Sponsors Link

15 Ciri Ciri Gula Darah Tinggi pada Tubuh

ads

Penyakit hiperglikemia atau nama lain dari penyakit gula darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana jumlah glukosa di dalam plasma darah yang berlebihan. Gula darah yang terkandung di dalam darah biasanya mencapai lebih tinggi dari 11,1 mol / 1(200 mg/dl) namun sebagian besar para penderita kelebihan gula darah ini akan mengetahuinya jika gula dalam plasma darah sudah berada di level 15 hingga 20 mol. Pengukuran gula darah ini digunakan dalam satuan milimol per liter (mm / l) yang telah dijadikan standar pengukuran gula darah di dunia. Satuan lainnya yaitu milligram per desiliter (mg / dl) namun hanya digunakan pada beberapa negara seperti amerika serikat, jepang, mesir, perancis, serta kolombia.

Kadar gula sendiri akan menunjukkan hasil yang berbeda ketika seseorang sudah makan atau belum makan atau sedang puasa. Oleh karena itu jika anda melakukan cek gula darah sebaiknya juga berikan informasi apakah anda sudah makan makanan tertentu atau belum makan pada berapa jam yang lalu atau anda saat ini sedang puasa. Memang kebanyakan orang yang akan mengecek kadar gul di dalam tubuhnya harus melakukn puasa terlebih dahulu agar hslnyaa akurat. Kadar gula darah yang normal pada orang dewasa dalam keadaan puasa adalah 80 hingga 110 mg / dl atau sekitar 4 hingga 6 mol / l. jika seseorang memiliki kadar gula darah di atas 125 mg / dl maka sudah dibilang mengalami kadar gula darah tinggi. Sangat dianjurkan supaya penderita gula darah tidak mencapai lebih dari 126 mg / dl karena jika hal itu terjadi gangguan fungsi tubuh nis terjadi serta komplikasi diabetes pun bisa terjadi.

Ciri-ciri Gula Darah Tinggi

Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi tanda atau gejala apakah anda memiliki ciri ciri gula darah tinggi. Hal ini sangat perlu diwaspadai mengingat penaikan gula darah tidak akan menunjukkan gejala yang spesifik dan biasanya baru dirasakan jika sudah menjadi beberapa penyakit lainnya yang cukup serius. Adanya kenaikan gula darah yang sangat signifikan dan tinggi ini bisa menyebabkan kegagalan beberapa organ dalam seperti penyakit ginjal, kerusakan pada saraf, retina mata, penyakkit jantung serta bagian kaki.

Para penderita gula darah tinggi ini juga akan memiliki resiko terkena penyakit neuropati diabetes jika gula darah yang dimiliki tinggi dan sudah terjadi dalam waktu yang cukup panjang. Penyakit yang paling banyak disebabkan oleh tingginya kadar gula ini adalah penyakit diabetes. Pengobatan penyakit diabetes bisa dilakukan dengan cara melakukan kontrol makanan serta melakukan diet yang cukup ketat dan juga konsumsi beberapa jenis obat serta insulin karena organ hati tidak bisa lagi memproduksi insulin di dalam tubuh.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari kadar gula yang tinggi, diantaranya adalah:

  1. Mudah Merasa Lelah

Orang yang kelelahan mski tidak melakukan pekerjaan yang berat tidak hanya menjaid orang yang terkena anemia saja namun jadi ciri penderita diabetes dengan gula darah yang tinggi. Gejala yang satu ini mungkin merupakan gejala yang paling banyak dirasakan oleh para penderita kadar gula tinggi atau juga penyakit diabetes sebagai turunannya. Para penderita akan menjadi lebih cepat lelah ketika melakukan aktivitas bahkan itu merupakan aktivitas yang tidak berat sekalipun dibandingkan dengan orang yang memiliki gula darah normal.

Baca juga : Ciri ciri anemiaCara mencegah anemiaBahaya anemia

  1. Dehidrasi

Gejala lainnya yang dapat dirasakan oleh para penderita kelebihan gula darah adalah akan dapat cepat merasakan haus dan selalu ingin minum. Hal ini dikarenakan para penderita kelebihan gula darah tinggi akan kekurangan cairan tubuh di dalam dirinya dengan cepat. Rasa haus yang ada pad tubuhnya membuatnya ingin minum degan cita rasa manis dan minuman yang dingin atau air es. Jika anda merasa bahwa anda sering haus mungkin sebaiknya anda cek kadar gula darah anda

