mudah ditemukan. Jamblang disebut juga dengan duwet. Duwet merupakan buah yang berkulit hitam jika matang, rasanya sepat dan jika dimakan akan membuat lidah maupun bibir berwarna ungu kebiru biruan. Biji dari tanaman duwet atau jamblang inilah yang bisa digunakan untuk mengatasi diabetes. Cara mengatasi diabetes menggunakan biji jamblang ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan 13 buah biji jamblang.
  • Keringkan biji jamblang tersebut.
  • Tumbuk biji jamblang yang sudah ditumbuk.
  • Rebus bubuk biji jamblang menggunakan dua gelas air.
  • Sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja.
  • Saring kemudian minum air rebusannya.
  • Meminumnya sebanyak tiga kali dalam sehari. Ramuan diatas hanya berlaku untuk sekali minum saja, sehingga untuk bisa minum ramuan tersebut sebanyak tiga kali, ramuan itu harus dibuat sebanyak tiga kali pula.
  1. Lidah Buaya

Untuk kesehatan dan juga kecantikan, lidah buaya sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Lidah buaya saat ini banyak yang memberdayakannya dikarenakan khasiat dan manfaatnya yang banyak. Gel lidah buaya pun banyak yang digunakan untuk membuat makanan seperti permen jelly dan juga agar agar jelly. Untuk bisa menormalkan kadar gula di dalam darah bisa dengan cara membuat jus lidah buaya. Berikut ini cara membuat jus lidah buaya yang bisa dibuat dirumah :

Sponsors Link

  • Siapkan satu buah lidah buaya yang berukuran sedang.
  • Cuci bersih lidah buaya tersebut.
  • Belah lidah buaya menjadi dua bagian sehingga bagian dagingnya yang putih kelihatan.
  • Setelah itu ambil bagian daging lidah buaya tersebut, blender dan jus daging lidah buaya menggunakan dua gelas air.
  • Minum air jus daging lidah buaya itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Untuk menghilangkan rasa hambarnya, bisa diatmbahkan satu sendok makan madu. Ingat jangan berlebihan sebab meski madu manisnya alami, bukan berarti madu tidak bisa meningatkan kadar gula di dalam darah seseorang. ( Baca : Khasiat lidah buaya untuk kulit )
  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat. Selain bisa menyembuhkan sakit gigi karena bersifat antiseptik, bawang putih bisa digunakan sebagai obat herbal penurun kadar gula di dalam darah manusia. Cara bwang putih menormalkan gula darah manusia adalah dengan merangsang sel pankreas untuk memproduki insulin dengan jumlah yang cukup. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh ilmuwan dalam beberapa penelitiannya. Sayangnya tidak banyak orang yang memanfaatkan bawang putih tersebut untuk pengobatan diabetes. Cara mengobati diabetes menggunakan bawang putih adalah dengan mengkonsumsi bawang putih mentah setiap harinya secara teratur.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Fenugreek

Tanaman herbal satu ini merupakan tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama bagi ibu yang menyusui. Fenugreek sendiri merupakan tanaman seperti biji bijian yang tumbuhnya ada di dataran Asia. Tanaman ini juga sering digunakan oleh masyarakat yang ada di India sebagai bumbu makanan. Di Indonesia, biji Fenugreek banyak digunakan untuk melancarkan ASI dan juga memperbanyak produksi ASI. Tanaman herbal ini selain bisa melancarkan ASI juga bisa melakukan pengontrolan kadar glukosa yang ada di dalam darah manusia sehingga gejala diabetes tidak akan muncul saat kadar gulanya normal. Cara mengendalikan diabetes denga fenugreek sangat mudah yaitu dengan menyeduhnya dan meminum air seduhannya.

Baca : Bahaya minum teh campur susuKhasiat susu sapi

  1. Daun Mangga

Obat herbal diabetes yang mudah dijumpai adalah daun mangga. Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun daun mangga pun bisa dimanfaatkan. Daun mangga bisa meringankan gejala diabetes yang dialami oleh penderita diabetes. Cara meringankan gejala diabetes menggunakan daun mangga adalah sebagai berikut ini :

  • Rendam daun mangga sebanyak 5 lembar semalaman.
  • Merendamnya bisa didalam secangkir air. Sebelum merendam psastikan bahwa daun mangga itu tidak kotor.
  • Setelah semalaman tiriskan daun mangga tersebut, kemudian minum air rendamannya. ( Baca : Bahaya getah mangga )
  1. Ketan Hitam

Ketan hitam yang sering dicmpurkan dengan bubur kacang hijau ternyata memiliki manfaat yang besar untuk mengatasi diabetes. Beras ketan hitam tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga sebagai zat anti infalamasi. Karena kandungan dan sifatnya itu membuat beras ketan hitam bisa digunakan untuk menormalkan kadar glukosa yang ada di dalam tubuh manusia. Cara meringankan gejala diabetes menggunakan ketan htam adalah sebagai berikut ini :

  • Masukkan sebanyak 3 sendok makan ketan hitam ke dalam gelas belimbing.
  • Seduhlah menggunakan air panas.
  • Tunggu sampai air seduhannya berubah menjadi dingin.
  • Saat sudah dingin, minumlah air seduhan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Biarkan ampas ketan hitam tetap berada di dalam gelas.
  • Seduhan beras ketan hitam diminum saat pagi, siang dan sore hari. ( Baca : Cara menyembuhkan gagapPantangan rematik )

Aktivitas Penormal Gula Darah Tinggi

Semua yang dilakukan tersebut tidak akan ada hasilnya jika penderita diabetes tidak mengimbanginya dengan aktivitas yang bisa menormalkan kadar gula yang tinggi di dalam darah. Berikut ini adalah aktiivtas yang bisa dilakukan untuk menormalkan gula darah yang tinggi tersebut :

  1. Olahraga

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menormalkan gula darah adalah dengan olahraga. Orang yang memiliki obesitas biasanya akan kesulitan untuk menurunkan gula darahnya, oleh sebab itu cara efektif untuk menormalkan gula darah tinggi adalah dengan olahraga dan menjaga berat badan menjadi ideal. Banyak olahraga yang bisa membakar tumpukan lemak di dalam tubuh misalnya saja adalah jogging, ngegym dan lain sebagainya.

Baca : Gejala obesitasPenyebab obesitas

  1. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Diabetes

Ada berbagai macam makanan dan minuman yang menyebabkan seseorang terkena diabetes. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang terasa manis. Untuk bisa menormalkan gula darah yang tinggi adalah dengan menghindari semua makanan dan minuman yang menjadi sumber diabetes tersebut.

  1. Istirahat Cukup

Aktivitas yang bisa digunakan untuk cepat menormalkan gua darah yang tinggi adalah istirahat yang cukup. Orang yang bergadang akan mudah sekali terkena diabetes dan berbagai macam penyakit kronis lainnya. Saat bergadang, pankreas akan bekerja keras sehingga fungsinya semakin menurun. Ketika fungsi pankreas menurun, pankreas akan kesulitan untuk meproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Saat insulin tidak tercukupi, akibatnya adalah diabetes akan semakin parah.

Baca : Bahaya memakai bra saat tidurCara agar tidur sebentar tapi berkualitas

Itulah berbagai macam obat herbal untuk diabetes yang manjur untuk dicoba. Agar diabetes bisa dikendalikan sebaiknya penderita diabetes juga melakukan berbagai macam aktivitas penormal gula darah yang tinggi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 01st, September 2016 / 16:21 Oleh :
Kategori : Diabetes