Sponsors Link

30 Makanan Penyebab Diabetes Melitus Yang Tidak disadari

Sponsors Link

Makanan penyebab diabetes melitus paling sering terdapat di sekeliling kita. Diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Ada beberapa orang yang menderita diabetes karena ada keturunan garis keluarga yang memang memiliki resiko besar. Sementara beberapa orang menderita diabetes karena pola makan dan gaya hidup tidak sehat. Jadi ada banyak hal yang bisa mendorong Anda untuk menderita diabetes.

ads

Salah satu kesadaran umum yang harus didapatkan adalah merubah pola makan dan kebiasan hidup yang baik. Menghindari berbagai jenis makanan yang memicu diabetes bisa dilakukan sejak dini. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan diabetes :

1. Jus Buah

Minum jus buah yang dikemas oleh pabrik menjadi cara singkat untuk menikmati buah-buahan. Anda bisa langsung membelinya ditoko tanpa harus mencuci atau membuatnya sendiri. Tapi tahukah anda bahwa jus buah bisa menyebabkan diabetes. Jus buah yang dibuat oleh pabrik mengandung gula halus dan pemanis buatan khusus untuk makanan. Awalnya memang tidak mengganggu, namun jika terus menerus dikonsumsi maka bisa menyebabkan gula darah tinggi dan kebutuhan insulin menjadi lebih tinggi. Selain itu jus buah kemasan juga bisa menyebabkan penambahan berat badan.

2. Permen

Berbagai jenis permen memang bisa membuat mulut menjadi lebih nyaman. Tapi permen diolah dipabrik dengan menambahkan bahan pemanis dan pengawet makanan. Gula kecil dalam permen memang tidak terasa, tapi jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi lebih tinggi. Biasanya efek permen memang tidak akan langsung terjadi tapi butuh waktu lebih lama. Pantangan diabetes ini jika dilanggar, maka bisa langsung terkena naiknya gula darah.

3. Kue Kering

Berbagai jenis kue kering memang selalu ada di meja, terlebih saat ada perayaan hari tertentu. Namun kebiasaan makan kue kering berlebihan ternyata bisa menyebabkan diabetes. Kue kering cenderung merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi. Selain itu, berbagai jenis bahan tambahan lain dalam kue seperti minyak, gula, coklat dan selai membuat kadar gula dalam tubuh menjadi lebih cepat naik. Sebaiknya mulai sekarang Anda bisa menggantikan kue dengan makanan lain seperti buah-buahan.

4. Pancake

Hidangan pancake yang biasanya menjadi menu sarapan ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat. Pancake terbuat dari tepung yang menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu, beberapa bahan tambahan lain seperti mentega, gula, atau coklat akan membuat makanan ini meledakkan kadar gula dalam tubuh. Meskipun Anda beraktifitas lebih banyak namun tetap saja pancake akan menjadi peluang diabetes. Satu piring kecil pancake ternyata setara dengan tiga lapis roti putih lengkap dengan bahan makanan lain.

5. Kismis

Kismis memang manis dan bisa menjadi bahan tambahan ketika membuat kue. Namun ternyata kismis bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat. Hal ini terjadi ketika kismis mengandung gula alami yang berasal dari buah-buahan. Namun kandungan gula ini mengalami perubahan komposisi ketika terjadi proses pengeringan buah-buahan. Hal inilah yang menyebabkan kismis bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk penderita diabetes. Jadi lebih baik Anda menggantinya dengan buah segar yang mengandung gula alami tanpa proses.

6. Roti Tawar Putih

Roti putih lebih banyak disukai oleh anak-anak dan orang dewasa karena penampakannya yang lebih putih dan bersih. Namun roti ini terbuat dari bahan pati alami tepung yang bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Pati putih ini bisa menyebabkan tubuh kadar gula menjadi lebih tinggi karena, jumlah kalori yang sangat tinggi. Karbohidrat dalam roti bisa menjadi gula kompleks dalam tubuh yang sulit untuk digunakan dalam metabolisme. Jadi secara otomatis tubuh akan membutuhkan insulin yang lebih banyak. Untuk menghindari hal ini maka gantikan roti putih, diganti dengan roti gandum.