Baca : Bahaya dehidrasi  – Bahaya minum air es

  1. Emosi yang Mudah Meluap

Tanda lainnya yang bisa anda lihat adalah orang yang menderita kelebihan gula darah akan mudah emosi dan meluapkannya tanpa memiliki pertimbangan sebelumnya. Emosi ini kadang dipicu tanpa alasa yang jelas. Inilah yang menjadi salah satu tanda bahwa penyakit yang anda alami ini sudah cukup serius. Anda harus waspada akan hal ini karena jika dibiarkan dapat membuat emosi anda tidak stabil dan pastinya akan membuat komunikasi anda dengan orang lain menjadi terhambat karena adanya masalah tersebut. Untuk orang yang sudah mengalami hal ini sebaiknya untuk segera mendapatkan pertolongan dari tim medis.

Sponsors Link

  1. Penglihatan Menjadi Buram

Para penderita kelebihan gula darah atau hiperglikemia juga akan merasakan pandangannya menjadi kabur bahkan sampai mencapai hampir buta. Biasanya orang yang sudah merasakan hal ini baru akan memeriksakan dirinya ke dokter dan baru diketahui bahwa orang tersebut memiliki kadar gula yang tinggi di dalam darah. Jika gejala ini tidak segera ditangani maka bisa membuat penglihatan menjadi buta dan mereka ini membutuhkan penanganan yang lebih cepat dan efektif.

Baca juga : Bintik hitam di mata bagian putih  – Ablasio retina mata  – Ciri ciri mata katarak

  1. Sering Buang Air Kecil

Penderita hiperglikemia akan sering buang air kecil terutama saat mlm hari, hal itu juga menjadi penyebab mengapa orang yang menderita diabetes akan mudah merasakan haus.

Baca : Sering buang air kecil  – Penyebab sering buang air kecil

  1. Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

Para penderita hiperglikemia yang sudah menjadi penyakit diabetes kronis terutama jika tipe diabetes tersebut basah maka jika tubuh mengalami luka akan tidak kunjung sembuh. Apalagi jika tingkat diabetes sudah cukup tinggi dan luka yang dialami cukup parah maka bisa membuat luka menyebar kemana-mana. bahkan tidak jarang juga terdapat kasus dimana bagian tubuh harus diamputasi karena luka yang menggerogoti tubuh ini.

  1. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Salah satu ciri yang bisa anda lihat dari penyakit hiperglikemia atau diabetes tipe kering biasanya penderita akan memiliki tubuh yang kurus kering serta seperti tidak ada lagi semangat di dalam dirinya. Namun untuk penderita diabetes basah biasanya sebaliknya akan memiliki tubuh yang gemuk.

Baca : Badan gemuk jadi kurus

  1. Sering Mengalami Kesemutan

Anda sering mengalami kesemutan? Mungkin anda memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi di dalam tubuh anda saat ini. Para penderita kelebihan gula darah biasanya akan merasakan semutan yang cukup sering karena sistem saraf yang sudah tidak bekerja seoptimal mungkin sehingga sering menimbulkan kesemutan. Kesemutan di bagian kaki dan tangan sangat sering terjadi.

Tidak hanya diabetes sja yang ditandai dengan kesemuttan tersebut namun kesemutn pun merupakan tanda dari gejala asam urat tinggi. Kesemutan itu disebabkan oleh menumpuknya zat purin yang ada di dalam tubuh manusia.

Baca : Ciri ciri asam urat Makanan untuk penderita asam urat

  1. Mengalami Infeksi Jamur

Penderita kelebihan kadar darah di dalam tubuh akan mengalami infeksi jamur pada beberapa bagian tubuhnya. Hal ini dikarenakan para penderita hiperglekemia atau diabetes memiliki kekebalan tubuh dan sistem metabolisme tubuh yang terganggu sehingga bakteri, virus serta jamur bisa dengan mudah hinggap di dalam tubuh. Bagi wanita juga akan lebih sering mengalami keputihan yang tidak sehat dikarenakan adanya bakteri candida.

  1. Berubahnya Warna Kulit

Orang yang memiliki kadar gula darah tinggi di dalam tubuhnya akan merasakan adanya perubahan warna kulit. Perubahan yang terjadi memang tidak langsung dapat dilihat namun berjalan secara lambat dan pasti sehingga perubahan warna kulit itu tidak bisa dipungkiri lagi. Perubahan warna kulit ini juga kerap kali diikuti oleh adanya bintik atau flek hitam yang muncul di bagian leher. Munculnya bintik hitam ini dikarenakan hormone insulin sudah tidak terproduksi lagi di dalam tubuh sehingga membuat pigmen kulit menjadi rusak dan akhirnya menghitam.

