Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Bahaya Jeruk bagi Penderita Diabetes (#4 Paling Mengerikan)

ads

Diabetes melitus atau bisa disebut penyakit gula darah yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin yang diproduksi oleh pankreas, sehingga tingkat kadar gula dalam darah menjadi meningkat dan akhirnya menjadi penyakit gula darah atau lebih dikenal dengan penyakit diabetes. Bukan hanya usia-usia paruh baya yang mengalami penyakit tersebut namun juga dari kalangan muda pun ikut mengalaminya berawal dari pola makan yang tidak sehat hingga kurangnya aktifitas fisik.

Pola hidup yang bisa diperbaiki adalah dengan rutin mengkonsumsi buah – buahan yang ada disekitar kita. Salah satu buah yang  sering dikonsumsi adaalah buah jeruk, baik dikonsumsi untuk keseharian atau dikonsumsi utnuk digunakan dibuat minuman, dan lain sebagainya. tapi hal yang sangat perlu diperhatikan bagi penderita diabetes adalah kandungan yang ada pada jeruk. Kandungan yang ada dalam jeruk apakah berbahaya bagi penderita diabetes? kandungan yang ada dalam jeruk sagat berbahaya bagi penderita diabetes adapun kandungan dalam jeruk adalah

  1. Kadar gula yang alami yang memang berbahaya untuk diabetes. ( Baca : Bahaya jeruk bagi penderita maag )
  2. Kadar karbohidrat yang cukup banyak, sekitar 19 gram. ( Baca : Akibat kelebihan karbohidratMakanan yang mengandung karbohidrat )
  3. Kandungan kalori yang juga cukup banyak sekitar 80 kalori. ( Baca : Makanan yang mengandung kalori )
  4. Kandungan glukosa.
  5. Kandungan fluktosa.

itu beberapa kandungan dari jeruk, yang hampir sebagian dari itu semua tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabets, jadi sudah dipastikan bahwa jeruk berbahaya bagi penderita diabets. namun bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya, hanya saja lebih baik menghindarinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada dasarnya jeruk ini membawa beberapa bahaya bagi penderita diabetes, diantaranya adalah

  1. Membuat Saluran Saraf Menjadi Rusak

Karena jeruk memiliki kadar gula yang tinggi yang justru akan membuat pembuluh darah atau dinding pembuluh darah menjadi rusak, sehingga semua syaraf yang bekerja dapat tergangggu kestabilan bekerjanya. Padahal dinding pembuluh darah ini sangat berpengharuh untuk menyehatkan pembuluh darah agar mampu bekrja dengan maksimal sehingga tidak mengakibatkan penyakit-penyakit lainnya.

Baca : Jenis kelainan sarafKesehatan sistem saraf otak

  1. Dada Menjadi Sakit

Mengapa demikian? Tentu hal ini akan terjadi, seperti penjabaran nomor 1 tadi bahwa kandungan yang ada dalam jeruk yaitu glukosa dan kadar gula yang tinggi akan merusak jaringan syaraf yang dimana fungsi jaringan itu juga menjaga jantung agar jantung tetap sehat, jika jantung tidak terjaga, dada akan terasa sakit dan ini akan menyiksa penderita diabetes.

Baca : Dada terasa sakit di bagian tengahPenyebab dada sesak sebelah kiri

  1. Gangguan Pada Mata

Karena jeruk ini merusak sistem syaraf, maka sistem syaraf pusat bisa saja juga ikut menjadi rusak, akibatnya gangguna pada mata juga akan tertanggu, bahkan yang lebih parahnya lagi hal ini dapat membuat penderita diabets menjadi buta, jika tidak benar-benar dijaga kesehatannya, dan tidak memperhatikan pantangan-panttangan yang seharusnya dihindari oleh penderita diabetes

Sponsors Link

Baca : Penyebab mata sering berair dan belekanPenyakit akibat kelainan pada mata

  1. Amputasi Kaki

Kebanyakan dari penderita diabetes adalah rusaknya sistem jaringan saraf pada kaki, dimana kebanyakan penderita akan mengalami amputasi kaki, hal ini dilakukan agar tidak menyebar ke sistem syaraf lainya agar sistem jaringan syaraf yang lain tetap terjaga dan dapat diselamatkan

  1. Mudah Lupa

Memang benar, diabetes yang sudah parah akan membuat penderitanya menjadi mudah lupa. Mengapa ? Karena pada saat diabetes, hampir seluruh sistem syaraf akan terganggu tak terkecuali syaraf pusat yang akan membuat si penderita menjadi mudah lupa, karena tidak adanya respon yang cepat, antara otak dan jaringan stimulus.