7. Kentang Goreng

ads

Makanan penyebab diabetes melitus lainnya adalah kentang goreng, bahaya kentang goreng wajib kita waspadai. Kentang goreng menjadi makanan yang bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat. Hal ini terjadi ketika ada banyak minyak dan karbohidrat padat pada kentang goreng. Karbohidrat ini membutuhkan kerja keras insulin untuk mendukung proses metabolisme. Karena itu sulit bagi tubuh untuk mencerna kentang goreng. Banyak orang yang melewatkan hal ini sehingg,  tidak mengetahui makanan kesukaan ternyata menjadi penyebab diabetes. Anda bisa menggantinya dengan kentang rebus atau kentang kukus.

8. Nasi Putih

Nasi putih memang sudah menjadi makanan wajib untuk kita semua. Orang biasanya tidak bisa merasa puas sebelum makan nasi. Namun nasi mengandung nilai indeks glikemik yang tinggi. Nilai karbohidrat yang sangat tinggi akan membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih mudah naik. Orang yang menderita jenis diabetes tipe 2 harus mengurangi jumlah nasi atau mengganti nasi dengan makanan lain. Beberapa alternatif nasi dari beras merah lebih banyak disarankan.

9. Minuman Soda

Minuman soda biasanya banyak dikonsumsi oleh remaja. Namun bahaya minuman soda berlebihan bisa menyebabkan kadar gula naik dengan cepat. Soda mengandung gula tambahan atau zat pemanis tambahan yang bisa membuat kadar manis menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan gula biasa. Karena itu banyak minum soda akan meningkatkan resiko diabetes yang lebih tinggi.

10. Makanan Cepat Saji

Kebiasaan makanan cepat saji memang berhubungan dengan pola atau gaya hidup yang kurang sehat. Banyak orang lebih memilih makanan cepat saji karena lebih praktis dan tidak perlu repot. Namun bahaya makanan cepat saji yang lebih banyak terdiri dari makanan yang digoreng, daging merah dan nasi bisa membuat angka gula darah menjadi lebih tinggi. Kandungan kalori makanan cepat saji akan meningkatkan kadar gula menjadi lebih cepat. Karena itu Anda bisa mengkonsumsi makanan cepat saji namun tidak terlalu sering dan dalam porsi yang lebih kecil.

11. Daging Merah

Semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi akan meningkatkan peluang untuk terkena diabetes. Jenis lemak jenuh akan membuat tubuh menyerap lemak lebih banyak dan sulit untuk diolah oleh organ pencernaan. Daging merah mengandung kalori dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka tidak hanya menyebabkan diabetes tapi juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

12. Makanan Kemasan

Mengkonsumsi makanan kemasan akan membuat Anda menerima resiko diabetes yang lebih tinggi. Banyak orang tidak menyadari hal ini. Namun makanan yang dikemas tidak hanya mengandung kalori yang tinggi tapi juga garam, gula dan bahan pengawet. Makanan ini akan membuat kadar gula darah menjadi sangat tinggi. Selain itu, peningkatkan lemak trans dalam tubuh akan menyebabkan gejala kolesterol dalam pembuluh darah. Jika terlalu banyak kolesterol maka bisa memancing peradangan yang bisa menyebabkan diabetes.

13. Kopi

Terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan tubuh terancam diabetes. Bahaya kafein akan menyebabkan tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang lebih tinggi. Namun pankreas dalam tubuh mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan insulin sehingga, menyebabkan kadar gula dalam tubuh tidak bisa masuk ke dalam sistem metabolisme. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh bisa terkena diabetes. Gejala awal yang paling perlu diperhatikan seperti gemetar, tubuh tidak nyaman dan emosi yang tidak stabil.