  1. Sering Merasa Lapar

Selain akan merasakan haus, para penderita kelebihan gula darah juga akan merasakan lapar yang cepat datang dari waktu makan sebelumnya. Penderita akan mudah cepat merasakan lapar karena di dalam tubuh sudah tidak ada lagi insulin sebagai pengontrol gula atau glucose darah sehingga membuat jaringan tubuh menjadi kurang asupan nutrisi sehingga responnya adalah memunculkan rasa lapar tersebut.

Baca : Penyebab cepat lapar

sponsored links
  1. Cepat Mengantuk

Awas jika anda atau teman anda mudah merasakan kantuk karena bisa jadi anda atau teman anda memiliki kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Kurangnya asupan oksigen ke dalam kepala menjadikan anda akan menjadi cepat mengantuk.

Baca : Penyebab sering mengantuk

  1. Mulut Kering

Mulut para penderita kelebihan gula darah ini akan cenderung menjadi lebih cepat kering. Hal ini tidak lain juga berkaitan dengan dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh sehingga membuat mulut menjadi kering.

Baca : Cara mengtasi bibir kering  – Penyebab mulut terasa pahit

  1. Kulit Kering

Tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cairan tubuh pada penderita kelebihan gula darah akan menurun dan tidak seperti orang normal biasanya. Hal ini diperparah dengan kualitas darah yang buruk karena tidak banyak mengandung oksigen sehingga membuat kulit menjadi kering dan mudah terkena luka.

  1. Sering Pingsan

Nah, jika anda sering mengalami pingsan mungkin ada beberapa jenis penyakit yang dialaminya salah satunya adalah penyakit kelebihan kadar gula di dalam darah. Penyebab pingsan  yang lainnya adalah tekanan darah tinggi dan juga tekanan dara rendah.

Pencegahan Gula Darah Tinggi

Bagi yang memiliki beberapa tanda dari ciri ciri gula darah tinggi yang sudah dipaparkan di atas, sebaiknya cepat melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Diagnosa yang tepat sangat diperlukan supaya bisa diambil langkah pengobatan selanjutnya yang tepat juga. Pengobatan penyakit gula darah tinggi ini sebenarnya disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang telah dimiliki oleh para penderitanya itu sendiri.

Untuk menghindari munculnya penyakit gula darah tinggi bisa dilakukan dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Olahraga

Jika ada yang mengatakan bahwa olahraga itu sangat penting dibutuhkan oleh tubuh maka pernyataan tersebut memang benar adanya. Orang yang lebih berpotensi memiliki kadar gula darah tinggi adalah mereka yang memiliki berat badan gemuk. Jadi olahraga juga bisa dilakukan untuk membuat berat badan menjadi lebih ideal serta membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Baca : Dampak negatif tidak pernah olahraga

  1. Mengatur Pola Makan

Ada beberapa jenis kebiasaan yang bisa membuat anda mengalami kadar gula darah tinggi yang berkaitan dengan makanan. Misalnya kebiasaan mengkonsumsi makanan manis yang banyak kalori, makann junk food, makanan berlemak dan makanan yang dibakar. Jika orang sering mengkonsumsi jenis makanan tersebut maka biasanya tubuhnya akan menjadi gemuk. Nah, inilah yang tidak boleh dilakukan. Sebaiknya aturlah pola makan yang sesuai dengan kriteria makanan sehat terutama perbanyak konsumsi makana sayur dan buah. Pada penderita gula darah tinggi juga akan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi nasi putih dan gula sembarangan.

  1. Kontrol Kadar Gula Darah Secara Rutin

Kontrollah kadar gula darah anda secara rutin untuk tindakan pencegahan dari dini. Jika memang anda memiliki kadar gula tinggi anda sudah bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan supaya kadar gula menurun. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan karena sangat tidak baik bagi tubuh.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri gula darah tinggi dan bagaimana cara mengatasinya. Tentu saja jangan sampai anda sepelekan penyakit ini karena jika biarkan akan menjadi penyakit yang lebih serius lagi nantinya seperti penyakit diabetes kronis. Ingat diabetes ini bisa menyebabkan kematian. Sekian artikel kali ini semoga bisa menjadi pengetahuan bagi anda dan semoga bisa membuat anda menjadi lebih bijak lagi pada berbagai hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit gula darah tinggi ini. Ingat, bahwa mencegah akan selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Sakit itu mahal harganya oleh karena itu jangan sampai membayar mahal harga hanya untuk sebuah penyakit. Terima kasih.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 28th, March 2016 / 08:56 Oleh :
Kategori : Diabetes