Baca : Cara meningkatkan daya ingatMakanan penambah daya ingat

  1. Pendengaran Terganggu

Hampir seluruh yang berkaitan dengan sistem syaraf akan terganggu, oleh sebab itu,  alangkah baiknya menghindari jeruk yang memiliki kadar gula yang banyak, seperti jeruk manis, agar tidak memperburuk ke adaan si penderita.

  1. Menyebabkan Obesitas

Hal ini biasa terjadi pada ibu yang sedang hamil dengan sakit diabetes saja, dapat membuat anak yang dikandungnya obesits, apalagi bila ditambah dengan adanya pemicu diabetes, seperti air gula dan glukosa yang terkandung dalam buah jeruk yang memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Tentunya apa yang dimakan oleh ibu akan berpengharuh dengan anaknya.

Baca : Bahaya obesitasPenyebab obesitas

Tips Aman Mengkonsumsi Jeruk bagi Penderita Diabetes

Ada beberapa tips aman untuk mengkonsumsi buah jeruk ini agar tidak memicu diabetes semakin parah, diantaranya adalah sebagai berikut :

sponsored links
  1. Jangan Mengkonsumsi Jeruk Secara Berlebihan

Mengkonsumsi buah – buahan memang salah satu cara dalam menjaga kesehatan. Apalagi untuk para penderita diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi buah – buahan, tetapi dalam menjaga kadar gula dalam darah perlu diperhatikan keseimbangannya agar gula darah tetap normal dan tidak berbahaya bagi para penderita diabetes. Jeruk memang merupakan buah yang aman di konsumsi untuk para penderita diabetes, tapi bukankah Sesuatu yang tidak baik jika mengkonsuminya secara berlebihan paling tidak bisa mengkonsumsinya 1 buah perhari.

  1. Sering – sering lah Mengkonsumsi Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan salah satu jenis jeruk yang ada di Indonesia. Dan ternyata buah yang mempunyai nama latin Grapefruit ternyata mempunyai manfaat yang sangat berguna bagi para penderita diabetes yaitu dapat menurunkan glukosa atau kadar gula dalam darah. Bahkan dengan mengkonsumsi jus jeruk bali bisa menurunkan 13 – 17 % kadar gula dalam darah serta menurunkan tiga kali lipat kadar insulin dalam kelenjar pankreas. Bagi para penderita diabetes dapat mengkonsumsi buah ini sebagai jus dengan takaran empat jus buah jeruk bali setiap harinya tenta jika dikonsumsi dengan rutin manfaatnya akan lebih terasa.

  1. Hindari jeruk – jeruk Impor

Buah jeruk memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia tetapi belum tentu bagi para penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya. Dan sebaiknya bagi para penderita diabetes hendaknya mengindari jeruk – jeruk yang diimpor dari luar karna jeruk – jeruk tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan ini sangat berbahaya bagi para penderita diabetes karna akan menambah kadar gula yang ada pada dirinya sehingga bisa menambah parah penyakit yang sedang dideritanya.

Nah, itulah cara mengkonsumsi buah jeruk pada saat anda menderita diabetes, agar diabetes tetap dapat disembuhkan dan tubuh tetap terjaga keseimbangan tubuhnaya. Tapi sebenarnya lebih baik untuk tidak mengkonsumsinya, meskipun ada tips diatas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan lebih baik menghindarinya saja. Selain tips di atas yang perlu anda ketahui adalah bagaimana tips agar diabetes berkurang, atau agar terhindar dari penyakit diabetes bagi anda semua yang tentunya ingin hidup sehat.

Buah Aman untuk Diabetes

Ada beberapa buah selain jeruk bali yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, meskiun mengandung gula buah alami, buah ini tetap aman untuk dikonsumsi. Buah tersebut yaitu sebagai berikut ini :

  1. Buah Apel

Berdasarkan penelitian buah apel sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, karena buah ini diperkaya zat yang mampu menurunkan glukosa

  1. Buah Jambu

Vitamin c pada buah jambu lebih banyak dibanding jeruk, jadi dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi jeruk agar teteap memiliki vitamin c yang cukup bagi tubuh.

Baca : Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

  1. Famili Berry

Karena buah buahan famili berry  memiliki kandungan vitamin c yang cukup untuk membantu tubuh mengatur keadaan gula darah.

Baca : Buah yang mengandung vitamin C

  1. Buah Persik

Buah ini juga mengandung banyak vitamin c seperti apel.

Penderita diabetes merupakan orang yang harus menghindari berbagai macam makanan terutama makanan dan minuman yang manis. Oleh sebab itu jeruk bagi penderita diabetes meskipun mengandung gula buah atau glikemik yang alami tentu saja pengkonsumsiannya harus menggunaka cara aman agar tehrindar dari bahaya diabetes.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, April 2016 / 04:58 Oleh :
Kategori : Diabetes