14. Susu

Susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak inilah yang akan meningkatkan reaksi tubuh terkena resistensi insulin. Resistensi insulin berarti bahwa tubuh membutuhkan banyak insulin untuk memecah kadar gula darah namun tubuh tidak memiliki cadangan insulin yang cukup. Kondisi ini akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Susu untuk anak-anak memang sangat baik untuk cara menjaga kesehatan tulang dan jaringan tubuh. Namun untuk orang dewasa sebaiknya mengganti susu dengan susu rendah lemak.

15. Daging Babi

Beberapa orang yang memang menyukai makan daging babi bisa menyebabkan tubuh terkena resiko diabetes. Daging babi mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan kondisi peradangan dalam tubuh. Peradangan akan membuat tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang cukup sehingga ada banyak kadar gula dalam darah. Karena itu lebih baik menghindari daging babi dan menggantinya dengan ikan.

16. Pisang

Buah yang mengandung karbohidrat tinggi seperti pisang bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes. Pisang memang termasuk buah yang banyak mengandung karbohidrat dan termasuk jenis karbohidrat halus. Makan satu buah pisang dalam sehari tidak akan meningkatkan resiko namun, jika lebih dari itu maka bisa menyebabkan peradangan. Kadar gula darah akan lebih cepat meningkat dan tubuh membutuhkan insulin lebih banyak.

17. Mangga

Buah mangga juga bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang terbatas maka bisa memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin C dan membuat tubuh menerima mineral yang lengkap. Namun orang yang selalu makan lebih dari lima buah mangga setiap hari bisa terkena diabetes karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Karena itu Anda tidak perlu menghindari mangga namun hanya makan dalam jumlah yang kecil saja.

18. Apel

Apel memang buah yang penuh dengan manfaat. Kandungan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Namun jika makan apel dalam jumlah yang banyak setiap hari maka bisa menyebabkan diabetes. Apel mengandung karbohidrat komplek yang lebih tinggi sehingga bisa membuat tubuh mengalami reaksi resistensi insulin.

19. Nanas

Nanas memang buah yang manis, berair dan sangat menyegarkan. Namun makan buah nanas yang berlebihan akan menyebabkan Anda terkena diabetes. Termasuk jika nanas diolah menjadi jeli atau selai yang ditambah dengan gula. Nanas mengandung jumlah karbohidrat yang cukup tinggi meskipun ada kandungan gula alami yang menyehatkan. Kunci utama makan nanas yang baik adalah makan dalam jumlah yang terbatas dan tidak berlebihan.

20. Biskuit

Biskuit hampir sama dengan kue yang sering menjadi camilan. Biskuit memiliki karakter yang lebih keras dan renyah. Banyak orang yang selalu makan biskuit sebagai camilan yang ringan. Namun jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan diabetes. Hal ini terjadi karena biskuit banyak mengandung garam, bahan pengawet makanan, dan kalori yang sangat tinggi. Selain itu, mengkonsumsi biskuit bersama dengan minuman manis justru akan meningkatkan resiko diabetes yang lebih tinggi.

21. Sosis

Sosis biasanya menjadi bahan tambahan makanan untuk roti atau jenis hidangan lain. Namun banyak anak-anak yang sedang makan sosis sendiri tanpa makanan lain. Hal ini bisa menyebabkan tubuh menderita diabetes. Sosis terbuat dari daging merah yang banyak mengandung lemak jenuh. Tambahan lain seperti garam dan perasa makanan akan membuat kalori sosis menjadi lebih tinggi. Karena itulah anak-anak dan orang dewasa sebaiknya hanya makan sosis dalam waktu tertentu saja. Bukan makanan pokok pengganti hidangan makanan yang mengandung protein dan lemak.

22. Ikan Goreng

Makanan penyebab diabetes berikut nya adalah ikan yang sering di goreng. Ikan goreng memang memiliki rasa yang lezat dan sangat mudah untuk dibuat. Namun kebiasaan terlalu sering makan ikan goreng akan menyebabkan tubuh menerima resiko diabetes. Hal ini terjadi ketika ikan goreng mengandung banyak lemak tambahan yang didapatkan dari minyak itu sendiri. Untuk mengurangi resiko ini maka lebih baik memasak ikan dengan mengukus atau memanggangnya. Selain itu, jangan menambahkan banyak garam untuk masakan ikan, karena ikan laut dan ikan tawar biasanya memiliki sedikit kandungan garam yang sudah bisa melezatkan rasanya. (baca juga : bahaya makanan asin)

23. Ayam Goreng

Ya semua orang dari anak-anak hingga orang tua memang sangat suka dengan hidangan olahan ayam goreng. Namun ternyata ayam goreng yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan diabetes. Ayam goreng mengandung beberapa bahan lain yang bisa menyebabkan diabetes seperti garam, lemak dan kalori yang sangat tinggi. Anda tetap bisa makan ayam goreng namun dalam jumlah yang terbatas. Selain itu jika bisa maka ganti ayam goreng dengan di kukus atau dipanggang.

24. Milkshake

Milkshake adalah jenis minuman olahan susu yang dikombinasikan dengan jenis bahan makanan lain. Beberapa bahan makanan tambahan lain dalam minuman ini seperti coklat, produk susu lain, keju dan coklat. Selain itu banyak orang yang menambahkan gula dalam milkshake sehingga menyebabkan minuman ini menjadi sangat manis. Jika diminum terlalu sering maka bisa menyebabkan diabetes. Sementara jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil maka akan sangat aman.

Sponsors Link

25. Pasta

Pasta mungkin menjadi kesukaan sebagian orang. Namun terlalu sering makan pasta juga akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Pasta sama seperti nasi putih yang mengandung karbohidrat tinggi. Kondisi inilah yang akan menyebabkan resiko diabetes menjadi lebih tinggi. Serta makanan tambahan lain dalam hidangan pasta seperti daging merah, pasta saus, garam. Makanan ini juga akan membuat kadar gula darah menjadi sangat tinggi dan sulit untuk mencapai ukuran yang normal jika tubuh mengalami resistensi insulin.

26. Kacang Polong

Kacang polong termasuk jenis kacang yang sangat menyehatkan dan sering menjadi camilan. Namun mengkonsumsi kacang polong yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes. Kacang polong termasuk kacang-kacangan yang tinggi protein dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi inilah yang akan menyebabkan tubuh bisa mengalami kenaikan kadar gula dalam darah. Karena itu lebih baik kacang polong dikonsumsi dengan cara yang lebih modern dan jumlah yang terbatas. Hindari mengkonsumsi kacang polong menjadi camilan.

27. Buah Olahan dalam Kaleng

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis buah olahan dalam kaleng maka Anda harus sedikit waspada. Buah yang sudah dikemas dalam kaleng biasanya mengandung bahan tambahan lain seperti garam, gula dan bahan pengawet. Buah itu sendiri jika dikonsumsi langsung tanpa pengawet maka tidak menyebabkan diabetes. Karena telah mengalami tahap pengolahan maka bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi lebih tinggi. Anda tetap bisa makan buah kaleng namun dalam jumlah yang terbatas. (baca juga : bahaya pengawet makanan)

28. Sirup

Olahan minuman sirup memang selalu menyegarkan ketika musim kemarau. Terlebih jika ditambah dengan es maka rasanya menjadi sangat menyegarkan. Namun Anda harus mulai minum sirup dengan cara yang lebih cerdas. Sirup biasanya diolah dari bahan sari buah-buahan alami maupun buatan. Namun tambahan gula buatan biasanya akan memberikan rasa manis yang lebih tinggi. Karena itu minum sirup setiap hari akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

29. Saus

Menambahkan saus tomat atau cabai dalam berbagai jenis makanan memang akan membuat rasanya menjadi lebih lezat. Namun ketika saus dimakan berlebihan maka bisa menyebabkan kadar gula menjadi sangat tinggi sehingga menjadi diabetes. Saus adalah produk olahan yang terbuat dari tomat atau cabai. Saus melewati proses pengolahan yang ditambah dengan bahan makanan lain seperti gula, garam dan bahan pengawet lain. Bahan ini membuat nilai kalori saus menjadi lebih tinggi sehingga menyebabkan potensi diabetes menjadi lebih besar.

30. Mie

Mie memang menjadi makanan yang paling banyak disukai. Ada berbagai jenis mie yang mudah untuk dimasak dan dihidangkan lebih cepat. Namun mengkonsumsi mie secara berlebihan bisa menyebabkan resiko diabetes yang sangat tinggi. Mie terbuat dari tepung yang mengandung kadar karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu mie biasanya lebih sulit dicerna dalam organ pencernaan. Hal ini membuat karbohidrat lebih terserap dalam tubuh dan tubuh membutuhkan insulin yang berlebihan. Pankreas mungkin tidak bisa memproduksi insulin sesuai untuk tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2.

Cara mencegah diabetes

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu memang bisa menyebabkan diabetes. Namun sebenarnya mencegah diabetes adalah pilihan gaya hidup yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa langkah praktis untuk mencegah diabetes :

  • Mencoba untuk mengendalikan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebihan akan menghadapi resiko terkena diabetes tipe 2. Kondisi ini lebih banyak disebabkan karena kebiasaan makan yang buruk.
  • Cobalah untuk lebih sering melakukan olahraga. Olahraga akan membantu tubuh bergerak lebih banyak. Otot dan sendi bisa bergerak dengan baik dan selain itu mendukung sistem metabolisme tubuh juga bergerak. Anda bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.
  • Cobalah untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang terdiri dari biji-bijian yang sudah diolah. Biji-bijian membantu tubuh dalam memecah karbohidrat sehingga, menurunkan resiko diabetes.
  • Mencoba untuk memasukkan berbagai jenis makanan kaya serat yang bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik. Serat akan membuat proses pemecahan karbohidrat dan lemak juga berjalan lebih lancar sehingga membantu mengurangi berat badan.
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman yang manis. Tubuh memang membutuhkan gula namun dalam jumlah yang terbatas dan sesuai dengan kebutuhan saja. Jika mengkonsumsi minuman manis menjadi kebiasaan maka bisa menyebabkan terjadi penumpukan gula dalam tubuh yang menyebabkan diabetes.
  • Selalu mencoba untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak sehat dan bukan lemak trans. Anda bisa mengganti konsumsi daging merah dengan ikan salmon liar, ikan sarden dan jenis ikan laut lain. Perhatikan untuk tetap mengukus, membuat sup atau memanggang daripada menggorengnya.
  • Hindari rokok dan alkohol. Bahaya alkohol dan rokok dapat menyebabkan peradangan karena zat kimia rokok dan alkohol yang bisa masuk ke dalam pembuluh darah.peradangan ini menghambat tubuh dalam produksi insulin sehingga tubuh mengalami kekurangan insulin. Selain itu, rokok dan alkohol akan menyebabkan kadar gula darah menjadi sangat tinggi.

Diabetes memang bisa mengancam siapa saja. Namun penyakit ini juga bisa dicegah dengan menghindari konsumsi berlebihan makanan yang bisa menyebabkan diabetes. Makan dalam jumlah yang terbatas justru akan membuat tubuh menjadi lebih sehat karena menerima nutrisi yang cukup. Karena itu Anda harus bijak untuk mengatur apa makanan yang harus masuk menu dan berapa jumlahnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 14th, December 2015 / 08:19 Oleh :
Kategori : Diabetes